10 Rekomendasi HP Harga 5 Jutaan Terbaik (Oktober 2023)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Umumnya, HP Android yang dijual dengan harga Rp5 jutaan saat ini memiliki spesifikasi yang ideal untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Ia bisa diandalkan untuk sebagian besar pekerjaan.

Seiring berjalannya waktu, ponsel Android di kelas harga tersebut jumlahnya semakin banyak. Setiap pabrikan besar berlomba-lomba untuk menghadirkan produk terbaik. Hal ini membuat calon pelanggan bingung produk mana yang harus mereka pilih.

Nah, untuk membantu Anda menemukan ponsel yang cocok di angka lima jutaan, di bawah ini Carisinyal akan hadirkan daftar HP Rp5 jutaaan. Langsung saja cek daftarnya pada tabel berikut ini. Penjelasan detail tiap HP bakal dijelaskan setelah info tabel. .

*Daftar ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya
Smartphone
Harga
Varian
Kelebihan & Kekurangan

1. Samsung Galaxy A54 5G

samsung galaxy a54 5g 8_
Layar Super AMOLED 6.4 inci
Chipset Exynos 1380
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Sebuah smartphone tidak hanya harus unggul dalam hal spesifikasi melainkan juga bodinya. Dalam hal ini, Samsung Galaxy A54 5G tampil jadi salah satu juara yang layak dibanggakan.

Bodi belakangnya menawarkan sajian kamera yang menempel pada cangkang, alih-alih ditaruh pada sebuah bilah yang biasa disebut camera island. Dengan begini, bodi tampak lebih bersih dan rapi.

Menawarkan sertifikasi IP67, Anda tidak perlu khawatir ketika harus mengunjungi tempat dengan curah hujan tinggi. Sebab, kemungkinan rusak benar-benar dapat dikurangi ketika HP terjatuh ke dalam air 1 meter selama 30 menit.

Pengguna juga bisa menerima hasil foto dan video menakjubkan dengan persenjataan kamera di HP ini. Sebab, tersedia kamera utama 50 MP dengan balutan sensor ultrawide 12 MP dan kamera makro 5 MP.

Resolusi 50 MP tersebut dapat menangkap cahaya lebih banyak melalui teknik 4-in-1 pixel binning, menghasilkan foto dengan detail lebih banyak dan minim noise. Senang dengan aktivitas vlogging? Samsung Galaxy A54 5G dibekali dengan kamera selfie 32 MP yang mendukung stabilisasi gyro-EIS.

Agar bisa menjadi sarana content creation yang ideal, ponsel ini membawakan dukungan 4K recording dan menyanggupi frame rate 60 FPS yang tinggi pada 1080p. Ini cukup krusial untuk proses pengeditan, agar video tetap terjaga baik kualitasnya.

Menawarkan chipset Exynos 1380 di dalamnya, performa HP ini sudah setara dengan sejumlah HP flagship yang dirilis pada 2019. Pasalnya, ia meraih skor AnTuTu v9 sebesar 500 ribuan yang setara dengan Snapdragon 778G dan Snapdragon 855. Bisa berikan kelancaran pada permainan berat, entah itu emulator konsol atau pun Genshin Impact.

Samsung Galaxy A54 5G yang dirilis pada kuartal pertama tahun 2023 ini dibanderol dengan harga termurahnya di Rp5,9 jutaan. Cocok untuk bikin konten, gaming, berfoto-foto ria, dan aktivitas apa pun lainnya yang bisa dilakukan pada sebuah smartphone.

2. POCO F5

POCO F5
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

POCO F5 jadi salah satu opsi smartphone terbaik di rentang harga Rp5 jutaan, lantaran mengusung kekuatan dapur pacu yang setara flagship. Dengan hadirnya Snapdragon 7+ Gen 2, POCO F5 sanggup meraih skor AnTuTu v9 hingga nyaris menyentuh angka 1 juta poin. Ini jelas bukan achievement yang mudah.

Maka tidak heran jika POCO F5 sering dijadikan mesin emulator yang bisa diandalkan. Apalagi mengingat kemampuan kameranya yang serba lengkap seperti EIS + OIS, ultrawide, dan perekaman video 4K atau 60 FPS di 1080p, memberikan penggunaan yang fleksibel. Kalau bosan gaming, langsung gas bikin konten juga bisa banget.

Untuk Anda yang punya ekosistem smart home di rumah, fitur Wi-FI 6E di HP ini akan memastikan jaringan tetap stabil dan cepat walau banyak perangkat terhubung ke satu jaringan yang sama.

Kekurangan di HP ini juga menurut saya masih bisa ditoleransi dengan mudah, seperti adanya iklan dan bloatware, hasil foto ultrawide yang tergolong standar, atau bodi belakang yang mudah dihinggapi noda sidik jari.

3. Tecno Camon 20 Pro Premier 5G

Tecno Camon 20 Premier 5G
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8050
RAM 8 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 108 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Satu hal pada Tecno Camon 20 Premier 5G yang saya rasa sulit ditandingi HP lain di kelas yang sama, adalah kapasitas storage 512 GB yang begitu besar. Begitu sulit bagi HP kelas menengah lain menyajikan luas storage yang sama besarnya, sehingga Tecno Camon 20 Premier 5G pun sanggup menampung jumlah gim dan aplikasi yang sebegitu banyaknya.

Aspek layar menyajikan gamut warna cinema grade P3 yang sungguh layak dijadikan sarana menonton. Walau Camon umumnya berfokus pada fotografi, sisi performa tetap tak luput dari perhatian. Tersedia SoC yang kuat dari MediaTek, digabung dengan dukungan vapor chamber cooling berisikan komponen material premium.

Pengguna juga dapat merasakan hasil perekaman video yang stabil berkat sensor-shift OIS yang punya kemampuan lebih baik dari OIS biasa. Ingin merasakan hasil foto selfie terang di kondisi minim cahaya? Tinggal gunakan saja fitur dual LED Flash pada kamera depan.

Bahkan kamera belakang ponsel pun didukung dengan ring light LED guna memastikan wajah subjek selalu terang terlepas dari kondisi pencahayaan sekitar. Unggul di hampir semua sisi, Tecno Camon 20 Premier 5G ini hanya punya sedikit kekurangan yaitu absennya slot microSD dan juga tanpa 3.5 mm jack audio port.

4. vivo V27 5G

vivo V27
Layar AMOLED 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 7200
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

vivo V27 5G akan menjadi salah satu ponsel dengan bezel tertipis yang pernah Anda lihat di kelas harga Rp5 jutaan. Memiliki desain yang elegan serta ergonomika yang memamerkan bodi melengkung, vivo V27 5G begitu nyaman digenggap sekalipun pakai satu tangan.

Bodi belakang HP ini bahkan bisa berubah-rubah warna berdasarkan paparan cahaya yang mengenainya. Anda pun bisa bernapas lega ketika berada di daerah dengan curah hujan tinggi, karena vivo V27 5G telah tersertifikasi IP54. Artinya, smartphone tahan debu dan percikan air dari segala sudut.

Memasuki ranah jeroannya, vivo V27 5G unggul karena bawakan storage 256 GB dengan RAM besar 8 GB. Dipadankan dengan SoC Dimensity 7200, hasilnya adalah performa yang kuat untuk rendering video dan bermain gim, atau sekadar berpindah-pindah aplikasi dengan cepat.

Keberadaan Aura Light di samping kamera belakang juga bukan dekorasi belaka. Ia hadir sebagai alternatif lebih baik ketimbang LED Flash reguler, mampu berikan exposure yang lebih cemerlang pada kondisi minim cahaya.

Di sisi konektivitasnya, HP ditenagai dengan NFC Multifunctions untuk mengisi saldo eMoney serta mengemulasikan fungsi kartu akses. Versi Bluetooth-nya pun mengusung 5.3 yang lebih modern demi meningkatkan kualitas pengalaman earphone TWS.

HP seharga Rp5,9 jutaan ini begitu cocok berada di tangan fotografer dan kreator konten profesional, sekaligus untuk digunakan bermain gim tanpa lagging.

5. realme 10 Pro+ 5G

realme 10 Pro+ 5G
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 920
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Jika Anda menilik desain dan spek dari realme 10 Pro+ 5G, mungkin akan langsung menyangka HP ini punya harga selangit. Tapi nyatanya tidak loh, karena HP berbekal Dimensity 920 ini hanya dibanderol di harga Rp5 jutaan saja.

Desain layarnya dibuat melengkung guna membuat area layar terlihat lebih luas tanpa membuat HP-nya jadi besar. Selain itu, layar sudah mendukung kontras rasio 5.000.000:1, gamut warna DCI-P3 100%, serta sertifikasi HDR10+ untuk kian meningkatkan pengalaman visual. Ini juga sungguh beneficial untuk kegiatan edit konten di kelas profesional.

Untuk membuat visualnya terbebas dari kerlap-kerlip saat pencahayaan rendah, realme menyematkan teknologi anti-flicker 2160 Hz PWM Dimming. Tidak lupa, terdapat pula refresh rate 120 Hz dan 1260 Hz touch sampling rate yang memberikan pengalaman gaming sekelas flagship.

Sisi kameranya juga dibuat sedemikian rupa untuk hadirkan hasil foto terbaik. Memiliki resolusi kamera utama 108 MP yang didukung Smart-ISP Pro, membuat rentang dinamis pada foto menjadi lebih menarik. Penggunaan teknologi filter 9-in-1 pixel binning miliknya sanggup menangkap cahaya 123% lebih banyak. Menjadikan aktivitas berfoto di malam hari semakin menyenangkan.

Semua hal tentang HP ini benar-benar mencirikan flagship sejati. Saya pribadi kagum betapa realme sanggup mengemas semua kebaikan flagship pada ponsel di harga Rp5 jutaan. Namun jika harus nit-picking, saya mesti bilang absennya IP rating di sini jadi hal yang disayangkan.

6. vivo V25 5G

vivo v25 5g
Layar AMOLED 6.44 inci
Chipset MediaTek Dimensity 900
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

vivo V25 5G ini hadir mengisi lini vivo V25 Series sebagai penerus dari vivo V23 Series. Meski sebagai model reguler, vivo V25 5G ini memiliki spesifikasi dan kemampuan yang cukup mumpuni. Terlebih lagi HP ini membawa sejumlah peningkatan dari pendahulunya.

Salah satu sektor yang menjadi perhatian dari HP ini adalah sektor desain dan kameranya. vivo V25 5G ini mengusung tema Slim & Light dengan ketebalan hanya 7,7 mm dan bobot sekitar 186 g saja.

Dengan permukaannya yang datar, HP ini dibekali teknologi Color Changing Glass untuk bodi bagian belakangnya. Teknologi tersebut mampu membuat bodi berubah warna ketika terkena sinar matahari atau sinar UV.

Sementara untuk sektor kameranya, vivo V25 5G ini dibekali tiga kamera lengkap dengan ultrawide 8 MP. Sedangkan kamera utamanya memiliki resolusi 64 MP dengan berbagai fitur pendukung seperti autofocus dan OIS. Kamera depan HP ini tidak kalah besar, resolusinya mencapai 50 MP. Tidak heran jika resolusi rekaman video keduanya mampu mencapai 4K dengan 30 fps.

vivo V25 5G ini tidak hanya mengunggulkan dua sektor tersebut saja, sektor lainnya juga cukup tangguh untuk kelasnya. Misalnya layar AMOLED dengan refresh rate 90 Hz, kapasitas penyimpanan luas, serta pengisian daya cepat 44 W.

7. POCO F4

POCO F4 - Nebula Green
Layar AMOLED 6.67 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 6 GB, 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Performa mulai menjadi pertimbangan banyak pengguna ponsel pintar saat ini. POCO F4 menjadi salah satu rekomendasi yang pas untuk yang butuh ponsel performa dengan harga 5 jutaan. Pasalnya, chipset yang digunakan ialah Snapdragon 870. Tentu dengan RAM besar, performa HP ini cukup kencang.

Untuk penggunaan bermain game pun, HP ini sangat nyaman. Kala bermain lama pun performanya tidak turun. Bahkan saat berpindah antar aplikasi saat multitasking dan kembali ke game lagi, tidak ditemukan lag berarti. Kinerjanya didukung baterai 4500 mAh dengan pengisian cepat 67W.

Beralih ke sektor kamera, POCO menghadirkan kamera utama 64 MP dengan stabilisasi OIS. Hasil foto siang hari, warna yang dihasilkan terlihat alami berkat fitur AI terbaru. Untuk perekaman kamera pun cukup stabil dan jernih. 

Hadirnya Fitur OIS merupakan peningkatan yang cukup baik. Bahkan seri ini menjadi ponsel pertama POCO dengan kamera OIS. Dengan dukungan sertifikasi IP53, Anda tidak perlu risau lagi memotret saat kondisi gerimis.

8. realme 11 Pro 5G

realme 11 Pro
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 7050
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 100 MP (wide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Serahkan pada realme untuk hadirkan fitur flagship ke ranah mid-range. Ini dia realme 11 Pro yang punya emphasis pada sisi desain dan juga kemampuan kamera. Menggaet sang desainer fashion ternama, realme 11 Pro tampil indah dengan balutan kulit imitasi, modul kamera sirkular di tengah yang megah, serta aksen visual resleting yang tampak suitable dengan keseluruhan tema desain.

Kemampuan layarnya layak diacungi jempol karena memiliki fitur peredupan PWM 2160 Hz untuk hindarkan efek kedipan di layar pada kondisi pencahayaan rendah. Keceahan puncak layar juga mencapai 950 nit sehingga lebih dari cukup untuk menikmati konten HDR serta melihat teks di bawah terik matahari.

Menurut hasil riset yang saya lakukan, sample foto realme 11 Pro tergolong unggul pada segala kondisi baik itu saing maupun malam hari. Ponsel menggunakan 100 MP OIS ProLight Camera yang dapat mengurangi noise dengan baik sekaligus mengurangi efek getaran ringan yang bisa mengakibatkan blur.

Buat yang tidak bisa puas dengan desain bodi yang itu-itu saja, sekaligus ingin rasakan pengalaman foto luar biasa, realme 11 Pro ini akan terasa cocok untuk dimiliki. Kekurangan HP yang mesti Anda toleransi adalah absennya ultrawide serta antarmukanya yang masih mengandung iklan dan bloatware.

9. Samsung Galaxy A34 5G

Samsung Galaxy A34
Layar Super AMOLED 6.6 inci
Chipset MediaTek Dimensity 1080
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 5 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Yang satu ini merupakan HP andalan Samsung untuk meng-cater audiens dengan selera tinggi. Punya desain yang bukan kaleng-kaleng, kamera belakang ponsel ini sungguh ciamik lantaran menyatu dengan cangkang bodi. Ini adalah desain yang begitu distinctive dibandingkan brand lain.

Bagaikan smartphone flagship, HP ini juga didukung dengan ketahanan debu dan air IP67. Jika tidak sengaja terkotori oleh makanan yang sedang Anda santap, layar HP bisa dicuci dengan air dengan risiko kerusakan yang minim.

Kehadiran triple camera yang mendukung resolusi tinggi pada video juga kian membuat Galaxy A34 5G cocok untuk penggunaan kreasi konten.

Performa yang ditawarkan Dimensity 1080 juga berikan kenyamanan berlebih saat ingin bermain gim di pengaturan grafis tinggi. Model HP yang gunakan RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 256 GB memiliki harga Rp5,4 jutaan.

10. Huawei nova 9

Huawei nova 9
Layar OLED 6.57 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 778G
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (depth) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Huawei memanaskan persaingan pasar ponsel kelas menengah menggunakan Huawei Nova 9. Ini merupakan ponsel 5 jutaan yang dirilis akhir 2021 dengan sejumlah fitur flagship. Salah satu fitur yang jadi andalan ialah teknologi 50 MP Ultra Vision RYYB. Ini teknologi yang sama dengan Huawei P40.

Di balik desain bodi yang segar dan kekinian, terdapat modul kamera belakang yang unik. Terpasang kamera 50 MP dengan sejumlah teknologi premium. Dukungan teknologi baru dan sensor yang besar membuat kamera utama ini bisa mengumpulkan 40% lebih banyak cahaya. Hasilnya, hasil foto dan video lebih detail dan lebih jelas meski malam hari.

Di bagian mesin, spesifikasinya memang tidak berbeda jauh dengan ponsel kelas menengah lainnya. Huawei masih mengandalkan chipset Snapdragon 778G dengan RAM besar 8 GB. Tentu, performanya tidak bisa diremehkan. Apalagi, semua game bergrafis detail bisa dimainkan dengan lancar.

Meski tanpa dukungan Google, HP ini tetap nyaman digunakan berkat adanya Harmony OS. Anda tidak perlu khawatir, sebab ada cukup banyak aplikasi yang disediakan dalam Huawei AppGallery.

Di antara deretan HP dengan harga Rp5 jutaan tersebut, manakah yang paling Anda minati? Apa pun HP pilihan Anda, semoga HP tersebut memang sesuai dengan kebutuhan.

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram