Carisinyal / Apple 2020 / Yuk, Baca 10 Kelebihan dan Kekurangan Apple iPhone 12 Mini

Yuk, Baca 10 Kelebihan dan Kekurangan Apple iPhone 12 Mini

Ditulis oleh - Diperbaharui 24 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Peningkatan demi peningkatan selalu menjadi perhatian bagi produk Apple yang satu ini. Setelah menghadirkan iPhone 11 series di pasaran, kini waktunya iPhone 12 series unjuk gigi di kuartal empat 2020.

Seperti yang kita tahu, iPhone selalu berhasil menjadi simbol peningkat status sosial penggunanya. Bukan hanya karena logo Apple yang menghiasi bodinya, melainkan juga kejernihan kamera, kualitas layar yang tiada duanya, dan fitur-fitur yang kerap kali menjadi trendsetter untuk diikuti ponsel-ponsel Android.

Nah, pada seri iPhone 12 kali ini, Anda juga diberikan opsi untuk membeli varian yang “mini”, yakni iPhone 12 dengan ukuran yang lebih kecil dan compact. Apakah kecilnya ukuran membuatnya tampak lebih undesirable? Atau justru membuatnya lebih menarik?

Untuk itu, kami sediakan beberapa poin kelebihan dan kekurangan Apple iPhone 12 Mini agar Anda bisa menilai sendiri. Apakah ponsel ini cocok untuk Anda? Yuk baca poin-poin di bawah!

Spesifikasi Apple iPhone 12 Mini

apple iphone 12 mini
  • Rilis: November 2020
  • Layar: Super Retina XDR OLED, 5,4 inci
  • Chipset: Apple A14 Bionic (5 nm)
  • CPU: Hexa-core
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: 
  • Kamera Belakang: 12 MP + 12 MP
  • Kamera Depan: 12 MP
  • Baterai: Li-Ion 2.227 mAh

Kelebihan Apple iPhone 12 Mini

Selain dari tampilannya yang mungil, apakah iPhone 12 Mini masih bisa menghasilkan keunggulan yang tidak kalah menarik? Yuk, simak poin-poin kelebihan iPhone 12 Mini berikut.

1. Tampilan OLED Display yang Memukau

iphone 12 mini layar oled

Kalau soal tampilan layar, Apple memang selalu jagonya. Perusahaan asal Amerika Serikat ini memang tidak pernah lelah memberikan peningkatan dari segi tampilan visual layar, terlihat dari iPhone 12 Mini yang mengusung panel Super Retina XDR OLED dengan tingkat kecerahan tipikal sebesar 625 nits dan kecerahan maksimal 1200 nits.

Layar iPhone 12 Mini juga sudah tersertifikasi HDR10+ yang membuatnya tampil sangat tajam dengan rentang dinamis luas, kian memanjakan indera visual Anda saat bermain game ataupun menikmati konten berupa video. Layarnya memiliki ukuran 5,4 inci dengan resolusi Full HD Plus, alias 1080 x 2340 piksel pada rasio aspek 19,5:9.

2. Hadir dengan Desain Compact

iphone 12 mini desain compact

Jangan buru-buru ill-feel dengan ukurannya yang kecil. Toh, justru ini jadi sebuah kelebihan bagi Anda yang memang mengutamakan sisi portabilitas di atas segalanya.

Sesuai namanya, iPhone 12 Mini memang memiliki dimensi bodi yang ramping, cocok untuk dimasukkan ke dalam saku dengan nyaman. Panjang dan lebar bodi hanya berkisar pada dimensi 131.5 x 64.2 mm.

Sementara itu, tingkat ketebalannya pun cukup tipis di angka 7,4 mm. Adapun bobot bodi yang dimilikinya juga lebih ringan dari kedua saudaranya, sebesar 135 gram. Anda pun akan merasakan kenyamanan yang berlebih saat menggenggam HP tanpa membuat tangan cepat lelah atau pegal.

3. Memiliki Sertifikasi IP68

iphone 12 mini ip68

Saat sedang bersantai di pinggir kolam renang, ponsel rentan terkena cipratan air yang bisa merusak komponen perangkat. Hal ini tentu tidak akan terjadi pada iPhone 12 Mini yang sudah mengusung IP rating tertinggi di industri HP, yakni IP68.

Walau begitu, sebaiknya jangan memaksakan untuk membawa ponsel berenang ke dalam air. Keberadaan IP rating ini hanyalah untuk situasi di mana ponsel tidak sengaja terjatuh ke genangan air. IP68 sendiri memiliki arti antidebu maksimal dan anti air pada kedalaman hingga 1,5 m selama 30 menit.

4. Fitur MagSafe yang Inovatif

iphone 12 mini fitur magsafe

Ada satu fitur yang tidak dimiliki oleh ponsel Android, yakni MagSafe. Fitur ini terbilang cukup inovatif dalam meningkatkan kualitas hidup pengguna. Anda bisa dengan praktis menempelkan aksesoris MagSafe seperti dompet kulit di bagian punggung iPhone 12 Mini.

Dompet ini berfungsi sebagai tempat menampung beragam kartu-kartu digital ataupun ATM yang Anda miliki. Selain itu, MagSafe juga berfungsi agar iPhone 12 Mini Anda bisa dicas secara nirkabel.

5. Mengusung Dolby Audio Stereo Speaker

iphone 12 mini speaker

Mungkin Anda lupa untuk membeli headset saat membeli iPhone 12 Mini. Tidak masalah, karena tanpa headset pun kualitas suara yang dihasilkan perangkat tetap menggelegar dengan balutan dual stereo speaker miliknya.

Meski bukan inovasi baru, keberadaan stereo speaker pada iPhone 12 Mini dinilai cukup apresiatif karena memberikan kompensasi pada pengguna yang ingin mendengarkan lagu secara khidmat walau tanpa menggunakan headset.

Kualitas suara yang dihasilkan dijamin terdengar jernih dan keras. Bahkan mendukung suara spasial  Dolby Atmos juga agar suara sungguh terdengar dari segala sisi. Cocok untuk main PUBG Mobile.

6. Kemampuan Videografi yang Tidak Terkalahkan

iphone 12 mini dolby vision

Kalau mau tahu salah satu sorotan utama pada iPhone 12 series, jawabannya adalah kemampuan videografi. Apple sendiri mengklaim kalau iPhone 12 Mini bisa diperlakukan selayaknya alat perekaman video profesional di kelas industri perfilman.


iPhone 12 series, tentunya berlaku juga bagi iPhone 12 Mini, menghadirkan teknologi perekaman video dengan standar Dolby Vision pada kualitas 10 bit HDR. Ini tentu merupakan keunggulan penting bagi pelaku kreator, karena mampu menghadirkan akurasi warna lebih luas dan kontras hitam dan putih yang lebih lebar.

Berbeda dengan HDR10 biasa, Dolby Vision menggunakan metadata dinamis yang bisa memetakan gambar berdasarkan bingkai per bingkai. Ini merupakan prestasi luar biasa untuk sebuah HP, karena untuk memproses data secara real-time seperti ini membutuhkan tenaga CPU yang luar biasa.

7. Dukungan Update iOS Jangka Panjang

iphone 12 dukungan ios jangka panjang

Sebagai ponsel yang berada di rentang harga tinggi, Anda mungkin menginginkan dukungan update sistem operasi yang lama, bukan? Jangan sampai sudah beli ponsel mahal-mahal, ternyata setelah 2 atau 3 tahun, sistem operasi tidak dapat di-update lagi. Alhasil kita jadi ketinggalan zaman dan tidak tahu fitur-fitur terbaru dari sistem operasi.

Untuk itu, Apple mempersembahkan dukungan update iOS untuk iPhone 12 Mini selama 6 tahun sejak tanggal perilisannya. Mengapa jangka waktu update OS sangat penting? Pasalnya, tidak semua orang akan membeli iPhone 12 Mini pada tahun 2020. Beberapa orang mungkin akan menunggu sampai HP turun harga dan baru akan membelinya pada tahun 2023, misalnya.

Nah untungnya, bahkan saat ponsel dibeli pada tahun 2023, pengguna tetap akan mendapatkan support iOS selama tiga tahun lagi. Ini merupakan bentuk dedikasi Apple kepada para penggemarnya.

Kekurangan Apple iPhone 12 Mini

Tidak dapat dipungkiri kalau iPhone 12 Mini merupakan varian termurah, sehingga wajar kalau ada beberapa kekurangan yang cukup disayangkan, yakni sebagai berikut.

1. Tidak Ada Sensor Sidik Jari

iphone 12 mini 60 hz

Sensor biometrik adalah salah satu fitur penting pada HP, memberikan rasa aman dan nyaman dalam pembukaan kunci layar. iPhone 12 Mini sendiri telah menghadirkan fitur Face ID yang unggul di kelasnya, tapi ia tidak memiliki sensor sidik jari. Pengguna pun jadi punya pilihan yang cukup terbatas untuk memilih metode pembukaan kunci yang cepat dan aman.

2. Tidak Ada Sensor LiDAR

iphone 12 mini tanpa lidar scanner

Berbeda dengan iPhone 12 Pro, varian Mini ini tidak menghadirkan sensor LiDAR di bagian belakangnya dan hanya menawarkan kamera ganda berkekuatan 12 MP. Apa itu LiDAR dan apa fungsinya? Secara singkat, LiDAR berfungsi sebagai sensor pengukur jarak dengan mendeteksi cahaya yang dipantulkan.

Sebagai fungsi dasarnya, LiDAR yang merupakan singkatan dari Light Detection and Ranging ini bermanfaat untuk keperluan fotografi, yakni sebagai sensor kedalaman.

Untuk fungsi lebih luasnya, Anda pun bisa merasakan kemampuan AR alias Augmented Reality yang lebih akurat pada ponsel ini. Sampai-sampai, perangkat bisa digunakan untuk mengukur jarak antar objek yang berada di suatu ruangan. Objek AR yang ditampilkan di layar juga akan mengikuti kondisi ruang di sekitarnya, memberikan pengalaman yang lebih imersif dan terasa lebih nyata. Fitur yang sayang untuk dilewatkan.

3. Tanpa Headset dan Charger

iphone 12 mini tanpa casan dan earphone

Ada satu kekurangan yang cukup bisa membuat Anda geleng-geleng kepala. Ya, iPhone 12 Mini dan dua varian lainnya tidak dihadirkan dengan kepala casan ataupun headset di dalam boks pembeliannya.

Apple meyakini bahwa pembeli iPhone 12 merupakan pemilik dari seri-seri iPhone sebelumnya, sehingga pengguna bisa menggunakan casan iPhone yang lama. Selain itu, ketiadaan dua aksesoris penting ini dinilai Apple sebagai upaya agar boks penjualan bisa menjadi lebih kecil, sehingga bisa lebih muat banyak dalam satu kontainer.

Nah, hal ini berujung pada kemudahan distribusi perangkat ke berbagai mancanegara, mengurangi frekuensi pengiriman sehingga dapat mendukung lingkungan yang eco-friendly.

Kendati demikian, bagi Anda yang baru pertama kali membeli iPhone jadi harus memesan headset dan casan secara terpisah. Akhirnya jadi harus keluar biaya lagi.

Simpulan

Begitulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda nikmati kalau memutuskan untuk membeli iPhone 12 Mini. Meski dari segi desain tidak banyak yang berbeda ketimbang iPhone 11, setidaknya Anda dapat merasakan kehebatan dari sisi videografinya. Mungkin yang selama ini bermimpi ingin menjadi content creator akan lebih mudah mewujudkannya dengan menggunakan iPhone 12 Mini ini.

Ditambah lagi, desainnya yang berukuran compact sangatlah nyaman untuk dibawa ke mana-mana, memerhatikan sisi portabilitas demi kenyamanan maksimal baik saat digenggam, dipakai bermain game, maupun sekadar dimasukkan ke dalam tas atau kantong.

Dengan kehadiran iPhone 12 Mini ini, mungkin Apple mulai melihat banyaknya demand untuk HP berukuran kecil. Bukan tidak mungkin kalau ke depannya, ponsel-ponsel dari vendor lain juga akan mengikuti strategi yang sama dengan menghadirkan versi “mini”.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *