Carisinyal / Smartphone / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone iPhone XR

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone iPhone XR

Ditulis oleh - Diperbaharui

Pada 12 September 2018, CEO Apple Tim Cook mengumumkan kehadiran iPhone XR kepada khalayak di Steve Jobs Theater bersamaan dengan iPhone XS dan iPhone XS Max yang memiliki harga lebih tinggi. Ketiga ponsel tersebut mau tak mau bakal dibandingkan dengan iPhone seri sebelumnya.

Ponsel iPhone XS dan iPhone XS Max paling menyita perhatian karena menghadirkan peningkatan yang lebih baik. Sayangnya, iPhone XR kurang begitu mendapat perhatian karena spesifikasi iPhone XR yang lebih rendah dibandingkan iPhone XS dan iPhone XS Max. Bahkan iPhone XR sempat dapat olok-olok lantaran memiliki keraptan layar yang lebih rendah (326 ppi) dibandingkan kerapatan layar iPhone 4 (330 ppi).

Respon yang kurang akan kehadiran iPhone XR berimbas pada penjualan produk ini. Seperti yang telah diberitakan oleh GSM Arena, iPhone XR telah terjual hingga 9 juta unit di minggu awal pembukaannya. Data penjualan itu diperoleh dari seorang analis Rosenblatt Securities yang bernama Jun Zhang. Angka tersebut meleset dari prediksi analis yang memperkirakan bahwa iPhone XR akan terjual di kisaran 10 juta unit.

Terlepas dari masalah penjualan yang sedikit mengecewakan, iPhone XR tentu saja masuk daftar ponsel pintar yang perlu diketahui kelebihan dan kekurangannya. Apa saja kelebihan dan kekurangan iPhone XR ini? Langsung saja baca detailnya berikut ini.

Spesifikasi iPhone XR

iPhone XR

  • Rilis: Oktober, 2018
  • Layar: IPS LCD 6,1 inch.
  • Resolusi Layar: 828 x 1792 pixels, 19.5:9 ratio (~326 ppi density)
  • Chipset: Apple A12 Bionic (7 nm)
  • CPU: Hexa-core (2x Vortex + 4x Tempest)
  • GPU: Apple GPU (4-core graphics)
  • Memori Internal: 64/128/256 GB, 3 GB RAM
  • Memori Eksternal: Tidak ada
  • Kamera Belakang: 12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, OIS, PDAF
  • Kamera Depan: 7 MP, f/2.2, 32mm (standard)
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 2942 mAh battery

Kelebihan iPhone XR

1. Body yang Aduhai dan Layar yang Mumpuni

iPhone XR

Seperti umumnya ponsel iPhone yang lain, iPhone XR hadir dengan desain yang terlihat premium dan impresif. Dengan body yang tipis dan terbuat dari kaca serta berbingkai aluminium seri 7000, iPhone XR juga dibalut dengan pilihan warna misc yang berbeda-beda, seperti hitam, merah, kuning, biru, dan coral (perpaduan warna pink dan oranye).

iPhone XR juga hadir dengan resolusi layar 828 x 1792 piksel dan memiliki rasio 19,5: 9. Hal itu juga ditunjang dengan kerapatan pixel yang cukup tinggi, yaitu ~ 326 ppi. Layar ponsel pintar ini juga dibekali fitur multitouch, anti gores, lapisan oleophobic untuk perlindungan layar, serta teknologi True-tone.

Ukuran layar yang dibawa iPhone XR juga cukup lebar, yaitu 6,1 inchi. Ditambah teknologi layar yang tergolong tinggi, maka pengalaman seperti menonton video, membaca berita, bermain game, dan lainnya akan lebih menarik lagi.

2. Performa dan Kecepatan yang Super

Apple A12 Bionic

iPhone XR menawarkan penggunanya dengan performa dan kecepatan yang super tanpa khawatir terjadi lag. Hal itu karena iPhone XR dibekali chipset Apple A12 Bionic dengan teknologi proses  7 nm. CPU iPhone XR juga dipersenjatai dengan prosesor sepuluh inti. Selain itu, ponsel pintar ini juga menggunakan Apple GPU dengan grafis empat inti.

Bagaimana performa A12 Bionic ini? GSMArena telah mengulas iPhone XR ini dan telah menguji iPhone XR dengan aplikasi benchmark Geekbench. Geekbench ini menghitung performa CPU di dalamnya. Adapun iPhone XR ini mendapat skor Geekbench untuk multiscore dan singlecore yang tergolong baik seperti terlihat di gambar berikut.

Geekbench 4.1 multicore iPhone XR

* sumber: www.gsmarena.com

Geekbench 4.1 singlecore iPhone XR

* sumber: www.gsmarena.com

Terlihat dari gambar di atas, skor performa CPU yang didapatkan iPhone XR masih terbilang  tinggi, bahkan bisa melebihi iPhone XS Max.  Dibandingkan ponsel Android jelas sekali perbedaan performanya. Ponsel iPhone 8 pun masih bisa unggul dibanding ponsel yang lebih baru (dalam hal ini: Samsung Galaxy Note9 dan Huawei Mate 20 Pro).

Performa prosesor A12 Bionic ini jelas unggul. Sekarang bagaimana performa GPU yang terdapat di A12 Bionic? Langsung saja cek hasil benchmark yang dilakukan GSMArena menggunakan GFX 3.1 (bencmark khusus menghitung performa GPU) berikut ini.

GFX 3.1 Manhattan iPhone XR (OFFSCREEN)

* sumber: www.gsmarena.com

GFX 3.1 Manhattan iPhone XR (ONSCREEN)

* sumber: www.gsmarena.com

Tampak terlihat kalau performa pengolah grafis yang ada di A12 Bionic  tergolong unggul. Bahkan untuk pengujian onscreen, performa ponsel ini setara dengan saudaranya, iPhone XS dan iPhone XS Max.

Soal performa iPhone XR yang setara dengan saudaranya ini diungkapkan juga oleh situs T3.com. Menurut T3.com, meskipun iPhone XR hanya dibekalI RAM 3 GB (iPhone XS dan iPhone XS Max mengusung RAM 4 GB), performa iPhone XR ini tidak jauh berbeda. Kinerja ponsel ini tergolong responsif dan sangat cepat.

Tomsguide.com juga menilai performa iPhone XR ini tergolong cepat. Membuka gim seperti Tekken hanya membutuhkan waktu sektiar 12,3 detik saja. Waktu tempuh ini lebih cepat jika dibandingkan Google Pixel 3 XL yang membutuhkan waktu 21 detik untuk membuka gim Tekken.

Selain hardware yang baik, performa iPhone XR juga dipengaruhi oleh sistem operasi pada ponsel ini. Penggunaan sistem operasi terbaru pada iPhone XR, yaitu iOS 12, juga berdampak pada konsumsi daya baterai yang rendah. Dan juga iOS 12 dibuat dengan banyak fitur dan performa yang lebih baik dibanding dengan iOS sebelumnya.

3. Memori yang Besar

RAM

iPhone XR tentu saja mengerti kebutuhan penggunanya di masa sekarang. Oleh karena itu, Apple memberikan memori internal yang cukup besar pada iPhone XR. Ponsel pintar ini hadir dengan tiga pilihan memori internal, yaitu 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Sedangkan ukuran RAM yang ditawarkan tetap sama besar, yaitu 3 GB.

Dengan dibenamkannya memori yang cukup besar ini, Anda tidak perlu khawatir terjadi gangguan saat sedang multitasking. Selain itu, Anda juga dapat menyimpan banyak file (bahkan yang berukuran besar seperti film) pada ruang memori internal iPhone XR yang luas.

4. Kamera Belakang yang Memuaskan

iPhone XR Rear Camera

Untuk memuaskan pengguna dalam mengambil gambar, iPhone XR telah dilengkapi dengan kamera utama beresolusi 12 MP dengan bukaan 1.8f dan lensa 26mm . Agar gambar atau foto yang dihasilkan terlihat jelas, Apple menyertakan teknologi pendukung lainnya, seperti OIS (Optical Image Stabilization) dan PDAF (Phase Detection Auto Focus).

Bagaimana kualitas tangkaan kamera belakang ini? Simak beberapa contoh fotonya berikut ini.

tangkapan kamera belakang iphone XR

* sumber: www.gsmarena.com

tangkapan kamera belakang iphone XR

* sumber: www.gsmarena.com

tangkapan kamera belakang iphone XR

* sumber: www.gsmarena.com

Tampak dari gambar tersebut, terlihat kualitas tangkapan kamera iPhone XR ini tergolong baik, bahkan di kondisi kurang cahaya sekalipun. Hasil fotonya kalau menurut GSMArena tergolong tajam, memiliki kontras yang baik, serta tingkat noise yang dapat dikendalikan agar lebih minimal.

Hasil tangkapan kamera dengan kualitas cahaya rendah yang baik ini ternyata dibantu oleh sebuah fitur. Fitur tersebut dinamakan Quad-LED dual-tone flash dan HDR (photo/panorama). Fitur ini Apple berikan untuk menghasilkan gambar yang menakjubkan (dan membantu pengambilan gambar berkualitas saat kondisi cahaya rendah).

5 Tahan Air dan Debu

IP67

Dengan sertifikasi IP67, perangkat iPhone XR berarti anti debu atau air (hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit). Perilisan iPhone XR yang bersamaan dengan datangnya musim hujan di Indonesia tentu merupakan sebuah nilai tambah untuk bisa meminang ponsel pintar ini. Hal itu dikarenakan Anda tidak perlu lagi khawatir saat iPhone XR terkena percikan air hujan.

Kekurangan iPhone XR

1. Tidak Mendukung Memori Eksternal

Memory

Walaupun sudah dibekali dengan memori internal yang besar, nyatanya iPhone XR tidak mendukung penambahan memori eksternal. Hal ini mungkin disayangkan oleh sebagian pengguna, karena kadang memori tambahan juga sangat dibutuhkan saat memori internal sudah penuh.

2. Tidak Ada Lubang Jack 3,5mm

Jack

iPhone XR juga ternyata tidak mendukung penggunaan Jack Audio 3,5mm. Hal ini tentu membuat penggunanya harus beradaptasi lagi dengan penggunaan headset nirkabel. Walaupun tren hilangnya Jack Audio 3,5mm sudah diikuti oleh vendor ponsel pintar lain, namun tidak sedikit pengguna ponsel pintar yang menginginkan lubang itu agar tetap ada.

3. Tidak Ada FM Radio

Aplikasi iPhone

Sebagian pengguna ponsel pintar mungkin masih akrab dengan radio FM. Namun jika Anda membeli iPhone XR maka hal itu tidak dapat dilakukan lagi. Salam-salam atau siaran berita radio FM akan hilang dari kehidupan Anda jika membeli iPhone XR.

4. Baterai yang Tidak Bisa Dilepas

iPhone Battery

Saat baterai ponsel kita mengalami penurunan kualitas daya, maka salah satu jalan memperbaikinya adalah dengan menggantinya. Untuk mengganti baterai ponsel syaratnya adalah baterai ponsel itu sendiri bisa dilepas. Sayangnya baterai iPhone XR ini ternyata tidak bisa dilepas alias Anda akan kesulitan saat ingin menggantinya.

5. Tidak Ada Fingerprint

Apple Fingerprint

Saat ini pengguna ponsel pintar sudah akrab dengan Fingerprint jika ingin mengunci dan mengamankan ponsel mereka. Hanya dengan menempelkan sidik jari pada sensor Fingerprint, maka dengan cepat ponsel akan terkunci. Namun hal itu tidak bisa Anda lakukan lagi di iPhone XR. Sebagai gantinya Anda harus menggunakan Face ID untuk membuka dan mengunci ponsel pintar Anda.

Simpulan

Ketidakhadiran Jack Audio 3,5mm dan fitur Fingerprint juga mengharuskan penggunanya untuk beradaptasi dengan teknologi lain yang dibawa iPhone XR, yaitu headset nirkabel dan Face ID. Dengan demikian, jika Anda belum siap menerima perubahan teknologi pada ponsel yang Anda gunakan, maka sebaiknya Anda menunda membeli iPhone XR.  Terlebih jika Anda tahu kalau harga ponsel ini tidaklah murah.

Ponsel iPhone XR ini dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi, yaitu mulai dari US$ 749 atau sekitar Rp 11 jutaan. Jika menilik spesifikasi yang ditawarkan, jelas iPhone XR ini cukup mahal bagi kebanyakan orang.  Untuk mereka yang memiliki dana cukup dan nama Apple yang memberi prestise ke gaya hidup, jelas harga tidak akan terlalu masalah.

Berminat dengan iPhone XR ini?Jika Anda tertarik untuk membeli ponsel pintar terbaru Apple ini, Anda dapat melakukan pembelian di Bukalapak melalui link berikut ini.

Jika Anda tidak tertarik  dengan iPhone XR, dan lebih tertarik dengan HP Android yang harganya tak jauh beda dengan iPhone XR , maka Anda melirik ponsel seperti Samsung Galaxy S9+ atau Huawe P20 Pro. Anda bisa membaca detail kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S9+ atau kelebihan dan kekurangan Huawei P20 Pro terlebih dulu.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Muhamad Dikdik Saparudin
A bad writer but loves to write

One Comment

  1. agen bandar sakong at - Reply

    iphone paling the best lah gak ada tandingan makasih ya geng

Leave A Comment