Carisinyal / iPhone 2019 / Menarik, Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Apple iPhone 11

Menarik, Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Apple iPhone 11

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Februari 2020

Sebaiknya Anda siapkan “sabuk pengaman” saat membaca artikel ini. Karena kali ini, Carisinyal akan membahas soal Apple iPhone 11. Seri Apple yang keluar pada tahun 2019. Seri ini juga jadi penerus iPhone XR yang banyak diklaim sebagai HP iPhone terlaris pada 2018.

Lantas, seperti apa Apple iPhone 11 ini? Dirangkum dari berbagai sumber, mari simak kelebihan dan kekurangan dari Apple iPhone 11 ini. Tapi sebelumnya, mari bahas soal spesifikasi dari Apple iPhone 11 ini.

Spesifikasi Apple iPhone 11

Apple iPhone 11

Umum

  • Diumumkan
    September, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Nano-SIM dan/atau Electronic SIM card

Body

  • Dimensi
    150.9 x 75.7 x 8.3 mm
  • Berat
    194 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif Liquid Retina IPS LCD
  • Ukuran
    6,1 inci dengan proteksi scratch-resistant glass, oleophobic coating
  • Resolusi
    828 x 1792 piksel, rasio 19,5:9 (kepadatan ~326 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Apple A13 Bionic (7 nm+)
  • CPU
    -
  • GPU
    -

Memori

  • RAM
    4 GB
  • Memori Internal
    64 GB / 128 GB / 256 GB
  • Memori Eksternal
    -

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    2
  • Resolusi
    12 MP + 12 MP
  • Fitur
    12 MP, f/1.8, 26mm (lebar), 1/2.55", 1.4µm, PDAF, OIS
    12 MP, f/2.4, 13mm (ultra lebar)
    Fitur: Quad-LED dual-tone flash, HDR (photo/panorama)
  • Video
    [email protected]/30/60fps, [email protected]/60/120/240fps, HDR, stereo sound rec

Kamera Selfie

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, dual-band, hotspot
  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS
  • USB
    2.0, konektor reversibel milik Apple

Baterai

  • Jenis
    Li-Ion
  • Kapasitas
    3110 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    - Pengisian baterai cepat 18W: 50% dalam 30 menit
    - USB Power Delivery 2.0
    - Pengisian nirkabel Qi

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    iOS 13
  • Sensor
    Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Black, Green, Yellow, Purple, Red, White
  • Lainnya
    Fitur layar:
    - 625 nits
    - Dolby Vision
    - HDR10
    - Wide color gamut
    - True-tone

    Fitur audio:
    - Dolby Atmos
    - Dolby Digital Plus

    Fitur body:
    - IP68 tahan debu / air (hingga 2 meter selama 30 menit)

    Lain-lain:
    - Apple Pay (Visa, MasterCard, AMEX certified)
    - Siri natural language commands and dictation

    *Spesifikasi di atas untuk model A2221 (pasar global)

Kelebihan Apple iPhone 11

Setelah Anda mengetahui spesifikasi Apple iPhone 11, selanjutnya mari bahas soal kelebihan dari Apple iPhone 11 ini. Tentu sebagai ponsel kelas atas, ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Apple iPhone 11 ini. Langsung saja simak poin kelebihan dari HP ini.

1. Layar dengan Tingkat Kecerahan yang Baik

Apple iPhone 11

* sumber: sea.mashable.com

Apple iPhone 11 adalah salah satu HP dengan tingkat kecerahan layar yang baik. Hal ini seperti yang disampaikan oleh GSMArena kalau layar HP ini memiliki tampilan yang baik dalam menampilkan foto dan video.

Bukan yang spesial memang tetapi dengan dimensi layar 6,1 inci beresolusi 828 x 1792 piksel, layar ini mampu menampilkan kualitas yang cukup oke. Layarnya HP ini sendiri sudah dilengkapi pelindung yang anti goresan. Selain itu, layar HP ini sudah dibekali dengan teknologi true-tone dan wide color gamut.

2. Desain Tangguh dan Tahan Air

iPhone 11

* sumber: www.imore.com

Apple iPhone 11 memiliki desain yang tangguh. Hal ini dapat dibuktikan dari gambar di atas. Tampak di gambar kalau HP ini bisa direndam. Apakah setelah kena air, HP ini tetap menyala? Tentu saja karena Apple iPhone 11 sudah dibekali dengan sertifikasi anti air IP68. Dengan sertifikasi ini, Apple iPhone 11 dapat bertahan di kedalaman air 2 meter selama 30 menit.

3. Chipset Terkencang

Apple iPhone 11

* sumber: www.digitaltrends.com

Apple iPhone 11 dibekali dengan chipset Apple A13 Bionic. Chipset ini dibangun dengan proses fabrikasi 7nm+. Di dalam chipset ini, tersemat prosesor hexa core atau enam core. Prosesornya terdiri dari dua core Lightning 2,65 GHz dan empat core Thunder 1,8 GHz. Untuk pengolah grafisnya, tersemat Apple GPU dengan empat inti core graphics.

Lantas, bagaimana performa dari Apple iPhone 11? Dibekali dengan sokongan RAM 4 GB, Apple iPhone 11 mampu mencapai nilai Antutu sebesar 400 ribuan, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Antutu iPhone 11

* sumber: www.gsmarena.com

Dengan nilai Antutu yang tinggi tersebut, jelas bukan masalah besar, bagi Apple iPhone 11 untuk menjalankan berbagai gim dengan grafis yang berat. Untuk menjalankan aplikasi sehari-hari juga tergolong lancar.

Seperti yang diungkapkan oleh Julian Chokkattu, penulis Digitaltrends.com, Apple iPhone 11 ini mampu menjalankan aplikasi Twitter dan Instagram dengan lancar. Dia juga bermain beberapa game di Apple Arcade seperti Oceanhorn 2: Knights of the Lost Realm dan Skate City. Kedua gim berjalan dengan lancar tanpa masalah. 

4. Daya Tahan Baterai yang Awet

Apple iPhone 11

* sumber: sea.mashable.com

Apple iPhone 11 dibekali baterai Li-Ion 3.110 mAh. Kapasitas baterai ini untuk ukuran HP Android tentu tergolong kecil, tetapi untuk sebuah iPhone, kapasitas baterai tergolong pas. Hal ini bisa dilihat dari hasil pengujian GSMArena yang mencatatkan endurance rating 94h.

Daya Tahan Baterai iPhone 11

* sumber: www.gsmarena.com

Tampak dari data di atas, kalau HP ini memiliki waktu bicara mencapai 17 jam 45 menit. Sementara untuk internetan, waktu yang dibutuhkan adalah 15 jam 29 menit. Untuk video playback, HP ini ternyata dapat mencapai 18 jam 43 menit.

Apple sendiri mengklaim jika daya tahan baterai iPhone 11 lebih lama satu jam dibandingkan iPhone XR. Kalau berdasarkan pengalaman Julian Chokkattu, penulis Digitaltrends, daya tahan baterai HP ini bisa sampai seharian dan tersisa 15% pada Pukul 10 malam dengan penggunaan sedang seperti internet, nonton Youtube, dan merespon notifikasi.

5. Kualitas Audio yang Baik

iPhone 11

* sumber: www.imore.com

Apple iPhone 11 memiliki speaker stereo. Speaker pertama terletak di bagian bawah, dan yang kedua ada bagian earpiece. Speaker ini menghasilkan suara yang seimbang. GSMArena sendiri mengatakan kalau suara speaker yang dikeluarkan oleh HP ini cukup kaya dan memiliki bass yang cukup. Tampak kalau audio jadi sektor unggulan lain yang ditawarkan HP ini. 

6.  Kamera Depan dan Belakang Unggul

Apple iPhone 11

* sumber: www.digitaltrends.com

Apple iPhone 11 dibekali dengan dua kamera di bagian belakang. Kamera pertama adalah kamera 12 MP dengan bukaan f/1.8. Kamera kedua adalah kamera ultra-wide 12 MP dengan bukaan f/2.8. Kamera ini sudah mendukung Quad-LED dual-tone flash dan HDR. Kamera ini sudah mendukung rekaman video dengan resolusi 2160p. 

Lantas, seperti apa hasil tangkapan kamera HP ini? Silakan simak contoh hasil tangkapan kamera dari Apple iPhone 11 berikut ini. 

Hasil Tangkapan Kamera Apple iPhone 11

* sumber: sea.mashable.com

Hasil Tangkapan Kamera Apple iPhone 11

* sumber: www.imore.com

Hasil Tangkapan Kamera Apple iPhone 11

* sumber: www.digitaltrends.com

Menilik hasil tangkapan kamera HP ini, tampak kalau hasil fotonya tergolong bagus. Bukan hanya di kondisi siang hari, tetapi juga di kondisi malam alias pada kondisi kurang cahaya. Kalau menurut situs Mashable SEA, hasil tangkapan kamera iPhone 11 ini mampu menangkap foto yang fantastis.

Selain itu, hasil tangkapan kamera HP ini mampu menampilkan warna yang lebih realistis, rentang dinamis yang luar biasa, dan detail di foto yang tajam. Hal menariknya, hasil foto HP ini pada mode malam alias night mode tergolong luar biasa, malah menurut Mashable SEA, hasilnya lebih baik jika dibandingkan Google Night Sight yang ada di Google Pixel. 

Selain kamera belakang, kamera depan Apple iPhone 11 juga tergolong bagus. Kamera depan HP ini terdiri dari kamera 12 MP dengan bukaan f/2.2 dengan 3D camera.

Kehadiran kamera 12 MP di kamera depan ini patut diapresiasi. Pasalnya, di iPhone XR, kamera depan hanya 7 MP. Tentu ini merupakan peningkatan yang baik. Lantas, bagaimana hasil kamera selfie dari Apple iPhone 11  ini? Kalau menurut Julian Chokkattu, penulis Digitaltrends, hasil selfie HP ini secara keseluruhan tergolong bagus, terutama untuk potrait mode.

Dari berbagai pernyataan tersebut, jelas kalau kamera belakang dan kamera depan iPhone 11 tergolong bagus. Bukan hanya bagus, tetapi juga mengalami peningkatan dibandingkan seri sebelumnya (dalam hal ini, Apple iPhone XR).

Kekurangan Apple iPhone 11

Sudah dibahas sebelumnya kalau ada enam poin yang jadi kelebihan dari Apple iPhone 11. Nah, sekarang yang bakal dibahas adalah kekurangannya. Mengapa membahas kekurangan? Karena tidak ada HP yang benar-benar sempurna. Mari simak kekurangan dari Apple iPhone 11 berikut ini.

1. Masalah Notch dan Bezel

Apple iPhone 11

* sumber: sea.mashable.com

Masalah terbesar dari iPhone 11 adalah soal notch yang terlalu besar. Apple seolah mempertahankan sesuatu yang dipopulerkannya, padahal sudah banyak HP Android yang menawarkan layar tanpa notch atau tanpa poni.

Selain masalah poni, kekurangan lain dari Apple iPhone 11 adalah bezel layarnya yang masih tergolong tebal. Untuk ukuran HP kelas atas, tentu sebaiknya iPhone 11 memiliki bezel yang tergolong tipis. Dengan bezel yang tipis, membuat desain HP ini bisa sempurna dan lebih menarik.

Oh yah soal desain dari Apple iPhone 11, sebenarnya tidak ada hal yang spesial. Desainnya tetap mewah dan menarik tetapi hal tersebut sudah jadi ciri khas Apple yang kemudian menjadi sesuatu yang tergolong biasa saja.

2. Charger Bawaan 5W

Apple iPhone 11

* sumber: sea.mashable.com

Kekurangan lain dari iPhone 11 adalah charger bawaannya yang hanya mendukung pengisian 5W saja. Dengan charger bawaan ini, pengisian baterai HP ini tergolong lama. Seperti yang diungkapkan oleh GSMArena yang mengatakan kalau dalam waktu 30 menit, baterai hanya terisi 18% saja (dari 0%). Sementara untuk penuh, dibutuhkan waktu sampai 4 jam lamanya.

Tentu pengisian daya baterai yang lama ini jadi kekurangan tersendiri. Kabar baiknya, waktu pengisian bisa dipercepat jika Anda membeli charger original Apple yang mendukung pengisian 18W. Dengan charger tersebut, Apple iPhone 11 dapat terisi sampai 55% dalam waktu 30 menit saja.

3. Layar Bukan OLED dan Tidak HDR

iPhone 11

* sumber: www.imore.com

Apple iPhone 11 hanya menawarkan layar IPS LCD saja dan bukan OLED. Penggunaan layar IPS LCD sebenarnya bukan masalah karena layar HP ini tergolong bagus. Hanya saja, tentu akan lebih baik jika layar HP ini mendukung OLED.

Selain tidak mendukung OLED, Apple iPhone 11 ternyata tidak mendukung layar HDR. Untuk kelas harganya, tentu akan lebih baik jika layar HP ini sudah mendukung HDR.

4. Masih Tetap Mahal

iPhone 11

* sumber: www.imore.com

Kekurangan lain dari Apple iPhone 11 adalah harganya yang masih tetap mahal, bahkan untuk varian termurah sekalipun. Sebenarnya hal ini wajar karena nama Apple sudah terkenal dan kesan eksklusif yang melekatnya membuat HP ini terkesan mahal. Untuk ukuran penghasilan warga negara +62 kebanyakan, jelas HP ini tergolong mahal.

Simpulan

Apple iPhone 11 tergolong HP yang menarik tapi tentu HP ini bukan untuk semua orang. Dengan harga kisaran Rp12 jutaan (bahkan lebih), jelas HP ini bukan HP yang menarik jika dibandingkan HP Android di kelas harga yang sama.

Namun, HP ini masih layak dibeli, terutama untuk Anda yang memang memiliki dana cukup besar dan memang pencinta dari Apple. Tertarik dengan Apple iPhone 11? Jika tertarik, silakan beli HP ini di Bukalapak lewat link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *