Inilah Daftar Versi iOS Lengkap dari Awal Sampai Sekarang

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Tidak bisa dipungkiri, dua sistem operasi mobile paling mendominasi pasar saat ini adalah Android dan iOS. Android dimiliki Google dengan konsep sistem terbuka yang memungkinkan setiap vendor bebas memakainya. Sementara, iOS adalah sistem operasi eksklusif yang hanya digunakan khusus untuk perangkat mobile dari Apple seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch.

Karena eksklusivitas ini, harga iPhone memiliki banderol harga yang tinggi. Padahal harga biaya produksinya tidak terlalu tinggi. Seperti contohnya iPhne XS Max yang memiliki biaya produksi 35% dari harga resminya atau iPhone 6 Plus yang memiliki ongkos produksi 28% dari harga jual. Soal studi perbandingan harga ongkos produksi dan harga jual produk iPhone bisa disimak pada infografik hasil penelitian dari Cuponation berikut ini.

Lantas apa yang membuat iPhone bisa memiliki banderol harga yang mahal? Selain karena eksklusivitas iOS, faktor R&D dan value brand dari Apple membuat iPhone jadi mahal. Sistem operasi iOS sendiri tentu saja adalah hasil kerja dari Apple dari hasil R&D sehingga membuat iOS cenderung lebih eksklusif.

Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang, iOS terus menghadirkan berbagai versi. Tiap tahun selalu ada versi terbaru dari iOS yang biasanya berbarengan hadir dengan perangkat iPhone terbaru atau perangkat dari Apple lainnya seperti iPad. Lantas, bagaimana perkembangan iOS dari kelahirannya sampai sekarang? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak daftar penjelasan iOS dari versi awal sampai terbaru.

1. iOS 1

iphone os 1
*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=OWMbMDmG8hU

Tahun 2007, Apple memperkenalkan sebuah perangkat pintar untuk pertama kalinya, iPhone generasi pertama atau kemudian sering dikenal sebagai iPhone 2G. Ponsel ini hadir dengan mengusung iPhone OS versi pertama atau iPhone OS 1. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang dibangun dengan basis kode yang sama dengan OS X yang digunakan di produk komputer Apple.

Pada versi pertamanya, tidak terdapat toko aplikasi atau App Store yang dikenal seperti sekarang. Saat itu, iPhone OS 1 hadir menawarkan berbagai aplikasi bawaan yang dibuat oleh tim Apple. Beberapa aplikasi seperti peramban atau browser, kalkulator, bahkan sampai pemutar musik sudah hadir di iPhone OS 1.

Sistem operasi pertama ini tidak memiliki nama resmi. Saat itu, hanya disebut sebagai iPhone OS 1. Adapun OS versi pertama punya pembaruan yakni iPhone OS 1.1  yang membawa dukungan untuki Pod Touch (1st generation). Versi akhir iOS ini adalah iOS 1.1.5 yang kemudian orang menyebut sebagai iPhone OS 1 saja.

2. iOS 2

iOS 2
*

Pada 2008, iOS 2 hadir bersamaan dengan perangkat iPhone 3G. Perangkat inilah yang kemudian membuat nama Apple naik lewat seri iPhone-nya. Terlebih di seri ini mulai diperkenalkan toko aplikasi App Store, toko aplikasi yang masih hadir di perangkat ekosistem Apple.

Hadirnya toko aplikasi ini membuat pengguna iPhone 3G dapat menambah koleksi aplikasinya dengan mengunduh langsung dari toko aplikasi, iPhone App Store. Selain itu, di versi ini banyak fitur yang sudah disematkan seperti dukungan iPod Touch generasi kedua, security note, perbaikan bug, dan lainnya.

Sistem operasi iOS 2 ini hadir dengan pembaruan 2.1 dan 2.2. Pada versi iOS 2.2 atau versi final dari iPhone OS 2 ini diperkenalkan beberapa fitur menarik. Beberapa diantaranya adalah perbaikan untuk fitur "Mail" dan hadirnya fitur Google Street View di aplikasi "Map".

3. iOS 3

iOS 3
*

Pada 2009, Apple menghadirkan penerus dari iPhone 3G yakni iPhone 3GS. Perangkat ini hadir dengan pembaruan sistem operasi iOS  yang kemudian membuat perangkat ini disebut juga iPhone OS 3.0. Pada perangkat inilah iOS mengalami banyak peningkatan fitur.

Fitur yang hadir di iPhone OS 3.0 sangat dibutuhkan kala itu. Sebut saja fitur seperti push notification, keyboard landscpae, voice note, IMAP, shake to shuffle. MMS, dan kompas. Fitur yang jadi perhatian dan berguna sampai sekarang adalah hadirnya fitur in-app purchase (IAP) atau pembayaran dalam aplikasi dan fitur copy paste. Fitur salin-tempel inilah awalnya diperkenalkan di perangkat iPhone OS 3.0.

Sistem operasi iOS 3.0 ini sendiri mendukung perangkaT Apple iPhone generasi sebelumnya, termasuk iPhone original alias generasi pertama. Meskipun tentu ada beberapa fitur yang dibatasi. Selai itu, versi ini juga memiliki pembaruan yakni 3.1 yang menghadirkan fitur Anti-Phising dan banyak perbaikan. Ada juga pembaruan terakhir yakni versi 3.2 yang menghadirkan dukungan  untuk perangkat iPad generasi pertama.

4. iOS 4

iOS 4
*

Perubahan besar dilakukan Apple pada sistem operasi miliknya. Tidak ada lagi sebutan iPhone OS. Mulai dari versi 4, Apple secara resmi mengganti iPhone OS dengan iOS saja. Karena itu, versi 4 disebut sebagai iOS 4 saja. Sistem operasi ini dihadirkan berbarengan dengan perangkat iPhone 4 di 2010.

Kehadiran iPhone 4 dan iOS 4 ini membuat nama Apple kian melambung. Betapa tidak, fitur-fitur keren mulai dihadirkan di versi keempat ini. Beberapa fitur tersebut diantaranya adalah kemampuan multitasking yang lebih efisien terhadap pemakaian baterai, fitur menghidupkan dan menyalakan data seluler, playlist pada iTunes yang lebih kreatif, dan juga dukungan fitur pada foto.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram