Pertimbangan Layak Tidaknya Membeli iPhone 11 di 2022

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Apple iPhone 14 sudah rilis di September 2022. Mereka yang tidak mempermasalahkan dana, tentu tidak akan ada masalah untuk meminang iPhone seri baru seperti iPhone 14 series.

Hanya saja, ada sebagian orang yang punya dana terbatas. Mereka ini akan berpikir banyak untuk meminang sebuah ponsel yang harganya bisa setara satu motor baru. Mereka ini adalah yang sensitif dengan dana tetapi punya keinginan untuk punya produk Apple.

Pertimbangan untuk mereka, paling bentar membeli Apple iPhone seri lama yang biasanya turun harga. Karena itu, buat mereka yang dananya tidak terlalu tinggi tetapi mendambakan punya iPhone, tidak ada salahnya membeli iPhone seri lama. Contohnya iPhone 11 series.

Selain karena spesifikasinya yang bikin penggunanya mendadak jadi fotografer handal, iPhone seringkali dianggap sebagai sebuah status simbol.

Tidak sedikit orang yang berbondong-bondong ingin memiliki salah satu dari iPhone series, bahkan sempat ada tren jasa pengambilan screenshot di iPhone. Ini agar pelanggannya bisa flexing pakai iPhone meski tidak punya barangnya.

Anda bisa pertimbangkan untuk membeli iPhone 11 yang dirilis pada 2019. Biasanya, keluaran lama punya harga yang lebih murah ketimbang yang terbaru. Apalagi, kehadiran iPhone 14 akan membuat iPhone 11 series semakin murah lagi.

Di iPhone 11 series, ada iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro yang masih cukup relevan untuk dibeli di 2022. Aada juga seri lain yang menarik untuk dibeli, yakni iPhone 11.

Namun, membeli HP keluaran lama tentu ada drawback-nya tersendiri. Apakah iya iPhone 11 masih layak beli di tahun 2022? Apakah desain, spesifikasi, dan kameranya masih sesuai dengan standar tahun ini? Untuk menjawabnya, mari simak artikel ini sampai tuntas, ya! Bakal dibahas soal layak tidaknya membeli iPhone 11 di 2022.

Spesifikasi iPhone 11

Apple iPhone 11
Layar Liquid Retina IPS LCD 6.1 inci
Chipset Apple A13 Bionic
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 3110 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Alasan Masih Layak

iPhone 11 merupakan ponsel keluaran tahun 2019. Namun, sebagaimana ponsel flagship pada umumnya, iPhone memang sudah dirancang agar fitur dan spesifikaisnya tetap relevan hingga tahun-tahun berikutnya. Inilah beberapa hal yang membuat iPhone 11 masih layak dimiliki di tahun 2022.

1. Desain Bodi Masih Relevan

iphone 11 vs 13_Sumber: Tech Advisor

Seri iPhone jarang mengalami pembaharuan desain yang signifikan setiap tahunnya. Tampaknya Apple menganut prinsip "If it's not broken, don't fix it". Yang artinya, selama desain bodi mereka tetap disukai oleh mayoritas penggemarnya, maka tidak perlu diubah terlalu banyak.

iPhone 11, iPhone 12, dan iPhone 13 sama-sama gunakan poni panjang di layarnya untuk menampung sensor kamera selfie. Bedanya, panjang poni pada iPhone 13 sedikit mengecil sehingga sanggup tampilkan layar yang lebih luas lagi.

Perbedaan desain juga telihat pada bodi belakang, di mana iPhone 13 menyusun dua kameranya secara diagonal. Sedangkan, dua kamera di iPhone 11 dibuat sejajar secara vertikal.

Meskipun keduanya punya ukuran layar sama, namun iPhone 11 ternyata lebih bongsor dibandingkan iPhone 13. iPhone 11 hadir dengan panjang 150,9 mm dan lebar 75,7 mm. Lebih besar dari iPhone 13 dengan panjang 146,7 mm dan lebar 71,5 mm.

iPhone 13 pun bahkan berhasil dibuat lebih ringan dengan bobot 174 gram, berbeda dengan iPhone 11 yang bobotnya sebesar 194 gram. Begitu pun dengan ketebalannya, lantaran iPhone 13 lebih tipis di angka 7,7 mm ketimbang iPhone 11 dengan ketebalan 8.3 mm.

Dilihat dari seluruh elemen dimensinya, iPhone 13 memang lebih ramping dan ringan dibanding iPhone 11. Anda akan mendapatkan pengalaman genggam yang lebih nyaman saat gunakan iPhone 13.

Akan tetapi, iPhone series sejatinya merupakan smartphone yang dianggap sebagai status simbol. Saking miripnya desain bodi iPhone 11 dengan iPhone 13, iPhone 11 tetap layak dijadikan sebagai bahan flexing ketika kumpul bersama teman-teman atau saat acara keluarga.

Untuk semakin khidmat dalam lakukan flexing, Anda pun bisa melakukan mirror selfie dan meunggahnya di medsos. Mayoritas orang awam tidak akan menyadari bahwa yang Anda miliki adalah iPhone 11 alih-alih iPhone 13; meskipun keduanya punya susunan kamera belakang yang berbeda.

2. Performa Chipset Masih Jadi Salah Satu yang Terbaik

apple a13 bionic_

Selain punya desain yang kekinian, Anda juga harus pastikan bahwa performa ponsel masih relevan di tahun 2022. iPhone 11 yang diotaki dengan chipset Apple A13 Bionic harus ditelaah; sekuat apakah kinerjanya dibandingkan dengan ponsel flagship lainnya yang dirilis pada 2022?

Jika dibandingkan dengan iPhone 13 yang punya Apple A15 Bionic, jelas iPhone 11 tidak berkutik. Kedua chipset punya selisih dua generasi, yang berarti iPhone 13 dijamin punya performa signifikan dibandingkan adiknya tersebut.

Mari kita bahas sekilas tentang performa iPhone 11. Sang flagship iOS keluaran tahun 2019 tersebut hadir dengan chipset Apple A13 Bionic. Chipset ini tidak hanya digunakan pada trio iPhone 11 series (reguler, Pro, Pro Max), melainkan juga pada iPhone SE generasi ke-2 dan iPad 9.

Apple A13 Bionic sendiri merupakan chipset berbasiskan sistem ARM 64 bit yang mencakup kombinasi prosesor hexacore. Keenam prosesor ini adalah dua inti kinerja Lightning dengan frekuensi hingga 2.65 GHz, serta empat inti hemat daya bernama Thunder. Prosesor ini turut andalkan GPU Apple dengan empat inti.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram