carisinyal web banner retina

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Apple iPhone 11 Pro!

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 1 Oktober 2021

Satu kata untuk menggambarkan kehadiran ponsel dari Apple, "fenomenal". Seperti apapun bentuk desain, fitur, dan spesifikasi yang ditawarkan, selalu menghadirkan banyak reaksi, positif maupun negatif.

Reaksi positif jelas menjadi keuntungan tersendiri bagi produk ponsel Apple. Reaksi negatif yang hadir pun tidak terlalu berpengaruh. Karena, bagaimanapun reaksi pasar, produk ponsel dari Apple selalu dinantikan, termasuk perangkat bernama Apple iPhone 11 Pro.

Apple iPhone 11 Pro diluncurkan bersamaan dengan Apple iPhone 11 dan Apple iPhone 11 Pro Max pada 10 September 2019 di Steve Jobs Theater at Apple Park. Ponsel ini digadang-gadang sebagai penerus dari iPhone XS.

Lantas, seperti apa HP dari Apple ini? Simak ulasan kelebihan dan kekurangan Apple iPhone 11 Pro berikut ini.

Spesifikasi Apple iPhone 11 Pro

Apple iPhone 11 Pro
  • Rilis: September 2019
  • Layar: Super Retina XDR OLED 5,8 inch 1125 x 2436 piksel
  • Chipset: Apple A13 Bionic (7 nm+)
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 256 GB, dan 512 GB
  • Memori Eksternal: Tidak Ada
  • Kamera Belakang: 12 MP + 12 MP + 12 MP
  • Kamera Depan: 12 MP + TOF 3D Camera
  • Baterai: Non-removable  Li-Ion 3190 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Apple iPhone 11 Pro

Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh Apple iPhone 11 Pro ini? Langsung saja simak beberapa poin kelebihan yang ditawarkan oleh HP kelas atas ini.

1. Layar dengan Kontras Luar Biasa

Apple iPhone 11 Pro
*

Apple iPhone 11 Pro datang dengan dimensi layar yang lebih kecil dibandingkan iPhone 11. HP yang satu ini hanya menawarkan layar 5,8 inci. Menariknya, resolusi yang ditawarkan lebih tinggi dibandingkan iPhone 11. Jika iPhone 11 menawarkan resolusi 828 x 1792 piksel, Apple iPhone 11 Pro datang dengan resolusi 1125 x 2436 piksel.

Dengan resolusi yang lebih tinggi, jelas membuat layar Apple iPhone 11 Pro memiliki tingkat kecerahan yang lebih baik. Apple iPhone 11 saja sudah menawarkan tampilan layar yang baik, tentu layar Apple iPhone 11 Pro lebih dari itu. Terlebih layar HP ini memakai panel yang Apple sebut sebagai Super Retina XDR OLED.

Situs Stuff.tv menyebut kalau layar dari HP ini memiliki kontras yang luar biasa. Layar HP ini juga tergolong cerah dan memiliki tingkat detail yang baik. Terlebih fakta kalau layar HP ini sudah dibekali dengan teknologi Dolby Vision dan HDR10

2. Tangguh dan Tahan Air

Apple iPhone 11 Pro
*

Apple iPhone 11 Pro hadir dengan desain yang tangguh. Seperti terlihat pada foto di atas, kalau HP ini direndam di dalam air dan menyala. Foto tersebut adalah milik Techradar. Situs teknologi tersebut menguji ketahanan Apple iPhone 11 Pro di dalam air, dan ternyata Apple iPhone 11 Pro  tidak mengalami gangguan setelah terkena air.

Kemampuan tahan air ini tentu tidak lepas dari hadirnya sertifikasi anti air IP68 yang dimiliki Apple iPhone 11 Pro. Dengan sertifikasi ini, Apple iPhone 11 Pro diklaim dapat bertahan di kedalaman air 4 meter selama 30 menit.

3. Chipset Terkencang

Apple iPhone 11 Pro
*

Apple iPhone 11 Pro dibekali dengan chipset Apple A13 Bionic. Chipset ini dibuat dengan proses fabrikasi 7nm+. Di dalam chipset ini, tersemat enam core prosesor. Prosesornya terdiri dari dua core Lightning 2,65 GHz untuk performa dan empat core Thunder 1,8 GHz untuk hemat daya. Untuk pengolah grafisnya, terasemat Apple GPU dengan empat inti core graphics.

Dengan chipset tersebut, Apple iPhone 11 Pro mampu mendapat skor Antutu di angka 460 ribuan. berdasarkan pengujian yang dilakukan GSMArena. Angka ini sedikit lebih tinggi dibandingkan skor Antutu Apple iPhone 11 Pro Max yang ada di angka 450 ribuan. Untuk diketahui, Apple iPhone 11 Pro Max juga memakai Apple A13 Bionic.

Antutu Apple iPhone 11 Pro
*

Terlihat dari tabel di atas kalau skor Antutu iPhone 11 Pro mampu mengalahkan skor Antutu yang didapatkan ponsel Android kelas atas seperti ASUS ROG Phone II yang dibekali chipset Snapdragon 855+ atau Redmi K20 Pro yang dibekali Snapdragon 855.

Untuk performa, rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi. HP ini memiliki performa kencang untuk berbagai kebutuhan. Meskipun dengan RAM 4 GB, HP ini dapat menjalankan tugas dengan baik.

Situs Tomsguide saja sampai mengetes kecepatan ekspor video 4K ke 1080p di HP ini. Ternyata melakukan ekspor video tersebut, hanya membutuhkan waktu 46 detik saja. Bandingkan dengan capaian waktu yang diraih Samsung Galaxy Note 10 Plus yang membutuhkan waktu 1 menit 34 detik. Hal ini jelas menunjukan kalau performa HP ini ada di kasta paling atas.

4. Daya Tahan Baterai yang Awet

Apple iPhone 11 Pro
*

Apple iPhone 11 Pro dibekali baterai Li-Ion 3.046 mAh. Dengan layar yang tidak begitu lebar, kapasitas baterai ini tergolong cukup mumpuni. Hasil dari pengujian GSMArena menunjukan kalau HP ini mencatatkan skor endurance rating sebesar 86h.

baterai iPhone 11 Pro
*

Untuk ukuran HP Android, skor tersebut biasanya menunjukan daya tahan baterai yang kurang. Tapi kita berbicara tentang sebuah HP dengan iOS yang jelas memiliki sistem dan manajemen daya yang berbeda.

Apple sendiri mengklaim jika daya tahan baterai iPhone 11 Pro empat jam lebih lama dibandingkan iPhone XS. Memang daya tahan baterai HP ini masih kalah dengan daya tahan baterai iPhone 11. Tapi jika dibandingkan iPhone XS, daya tahan baterai HP ini cenderung meningkat.

5. Charger Bawaan yang Fast Charging

Apple iPhone 11 Pro
*

Yang menarik dari Apple iPhone 11 Pro adalah charger bawaannya yang sudah mendukung teknologi fast charging. Charger bawaan HP ini adalah tipe charger 18W dan ini patut diapresiasi mengingat charger cepat ini tidak disematkan di Apple iPhone 11.

Dengan charger 18W, Apple iPhone 11 Pro dapat terisi sampai 58% dalam waktu 30 menit. Hasil tersebut adalah hasil pengujian dari GSMArena. Sementara situs Tomsguide mencatatkan hasil yakni terisi daya ponsel sebesar 55% dalam waktu 30 menit. Tidak jauh berbeda dari hasil yang ditunjukan GSMArena.

6.  Kamera Depan dan Belakang Unggul

Apple iPhone 11 Pro
*

Apple iPhone 11 dan Apple iPhone 11 Pro memiliki tiga kamera di bagian belakang. Ketiga kamera ini terdiri dari kamera wide 12 MP, kamera telefoto 12 MP, dan kamera ultra-wide 12 MP. Untuk mengetahui kualitas dari kamera ponsel ini, bisa disimak hasil tangkapannya berikut ini.

hasil tangkapan kamera iPhone 11 Pro
*
hasil tangkapan kamera iPhone 11 Pro
*
hasil tangkapan kamera iPhone 11 Pro
*

Terlihat pada gambar di atas, kalau hasil tangkapan kamera HP ini tergolong bagus. Termasuk dalam mode malam. Berbagai situs yang menguji HP ini juga memuji kualitas tangkapan kamera dari ponsel ini. Salah satunya adalah Stuff.tv yang mengatakan kalau hasil tangkapan kamera dari HP ini tergolong bagus.

Selain itu, hasil tangkapan kamera mode portrait juga tergolong bagus. Untuk mode malam juga hasilnya tidak mengecewakan. Malah Stuff.tv berani mengklaim kalau hasil mode malam dari HP ini mampu mengalahkan mode malam dari Google Pixel.

Untuk kamera depan, Apple iPhone 11 Pro dibekali dengan kamera depan 12 MP dan SL 3D Camera alias kamera 3D TOF. Hasil tangkapan kamera depan HP ini kalau menurut Tomsguide mampu menghadirkan gambar yang penuh warna dan lebih banyak tekstur dibandingkan hasil selfie dari Samsung Galaxy Note 10 Plus.

Dari pernyatan tersebut, jelas bahwa kamera depan Apple iPhone 11 Pro tergolong bagus. Tidak hanya untuk kamera depan tetapi juga kamera belakang ponsel ini juga tergolong bagus.

Kekurangan Apple iPhone 11 Pro

Selanjutnya, mari bahas soal kekurangan dari Apple iPhone 11 Pro. Apa yang kurang dari perangkat ini? Simak poin-poin kekurangannya berikut ini.

1. Masalah Notch dan Bezel

Apple iPhone 11 Pro
*

Masalah terbesar dari iPhone 11 Pro serupa dengan Apple iPhone 11 yakni soal notch yang terlalu lebar. Selain masalah notch atau poni, kekurangan lain dari Apple iPhone 11 Pro adalah bezel layarnya yang masih tergolong tebal. Dua faktor ini yang membuat tampilan desain keseluruhan perangkat ini terasa kurang menarik.

2. Kamera Telefoto dan Ultra-wide Kurang Greget

Apple iPhone 11 Pro
*

Kehadiran tiga kamera belakang di iPhone 11 Pro patut diapresiasi. Hanya saja yang paling bersinar adalah kamera utamanya. Kedua kamera lain, yakni kamera telefoto dan kamera ultra-wide masih terasa kurang greget.

GSMArena mencatat kekurangan dari sektor kamera ini. Untuk kamera ultra-wide, kekurangannya adalah tidak memiliki autofocus dan mode malam. Sementara untuk kamera telefoto, kekurangannya adalah kemampuan zoom yang hanya 2x zoom sementara ponsel dari pesaing sudah bisa 3X zoom atau bahkan 5x zoom.

3. Tidak Ada Jack Audio 3,5mm dan Adapter Audio

Apple iPhone 11 Pro
*

Apple iPhone 11 Pro masih mempertahankan dengan tidak menghadirkan lubang audio jack 3,5 mm. Lebih parahnya lagi, Apple juga tidak menyediakan adapter untuk audio jack 3,5 mm. Hal ini jelas membuat para pembeli Apple iPhone 11 Pro yang masih memakai earphone 3,5 mm, harus membeli adapter audio jack secara terpisah.

4. Masih Tetap Mahal

Apple iPhone 11 Pro
*

Kekurangan lain dari Apple iPhone 11 Pro adalah harganya yang jelas tetap mahal, bahkan untuk varian yang paling murah sekalipun. Harga yang mahal ini tergolong wajar karena Apple dikenal sebagai brand yang prestisius. 

Simpulan

Apple iPhone 11 Pro adalah smartphone dari Apple yang tidak perlu diragukan lagi secara kualitas. Performa, tampilan layar, desain dan ketangguhan HP ini patut diacungi jempol. Kualitas kamera juga patut diapresiasi. Hanya saja untuk kamera ultra-wide dan telefoto masih kurang maksimal.

Apple iPhone 11 Pro cocok dipilih untuk mereka yang memang membutuhkan ponsel iPhone kelas atas. Tertarik dengan Apple iPhone 11Pro? Jika tertarik, silakan beli iPhone 11 Pro ini di toko online lewat link ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram