Baca 10 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13 Ini Sampai Habis!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Tidak semua orang suka berganti ponsel setiap tahun. Meski punya uang untuk membeli yang baru, orang tersebut memilih untuk memakai ponselnya sampai tiga tahun, lima tahun, atau bahkan lebih. Hal itulah yang sepertinya ditangkap Apple ketika merilis iPhone 13 pada semester kedua 2021.

Kehadiran iPhone 13 memperlihatkan bahwa Apple kini meninggalkan siklus tick-tock dalam meluncurkan lini produk iPhone. Tick adalah periode ketika Apple meluncurkan produk yang revolusioner (benar-benar baru), baik dari segi desain maupun jeroan. Dulu periode ini ditandai dengan munculnya HP seperti iPhone 6, iPhone 7, dan iPhone X.

Sementara itu, periode tock adalah waktu ketika Apple menghadirkan ponsel semodel iPhone 4s, iPhone 5s, dan iPhone 6s. Ketiga HP dengan akhiran "S" tersebut hanya mengalami beberapa peningkatan minor.

iPhone 13 pun masuk dalam kategori HP tock yang hanya mengalami peningkatan minor. Pasalnya, ia masih mirip-mirip dengan iPhone 12 dan iPhone 11. Kalau begitu, apakah iPhone 13 jadi kurang menarik untuk dipinang? Jawabannya tentu saja relatif, tergantung siapa yang akan membeli.

Nah, dalam artikel ini Carisinyal akan memandu Anda untuk melihat apa saja kelebihan dan kekurangan iPhone 13. Kami berharap, dengan mengetahui sisi luar dan dalamnya, Anda dapat memberi penilaian terhadap HP ini secara adil, serta dapat menentukan pilihan untuk membelinya atau tidak.

Spesifikasi iPhone 13

Layar Super Retina XDR OLED 6.1 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 4 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 3240 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan iPhone 13

Hingga ponsel ini dilahirkan, Anda tidak akan pernah menemui istilah kelas menengah atau kelas entri pada produk Apple. Artinya, hanya ponsel flagship yang diciptakan dengan keseriusan tinggi oleh Apple. Karena itu, cukup mudah untuk mengetahui beberapa kelebihan iPhone 13 yang penjelasannya ada di bawah ini.

1. Desain

Sumber: Apple

Minimalis adalah satu kata yang bisa menggambarkan bahasa desain dari seluruh produk Apple. Entah itu, ponsel, laptop, komputer desktop, semuanya didesain secara minimalis untuk memancarkan kesan elegan. Begitu juga dengan iPhone 13 ini.

Penampilan HP ini memang mirip dengan pendahulunya, iPhone 11 dan iPhone 12. Hal itu terlihat dari ciri khas poni (notch) di bagian layar dan bentuk modul kamera belakangnya. Namun, bukannya Apple tidak memberi perubahan sama sekali.

Ketika meluncurkan iPhone 12, iPhone mengubah bentuk rangka dari yang semula melengkung menjadi datar. Perubahan kecil itu juga terjadi pada iPhone 13, tepatnya ada pada susunan kamera belakang dan lebar poni.

Kini lensa kamera belakang iPhone ditata secara diagonal (menyilang), tidak lagi vertikal alias berbaris. Penempatan dua lensa secara menyilang ternyata bukan untuk keren-kerenan. Akan tetapi, Apple menyebut bahwa posisi menyilang dibutuhkan agar sensor kamera si HP - yang kini lebih besar - dapat masuk ke dalam modul.

Untuk poni iPhone 13, Apple mengklaim bahwa ukurannya 20% lebih kecil ketimbang milik iPhone 12. Poni HP ini jadi lebih pendek dan lebih tipis daripada pendahulunya. Perubahan ukuran ini juga diikuti dengan posisi earpiece yang kini pindah ke tepi bingkai. Dulu earpiece iPhone 12 ada di antara lensa kamera depan dan beberapa sensor.

Kemudian, Mark Spoonauer dari Tom's Guide mencermati bahwa tombol power di rangka sisi kanan HP ini dipasang sedikit lebih rendah ketimbang iPhone 12. Begitu juga dengan tombol pengaturan volume yang ada di sisi kiri.

Selebihnya, tidak ada perubahan mencolok soal elemen dan dimensi, kecuali bobot dan ketebalan. IPhone 13, yang punya bobot 174 gram, lebih berat 10 gram ketimbang iPhone 12. Ia juga lebih tebal 0,3 mm daripada iPhone 12 yang punya ketebalan 7,4 mm.

Keunggulan-keunggulan desain yang dipunyai pendahulunya pun diadopsi oleh iPhone 13. Mulai dari rangka berbahan aluminium dengan polesan matte, material Corning Gorilla Glass di belakang, kaca dengan Ceramic Shield dan lapisan oleofobik pada bagian depan, serta sertifikasi ketahanan debu dan air IP68.

Apple mengklaim, sertifikasi tersebut membuat iPhone 13 tahan menyelam hingga kedalaman 6 meter selama 30 menit. Sementara itu, pengalaman menggenggam iPhone 13 memberi kesan yang menyenangkan menurut GSM Arena. Ukuran HP yang kompak, bobot yang cukup ringan, serta build quality kokoh adalah alasannya.

Adapun iPhone 13 hadir dalam lima varian warna: starlight, midnight, biru, pink, dan merah. Varian warna ini berbeda dibanding iPhone 12 yang muncul dengan enam opsi, dua di antaranya adalah hijau dan ungu.

2. Tampilan

Sumber: Apple

Super Retina XDR OLED adalah panel layar yang disematkan Apple untuk sektor tampilan iPhone 13. Keputusan memakai panel ini menunjukkan bahwa Apple juga mengikuti tren produsen smartphone flagship masa kini, Ya, dewasa ini panel OLED dan turunannya menjadi standar buat layar smartphone kelas atas.

Ukuran layar iPhone 13 6,1 inci, sama seperti pendahulunya. Resolusinya 1170 x 2532 piksel, menghasilkan kepadatan piksel 460 ppi ketika dibagi dengan bentang layar. Layar dengan rasio 19,5:9 ini mendukung HDR10 dan Dolby Vision untuk meningkatkan kontras dan rentang dinamis ketika menampilkan konten HDR.

Layar iPhone 13 juga dibekali pengaturan temperatur warna otomatis TrueTone. Ada juga fitur Haptic Touch berkat Taptic Engine yang disematkan.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram