10 HP Gaming Terbaik Seharga 3 Jutaan (September 2022)

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Bermain gim di ponsel pintar semakin populer beberapa tahun belakang ini. Hal tersebut ditandai dengan kemunculan banyaknya ponsel pintar yang diwarisi oleh spesifikasi mumpuni untuk aktivitas bermain gim. Seperti punya layar yang membentang, performa bak kilat, hingga daya baterai sebesar badak.

Berbincang soal harga yang ditawarkan sebuah ponsel gaming tentunya sangat beragam dan tergantung kelasnya, mulai dari harga Rp1 jutaan hingga 10 kali lebih mahal pun ada.

Nah, setelah sebelumnya Carisinyal membahas jajaran HP gaming dengan harga Rp1 jutaan dan Rp2 jutaan, maka pada kesempatan ini Carisinyal akan memarkan 10 HP gaming dengan harga Rp3 jutaan yang spesifikasinya sudah tidak diragukan lagi. Yuk, langsung saja disimak!

1. Samsung Galaxy M23 5G

Samsung Galaxy M23 5G
Layar PLS TFT 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 750G
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Ini Rp 3.549.000
Beli di Carisinyal Store Shopee Tokopedia

Samsung Galaxy M23 5G tidak hanya memiliki desain cantik saja, ternyata untuk bermain game pun HP ini juga lancar. Hal ini memang bukan tanpa sebab. Pasalnya, ponsel Samsung ini dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 750G dan sejumlah spesifikasi lain yang mendukung.

Sebut saja layarnya yang berukuran lebar berukuran 6,6 inci panel TFT LCD. Layar yang lebar membuat main game lebih seru. Keunggulan layar ini sudah mendukung refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz. Alhasil, tampilan animasi lebih halus dan respon layar lebih cepat.

Kembali ke dapur pacu, Samsung memilih menggunakan chipset Snapdragon 750G didampingi RAM 6 GB. Pemilihan ini memang bukan tanpa alasan. Selain performanya yang kencang, chipset ini sudah mendukung koneksi 5G yang cepat. Ini membuat bermain game online lebih optimal.

Untuk penggunaan harian maupun gaming, Samsung membekali HP ini dengan baterai 5000 mAh. Baterai ini diklaim mampu bertahan hampir satu hari untuk penggunaan wajar. Tentu ini sangat membantu Anda yang sering bermain game dalam waktu lama, sehingga tidak perlu repot mengisi daya.

2. Infinix Zero 5G

Infinix Zero 5G
Layar IPS LCD 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 900
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 13 MP (telephoto) 2 MP (AI)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Infinix berusaha menggempur pasar indonesia dengan ponsel mid-range dengan spesifikasi yang unggul. Seperti yang coba ditawarkan dalam Infinix Zero 5G. Ponsel ini hadir dengan konsep smartphone kencang berdesain stylish

Untuk bermain game, HP ini mengandalkan chipset MediaTek generasi baru yakni Dimensity 900. Chipset ini menghasilkan performa yang kencang dengan dukungan RAM 8 GB. Dengan spesifikasi ini, game-game berat bisa dimainkan lancar tanpa ada penurunan frame rate berarti.

Selain chipset dan RAM, ponsel infinix ini dilengkapi tambahan RAM virtual sebesar 5 GB. Tentu ini akan mendorong performa Infinix Zero 5G lebih optimal. Tidak heran, bila Anda mengoperasikan HP ini terasa tanpa lag dan lancar.

Meski dipersiapkan untuk gaming, HP Infinix ini menghadirkan susunan kamera yang berbeda. Infinix memang memakai kamera utama 48 MP. Namun, ternyata Infinix mengganti kamera ultrawide dengan kamera telephoto 2x Zoom. untuk hasil fotonya sangat memuaskan untuk kelas HP 3 jutaan saat ini.

Infinix tidak lupa menghadirkan layar berukuran 6,7 inci dengan spesifikasi yang lengkap. Layar ini sudah mendukung resolusi Full HD+ bahkan touch sampling 240 Hz. Sedikit disayangkan, layarnya masih panel IPS dan desain kamera depan yang terlalu besar.

3. Redmi Note 11 Pro

Redmi note 11 pro 4g (indonesia)
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Redmi Note 11 Pro sebetulnya merupakan smartphone yang all-rounder. Ia cocok dipakai oleh berbagai kalangan. Mulai anak muda hingga profesional. Hal ini karena Redmi Note 11 Pro punya keunggulan yang merata di berbagai area.

Desainnya kece, kameranya mantap, layarnya mulus. Namun demikian, karena performanya juga gegas, Redmi Note 11 Pro juga bisa diandalkan oleh para gamers. Pemain Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Modern Warship bisa tampil kompetitif dengan HP ini.

Performa yang gegas dari HP ini dihasilkan oleh SoC MediaTek Helio G96 yang dipadukan dengan RAM 6 atau 8 GB. Layar AMOLED-nya pun mulus dan responsif berkat refresh rate 120 Hz. Yang menarik lagi, baterai besar 5000 mAh HP ini didukung pengisian cepat 67W.

4. realme 9 Pro

realme 9 pro 5G
Layar IPS LCD 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

realme 9 Pro memiliki desain dan kamera yang keren. HP ini pun merupakan salah satu ponsel dengan penampilan paling unik di level harga Rp3 jutaan. Akan tetapi, karena ditenagai SoC yang kencang, HP ini sanggup menjalankan berbagai game berat dengan lancar.

Adalah Snapdragon 695 SoC yang dipakai realme 9 Pro. SoC ini mengandung mikroarsitektur Cortex A78 sebagaimana flagship Snapdraogn 888. Dengan proses fabrikasi 6 nm, SoC ini bisa menjamin performa tinggi dengan suhu yang relatif tak panas.

Sektor lain yang membuat realme 9 Pro cocok dipakai main game adalah layar IPS dengan refresh rate 120 Hz dan baterai awet 5000 mAh. Adapun skor AnTuTu yang menembus sekitar 400 ribu menjadi penegas bahwa HP ini memang siap untuk aktivitas gaming.

5. POCO M4 Pro

poco m4 pro
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset MediaTek Helio G96
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

POCO menyebut bahwa POCO M4 Pro adalah smartphone berspesifikasi ekstrem di kelas harganya yang bisa memaksimalkan kesenangan anak muda. Sebutan itu memang tidak berlebihan mengingat HP 4G ini memang lengkap.

Karena kelengkapannya itu pula, POCO M4 Pro 5G layak dijadikan perangkat yang cocok buat main game. Berdasarkan pengujian yang dilakukan Jagat Review, HP ini memperoleh rating C+ saat menjalankan game berat Genshin Impact. Rating tersebut terbilang cukup bagus.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram