10 Rekomendasi HP Gaming yang Murah & Kencang (Januari 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Salah satu tujuan sebagian orang membeli HP adalah untuk bermain game. Untuk memenuhi kebutuhan ini, sebagian vendor ponsel pintar global mengeluarkan lini smartphone gaming yang umumnya menawarkan spesifikasi tinggi dengan beragam fitur untuk menunjang aktivitas bermain game dengan baik, lancar, dan menyenangkan. Tak heran jika harga ponsel gaming bisa setara atau bahkan lebih mahal dari ponsel flagship.

Agar dapat menjangkau lebih banyak orang, vendor smartphone juga mengeluarkan ponsel gaming di kelas yang lebih rendah agar harga jualnya terjangkau. Dewasa ini kita bisa menemukan ponsel dengan harga 1 jutaan, 2 jutaan, atau 3 jutaan yang dapat diandalkan untuk bermain game, meski tidak bisa menjalankan game berperforma tinggi.

Jika ponsel khusus gaming masih cukup mahal, sebagai gantinya Anda bisa memilih ponsel di kisaran harga 4-5 jutaan yang beberapa di antaranya dibekali dengan dapur pacu yang cukup kuat untuk menjalankan game dengan pengaturan grafis menengah. Agar tak bingung memilih, di bawah ini adalah 10 rekomendasi ponsel gaming murah yang bisa Anda beli dengan harga 4-5 jutaan.

1. vivo T1 Pro 5G

vivo T1 Pro 5G
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Jika biasanya vivo terkenal dengan ponsel selfie, kali ini vivo T1 Pro 5G suguhkan yang berbeda. Ya, ini adalah ponsel gaming besutan vivo pertama di dunia yang difokuskan pada kinerja, keindahan layar, serta kemampuan baterai.

Hadirnya chipset Snapdragon 778G 5G di HP ini sungguh merupakan angin segar. SoC dengan clock speed 2.4 GHz tersebut memiliki skor AnTuTu v9 sebesar 500 ribuan yang pastinya lancar memainkan gim populer terkini.

Tapi yang membuat saya bingung, panel layar AMOLED di HP ini tidak dibekali dengan refresh rate tinggi alias hanya mentok di 60 Hz. Padahal, refresh rate tinggi akan lebih dibutuhkan gamer ketimbang panel AMOLED, supaya kinerja saat bermain terasa lebih mulus.

But it's okay. vivo T1 Pro 5G masih dibekali dengan fitur berguna lainnya yang menunjang kebutuhan gamer. Contohnya seperti baterai awet yang tahan seharian penuh, ditambah adanya daya pengecasan 66 W yang ngebut bukan kepalang. Dibutuhkan waktu 18 menit untuk isi baterai dari 1-50%.

Agar HP tidak tersendat-sendat saat bermain dalam waktu lama, disediakan Liquid Cooling yang dapat mendinginkan temperatur smartphone hingga 12 derajat lebih rendah. vivo T1 Pro 5G sendiri bisa Anda dapatkan seharga rilis Rp4.499.000,-.

2. POCO F3

POCO F3
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 4520 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kalau berbicara soal HP gaming dengan value for money yang tinggi, mustahil tidak membicarakan POCO F3. Ponsel ini dihadirkan dengan chipset Snapdragon 870 yang notabene merupakan hasil modifikasi dari Snapdragon 865 Plus. Kedua chipset ini bisa dibilang sama dengan hanya sedikit perubahan.

Bayangkan, Snapdragon 865 Plus awalnya hanya tersedia pada flagship 10 jutaan ke atas di tahun 2020. Tapi sekarang, Snapdragon 870 sudah dimiliki oleh POCO F3 yang seharga Rp5 jutaan saja. Bahkan ada beberapa merchant yang menjualnya di harga Rp4 jutaan.

Dijamin, memainkan game seberat Genshin Impact di pengaturan Highest bisa berjalan dengan sangat lancar, pada frame rate 60 FPS. Tidak perlu kesal dengan koneksi lemot juga, karena perangkat sudah mengusung konektivitas 5G dan juga WiFi 6. Ketahui lebih lanjut pada artikel kelebihan dan kekurangan POCO F3.

3. realme GT Master

realme GT Master
Layar Super AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

realme GT Master bukan cuma HP kelas menengah yang mentereng karena desain ala kopernya (pada varian Voyager Grey). Pasalnya, HP ini adalah salah satu ponsel yang punya kestabilan performa di atas rata-rata. Utamanya jika dipakai untuk bermain gim berat Genshin Impact.

Jagat Review memberi rating A pada HP ini karena kemampuannya menjaga frame rate tetap berada di kisaran 40-an fps. Selain itu, realme GT Master juga tetap dingin dan manajemen dayanya baik kendati hanya mengandung baterai 4300 mAh. Lantas, apa yang bikin HP ini tampak istimewa?

Adalah SoC Snapdragon 778G yang powerful dan sistem pendinginan yang bagus dari realme. Kolaborasi dua hal itu membikin realme GT Master punya performa yang sip untuk dipakai main gim dalam waktu lama. Ulasan HP ini bisa Anda baca di artikel kelebihan dan kekurangan realme GT Master Edition.

4. Samsung Galaxy A52s

Samsung Galaxy A52s 5G
Layar Super AMOLED 6.5 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 5 MP (macro) 5 MP (depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Banyak reviewer memberi apresiasi tinggi kepada Samsung Galaxy A52s. HP ini disebut sebagai ponsel kelas menengah terbaik yang hadir pada 2021. Alasannya, selain fitur-fiturnya lengkap, Galaxy A52s mempunyai kemampuan gaming yang mengagumkan.

Semua berkat SoC ajaib bernama Snapdragon 778G. SoC ini memang tidak sekencang Snapdragon 888. Namun, ia bisa menghadirkan frame rate yang cukup tinggi dan stabil untuk waktu yang lama. Pada gim Genshin Impact, Galaxy A52s mampu mencatat frame rate di kisaran 25-35 fps.

Frame rate tersebut memang tidak terlalu tinggi karena Samsung berusaha menjaga suhu ponsel agar tidak terlalu tinggi. Namun, pengguna bisa mengaktifkan fitur Alternate game performance management agar performa tertinggi HP ini muncul. Fitur ini hadir pada ketika A52s mendapat update OneUI 4.1.

5. realme 9 Pro+

realme 9 Pro Plus
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset MediaTek Dimensity 920
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

realme 9 Pro+ merupakan smartphone andalan realme untuk kelas menengah pada 2022. HP ini memiliki keunggulan dalam hal kemampuan fotografi malam hari dan keunikan desain. Meski begitu, performa gaming ponsel yang dirilis Rp5 jutaan ini juga tidak kaleng-kaleng.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram