carisinyal web banner retina

10 Kelebihan dan Kekurangan Apple iPad Air 2020 (4th Gen)

Berbicara mengenai tablet, tidak akan lepas dari salah satu pelopornya, yakni Apple iPad. Produk yang satu ini tergolong menarik karena menawarkan pengalaman penggunaan yang lebih produktif jika dibandingkan perangkat iPhone misalnya.

Terlebih iPad lebih fleksibel karena pengalaman yang ditawarkan tidak hanya mobilitas tetapi juga produktivitas layaknya pemakaian laptop. Selain itu, iPad juga menawarkan konsep desain yang lebih ringan seperti  yang mereka tawarkan pada iPad Air.

Apple iPad Air pada tahun 2020 sudah masuk ke generasi keempat. Itu artinya, perangkat ini terus diperbarui Apple karena kebutuhan produk ini juga meningkat. Apple iPad Air 2020 sendiri resmi hadir di Indonesia bisa jadi perangkat menarik untuk dibeli.

Namun, sebelum beli, sebaiknya cari tahu dulu kelebihan dan kekurangan Apple iPad Air 2020. Seperti apa plus minusnya? Silakan simak selengkapnya berikut ini.

Spesifikasi Apple iPad Air 2020

Apple iPad Air (2020) 4
  • Rilis: September 2020
  • Layar: Liquid Retina IPS LCD 10,9 inci 2360 x 1640 piksel, 264 ppi
  • Chipset: Apple A14 Bionic (5 nm)
  • GPU: Apple GPU (4-core graphics)
  • RAM: -
  • Memori Internal: 64 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: Tidak
  • Kamera Belakang:12 MP, f/1.8
  • Kamera Depan: 7 MP, f/2.0
  • Baterai:Li-Po, non-removable (28.6 Wh)

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Apple iPad Air 2020

Apa yang menarik dari Apple iPad Air 2020? Seperti apa perangkat ini? Untuk mengetahuinya, silakan simak kelebihannya berikut ini.

1. Performa Super Kencang

apple ipad air 2020
*

Untuk yang satu ini, tidak perlu diperdebatkan. Kombinasi chipset Apple A14 Bionic dengan ekosistem Apple, terutama iPadOS tergolong optimal. Hal tersebut yang ditawarkan Apple iPad Air 2020.

Apple A14 Bionic yang merupakan chipset dengan fabrikasi 5 nm ini menawarkan kemampuan yang bagus. Contohnya adalah kemampuan mengedit video 4K langsung di Apple iPad Air. Anda tinggal merekam video 4k memakai Apple A14 Bionic untuk kemudian diedit langsung di perangkat ini.

Apple A14 Bionic sendiri menawarkan CPU 6-core baru dengan empat core efisiensi tinggi dan dua core performa tinggi. Hal ini membuat performa iPad Air mengalami peningkatan lebih cepat dan lebih baik jika dibandingkan laptop pada umumnya. Apple sendiri mengklaim jika performa CPU A14 Bionic 40% lebih cepat dibandingkan A12 Bionic

Performa GPU juga mengalami peningkatan. Performa GPU A14 Bionic  ini diklaim 40% lebih cepat dibandingkan A12 Bionic.  Dengan kemampuan tersebut A14 Bionic menghadirkan grafis secepat kilat sehingga Anda dapat merender objek 3D atau memainkan gim dengan grafis tinggi.

Situs Stuff.tv bahkan menyebut jika performa iPad Air berdasarkan benchmark mendekati skor GPU iPad Pro. Hal tersebut membuat performa iPad Air sebenarnya memberikan pengalaman performa yang mendekati Apple iPad Pro.

2. Kualitas Layar yang Jempolan

Apple iPad Air 2020 menawarkan layar dengan teknologi Liquid Retina IPS LCD. Dimensi layarnya 10,9 inci dengan resolusi 1640 x 2360 piksel. Layarnya ini mendukung fitur True-tone dan wide color gamut

Situs Tomsguide menyebut jika layar iPad Air 2020 menghadirkan kualitas layar yang cerah, berwarna, dan tajam. Mereka mengetes layar iPad Air 2020 dengan menonton film. Menurut mereka, layarnya ketika memutar film mampu menghasilkan detail yang baik

Situs Techradar juga menyebut layar iPad Air 2020 tergolong bagus. Menurut mereka, layar iPad ini sangat bagus untuk menonton video. Tampilan visualnya sangat cerah dan berwarna.

3. Desain yang Mengalami Peningkatan

apple ipad air 2020

Apple iPad Air 2020 ini hadir dengan desain yang lebih menarik dibandingkan versi sebelumnya. Menurut Stuff.tv, iPad Air 2020 ini memiliki peningkatan desain. Bahkan, desainnya cenderung mirip iPad Pro 11 inci.

Dengan bingkai cincicn, tepi yang rata dan tidak tajam membuat desainnya tergolong bagus. Terlebih desain ini enak digenggam dan tidak melelahkan untuk dipegang. Stuff.tv juga menyebutkan jika Apple iPad Air 2020 ini baik untuk tangan karena tidak terlalu berat.

4. Daya Tahan Baterai yang Baik

apple ipad air 2020

Apple iPad Air 2020 dibekali dengan baterai Li-Po dengan kekuatan 28,6 watt-jam. Baterai ini diklaim Apple dapat bertahan sampai 10 jam lamanya.


Klaim tersebut tidak berlebihan. Situs Laptopmag menguji daya tahan baterai ini dan memang hasil tidak berbeda jauh. Hasil tes baterai ini mencapai 10 jam 29 menit. Hasil tersebut sebenarnya masih kalah dengan daya tahan baterai iPad yang bisa mencapai 12 jam 57 menit. Namun, di atas 10 jam masih termasuk kategori bagus.

5. Dukungan Aksesoris yang Lebih Baik

apple ipad air 2020

Apple iPad Air 2020 memiliki keunggulan menarik. Keunggulan tersebut adalah dukungan dengan aksesoris Apple terbaru. Contohnya adalah dukungan penggunaan Apple Pencil (2nd Gen) dan Magic Keyboard.

Kedua aksesoris tersebut awalnya ditujukan untuk Apple iPad Pro. Namun, Apple iPad Air 2020 juga ternyata mendukung penggunaan Apple Pencil (2nd Gen) dan Magic Keyboard.

Hal ini membuat Apple iPad Air 2020 bisa jadi alternatif sebagai sebuah perangkat yang menggantikan laptop. Terlebih Magic Keyboard memiliki trackpad yang berfungsi sebagai pengganti mouse.

6. Webcam yang Berkualitas

apple ipad air 2020
*

Keunggulan lain dari Apple iPad Air 2020 ada di sektor kamera. Biasanya perangkat semacam tablet atau iPad menawarkan kamera yang cenderung biasa. Namun, iPad Air 2020 menawarkan pengalaman penggunaan kamera yang lebih baik.

Seperti kata Tomsguide, kamera belakang 12 MP di Apple iPad Air 2020 menawarkan kamera 12 MP yang tentu yang secara kualitas dapat melakukan pekerjaan dengan baik.

Selain itu, kamera depan Apple iPad Air 2020 dengan resolusi 7 MP ini juga mampu bekerja dengan baik. Kamera depan ini menurut Tomsguide dapat menghasilkan gambar yang tajam dan akurat.

Kamera depan ini juga dapat diandalkan ketika melakukan video meeting di Zoom atau Google Meet. Kualitas kamera depan atau webcam untuk kerja ini ternyata bisa diandalkan untuk rapat di era sekarang, ketika kerja dari rumah.

7. Touch ID di Tombol Power

apple ipad air 2020
*

Apple iPad Air 2020 menawarkan konsep Touch ID. Touch ID ini tidak ada di tombol home tetapi menyatu dengan tombol power alias tombol power on/off. Kehadiran Touch ID ini memberikan pengalaman menarik kepada pengguna karena akses membuka iPad lebih ringkas dengan meletakan jari saja.

Kekurangan Apple iPad Air 2020

Selain dari kelebihannya, iPad Air 2020 juga ternyata mempunyai beberapa kekurangan yang cukup disayangkan seperti yang bisa dilihat di bawah ini.

1. Tidak Ada Face ID

apple ipad air 2020
*

Kehadiran Touch ID tentunya memberikan pengalaman menarik. Apalagi Touch ID terintegrasi dengan tombol power. Namun, sayangnya Apple tidak membenamkan Apple iPad Air 2020 fitur Face ID.

Fitur pemindaian wajah ini padahal bisa menjadi sesuatu yang menarik jika diterapkan di Apple iPad Air. Sayangnya, Apple hanya mengkhususkan Face ID di iPad Pro. Tentu saja kedepannya bisa jadi Face ID akan hadir di Apple iPad Air seri berikutnya.

2. Tidak Ada Opsi Storage 128 GB

apple ipad air 2020
*

Apple iPad Air 2020 yang hadir di pasaran, termasuk yang dipasarkan di Indonesia, hanya menawarkan dua varian. Varian pertama adalah varian dengan storage 64 GB dan yang kedua varian dengan storage 256 GB.

Hal yang sangat disayangkan, Apple iPad Air 2020 tidak menawarkan storage 128 GB. Padahal kehadiran storage 128 GB bisa jadi alternatif menarik karena harganya bisa lebih murah dari varian 256 GB.

3. Tidak Ada Headphone Jack

apple ipad air 2020

Apple iPad Air 2020 masih tidak menawarkan headphone jack. Padahal kehadiran fitur ini sangat diharapkan. Tetapi memang karena Apple sekarang menawarkan headset wireless sebagai solusi, keberadaan port audio jack 3,5 mm tidak akan ditemui lagi di berbagai produk Apple lainnya.

Simpulan

Apple iPad Air 2020 bisa dibilang sebagai sebuah perangkat yang memberikan pengalaman menarik. Perangkat ini bisa jadi solusi yang membutuhkan sebuah perangkat mobilitas tinggi dengan kemampuan kencang.

Betapa tidak, Apple iPad Air 2020 punya chipset kencang yang membuatnya bisa melakukan tugas edit video dan desain menjadi lebih baik. Dukungan penggunaan Apple Pencil generasi kedua juga akan sangat membantu para desainer menggambar desainnya di Apple iPad Air 2020.

Jangan lupakan juga, Apple iPad Air 2020 sudah mendukung Magic Keyboard. Keyboard ajaib ini bisa jadi solusi bagi Anda yang butuh tablet yang praktis tetapi bisa digunakan dan diandalkan sebagai sebuah laptop. Malah, tidak berlebihan jika Apple iPad Air 2020 bisa menggantikan hampir semua fitur laptop.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram