carisinyal web banner retina

Cermati 7 Kelebihan dan Kekurangan vivo V30 5G

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

vivo V29 5G bisa dibilang jadi salah satu ponsel vivo dari seri V yang layak beli di 2023. Karena itu, ekspektasi konsumen terhadap penerusnya pasti cukup tinggi. Terlebih seri v kini tak sekadar hadirkan keunggulan di fotografi tetapi juga di sektor performa dan yang lainnya. Penerus vivo V29 5G, yakni vivo V30 5G tentu harus bisa memenuhi ekspektasi itu.

Saya sendiri melihat vivo V30 5G ini lebih menarik ketimbang pendahulunya, vivo V29 5G. Sejumlah alasannya saya rangkum pada tabel berikut.

*Tabel ini bisa digeser ke samping
Kelebihan
Kekurangan
Desain indah dan enak digenggam
Speaker masih mono, tidak ada audio jack
Layar AMOLED yang cerah
Belum punya kamera telefoto dan wireless charging
Bisa main Genshin Impact "mentok kanan"
Hasil tangkapan kamera mengesankan Berkat Aura Light
Daya tahan baterai sip, ngecasnya tetap gesit
Jaminan pembaruan software 3 tahun
Paket penjualan masih lengkap

Dari poin di atas, kemampuan untuk menjalankan gim berat, Genshin Impact dengan setelan grafis "mentok kanan" adalah yang paling seksi. Hal itu bisa terjadi karena vivo V30 5G ditenagai calon SoC favorit di kelas menengah, Snapdragon 7 Gen 3.

Selain kemampuannya menjalankan gim berat, masih ada poin-poin kelebihan dan kekurangan vivo V30 5G yang perlu saya paparkan secara mendetail. Baca artikel ini sampai selesai jika Anda penasaran!

Spesifikasi vivo V30 5G

vivo S18
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 7 Gen 3
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Kelebihan vivo V30 5G

Berikut ini adalah tujuh alasan mengapa vivo V30 5G menarik di mata saya. Simak pembabarannya satu per satu.

1. Desain Indah dan Enak Digenggam

vivo v30 5g

Desain vivo V30 5G indah. Saya menyukainya. Penampilan bodi belakang sang ponsel, khususnya varian warna Waving Aqua dan Bloom White, punya corak khusus.

Wave Aqua memiliki corak seperti ombak atau gelombang air, sedangkan Bloom White memiliki corak bak kelopak bunga. Dua varian warna yang lain, yakni Lush Green dan Noble Black, punya identitas yang berbeda.

Varian warna Lush Green mewarisi efek pergantian warna seperti varian Velvet Red vivo V29 5G. Sementara itu, varian Noble Black adalah pilihan paling aman buat semua orang. Varian warna yang disebut terakhir ini punya efek seperti langit di malam hari dengan bintang-bintang.

Keindahan desain HP ini semakin bertambah dengan adanya layar lengkung ber-bezel tipis. Kelengkungan yang ada pada layar diikuti pula oleh frame dan tepi penutup belakangnya.

Fakta bahwa frame yang dipakai berbahan plastik tak menggugurkan keindahan desain sang ponsel. Untuk penutup belakangnya, bahan yang dipakai adalah kaca.

Selain indah, vivo V30 5G memiliki ergonomika yang bagus. J. C. Torres dalam situs Yanko Design merasa nyaman menggenggam bodi si ponsel dalam waktu lama.

Bodi yang tipis, ringan, dan punya sisi lengkung adalah faktor mengapa kenyamanan itu tercipta. vivo V30 5G punya ketebalan 7,45 mm dengan bobot 186 gram. HP ini adalah salah satu smartphone dengan baterai 5000 mAh yang tertipis dan teringan.

Adapun vivo V30 5G mengantongi sertifikasi IP54. Itu tandanya HP ini tahan walau kemasukan debu, serta tahan terhadap cipratan air dari berbagai sisi.

2. Layar AMOLED yang Cerah

vivo v30 5g

vivo V30 5G dibekali layar 6,78 inci dengan panel AMOLED. Resolusinya 1.5K (1260 x 2800 piksel) dan sudah mendukung refresh rate 120 Hz. Belum ada teknologi LTPO, sehingga refresh rate-nya belum bisa turun sampai 1 Hz.

Tak perlu memperdebatkan tampilan layar HP ini sejak mengetahui resolusinya tinggi dan panel yang dipakai adalah AMOLED. Chris Barraclough dalam kanal YouTube Tech Spurt menuturkan, tampilan layar vivo V30 5G tajam dan warnanya cemerlang.

Barraclough juga memuji responsivitas layar vivo V30 5G dalam mengeksekusi sentuhan. Hal itu ia rasakan ketika sedang bermain gim

Tingkat kecerahan layar HP ini tinggi. Vivo mengeklaim bisa sampai 1200 nit di bawah terik matahari, serta 2800 nit ketika memutar konten HDR.

Dalam kanal YouTube Frankie Tech, seluruh konten yang ada di layar terlihat dengan jelas kendati HP dipakai di luar ruangan pada siang hari.

Informasi lain yang perlu Anda ketahui dari layar HP ini adalah memiliki sensor pemindai sidik jari, mengantongi sertifikasi Widevine L1, dan dilapisi kaca proteksi Schott Xensation Alpha.

Kaca proteksi tersebut meminimalkan layar HP ini dari insiden tergores benda tajam atau retak karena benturan. Adanya kaca Schott Xensation Alpha merupakan sebuah upgrade lantaran layar vivo V29 5G tak punya kaca proteksi.

3. Bisa Main Genshin Impact "Mentok Kanan"

snapdragon 7 gen 3

vivo V30 5G punya kemampuan yang bagus dalam menangani gim berat. Pada kanal YouTube RedskullPro, Alex Savu memperlihatkan bahwa HP ini mampu jalankan Genshin Impact. Setelan grafis yang dipakai adalah "mentok kanan" alias Highest 60 FPS.

Gim yang sama juga coba dimainkan Chris Barraclough. Menurutnya, sesekali ada stutter yang terasa walaupun secara umum sudah lancar. Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, Barraclough menyarankan untuk menurunkan setelan grafis ke Medium dengan frame rate tetap di 60 FPS.

Gim lain yang dijajal oleh Alex Savu adalah Call of Duty Mobile. Gim ini terlalu ringan buat vivo V30 5G karena sangat lancar dijalankan dalam setelan grafis "High" dengan frame rate "Max" (60 FPS). Sayangnya, opsi untuk memilih frame rate "Ultra" alias 120 FPS belum terbuka.

Bagian belakang bodi HP ini tak menghangat kendati sudah dipakai main Genshin Impact selama 2 jam. Demikian seperti dituturkan Chris Barraclough. Pertanda bahwa sistem termal yang disematkan pada vivo V30 5G bekerja dengan baik.

vivo V30 5G tak cuma andal menjalankan gim. Performanya untuk penggunaan sehari-hari pun lancar menurut Barraclough. Rahasia di balik performa keren HP ini ada pada dapur pacunya.

vivo V30 5G menggunakan SoC Snapdragon 7 Gen 3. SoC ini dipadukan dengan RAM LPDDR5 8 GB atau 12 GB serta penyimpanan UFS 3.1 256 GB atau 512 GB. Unit yang diuji Alex Savu dan Chris Barraclough adalah varian 12/512 GB.

Ulasan mengenai SoC rancangan Qualcomm itu bisa Anda baca pada artikel Snapdragon 7 Gen 3 dan chipset-chipset pembandingnya. Namun, secara singkat, SoC rilisan November 2023 ini dibuat dengan fabrikasi 4 nm TSMC.

Ia diciptakan bukan sebagai pengganti Snapdragon 7+ Gen 2. Performa Snapdragon 7 Gen 3 ada di bawah SoC fenomenal itu. Pasalnya, ia tidak memiliki Cortex X pada CPU-nya.

Delapan inti CPU yang dibawanya berisi 1 Cortex A715 (2,63 GHz), 3 Cortex A715 (2,4 GHz), dan 4 Cortex A510 (1,8 GHz). Unit pengolah grafis (GPU) yang dipakai adalah Adreno 720. Buat yang penasaran dengan skor benchmark sintetis, berikut ini saya tampilkan beberapa hasil uji yang dilakukan Alex Savu.

AnTuTu 10 vivo V30 5G833.960
Geekbench 6 single core vivo V30 5G1.115
Geekbench 6 multi corevivo V30 5G3.232

4. Hasil Tangkapan Kamera Mengesankan Berkat Aura Light

vivo v30 5g

Ada dua kamera belakang yang dimiliki vivo V30 5G. Adalah kamera utama 50 MP (f/1.88) dan kamera ultrawide (f/2.0). Semuanya punya autofokus, tetapi hanya kamera utama yang dibekali OIS (Optical Image Stabilization).

Nah, karena sudah autofokus, kamera ultrawide HP ini bisa juga dipakai buat mengambil foto dalam mode makro. Kedua kamera belakang vivo V30 5G ditemani oleh Aura Light.

Aura Light yang dipakai vivo V30 5G memiliki luas area yang lebih besar dibanding vivo V29 5G. Selain itu, Aura Light kini dapat bekerja secara bersamaan dengan lampu flash standar yang di kelilinginya.

Aura Light fungsinya mirip seperti softbox yang biasa dipakai di kamera profesional. Ia dapat memanipulasi hasil foto dengan cahaya "hangat" atau "dingin". Anda bisa mengatur temperatur cahaya sesuai preferensi, atau bisa juga menyerahkannya pada AI agar diatur secara otomatis.

Balik ke sisi muka ada kamera depan 50 MP (f/2.0) yang juga punya autofokus. Kamera ini belum punya Aura Light sebagaimana kamera belakang.

Namun, Anda bisa memanfaatkan screen spotlight untuk berfoto di situasi yang redup. Temperatur cahaya pada Screen spotlight bisa diatur seperti Aura Light.

Yang menarik lagi kamera depan vivo V30 5G adalah punya sudut pandang 92˚. Dengan sudut pandang yang luas, kamera depan ini memungkinkan dipakai foto selfie ramai-ramai tanpa bantuan tongsis (tongkat narsis).

Mengenai perekaman video, kamera utama dan kamera depan bisa menghasilkan video 4K 30 FPS serta 1080p 30/60 FPS. Sementara itu, kamera ultrawide hanya bisa hasilkan video di resolusi 1080p 30 FPS saja.

Fitur penstabilan video menggunakan EIS (Electronic Image Stabilization) bisa diaktifkan asalkan frame rate yang disetel adalah 30 FPS.

Tidak ada satu pun pengulas yang komplain dengan kualitas tangkapan foto kamera vivo V30 5G. Kamera HP ini mampu menciptakan foto yang mengesankan baik di kondisi indoor, outdoor, siang hari, ataupun malam hari.

Detailnya tinggi dengan pemrosesan yang halus. Warnanya cemerlang, tetapi tidak berlebihan. Rentang dinamis di dua kamera belakang juga bagus. Hasil foto untuk mode potret juga benar-benar keren. Pemisahan objek dengan background-nya rapi.

Tangkapan kamera depan HP ini sama bagusnya dengan kamera belakangnya. Sebab warna kulit dapat ditampilkan mirip seperti aslinya. Ketika Anda tidak mengaktifkan Beauty mode, kontur wajah pun dapat terlihat.

Hanya saja, rentang dinamisnya belum seluas kamera belakang. Soal rekaman video, singkat kata gambarnya tajam, stabil, suaranya jelas. Berikut ini sampel foto vivo V30 5G yang bisa Anda lihat.

vivo v30 5gSumber: Tech Spurt
Kamera utama - low light
vivo v30 5gSumber: Tech Spurt
Kamera utama - mode potret
vivo v30 5gSumber: Tech Spurt
Kamera ultrawide
vivo v30 5gSumber: Tech Spurt
Kamera depan

5. Daya Tahan Baterai Sip, Ngecasnya Tetap Gesit

vivo v30 5g

Baterai berkapasitas 5000 mAh mengisi bagian dalam vivo V30 5G. Kapasitas ini naik 400 mAh dari baterai yang digendong vivo V29 5G. Maka secara teori, vivo V30 5G bisa menyala lebih lama dibanding vivo V29 5G.

Lagipula SoC yang dipakai juga lebih efisien. Chris Barraclough yang menguji pakai HP ini tidak menjelaskan secara detail daya tahan baterai sang ponsel. Demikian pula dengan Nick Papanikopoulos dalam situs Gizchina.

Akan tetapi, keduanya meyakini bahwa vivo V30 5G mampu bertahan selama sehari penuh. Kapasitas baterai HP ini memang meningkat, tetapi tidak dengan dukungan pengisian dayanya.

Ia masih didukung fast charging 80 Watt, sama seperti vivo V29 5G. Namun, itu tidak berarti buruk karena durasi pengecasannya tetap gesit. Diperlukan waktu sekitar 50 menit untuk mengecas baterai kosong sampai penuh.

6. Jaminan Pembaruan Software 3 Tahun

funtouch os 14

vivo V30 5G dijanjikan memperoleh pembaruan software selama tiga tahun. Pembaruan itu mencakup upgrade generasi Android sebanyak dua kali dan pemutakhiran sistem keamanan hingga tahun ketiga setelah rilis.

Saat dirilis pada kuartal pertama 2024, vivo V30 5G telah mengusung Android 14 berlapis antarmuka Funtouch OS 14. Maka kelak HP ini bakal menerima Android 16 dan sistem keamanannya terus diperbarui sampai 2027. Tak hanya itu, vivo menjamin software HP ini tetap smooth - seperti saat dibeli - hingga 50 bulan.

Terkait Funtouch OS 14, Chris Barraclough menyebut tampilan antarmuka ini tidak terlalu beda jauh dari Android murni. Hal ini bisa dilihat dari cara bernavigasinya. Swipe up untuk membuka laci aplikasi, swipe down untuk membuka notifikasi dan mengakses berbagai toggle.

Meskipun tampilannya tidak beda jauh dari Android murni, vivo memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk melakukan berbagai kustomisasi. Misalnya, pengguna dapat mengubah tampilan animasi sensor pemindai sidik jari.

Salah satu fitur menarik yang ada pada Funtouch OS 14 adalah kemampuan memutar video dalam mode background. Fitur ini bisa digunakan ketika Anda sedang melakukan streaming di aplikasi seperti YouTube atau Netflix.

Dengan fitur ini, Anda dapat mendengar audio dari suatu video tanpa harus menampilkan gambarnya. Anda bebas membuka aplikasi apa pun, sementara streaming terus berjalan.

Funtouch OS 14 bebas iklan. Akan tetapi, ia disertai sejumlah bloatware. Bloatware atau aplikasi prainstal itu seperti Facebook, Lazada, Shopee, Hot Apps, Hot Games, dan Agoda. Anda bisa meng-uninstall aplikasi-aplikasi tersebut jika tak memerlukannya.

7. Paket Penjualan Masih Lengkap

vivo v30 5gSumber: Tech Spurt

vivo V30 5G dijual dengan boks yang diisu macam-macam aksesori. Konsumen tidak hanya akan menjumpai unit ponsel, kabel USB C, dan SIM ejector. Di dalamnya masih ada kepala charger 80 Watt dan softcase bening.

Karena itu, paket penjualan HP dengan NFC multifungsi ini tergolong masih lengkap. Hal ini merupakan kabar baik bagi calon pembeli karena tidak perlu menganggarkan uang ekstra untuk membeli aksesori pendukung.

Kekurangan vivo V30 5G

Berikut adalah catatan mengenai vivo V30 5G. Penting bagi Anda untuk memperhatikannya. Mungkin saja catatan di bawah ini merupakan kekurangan dari sang ponsel.

1. Speaker Masih Mono, Tidak Ada Audio Jack

vivo v30 5g

vivo V30 5G belum dibekali speaker stereo. Speaker-nya cuma satu alias mono. Hal ini cukup disayangkan mengingat banyak HP di kelas menengah sudah mengusung speaker stereo.

Kualitas suaranya tentu saja tak sekeren speaker stereo. Kejernihan suaranya tidak terlalu buruk menurut Chris Barraclough. Hanya saja, suara kadang-kadang terpendam, khususnya saat bermain gim.

Jari tangan acap kali menutup lubang speaker yang ada di sisi bawah ponsel. Supaya mendapatkan audio yang bagus, Anda perlu menggunakan earphone. Sayangnya, audio jack tak dimiliki vivo V30 5G.

Jika ingin memakai earphone kabel, Anda wajib memiliki konverter USB C ke audio jack 3.5 mm. Bisa juga menggunakan earphone nirkabel alias TWS yang lebih praktis.

2. Belum Punya Kamera Telefoto dan Wireless Charging

vivo v30 5g

vivo V30 5G tak punya kamera telefoto. Kalau saja ada kamera telefoto, HP ini mungkin saja bakal menang telak atas HP-HP kelas menengah lain. Pasalnya, tangkapan kamera utama, ultrawide, dan kamera depan sang ponsel bagus.

Meski begitu, jika disadari, belum banyak HP kelas menengah yang dibekali kamera telefoto. Kalaupun ada, sifatnya hanya nice to have. Untuk tahun 2024, kamera tele memang lebih layak ada di HP kelas atas.

Hal yang sama juga terjadi pada wireless charging yang tak dimiliki vivo V30 5G. Rasa-rasanya dukungan pengecasan konvensional via kabel masih yang utama, apalagi kecepatan pengisiannya bagus.

Simpulan

vivo V30 5G adalah contoh HP kelas menengah yang bagus. vivo sukses membuat racikan yang pas sehingga HP ini mampu menjadi smartphone all-rounder. Ia tak cuma menarik dalam hal estetika.

Namun, vivo V30 5G juga memerhatikan ergonomika, kualitas visual layar, performa, dan daya tahan baterai. Aspek fotografi dan videografi yang menjadi core dari vivo V Series juga tidak luput. Adanya fitur Aura Light memiliki dampak yang nyata dalam meningkatkan kualitas foto.

Jangan heran kalau fitur serupa bakal dicontek produsen lain. vivo V30 5G terlihat teguh sebagai smartphone kelas menengah. Ia tidak berusaha jadi flagship killer dengan membawa fitur di luar kelasnya.

Namun, ia masih luput dengan speaker stereo yang mestinya ada untuk HP kelas menengah. Jika itu bukan masalah besar, rasanya vivo V30 5G layak untuk dipertimbangkan. Bagaimana, tertarik dengan HP ini?

Kategori:
cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram