10 HP Harga 6 Jutaan ke Atas Terbaik (November 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Hal menarik dari perkembangan HP zaman sekarang adalah soal HP flagship. Beberapa HP flagship terbaru hadir dengan harga yang relatif mahal dibandingkan seri sebelumnya. Menariknya, kehadiran HP flagship terbaru berpengaruh pada harga HP flagship seri sebelumnya yang harganya lebih bersahabat.

Nah, pada kesempatan kali ini, Carisinyal akan bahas soal deretan HP flagship alias HP dengan spesifikasi kelas atas tetapi banderol harganya masih masuk akal, yakni kisaran Rp6 juta sampai Rp8 jutaan. Apa sajakah itu? Berikut daftar HP terbaik di rentang harga tersebut versi Carisinyal.

1. realme GT Neo 3 80W

realme GT Neo3
Layar Super AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8100
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

realme GT Neo 3 menjadi salah satu ponsel kelas menengah terbaik hingga saat ini. Pasalnya, ponsel ini menggunakan chipset MediaTek generasi baru, MediaTek Dimensity 8100. Seri SoC ini diklaim memiliki suhu yang lebih rendah serta kecepatan yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, chipset ini sudah mendukung konektivitas dual 5G.

Performa HP ini kian meningkat dengan dukungan RAM utama 8 GB dan RAM tambahan hingga 5 GB. Penggunaan RAM tambahan ini membuat performa HP lebih optimal untuk bermain game kelas berat maupun untuk menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Keseruan bermain game ini didapat dengan dukungan baterai 5000 mAh. Keunggulan HP ini ialah adanya fitur pengisian cepat 80W yang membuat baterai terisi penuh dalam waktu 31 menit saja. Jadi, Anda tidak perlu meninggalkan HP terlalu lama.

Menggunakan panel AMOLED FHD+, layar HP realme ini mampu menampilkan warna yang hidup. Keunggulan layar ini kian bertambah dengan refresh rate 120 Hz, touch sampling rate 360 Hz, dan tingkat kecerahan 1300 nits. Ini membuat layar kian responsif dan tampilan yang halus kala bermain game.

Tak lupa, realme memasang kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX 766. Dengan spek kamera ini, Anda bisa mengambil gambar dan video lebih detail.

2. Samsung Galaxy A73 5G

samsung galaxy a73 5g_
Layar Super AMOLED+ 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 5 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Ponsel buatan Samsung terkenal memiliki build quality dan performa yang bagus di kelasnya. Namun, dalam Samsung Galaxy A73 5G, Samsung mencoba untuk masuk ke kelas ponsel kamera. Hal ini dibuktikan dengan digunakannya kamera utama 108 MP. 

Ini menarik karena resolusi besar biasanya hanya ada di seri flagship. Sementara Galaxy A hanya ponsel kelas menengah. Walaupun demikian, Samsung tetap menghadirkan sejumlah fitur unggulan ala Galaxy S, seperti fitur OIS dan Video Digital Image Stabilization. Tentu hasil foto dan video dari ponsel ini akan terlihat bagus, jernih dan detail.

Desain yang dihadirkan pada ponsel 6 jutaan ini memang tipis, ringan dan pas digenggam. Walaupun demikian, HP ini sudah memiliki sertifikasi IP67. Samsung juga memasang layar panel AMOLED 6,7 inci dengan resolusi FHD+. Selain menawarkan tampilan yang jelas, layar ini juga menawarkan animasi yang halus berkat refresah rate 120 Hz.

Mesinnya masih sama dengan ponsel mid-range pada umumnya. Ponsel ini ditenagai chipset Snapdragon 778G ditemani RAM 8 GB. Tentu kinerja ponsel ini cukup kencang di kelasnya. Anda pun bisa memainkan game terbaru dengan pengaturan grafis tertinggi tanpa takut lag dan frame rate turun.

3. Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T Pro
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (telephoto macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Xiaomi tahu bahwa sebagian konsumen punya fokus pada spesifikasi tinggi ketika hendak membeli HP. Namun, pada saat yang sama, konsumen tersebut sensitif terhadap harga yang mahal. Karena itulah Xiaomi merilis Xiaomi 11T Pro sebagai penerus dari Xiaomi 10T Pro.

HP ini kebagian jatah SoC ganas bernama Snapdragon 888. Otomatis potensi performa yang bisa dihadirkan oleh ponsel ini amat menjanjikan. Gim-gim kelas kakap pun dilibasnya, termasuk Genshin Impact. Hanya saja, 11T Pro sedikit mengalami penurunan performa alias throttling.

Fenomena itu wajar karena banyak ponsel lain yang memakai SoC ini mengalami hal serupa demi menghindari overheating. Di luar itu, 11T Pro adalah ponsel bagus dan lengkap, tak terkecuali kemampuan kameranya. Pembahasan menyeluruh HP 5G ini bisa dibaca di artikel kelebihan dan kekurangan Xiaomi 11T Pro.

4. realme GT Neo2

realme GT Neo2
Layar AMOLED 6.62 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Daripada jor-joran masalah SoC, realme memilih menciptakan setelan yang bagus demi memaksimalkan performa chipset Snapdragon 870. Hasilnya adalah realme GT Neo2 mampu mengeluarkan performa yang stabil untuk menjalankan gim berat, bahkan melebihi HP-HP lain dengan SoC Snapdragon 888.

Selain stabil, layar HP ini juga sedap dipandang dan responsif saat disentuh. Tentu saja itu berkat panel AMOLED, refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 600 Hz. Elemen lain yang membuat pengguna tak bosan menggunakan HP ini adalah keluaran suara dari speaker stereonya.

Kemudian, daya tahan baterai GT Neo2 juga jempolan, proses pengecasannya pun singkat. Intinya, price to performance HP ini benar-benar sip. Baca artikel kelebihan dan kekurangan realme GT Neo2 untuk tahu selengkapnya soal HP ini.

5. Black Shark 4

 Black Shark 4
Layar Super AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

HP 6 jutaan terbaik sih sudah pasti dipegang oleh Xiaomi Black Shark 4. Bagaimana tidak? Di antara para penggiat gadget, pasti Black Shark adalah opsi yang paling menggiurkan karena menyuguhkan bukan hanya chipset yang gahar tapi juga hardware yang mendukung.

Black Shark 4 hadir dengan ekosistem aksesoris yang melimpah ruah seperti cooling fan eksternal, gamepad, earphone, dan masih banyak lagi. Jika Anda butuh HP gaming berkelas yang tidak terlalu menguras kantong, Black Shark 4 ini sangat layak jadi pilihan.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram