Carisinyal / Apple 2020 / Menarik, Inilah 10 Kelebihan & Kekurangan Apple iPhone 12

Menarik, Inilah 10 Kelebihan & Kekurangan Apple iPhone 12

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mendekati akhir tahun 2020, Apple kembali merilis seri produk iPhone berikutnya, yakni iPhone 12 series. Kali ini ada yang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, Apple merilis varian Mini yang ukurannya lebih kecil. Tapi dari segi fitur sih tidak jauh berbeda dengan iPhone 12 biasa.

Nah, jika sebelumnya kami telah membahas kelebihan dan kekurangan iPhone 12 Pro dan Mini, kini giliran iPhone 12 vanila yang menunjukkan batang hidungnya. Sebenarnya apa sih yang bisa konsumen nikmati dari penggunaan iPhone 12 ini?

Apakah cukup layak dibeli, atau sebaiknya tambah budget sedikit lagi untuk beli versi Pro-nya? Untuk mempermudah Anda dalam menentukan pilihan, yuk simak dulu kelebihan dan kekurangan Apple iPhone 12 berikut ini!

Spesifikasi Apple iPhone 12

apple iphone 12
  • Rilis: Oktober 2020
  • Layar: Super Retina XDR OLED, 6,1 inci
  • Chipset: Apple A14 Bionic (5 nm)
  • CPU: Hexa-core
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: 
  • Kamera Belakang: 12 MP + 12 MP
  • Kamera Depan: 12 MP
  • Baterai: Li-Ion 2.815 mAh

Kelebihan Apple iPhone 12

Apple iPhone 12, seperti yang Anda duga, punya beragam kelebihan yang membuat ponsel lain terasa primitif. Apa saja persisnya kelebihan ponsel flagship ini? Simak beberapa poin kelebihan di bawah.

1. Layar Super Retina XDR OLED

iphone 12 mini layar oled

Berbeda dengan iPhone 11 reguler yang hanya dibekali IPS LCD sebagai panel layarnya, kini keseluruhan produk iPhone 12 series sudah mengusung panel Super Retina XDR OLED.

Ini sungguh sebuah peningkatan yang cukup drastis. Nyatanya, OLED memang terbilang lebih unggul karena lebih hemat baterai dan juga menawarkan kontras warna tak terhingga antara hitam dan putihnya.

Layar dari iPhone 12 mengusung ukuran bentang layar 6,1 inci pada resolusi 1170 x 2532 piksel. Layar ini juga berjalan pada aspek rasio 19,5 :9 dan meraih kepadatan piksel sebesar 460 ppi.

Seperti varian lainnya, iPhone 12 juga layarnya terbuat dari kaca keramik, membuatnya 4 kali lebih tahan ketimbang iPhone 11 saat terjatuh ke lantai. Adapun tingkat kecerahannya juga mencapai 1200 nits (maksimal) dengan brightness tipikal berada di angka 625 nits.

2. Ketahanan Baterai yang Unggul

iphone 12 baterai

Mungkin di antara Anda banyak yang bertanya-tanya mengenai apakah Apple iPhone 12 ini memiliki durasi pemakaian yang awet atau tidak. Mengingat Apple jarang membahas soal kapasitas fisik baterainya, para fans pun perlu sedikit effort lebih untuk menerka-nerka kinerja baterainya.

Untungnya ada satu YouTuber yang menguji ketahanan baterai iPhone 12, membandingkannya dengan beragam varian iPhone lainnya. Tidak hanya membandingkan dengan iPhone 12 seri lain, tapi juga iPhone 11 series, iPhone SE 2020, dan iPhone XR turut hadir.

Hasilnya cukup mencengangkan. Ternyata iPhone 12 malah lebih tahan lama dibandingkan dengan varian Pro-nya, dan mengalahkan iPhone 11 yang kapasitas baterainya lebih besar.

Pengujian baterai ini mencakup beragam aktivitas seperti bermain game, memutar video di YouTube, membuka Instagram, dan sebagainya. iPhone 12 sendiri berhasil bertahan selama 6 jam 41 menit. Durasi ini lebih lama lho ketimbang iPhone 12 Pro yang bertahan selama 6 jam 35 menit.

Memang, kalau patokannya dengan iPhone 12 Pro, perbedaan ini tidak jauh berbeda. iPhone 12 baru terasa jauh lebih unggul saat dibandingkan dengan iPhone 11 yang bertahan pada durasi 5 jam 8 menit.

Hal ini bisa saja dipengaruhi dengan layar IPS LCD pada iPhone 11 yang lebih boros baterai. Bagaimanapun, peningkatan durasi baterai pada iPhone 12 sangatlah patut diapresiasi oleh seluruh penggemar iPhone.

3. Performa Chipset Terbaik di Industri

iphone 12 chipset

Kalau ingin merasakan pengalaman bermain yang terbaik di antara yang terbaik, memilih iPhone 12 memang langkah yang tepat. Ketimbang generasi sebelumnya, iPhone 12 dibekali dengan chipset yang lebih bertenaga, yakni Apple A14 Bionic.

Tidak ada ponsel lain yang bisa menyamai kekuatan chipset ini, kecuali varian iPhone 12 yang di atasnya seperti iPhone 12 Pro dan Pro Max. Dari perbandingan benchmark-nya saja, terlihat kalau ponsel flagship lain seperti Samsung Galaxy Note20 Ultra pun masih kalah.

Sementara iPhone 12 meraih skor benchmark Geekbench single core sebesar 1589 poin dan skor multi-core sebesar 4008, Note20 Ultra hanya meraih skor 955 untuk single core dan 3176 untuk pengujian multi-core.

4. Dukungan Perekaman Dolby Vision

iphone 12 mini dolby vision

Apakah Anda berniat membuat proyek film? Tidak perlu membeli tambahan perangkat lagi, karena iPhone 12 sudah dibekali dengan kemampuan perekaman yang bahkan lebih mutakhir ketimbang kamera profesional sekalipun.


Standar rentang dinamis tinggi yang dinamakan Dolby Vision ada pada iPhone 12, membuatnya mampu menghasilkan karya dengan akurasi warna yang lebih baik digabungkan dengan kemampuan komputasi yang memadai saat mengeditnya.

Betapa menyenangkannya mengingat pelaku kreatif profesional bahkan harus menambahkan Dolby Vision setelah selesai syuting, sementara iPhone 12 bisa melakukan perekaman Dolby Vision secara real time untuk setiap frame-nya. Sudah siap menjadi filmmaker sungguhan?

5. Sertifikasi Tahan Air dan Debu Terbaik di Industri

iphone 12 mini ip68

Banyak orang yang bermimpi punya ponsel secanggih iPhone 12, tapi tidak berani membelinya karena merasa dirinya ceroboh dan takut ponsel cepat rusak. Well, setidaknya ada spesifikasi dari perangkat yang membuat Anda bisa mendapatkan peace of mind, karena iPhone 12 sudah disertai dengan sertifikasi anti air dan debu terbaik di industri ponsel, yakni IP68.

Sertifikasi ini turut hadir pada keseluruhan produk iPhone 12 series, dan akan menjaga perangkat supaya tidak langsung rusak saat terjatuh ke genangan air pada kedalaman hingga 1,5 meter selama 30 menit. Kendati demikian, Apple sendiri tetap menitip pesan kalau iPhone 12 tidak direkomendasikan untuk digunakan saat mandi apalagi berenang.

6. Foto Malam Hari Berkualitas

iphone 12 mini tanpa lidar scanner

Dari dulu hingga sekarang, produk iPhone memang terkenal dengan kualitas kameranya yang bisa menghasilkan gambar dengan jelas dan jernih. Nah, kalau sebuah ponsel terbilang bagus saat pemotretan siang hari, itu sudah biasa. Ini yang membuat iPhone 12 sungguh layak dipertimbangkan para pecinta fotografi berkat kualitas pemotretan malam yang mendekati sempurna.

Konfigurasi dual kameranya mencakup lensa utama 12 MP dengan ukuran sensor 1/3.6 inci dan memiliki focal length f/1.6. Sementara satunya lagi juga menggunakan resolusi 12 MP sebagai lensa ultra lebar. Di bagian depannya tersemat lensa 12 MP pula yang didukung sati sensor 3D SL untuk sensor kedalaman dan pengenalan wajah.

Nah, kedua kameranya ini sama-sama sudah dibekali dengan kemampuan mode malam yang mumpuni. Yuk simak beberapa contoh hasil sampel berikut.

hasil foto iphone 12 mode malam main camera

iPhone 12 Night Mode Main Camera. * sumber: www.gsmarena.com

hasil foto iphone 12 mode malam ultra lebar

iPhone 12 Night Mode Ultra Lebar. * sumber: www.gsmarena.com

hasil foto iphone 12 mode malam selfie perbandingan

iPhone 12 dengan dan tanpa Night Mode. *

Bagaimana pendapat Anda? Foto malam hari di atas kece sekali, bukan? Dengan pencahayaan yang gelap sekalipun mode malamnya mampu menampilkan lebih banyak cahaya agar tetap terlihat lebih terang dan menjaga ketajaman detil. Terlihat memang ada beberapa noise pada hasil foto ultra lebar dan selfie, tapi tetap layak kok.

Kekurangan Apple iPhone 12

Memangnya ponsel sekelas iPhone 12 punya kekurangan? Ya tentu saja punya. Yuk perhatikan poin-poin berikut supaya Anda tidak salah beli!

1. Tidak Ada Touch ID

iphone 12 no touch id

* sumber: www.businessinsider.com

Di zaman teknologi yang serba canggih, tentu Anda pun tak perlu susah payah memasukkan PIN atau kata sandi hanya sekadar untuk membuka kunci layar. Sudah ada Face ID pada iPhone 12 yang bisa mengidentifikasikan wajah Anda dan membuka kunci secara otomatis.

Selain Face ID, seharusnya sih ada opsi lain yakni Touch ID alias pemindai jari. Tapi di iPhone 12 ini, fitur tersebut tidak dapat ditemukan. Padahal Face ID tidak dapat bekerja dengan baik ketika sedang menggunakan masker.

Mengingat masa peluncuran iPhone 12 berbarengan dengan masa New Normal akibat pandemi, sungguh repot kalau sedikit-sedikit harus buka masker untuk buka kunci atau melakukan konfirmasi saat transaksi digital.

2. Tidak Menyertakan Kepala Casan dan Earphone

iphone 12 mini tanpa casan dan earphone

Untuk menyiasati jejak karbon, Apple memilih langkah untuk mengecilkan boks pembelian dengan cara menghilangkan kepala casan dan earphone. Alhasil di dalam boks hanya terdapat kabel, smartphone itu sendiri, dan buku manualnya.

Ya, untuk bisa mengecas ponsel yang Anda beli, bisa menggunakan casan dari iPhone Anda yang lama. Kalau ini merupakan kali pertama Anda membeli iPhone, mau tidak mau harus membeli kepala casan secara terpisah.

3. Tidak Ada Refresh Rate Tinggi

iphone 12 60 hz

Merupakan sebuah produk flagship dengan harga selangit, rupanya iPhone 12 masih dihadirkan dengan kekurangan yang membuatnya kalah saing dengan flagship lain.

Bagaimana tidak? Sementara ponsel lain sudah memiliki laju penyegaran hingga 120 Hz dengan touch sampling rate yang tinggi pula, iPhone 12 masih mentok di angka 60 Hz untuk refresh rate-nya.

Ini menandakan, pengguna tidak dapat melihat kualitas pergeseran layar yang smooth saat penggunaan sehari-harinya. Padahal sebelum iPhone 12 dirilis, sudah ada kabar yang beredar akan ada laju penyegaran 120 Hz. Sayang tidak berhasil direalisasikan.

4. Tanpa Lensa LiDAR

iphone 12 no lidar

* sumber: www.gsmarena.com

iPhone 12 dengan harganya yang selangit rupanya tidak memiliki sensor LiDAR, dan alhasil Anda mungkin akan merasa lebih worth it dengan membeli iPhone 12 Pro yang sudah dibekali dengan sensor yang cukup langka ini.

LiDAR merupakan sensor yang dapat mengukur jarak antar benda di dunia nyata dengan akurat, caranya dengan mengirimkan sinyal cahaya ke objek dan menerima pantulan dari cahaya tersebut. Ini merupakan fitur yang digunakan juga oleh organisasi seperti NASA untuk misi ke luar angkasa.

Penggunaan LiDAR pada iPhone 12 Pro dan Pro Max sungguh beragam, mulai dari hal-hal receh hingga permainan AR yang interaktif. Misalnya saja Anda sedang melihat TV di rumah teman dan kepo ukurannya berapa, bisa diukur pakai LiDAR.

Obyek AR juga jadi bisa berinteraksi dengan furnitur karenanya. Makanya, sayang ‘kan untuk dilewatkan? Lebih baik pilih versi Pro atau Pro Max kalau memang ingin menyicipi LiDAR.

Simpulan

Rupanya versi vanila dari seri iPhone 12 hadir dengan beragam kelebihan dan kekurangan yang cukup menarik dibahas. Mulai dari ketahanan baterainya yang mengungguli generasi sebelumnya, hadir dengan chipset paling mutakhir di jagat raya untuk bermain game dan edit video, serta kehadiran Dolby Vision pada kemampuan videografi yang sungguh melampaui batas kemampuan ponsel pada umumnya.

Kendati demikian, konsumen memang harus rela dengan harganya yang selangit, yang bahkan belum termasuk berbagai aksesorisnya seperti kepala casan, earphone, dan aksesoris MagSafe yang bisa ditempelkan pada belakang bodi dengan praktis. Tertarik dengan ponsel ini? Yuk baca juga perbedaan antara iPhone 12 Mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *