11 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14 Pro Max yang Wajib Dibaca!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Apple termasuk produsen yang konservatif. Mereka seringkali menawarkan hal baru dalam bentuk sisipan pada setiap produk anyarnya. Namun, yang terjadi pada iPhone 14 Pro Max sepertinya agak berbeda.

Ada begitu banyak hal baru yang belum pernah Anda lihat pada ponsel-ponsel iPhone sebelumnya. Salah satu hal baru tersebut adalah Dynamic Island yang membuat iPhone 14 Pro Max jadi perbincangan. Fitur yang satu ini juga dimiliki oleh iPhone 14 Pro.

Berkat Dynamic Island, poni - yang tadinya hanya sebagai tempat bernaung kamera depan dan beberapa sensor - kini menjadi komponen yang "hidup". Bentuk poni tersebut juga beda. Lebih kecil dan tak lagi nangkring di bawah bezel atas layar ponsel.

Lewat artikel kelebihan dan kekurangan iPhone 14 Pro Max ini, Carisinyal akan coba membabar sesuatu yang baru serta menarik dari si ponsel. Kami juga menyertakan sejumlah catatan yang bisa jadi merupakan kekurangan buat HP Apple ini. Rangkumannya bisa Anda tengok pada tabel berikut.

KelebihanKekurangan
Build quality yang mantap
Layar cerah dengan Always-on Display
Dynamic Island yang inovatif
Performa SoC Apple A16 Bionic mengesankan
Tangkapan kamera jempolan
Daya tahan baterai oke banget
Adanya fitur keamanan saat situasi genting
Bodi berat dan tebal
Belum USB C juga, pengisian daya biasa saja
Sisi minor Dynamic Island
Baterai cepat terkuras

Untuk Anda yang ingin membaca pembahasannya secara detail, simak ulasan dalam artikel ini sampai habis! Berikut terlampir spesifikasi iPhone 14 Pro Max yang bisa Anda lihat terlebih dahulu sebelum masuk ke pembahasan.

Spesifikasi iPhone 14 Pro Max

apple iphone 14 pro max
Layar LTPO Super Retina XDR OLED 6.7 inci
Chipset Apple A16 Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 48 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide) MP (ToF Lidar)
Baterai Li-Ion 4323 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan iPhone 14 Pro Max

Tujuh poin di bawah ini menjelaskan kelebihan yang dimiliki iPhone 14 Pro Max. Kelebihan-kelebihan tersebut menjadi faktor yang membuat ponsel ini dapat mencuri perhatian calon pembeli. Berikut penjelasannya.

1. Build Quality yang Mantap

iphone 14 pro max

Perubahan desain pada iPhone 14 Pro Max memang tidak ekstrem. Selain poni, modul kamera (yang membesar), dan dimensi, tidak ada lagi perubahan bentuk yang tampak secara visual. Selebihnya konstruksi HP ini masih mirip dengan iPhone 13 Pro Max.

Namun, Apple menawarkan opsi warna yang benar-benar segar. Ada empat opsi warna yang ditawarkan: Deep Purple, Gold, Silver, dan Space Black. Seluruhnya memiliki karakter matte. Deep Purple alias ungu adalah varian yang paling menyita perhatian, terutama bagi para fashionista.

Kesan premium dari ponsel yang satu ini tetap terpancar lewat frame rata dengan material stainless steel. Lalu material kaca pada bagian depan dan penutup belakang. Khusus bagian depan, Apple menambahkan kaca keramik untuk meningkatkan durabilitas ponsel saat mengalami benturan.

Yang menarik, penutup belakang kaca iPhone 14 Pro Max kini removable (dapat dilepas). Anda dapat menggantinya sendiri jika terjadi insiden pecah. Akan tetapi, jika Anda belum mahir, sebaiknya serahkan penggantian kaca penutup belakang pada petugas di service center Apple.

Adapun iPhone 14 Pro Max juga memiliki sertifikasi IP68. Berarti HP ini tahan debu 360 derajat serta tahan air hingga kedalaman 6 meter selama 30 menit.

Bagi Anda yang khawatir dengan kabar bahwa iPhone 14 Pro Max hadir tanpa slot SIM, tetaplah tenang. Di luar pasar Amerika Serikat, termasuk Indonesia, HP ini tetap memiliki slot SIM.

Beberapa penguji memberi catatan positif terhadap desain iPhone 14 Pro Max. Misalnya Mark Spoonauer dari Tom's Guide. Spoonauer merasa senang dengan polesan warna pada frame yang kini selaras dengan warna penutup belakang.

Masih soal warna, Stan Schroeder dari Mashable menilai bahwa varian Space Black mungkin akan jadi favorit. Alasannya karena perpaduan frame hitam legam dengan penutup belakang abu-abu tua sepertinya serasi.

Meski begitu, Schroeder akan tetap memilih Deep Purple karena punya kesan yang lebih kalem. Terlebih jika ponsel dengan varian warna tersebut dipakai di tempat remang-remang.

2. Layar Cerah dengan AOD

iphone 14 pro max

Sektor tampilan iPhone 14 Pro Max tetap diperkuat layar OLED 6.7 inci. Apple menyebut layar yang punya resolusi 2796 x 1290 piksel tersebut dengan sebutan Super Retina XDR display. Yang terlihat baru dari layar HP ini jelas poninya.

Namun, poni beserta fitur Dynamic Island akan kami jelaskan pada poin terpisah. Sekarang kita fokus pada kemampuan layar iPhone 14 Pro Max. Satu fitur baru yang ditonjolkan Apple pada layar si ponsel adalah keberadaan Always-on Display (AOD).

Akhirnya fitur yang sudah lama dimiliki ponsel Android ini singgah di HP iPhone. AOD membuat Anda bisa melihat beragam notifikasi tanpa harus mengetuk layar si ponsel. Notifikasi itu seperti jam, tanggal, dan cuaca.

Nah, biasanya AOD dikaitkan dengan konsumsi daya yang jadi boros. Hal itu memang benar karena layar "dipaksa" selalu menyala (sebagian) untuk menampilkan informasi tertentu. Namun, Apple menjamin konsumsi daya iPhone 14 Pro Max tetap irit kendati AOD diaktifkan.

Sistem pada ponsel ini dirancang agar layar meredupkan kecerahan tampilan jika berada di lingkungan dengan pencahayaan minim (low power mode). Bahkan tampilan layar otomatis menjadi gelap ketika layar dihadapkan ke bawah (misalnya ditaruh di meja) atau saat ponsel berada di dalam saku celana.

Fitur kedua yang ditonjolkan Apple pada layar iPhone 14 Pro Max adalah tingkat kecerahannya. Pada kondisi luar ruangan, layar HP ini diklaim bisa mencapai tingkat kecerahan 2000 nit! Tingkat kecerahan ini dua kali lebih tinggi dari iPhone generasi sebelumnya.

Untuk penggunaan normal, layar HP ini dapat meraih kecerahan khas 1000 nit. Sementara itu, saat menampilkan foto dan konten video HDR, tingkat kecerahannya bisa tembus 1600 nit.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram