Carisinyal / iPhone 2020 / Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Apple iPhone SE 2020

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Apple iPhone SE 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

iPhone memang selalu berhasil menjadi HP incaran banyak orang. Desain bodinya yang trendy, kinerja kamera yang mutakhir, serta harganya yang mahal kerap menjadikannya produk HP bergengsi yang bisa meningkatkan taraf sosial seseorang. Namun, tahukah Anda iPhone tidak selamanya mahal?

Ya, ada iPhone SE yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 silam. Harga saat rilis waktu itu hanya berkisar di Rp 6 jutaan saja di luar Indonesia. Hal ini tentu berbeda dari biasanya, di mana produk-produk iPhone lainnya selalu dihargai Rp 9 jutaan hingga Rp 11 jutaan pada saat awal rilis. Yang menjadi menarik, fiturnya bahkan tidak jauh berbeda dari iPhone 6s.

Kini, Apple pun sudah meluncurkan iPhone SE 2020 dengan karakteristik yang sama – murah tapi tidak murahan. Karena meskipun dibanderol dengan harga terjangkau, beberapa spesifikasi dan performanya bahkan menyamai HP flagship dengan segmen harga di atasnya. Penasaran dengan produk HP fenomenal ini? Sebaiknya Anda simak beberapa kelebihan dan kekurangan Apple iPhone SE 2020 berikut ini.

Spesifikasi Apple iPhone SE 2020

iphone-se-2020

  • Rilis: April, 2020
  • Layar: Retina IPS LCD, 750 x 1334 piksel
  • Chipset: Apple A13 Bionic
  • GPU: Mali-G76 MP16
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 64/128/256 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: 12 MP
  • Kamera Depan: 7 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 1821 mAh

Kelebihan Apple iPhone SE 2020

Karena ini merupakan sebuah upgrade dari iPhone SE sebelumnya, tentu Anda akan melihat berbagai perkembangan di segi spesifikasi dan fitur. Sementara itu, Apple iPhone SE 2020 memang memiliki keunikan sendiri dibanding HP lainnya. Simak beberapa kelebihan Apple iPhone SE 2020 di bawah ini.

1. Harganya Terjangkau untuk Sebuah iPhone

harga-terjangkau

Harga selalu menjadi salah satu pertimbangan saat mengganti HP baru. Dan tentu saja, konsumen hanya ingin membeli produk ketika ia merasa produknya sepadan dengan harganya. Dengan Apple iPhone SE 2020, Anda akan merasakan value yang tinggi sesuai yang telah dibayarkan.

Bagaimana tidak? HP ini dibanderol dengan harga murah untuk setiap varian ROM-nya. Untuk 64 GB, harganya adalah Rp 6 jutaan dan untuk varian tertinggi (256 GB) harganya adalah Rp 8 jutaan. Bagi Anda yang ingin memiliki produk iPhone tanpa harus menunggu harga turun, sungguh tidak ada salahnya mempertimbangkan iPhone SE 2020.

2. Performa Bagus untuk HP Sekelasnya

performance-iphone-se-2020

Meski dibanderol dengan harga cukup terjangkau, Anda akan cukup terkejut setelah mengetahui performanya yang menawan. Tidak tanggung-tanggung, chipset Apple A13 Bionic yang diusungnya bahkan mampu bersaing dengan berbagai produk HP terbaik di dunia. Sulit dipercaya, bukan?

Berdasarkan hasil benchmark yang terlihat dari laman PCMag.com, performa dari chipset ini bahkan mengalahkan Samsung Galaxy S20 Ultra dan masih mengimbangi performa iPhone 11 dan iPhone 11 Pro.

iphone-se-2020-benchmark

* sumber: sea.pcmag.com

Pada pengetesan single core, iPhone SE berada di angka 1332 sementara Samsung Galaxy S20 Ultra berada di angka jauh di bawahnya, yakni 913. Begitu pun dengan multi-core di mana iPhone SE 2020 lebih unggul di angka 3385, sedikit di atas Samsung Galaxy S20 Ultra di angka 3239.

Perlu diingat, kita sedang membandingkan HP seharga Rp 6 jutaan (iPhone SE 2020) dengan HP seharga Rp 18 jutaan (Samsung Galaxy S20 Ultra). Sebuah fakta yang sungguh mencengangkan – Anda bisa memiliki HP sekelas mid-range dengan performa yang lebih baik dari HP high-range.

3. Hasil Kualitas Kamera Sangat Baik

iphone-se-2020-camera

Satu keunggulan yang tidak pernah absen dari produk iPhone adalah kameranya. Nyatanya, iPhone memang paling banyak dicari berkat kameranya yang mampu memberikan hasil prima dari setiap jepretannya.

Meski hanya hadir dengan satu lensa belakang saja, kemampuannya tentu tidak boleh diremehkan. Memiliki resolusi 12 MP, lensa ini mampu merekam video 4K dengan stabil berkat kemampuan Optical Image Stabilizer yang diusungnya. Tidak hanya itu saja, hasul kualitas dari HP ini hampir tidak ada bedanya dengan kamera pada iPhone 11.

perbandingan-kamera-iphone-se-2020-iphone-11

* sumber: sea.pcmag.com

Masih melansir dari PCMag.com, gambar di atas adalah perbandingan hasil kamera antara iPhone SE 2020 (kanan) dengan iPhone 11 (kiri). Hasil kamera ini diambil dengan pengaturan standar.


Selain kamera belakang, kamera selfie dengan resolusi 7 MP juga mampu menghasilkan portrait dengan efek bokeh. Cukup disayangkan kemampuan mode potret ini hanya berlaku untuk subjek manusia.

4. Mendukung Wireless Charging

iphone-se-2020-wireless-charging

Fitur pengecasan selalu mampu menambah daya tarik sebuah HP. Semakin zaman berkembang, tentu konsumen ingin memiliki semakin banyak opsi untuk menambahkan daya pada perangkat.

Salah satu fitur pengecasan yang paling hot adalah pengecasan nirkabel yang umumnya hanya tersedia pada HP Rp 10 jutaan ke atas. Namun, iPhone SE 2020 ternyata juga dilengkapi dengan fitur canggih ini.

5. Mengusung Retina Display yang Cerah

iphone-se-2020-layar-retina

Bukan iPhone namanya kalau tidak dilengkapi dengan layar cerah dan berkualitas. iPhone SE 2020 mengusung retina display berupa IPS LCD yang mampu menyegarkan mata Anda.


Sementara itu, layar ini juga tetap bisa terlihat dengan jelas meski berada di luar ruangan saat siang hari. Mengusung fitur True Tone, warna pada layar bisa disesuaikan secara otomatis mengikuti kondisi pencahayaan di sekitarnya.

Kekurangan Apple iPhone SE 2020

Setelah melihat beberapa keunggulan tadi, mungkin Anda langsung berpikir ingin membelinya. Tapi, tunggu dulu. Anda juga harus perhatikan beberapa kekurangan di bawah supaya tidak menyesal.

1. Desain Bodi yang Kecil

iphone-se-2020-ukuran-perbandingan

Semua orang punya preferensi masing-masing apakah menginginkan HP berukuran besar atau kecil. Yang pasti, sebagian orang setuju layar yang lebih besar dapat memberikan pengalaman bermain game dan menonton Netflix yang lebih baik.

Ukuran layarnya hanya 4,7 inci dengan dimensi bodi 138,4 x 67,3 x 7,3 mm. Jika Anda cukup turned-off mengenai kelemahan ini, masih banyak HP dengan harga Rp 6 jutaan yang memiliki ukuran layar 6 inci ke atas.

2. Kamera Tidak Memiliki Fitur Night Mode

iphone-se-2020-tidak-ada-night-mode

Meski sebelumnya sempat disinggung kebolehan kameranya, iPhone SE 2020 sayangnya tidak bisa memotret dalam gelap. Anda hanya bisa bergantung pada flash sebagai pencahayaan utama.

Namun, flash ini tentu tidak sebagus fitur mode malam pada iPhone 11 yang bisa memotret pada malam hari dengan kontras dan detil yang terjaga.

3. Tidak Terdapat Fitur FaceID

iphone-se-2020-tidak-ada-face-id

Bagi Anda yang menyukai opsi lebih untuk membuka kunci layar, mungkin akan sedikit dikecewakan dengan HP ini. Pasalnya, ia tidak menyediakan kemampuan FaceID untuk membuka kunci layar menggunakan tampilan wajah.

Padahal Apple merupakan salah satu produsen pertama yang memperkenalkan fitur ini. Kalau Anda sudah terbiasa menggunakan iPhone keluaran sebelumnya, mungkin tidak adanya fitur ini akan sedikit terasa janggal.

4. Memiliki Bezel yang Terlalu Besar

iphone-bezel

Bezel adalah space atau ruang kosong yang terletak pada sisi HP. Jika Anda memerhatikan tren HP terkini, semua HP sudah memiliki layar yang hampir tidak menyisakan ruang kosong demi memberikan immersion yang optimal saat bermain game.

Sayangnya, iPhone SE 2020 memiliki dua bezel atas dan bawah dengan ukuran yang cukup mengganggu. Hal ini semakin diperparah dengan ukuran layarnya yang memang kecil.

5. Tidak Tersedia 3,5 mm Jack

iphone se 2020

* sumber: bgr.com

iPhone memang sudah lama meninggalkan konektivitas 3,5 mm sejak 2016. Meski begitu, hal ini cukup disayangkan karena iPhone SE sebelumnya masih menyediakan konektivitas ini.

Jika Anda ingin menggunakan headset biasa, ada adapter Lightning to 3,5 mm jack yang dijual secara terpisah. Apple sendiri sebenarnya memiliki produk headset ear-in nirkabel bernama AirPods agar Anda tidak perlu memakai adapter. Namun, harganya memang terbilang sangat mahal, terlebih jika mengingat headset ini hanya bisa dipakai pada perangkat Apple.

Simpulan

iPhone SE 2020 memang bukan untuk semua orang. Pada sektor tertentu, kelebihan-kelebihannya cukup mencengangkan. Namun hal ini juga diimbangi dengan beberapa kelemahan yang bisa jadi deal-breaker untuk sebagian orang.

Yang pasti, performa chipset yang diusungnya tidak boleh dianggap remeh. Sungguh jarang ada HP yang bisa mengalahkan Samsung Galaxy S20 Ultra, hal ini semakin menunjukkan betapa istimewanya HP ini. Sementara itu, performa kameranya di siang hari juga hampir menyamai iPhone 11 – sebuah kelebihan yang layak diapresiasi untuk HP Rp 6 jutaan.

Anda hanya perlu membiasakan diri menggunakan HP yang model desainnya mirip HP keluaran lama dengan layarnya yang kecil serta bezelnya yang besar. Lalu jika Anda sering melakukan sesi foto pada malam hari, iPhone SE 2020 mungkin kurang pas untuk Anda.

Nah, jadi bagaimana? Apa kesan yang Anda rasakan setelah melihat kelebihan dan kekurangan iPhone SE 2020 di atas? Apakah Anda jadi tertarik membelinya? Silakan tinggalkan komentar di bawah ini ya! Oh iya, kalau Anda memutuskan untuk membelinya, silakan klik link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *