10 HP Gaming Terbaik Seharga 3 Jutaan (Februari 2023)

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

HP untuk gaming tentu menarik untuk dilirik. Hanya saja HP yang benar untuk gaming harganya cukup mahal. Namun, di harga kelas terjangkau dan menengah pun ada beberapa HP yang cocok untuk gim. Tentu dengan kondisi dan pengaturan grafis tertentu.

Nah, setelah sebelumnya Carisinyal membahas jajaran HP gaming dengan harga Rp1 jutaan dan Rp2 jutaan, maka pada kesempatan ini Carisinyal berikan rekomendasi 10 HP gaming dengan harga Rp3 jutaan.

Apa saja itu? Simak daftarnya pada tabel berikut ini yang kemudian dilanjut dengan info tiap HP lebih detailnya lagi. Siapa tahu penjelasan detail tiap HP bisa membantu Anda sebagai pembaca menentukan HP yang cocok.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya
Smartphone
Harga
Varian
Kelebihan & Kekurangan

1. vivo V25e

vivo v25e
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset MediaTek Helio G99
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

vivo V25e menjadi model paling terjangkau di antara model lainnya di dalam lini vivo V25 Series. Meskipun begitu, vivo V25e patut diperhatikan karena memiliki performa gaming yang cukup tangguh, terutama di kelas harga di bawah Rp4 juta.

vivo V25e ini hadir membawa chipset MediaTek Helio G99 sebagai otak utama dari performanya. Chipset satu ini sudah jelas kemampuannya, di dalamnya terdapat prosesor octa-core Cortex A76 yang memiliki frekuensi mencapai 2,2 GHz. Agar mendapatkan performa yang maksimal, tentu harus memiliki kapasitas penyimpanan yang luas. Nah, vivo V25e ini hadir dengan RAM 8 GB dengan internal 128 GB dengan harga terjangkau.

Anda juga akan dimanjakan dengan layar AMOLED berukuran 6,4 inci yang dibawanya. Pasalnya, layar tersebut sudah memiliki refresh rate 90 Hz dengan resolusi mencapai Full HD Plus atau 1080 x 2404 piksel. Belum lagi ada fitur HDR10+, visual serta grafik yang ditampilkan tentu akan lebih jernih dan mulus pergerakannya

2. Samsung Galaxy M33 5G

Samsung Galaxy M33 5G
Layar PLS TFT 6.6 inci
Chipset Exynos 1280
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 5 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Ion 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Jika Anda mencari HP gaming dari Samsung dengan harga hanya Rp3 jutaan, Samsung Galaxy M33 5G ini patut diperhatikan. Pasalnya, HP ini memiliki performa yang cukup tangguh di kelasnya. Selain berkat dukungan jaringan 5g yang disematkan, HP ini juga sudah dibekali chipset Exynos 1280. Chipset ini ditenagai oleh CPU octa-core dengan clockspeed mencapai 2,4 GHz.

Dengan harga mulai dari Rp3,6 jutaan saja, Anda sudah mendapatkan varian RAM 6 GB dan internal 128 GB. Jika memiliki budget lebih, Anda bisa memilih varian RAM 8 GB agar memiliki performa yang lebih optimal. Meski begitu, varian terendah dari HP ini juga sudah cukup, apalagi tersedia slot khusus untuk microSD di dalamnya.

Kemampuan gaming yang dihasilkan HP ini cukup menarik, mulai dari refresh rate hingga 120 Hz dan layar full HD Plus. Kemampuan layarnya mampu menampilkan pergerakan visual dengan lebih mulus dengan grafik tinggi. Sayangnya, Samsung Galaxy M33 5G ini masih menggunakan panel TFT LCD.

Absennya panel AMOLED dalam HP ini memang cukup disayangkan. Namun, HP ini menutupinya dengan membekalinya baterai 5000 mAh dan fast charging 25 W.

3. Samsung Galaxy M23 5G

Samsung Galaxy M23 5G
Layar PLS TFT 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 750G
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Samsung Galaxy M23 5G tidak hanya memiliki desain cantik saja, ternyata untuk bermain game pun HP ini juga lancar. Hal ini memang bukan tanpa sebab. Pasalnya, ponsel Samsung ini dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 750G dan sejumlah spesifikasi lain yang mendukung.

Sebut saja layarnya yang berukuran lebar berukuran 6,6 inci panel TFT LCD. Layar yang lebar membuat main game lebih seru. Keunggulan layar ini sudah mendukung refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz. Alhasil, tampilan animasi lebih halus dan respon layar lebih cepat.

Kembali ke dapur pacu, Samsung memilih menggunakan chipset Snapdragon 750G didampingi RAM 6 GB. Pemilihan ini memang bukan tanpa alasan. Selain performanya yang kencang, chipset ini sudah mendukung koneksi 5G yang cepat. Ini membuat bermain game online lebih optimal.

Untuk penggunaan harian maupun gaming, Samsung membekali HP ini dengan baterai 5000 mAh. Baterai ini diklaim mampu bertahan hampir satu hari untuk penggunaan wajar. Tentu ini sangat membantu Anda yang sering bermain game dalam waktu lama, sehingga tidak perlu repot mengisi daya.

4. Redmi Note 11 Pro 5G

Redmi Note 11 Pro 5G
Layar Super AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Menjadi model tertinggi di lini Redmi Note 11 Series, Redmi Note 11 Pro 5G tentu memiliki kemampuan dan spesifikasi lebih tinggi. Meski begitu, Harga yang ditawarkan HP ini masih cukup terjangkau yaitu berada di angka Rp3 jutaan. Dengan harga tersebut, Anda mendapatkan kapasitas RAM 8 GB dengan internal 128 GB. Kapasitas penyimpanan juga masih bisa diperluas menggunakan microSD hingga 1 TB.

Salah satu alasan mengapa HP ini cocok untuk dijadikan HP gaming adalah karena performanya yang tangguh. Apalagi HP ini sudah didukung jaringan 5G yang membuatnya semakin kencang. Sementara untuk chipset-nya, Redmi Note 11 Pro 5G mengandalkan performa dari Snapdragon 695. Chipset dengan fabrikasi 6 nm ini memiliki kecepatan puncak hingga 2,2 GHz.

HP Xiaomi memang terkenal akan kemampuan layarnya yang memukau. Redmi Note 11 Pro 5G ini hadir dengan panel Super AMOLED berukuran 6,67 inci. Kemampuan layar ini sudah cukup lengkap, mulai dari refresh rate 120 Hz, resolusi layar Full HD Plus, hingga kecerahan puncak mencapai 1200 nit.

Kenyamanan dalam bermain game agaknya sangat diperhatikan oleh Xiaomi. Kapasitas baterai yang dibawanya juga sudah 5000 mAh dengan fast charging 67 W. Selain memiliki baterai awet, pengisiannya juga tentu sangat cepat. Menurut klaimnya, HP ini bisa mengisi hingga penuh hanya dalam waktu 42 menitan saja.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram