carisinyal web banner retina

Beli iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max di Tahun 2024, Masih Oke?

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Anda tentu sudah sering mendengar pepatah "setiap orang punya waktunya masing-masing". Pepatah itu nyatanya berlaku juga dalam membeli HP, tak terkecuali iPhone. Anda tidak harus beli iPhone yang paling baru dalam waktu dekat.

Yang mesti Anda beli adalah iPhone yang cocok dengan kebutuhan dan kantong. Bisa jadi iPhone tersebut keluaran satu, dua, atau tiga generasi sebelum model teranyar. Misalnya iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max yang statusnya dua generasi di belakang iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Dua HP iPhone 12 Series itu masih layak dipertimbangkan karena banyak hal. Salah satunya tentu lantaran tangkapan kameranya masih keren. Lalu apa cuma itu faktor yang bikin iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max layak dibeli? Jawabannya ada di tabel berikut.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Alasan Layak Beli
Alasan Tak Layak Beli

Di tabel itu pula, Anda bisa melihat faktor lain yang mungkin membuat duo iPhone 12 Itu belum layak beli. Kalau uraian di tabel itu dirasa belum konkret, silakan baca artikel ini sampai selesai.

Spesifikasi iPhone 12 Pro

iPhone 12 Pro
Layar Super Retina XDR OLED 6.1 inci
Chipset Apple A14 Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide) MP (ToF Lidar)
Baterai Li-Ion 2815 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Spesifikasi iPhone 12 Pro Max

iPhone 12 Pro Max
Layar Super Retina XDR OLED 6.7 inci
Chipset Apple A14 Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide) MP (ToF Lidar)
Baterai Li-Ion 3687 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Alasan Layak Beli iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max

Belum pernah rasakan pengalaman memakai iPhone model tertinggi? Inilah saat yang tepat bagi Anda untuk memulainya lewat iPhone 12 Pro atau iPhone 12 Pro Max. Alasan-alasan kenapa dua HP itu layak dibeli ada di bawah ini.

1. Desainnya Masih Matching dengan iPhone Penerusnya

iphone 12 pro

iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max belum punya Dynamic Island seperti iPhone 14 Pro. Poni layar kedua HP juga belum sesempit iPhone 13 Series dan iPhone 14 Series. Namun, desain dua HP ini jauh dari kata ketinggalan zaman.

Penyebabnya karena desain iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max jadi pattern generasi penerusnya. Ya, keduanya mengawali ciri khas rangka flat dengan sudut-sudut tegas. Tatanan deretan kamera belakangnya juga tidak berbeda dari para penerusnya yang ala "boba".

Faktor lain seperti bezel layar yang minimalis dan simetris, adanya sertifikasi IP68, serta material kaca pada penutup belakang, membuat iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max tetap terlihat relevan. Desain kedua ponsel pun serasi dengan penerus-penerusnya.

2. Layar Tetap Jadi Salah Satu yang Paling Keren

iphone 12 pro

Layar iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro max menggunakan panel Super Retina XDR OLED. Model Pro punya bentang 6,1 inci, sedangkan Pro Max 6.7 inci. Resolusinya secara berurutan adalah 1170 x 2532 piksel dan 1284 x 2778 piksel.

Tidak ada perbedaan lagi yang signifikan. Layar dari kedua HP dilapisi Ceramic Shield yang konon bikin tahan benturan. Apple mengeklaim, layar iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max bisa mencapai level kecerahan 800 nit di luar ruangan, serta 1200 nit untuk pemutaran konten HDR.

Tingkat kecerahan 500 nit ke atas mampu membuat tampilan layar tetap jelas di lingkungan outdoor. Hal itu berarti visibilitas layar kedua iPhone ini bagus. Kualitas visualnya pun demikian.

Anda tidak akan pernah kecewa dengan ketajaman, warna, dan sudut pandangnya. Bahkan, layar iPhone 12 Pro memiliki spesifikasi yang sama persis dengan iPhone 14. Layar iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max sangat mencukupi untuk keperluan sosial media, menononton video, sampai content creation.

Layar keduanya sudah mendapat sertifikasi Widevine L1, sehingga bisa memutar konten di Netflix, HBO, Disney+, dan sejenisnya dengan resolusi tertinggi. Konten HDR di YouTube pun bisa ditampilkan.

Warna yang bisa ditampilkan keduanya kaya dan akurat. Menurut pengukuran Mark Spoonauer dari Tom's Guide, cakupan warna iPhone 12 Pro adalah 115.6% sRGB. Akurasi warnanya tinggi dengan tingkat penyimpangan hanya 0,28 (deltaE).

3. Suara Speakernya Mantap

iphone 12 pro

Video dan game adalah citra audiovisual. Layar dan speaker punya peran utama untuk menyajikannya kepada pengguna. Untuk masalah layar, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max sudah terbukti punya kualitas visual yang bagus. Namun, bagaimana dengan speaker-nya?

Speaker kedua smartphone ternyata mantap juga. Konfigurasinya sama-sama stereo dan mampu memperoleh predikat kelantangan sangat bagus dari GSM Arena. Skor kelantangannya -24,2 LUFS (Loudness Unit Full Scale) untuk iPhone 12 Pro, dan -23,8 LUFS buat iPhone 12 Pro Max.

Speaker stereo mereka berdua bahkan lebih lantang ketimbang iPhone 14 Pro (-26,2 LUFS). iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max adalah contoh smartphone dengan speaker terbaik. Elemen vokalnya terdengar jelas, treble-nya terasa, dan bass-nya ada. Suaranya tidak akan pernah mengecewakan sebagian besar pengguna.

4. Kameranya Oke Banget

iphone 12 pro

Konfigurasi kamera yang dipakai kedua HP sama. Ada kamera utama, kamera ultrawide, kamera tele, dan kamera depan. Namun, untuk kamera utama dan kamera tele, iPhone 12 Pro Max sedikit lebih unggul daripada iPhone 12 Pro.

Hal itu karena sensor kamera utama yang dipakai iPhone 12 Pro Max lebih besar, dan focal length lensa di kamera telenya lebih panjang. Meski begitu, resolusi seluruh kamera kedua HP sama, dipatok di 12 MP.

Beberapa fitur yang ada di kamera kedua HP masih relevan jika dibandingkan dengan HP-HP terbaru di 2023. Misalnya, OIS (kamera utama), perbesaran opik hingga 2x (2,5x di iPhone 12 Pro Max), dan kemampuan merekam video dengan kualitas suara stereo.

Selain itu, seluruh kamera duo iPhone ini dapat merekam video hingga resolusi 4K 60 fps, fitur penstabil (EIS) aktif di semua resolusi, dan bisa berpindah-pindah kamera saat merekam. Kombinasi ketiga fitur itu masih jarang dijumpai di flagship Android masa kini. Namun, mode sinematik seperti di iPhone 13 Pro memang belum mereka punyai.

Resolusi 12 MP iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max memang kalah dibanding iPhone 14 Pro (48 MP) dan mayoritas HP Android zaman sekarang. Kendati demikian, megapiksel tidak terlalu terlalu berpengaruh terhadap kualitas tangkapan kamera.

Menurut YouTuber Putu Reza, tangkapan iPhone 12 Pro terlihat tidak terlalu jauh dengan iPhone 14 Pro dalam di kondisi outdoor pada siang hari. Foto yang diperlihatkan dia tampak berkualitas. Detail, warna, dan rentang dinamisnya masih sangat bagus.

Tangkapan iPhone 12 Pro baru akan terlihat perbedaannya dengan iPhone 14 Pro dalam kondisi low light seperti malam hari. iPhone 12 Pro tampak kesulitan menangani flare dan eksposur. iPhone 12 Pro Max juga punya problem low light yang sama, sebagaimana contoh foto yang diperlihatkan kanal YouTube Riswan Zone.

Soal rekaman video, Putu Reza sama sekali tak komplain dengan iPhone 12 Pro. Ia menyebut bahwa iPhone 12 Pro tetap jadi salah satu yang terbaik. Berdasarkan pengalaman Putu Reza, tidak salah bila Anda mengincar iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max untuk hobi serta keperluan content creation.

Contoh tangkapan kamera kedua HP dapat Anda tengok di artikel kelebihan dan kekurangan iPhone 12 Pro serta artikel kelebihan dan kekurangan iPhone 12 Pro Max.

5. Performanya Kencang

iphone 12 pro

SoC yang digunakan kedua HP adalah Apple A14 Bionic. Ia adalah SoC yang dibikin dengan proses manufaktur 5 nm oleh TSMC. Komponen yang terkandung dalam A14 Bionic di antaranya adalah CPU enam core dan GPU empat core.

CPU enam core terdiri atas dua core performa berkode Firestorm (3,1 GHz) dam empat core efisiensi berkode Icestorm (1,8 GHz). Apple A14 Bionic pada iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max dipadu dengan RAM 6 GB serta penyimpanan berbasis NVMe.

Performa yang ditimbulkan kencang. Menurut pengalaman Putu Reza, iPhone 12 Pro masih sangat oke untuk pemakaian sehari-hari. Ia menyebut bahwa HP ini tidak memiliki selisih yang signifikan dengan iPhone 14 Pro.Pemakaian sehari-hari itu seperti scrolling lini masa di media sosial dan pindah-pindah aplikasi.

Performa gaming iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max masih oke. Keduanya sanggup menjalankan game seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Genshin Impact dalam setelan grafis tinggi.

Sebagai informasi tambahan, skor AnTuTu 9 kedua HP ada di angka 700 ribuan. Sementara itu, skor single-core serta multi-core-nya di GeekBench 5 yakni 1600-an dan 4000-an.

6. Daya Tahan Baterai Oke untuk iPhone 12 Pro Max

iphone 12 pro

Di antara dua HP yang dibahas di artikel ini, hanya iPhone 12 Pro Max yang baterainya mumpuni untuk penggunaan sehari penuh. HP ini mengandung baterai dengan kapasitas 3687 mAh, terlihat kecil jika dibandingkan flagship lain yang sudah 4000-an sampai 5000 mAh.

Meski begitu, Apple dapat mampu menciptakan sistem manajemen daya yang baik agar baterai berkapasitas kecil dapat awet. Dalam pengujian yang dilakukan GSM Arena, skor ketahanan baterai iPhone 12 Pro Max mencapai 95 jam. Hasil yang bagus untuk ukuran baterai yang kapasitasnya tak sampai 4000 mAh.

Daya tahannya belum sebagus iPhone 13 Pro Max dan iPhone 14 Pro max yang baterarinya di atas 4000 mAh. Namun, untuk penggunaan ringan ke moderat, iPhone 12 Pro Max masih memungkinkan menyala sehari penuh. Hal ini berlaku saat baterai masih dalam keadaan prima (battery health minimal 80%).

Adapun waktu yang diperlukan untuk mengecas baterai iPhone 12 Pro Max (0-100%) adalah 1 jam 32 menit. Waktu tempuh tersebut didapat jika HP dicas dengan charger 20W. Ia juga mendukung pengisian nirkabel 15W dengan MagSafe, dan pengisian nirkabel 7.5W dengan charger berteknologi Qi.

7. Update Sistem Operasi Panjang

iOS 16

Apple memiliki rekam jejak yang bagus soal pembaruan sistem operasi. HP bikinan mereka paling tidak memperoleh lima kali peningkatan versi sistem operasi. iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max menggunakan iOS 14.1 ketika pertama kali dirilis di Indonesia pada Desember 2020.

Karena itu, keduanya berpotensi bakal memperoleh peningkatan hingga iOS 19. Tak cukup di situ, Apple biasanya tetap menggelontorkan update sistem keamanan untuk HP yang tak lagi memperoleh peningkatan sistem operasi.

Sebagai contoh, iPhone 5s yang rilis 2013, masih memperoleh pembaruan sistem keamanan lewat iOS 12.5.7 pada Januari 2023. Dengan demikian, umur pakai HP iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max sangat panjang.

8. Sudah 5G

iphone 12

iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max tiba ketika layanan 5G di Indonesia belum digelar. Namun, kedua HP tersebut sebenarnya sudah mendukung jaringan 5G. Maka kemampuan menangkap sinyal 5G-nya pun dikunci untuk sementara.

Pada 2021, layanan 5G di Indonesia telah dibuka. iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max pun bisa mencicipi jaringan 5G pada wilayah yang sudah terkover. Pertanyaannya, bagaimana cara membuka kunci agar konektivitas 5G aktif?

Caranya yakni dengan meng-update sistem operasi kedua telpon, minimal ke iOS 15.3. Lebih baru tentu lebih bagus. Duo iPhone ini dapat mendukung 5G semua operator di Indonesia karena modem 5G yang dimilikinya kompatibel dengan band n40 (frekuensi 2300 MHz) dan band n3 (1800 MHz).

Dukungan konektivitas 5G tentu saja membuat umur pakai iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max makin panjang.

Alasan Tak Layak Beli iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max

iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max tidak banyak ketinggalan dengan iPhone yang lebih baru. Namun, beberapa hal di bawah ini perlu Anda pertimbangkan sebelum mengambil keputusan.

1. Charger Sudah Lenyap

iphone 12 pro

Buat Anda yang membeli kedua ponsel dalam kondisi baru, Anda tidak akan menjumpai lagi charger dan headset dalam paket penjualan. Sejak merilis iPhone 12 Series, Apple memang sengaja membuang dua aksesori itu. Alasan mereka adalah supaya lebih ramah lingkungan.

Yang ada di paket penjualan hanyalah jarum tusuk pembuka slot kartu SIM dan kabel lightning. Apa pun alasannya, keputusan menghilangkan charger dan headset menimbulkan masalah bagi sebagian orang.

Khususnya mereka yang belum punya charger yang kompatibel dengan HP iPhone, dan belum punya TWS ataupun headset berkonektor lightning. Ada tambahan rupiah lagi yang mesti mereka keluarkan setelah membeli iPhone 12 Pro ataupun iPhone 12 Pro Max.

2. Temperatur Bodi Gampang Meningkat Saat Main Game

iphone 12 pro

Beberapa penguji menilai bahwa performa duo iPhone 12 Series ini masih mantap. Main game pun lancar. Hanya, menurut kanal YouTube Riswan Zone, iPhone 12 Pro Max lebih cepat menghangat saat memainkan PUBG Mobile.

iPhone 12 Pro Max yang ukurannya besar saja cepat menghangat, apalagi iPhone 12 Pro yang lebih kecil. Fenomena ini memberi indikasi bahwa kedua HP tidak dirancang untuk main game secara intens. Sistem termalnya tak sekompleks HP gaming yang lebih efektif mengalirkan panas.

Bukan berarti main game tak boleh dilakukan di dua HP ini. Namun, kenyamanannya pasti akan berkurang jika Anda bermain game dalam waktu lama. Pasalnya, suhu bodi ponsel yang meningkat tak hanya mengganggu tangan, tapi juga membuat performa menurun. Gameplay jadi tak lancar lagi.

3. Daya Tahan Baterai Kurang untuk iPhone 12 Pro

iphone 12 pro

Baterai yang dikandung iPhone 12 Pro tidak besar. Kapasitasnya hanya 2815 mAh. Kalau Anda adalah pengguna kasual yang jarang-jarang membuka HP, mungkin daya tahannya bisa tembus satu hari. Beda jika Anda adalah pengguna aktif.

Berdasarkan pengalaman Putu Reza, iPhone 12 Pro memerlukan pengisian tambahan paling tidak satu kali dalam sehari (total 2x). Hal ini terjadi karena ia sering menggunakan si ponsel buat main game.

Jika melihat dari daya tahannya, baterai 2815 mAh HP ini tidaklah buruk. GSM Arena mencatat skor ketahanannya di angka 81 jam, sama dengan POCO F4 GT yang baterainya 4700 mAh. Namun, penggunaan secara intensif seperti main game tetap tidak disarankan.

Kecuali Anda mau sering berjumpa dengan colokan charger. Mengecas baterai iPhone 12 Pro memang tidak terlalu lama. Dari kondisi baterainya kosong sampai penuh perlu waktu 1 jam 30 menit. Pengecaan dengan waktu tempuh tersebut bisa didapat jika Anda memakai charger yang output-nya minimal 20W.

4. Harganya Masih Relatif Tinggi

iphone 12 pro

Kami merekomendasikan Anda untuk membeli barang baru dengan garansi resmi. Barang baru otomatis memiliki komponen yang masih asli. Sementara barang dengan garansi resmi terjamin update software dan kompatibilitasnya dengan provider telekomunikasi lokal.

Paling tidak, jika Anda tidak menemukan unit baru, Anda bisa membeli unit bekas garansi resmi. Berdasarkan penelusuran Carisinyal di sejumlah toko online, harga unit baru iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max masih relatif tinggi.

Per Maret 2023, iPhone 12 Pro varian 128 GB dibanderol Rp15 jutaan, sedangkan iPhone 12 Pro Max 128 GB dijual Rp17 jutaan. Cukup mahal untuk ukuran HP yang usianya sudah lebih dari dua tahun. Namun, harga adalah hal yang multipersepsi. Ada yang menilai harganya mahal, pas, bahkan murah.

Simpulan

iPhone tak seperti HP Android yang lebih gampang dilupakan saat penggantinya muncul. Pasalnya, kualitas HP Apple ini bisa menyaingi ponsel sepantarannya dan HP-HP yang muncul setelahnya. iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max pun demikian.

Keduanya masih sangat relevan jika dilihat dari desain, layar, speaker, performa, hingga tangkapan kameranya. Makin menarik lagi karena mereka masih memperoleh jaminan update software dan mendukung jaringan 5G.

Masalahnya adalah, apakah Anda benar-benar orang yang cocok dengan salah satu di antara dua HP itu? Jika Anda adalah sosialita, fotografer, content creator mungkin akan sesuai. Bagaimana dengan gamers? Pikirkan lagi niat untuk menjadikan kedua HP sebagai perangkat utama main game.

Kecuali Anda mau beli kipas eksternal dan mau sering-sering mengecas baterai si HP. Yang tidak kalah penting adalah harganya. Apakah sudah pas dengan rencana pengeluaran Anda?

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram