10 HP Terbaik untuk Bermain Game Berat (Desember 2022)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Mobile gaming adalah industri gim masa depan. Fakta ini tidak terbantahkan. Banyak pengembang gim yang awalnya fokus di desktop kini merambah ke perangkat mobile. Faktor ini jugalah yang kemudian akhirnya membuat smartphone terus berkembang dengan spesifikasi yang tinggi. Tujuannya untuk bisa memuaskan hasrat para pemain mobile gaming.

Fenomena tersebut yang kemudian melahirkan beberapa tipe ponsel yang bisa dimaksimalkan untuk bermain gim. Beberapa vendor malah membuat konsep ponsel yang memang ditujukan untuk kebutuhan bermain gim.

Hal ini memang perlu dilakukan mengingat tipe ponsel biasa, seperti misalnya HP Samsung termahal sekalipun kurang menjual jika hanya difokuskan untuk ceruk pasar para pemain mobile gaming.

Atas dasar hal tersebut, kami menyusun beberapa tipe smartphone yang cocok untuk bermain gim. Tujuannya jelas untuk mengakomodir kebutuhan Anda yang memang fokus bermain gim di ponsel. Lantas, apa sajakah smartphone untuk maing gim tersebut? Berikut pemaparannya.

1. ASUS ROG Phone 6D Ultimate

ASUS ROG Phone 6D Ultimate
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 9000+
RAM 16 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

ASUS ROG Phone 6D Ultimate ini hadir sebagai ponsel gaming yang tawarkan performa kecang. Terlebih HP ini hadir dengan cip buatan MediaTek yaitu MediaTek Dimensity 9000+.

MediaTek Dimensity 9000+ milik ASUS ROG Phone 6D Ultimate tersebut dipadukan dengan penyimpanan RAM LPDDR5X 16 GB dan penyimpanan internal berjenis UFS 3.1 512 GB. Untuk lebih meningkatkan performa ketika bermain game berat, HP ini dibekali oleh AeroActive Portal yang unik di bagian belakang yang berfungsi untuk menghubungkan langsung komponen pendingin internal dengan engsel.

Fitur tersebut mampu meningkatkan rakitan dan secara otomatis akan membuka saluran udara ketika dihubungkan dengan AeroActive Cooler 6. Hal tersebut sangat membantu dalam hal performa karena mampu membuang panas lebih efisien sehingga tidak ada lagi hambatan ketika bermain game berat sekalipun.

2. ASUS ROG Phone 6D

ASUS ROG Phone 6D
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 9000+
RAM 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Masih dengan tema HP gaming, ASUS ROG Phone 6D hadir dengan desain yang sangat atraktif karena dilengkapi aksesori khas ROG yaitu logo ROG dan LED RGB. Dalam ASUS ROG Phone 6D Series ini dilengkapi layar AMOLED berukuran 6,78 dengan refresh rate yang tinggi yaitu 165 Hz.

Berbeda dengan seri ASUS ROG Phone 6 sebelumnya, ASUS ROG Phone 6D ini dibekali chipset premium buatan MediaTek yaitu MediaTek Dimensity 9000+ dengan octa-core dan clockspeed mencapai 3,2 GHz dan GPU Mali-G710 MC10. Chipset tersebut dipadukan dengan penyimpanan RAM LPDDR5X 12 GB dan 16 GB serta penyimpanan internal UFS 3.1 256 GB.

Sebagai pendukung dalam hal performa, HP ini telah dibekali kapasitas baterai yang cukup besar yaitu 6000 mAh yang siap menemani aktivitas bermain game seharian. Selain itu juga telah didukung oleh fitur fast charging 65W yang tidak akan memakan waktu lama ketika proses pengisian daya.

3. vivo iQOO 10 Pro

vivo iqoo 10 pro
Layar LTPO3 AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 14.6 MP (telephoto) 50 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Fitur utama yang menjadi unggulan dari vivo iQOO 10 Pro ini adalah dukungan fast charging-nya yang super besar, bahkan menjadi yang tercepat di dunia yaitu hingga 200W. Dengan kapasitas baterai 4700 mAh miliknya, vivo iQOO 10 Pro ini mengeklaim bahwa ia mampu mengisi daya hingga 100% hanya dalam waktu 10-12 menit saja, luar biasa.

Tidak sampai di situ, vivo iQOO 10 Pro ini juga akan cocok jika dimainkan untuk game-game berat karena telah dibekali chipset terbaik milik Qualcomm yaitu Snapdragon 8+ Gen 1 dengan octa-core dan GPU Adreno 730. Chipset ini dipadukan dengan penyimpanan RAM 8 GB dan 12 GB serta penyimpanan internal mencapai 256 GB dan 512 GB.

Karena memiliki fitur fast charging yang super cepat, vivo iQOO 10 Pro ini dibekali oleh sistem pendingin menggunakan Vapor Chamber Liquid Cooling System yang berfungsi untuk menjaga suhu HP agar tetap stabil dan tidak mengalami overheat selama pengisian daya atau bermain game berat.

4. ASUS ROG Phone 6 Pro

ASUS ROG Phone 6 Pro_
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 18 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Untuk Anda yang ingin mendapatkan pengalaman smartphone gaming terbaik, ASUS ROG Phone 6 Pro hadir sebagai legenda yang membawakan fitur unik dan menarik.

Mulai dari sisi desain bodinya yang menampilkan ROG Vision, pengguna bisa menampilkan gambar bergerak seperti animasi atau teks yang bisa dikustomisasi. Tunjukkan jati diri Anda dengan cara yang istimewa dengan cara ini.

Karena dapur pacu ponsel ini yang membawakan Snapdragon 8+ Gen 1 terkini, sudah pasti setiap gim yang dijalankan dapat meraih frame rate yang tinggi. ASUS memanfaatkan benefit tersebut dengan turut hadirkan layar 165 Hz untuk semakin tingkatkan kualitas visual saat bernavigasi dan bermain gim.

Tombol bahu yang dimiliki ponsel dari ASUS ini pun tidak hanya menawarkan dua kontrol tambahan, melainkan lebih dari itu. Menggunakan fitur AirTrigger 6, tombol bahu tersebut bisa di-swipe, terbagi menjadi beberapa partisi, dijadikan sebagai slider, dan lain sebagainya. Bahkan, tombol bisa dijadikan shortcut untuk mengakses mode gyro aim.

ASUS ROG Phone 6 Pro hadir untuk pemain gim profesional ataupun atlet eSport yang hanya menginginkan sarana terbaik. Hadirnya keberagaman kontrol ekstra juga memastikan pemain selalu punya advantage lebih saat bermain secara kompetitif.

5. ASUS ROG Phone 6

ASUS ROG Phone 6
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 6000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Sudah semestinya varian yang hadir lebih baru memiliki peningkatan ketimbang generasi sebelumnya. ASUS ROG Phone 6 versi reguler ini menghadirkan sertifikasi IPX4 yang notabene merupakan Ingress Protection pertama yang dimiliki ponsel gaming.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram