Kenali 10 Kelebihan dan Kekurangan iPhone SE 2022 Ini!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Ukuran layar ponsel memang semakin besar sejak era smartphone dimulai. Namun, tidak semua orang merasa nyaman dengan ponsel berlayar besar. Apple, yang sempat bersikukuh dengan produk berlayar kompak, pun ikut-ikutan merilis smartphone berlayar besar sesuai tren pasar.

Kendati demikian, mereka tidak benar-benar meninggalkan penggemar ponsel berlayar mungil. Melalui iPhone SE Series, Apple coba memenuhi dahaga penggemar ponsel mungil. Hingga artikel ini terbit, sudah ada tiga model iPhone SE Series yang dirilis.

Mulai dari iPhone SE (2016), iPhone SE 2020, dan iPhone SE 2022 yang akan kami bahas dalam artikel ini. Secara penampakan, iPhone SE 2022 bak ponsel yang sama seperti dua pendahulunya. Bahkan ia juga mirip dengan iPhone 6 (2014).

Akan tetapi, HP iPhone terbaru ini memiliki dapur pacu yang up-to-date. SoC Apple A15 Bionic yang digunakannya adalah SoC yang sama dengan yang dipakai empat ponsel iPhone 13 Series.

Nah, melalui artikel ini, Carisinyal akan mencoba merangkum apa saja kelebihan dan kekurangan iPhone SE 2022. Kami berharap ulasan singkat ini dapat menjadi salah satu landasan Anda untuk memberi penilaian terhadap si ponsel.

Spesifikasi iPhone SE 2022

Apple iPhone SE 2022
Layar Retina IPS LCD 4.7 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide)
Baterai Li-Ion 2018 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan iPhone SE 2022

iPhone adalah keajaiban abad ke-21 yang muncul dari buah pemikiran Apple. Ponsel iPhone dipandang mampu menghadirkan kualitas dan prestise. Simak baik-baik beragam kelebihan iPhone SE 2022 berikut yang menunjukkan tingkat kualitas dan prestisenya.

1. Ergonomika Desain

iPhone SE 2022

iPhone SE 2022 terlihat memiliki bahasa desain layaknya iPhone zaman dulu. Ciri desain iPhone zaman dulu dan smartphone lawas bisa dicermati dari jidat dan dagu ponsel yang masih lebar. Lalu ada pemindai sidik jari yang merangkap sebagai tombol home di bagian depan.

Saat disandingkan dengan ponsel-ponsel masa kini, iPhone SE 2022 tentu saja terlihat paling beda. Seolah-olah ia berasal dari planet lain, bahkan jika dibandingkan dengan saudaranya, iPhone 13 Series, yang acuan desainnya juga tidak segar-segar amat, yakni iPhone X (2017).

Sebagian orang akan memandang bahwa iPhone SE 2022 memiliki desain yang kuno. Namun, sebagian yang lain, terutama orang dengan gaya old school, justru akan percaya diri menenteng HP ini di hadapan publik.

Walaupun penampilannya terlihat jadul, HP ini memiliki ergonomika desain nomor satu. Hal ini karena bentuknya yang ringkas dan ringan. Dimensi HP ini adalah 138.4 x 67.3 x 7.3 mm dengan bobot 144 g.

Memang bukan yang paling ringkas karena ia lebih panjang dan lebih tebal ketimbang iPhone 13 mini (131.5 x 64.2 x 7.7 mm). Namun, Mark Spoonauer dari Tom's Guide, yang biasa memakai iPhone 13 Pro Max, sudah merasa senang.

Pasalnya, iPhone SE 2022 sangat mudah dimasukkan ke saku celana. HP ini juga sangat mudah dioperasikan dengan satu tangan. iPhone 13 mini sebetulnya sama mudahnya dengan iPhone SE 2022. Hanya, orang akan rawan mengalami insiden salah pencet jika belum terbiasa dengan HP berbezel tipis.

Pengguna iPhone SE 2022 akan terhindar dari insiden salah pencet karena ada dagu di bagian bawah ponsel yang cukup tebal. Adapun bagian depan dan belakang HP ini memakai material kaca yang dibuat oleh Corning.

Kaca tersebut cukup nyaman karena punya lengkung 2,5D pada bagian tepinya. Kemudian rangka lengkung yang dipakai iPhone SE 2022 menggunakan material aluminium bebas karbon.

HP ini merupakan ponsel pertama Apple yang menggunakan material aluminium bebas karbon. Konon, material ini lebih ramah lingkungan karena minim emisi.

Selain menggunakan material aluminium bebas karbon yang modern, iPhone SE 2022 juga memiliki sertifikasi IP67. Artinya, seluruh bodi HP ini tahan terhadap debu. HP ini pun tahan terhadap air hingga kedalaman 1 m selama 30 menit.

Lanjut ke bagian sisi ponsel, Anda akan menemukan beberapa komponen yang sama seperti iPhone SE generasi sebelumnya. Mulai dari tombol power dan slot SIM di bagian kanan; port USB C, mikrofon, dan speaker utama di bagian bawah; serta tombol volume dan tombol mute di sisi kiri.

Ada pula speaker sekunder yang menyatu dengan earpiece di bagian jidat ponsel. Sementara itu, mikrofon kedua HP ini terletak di antara lensa kamera belakang dan lampu flash.

2. Tampilan dan Suara

iPhone SE 2022

iPhone SE 2022 memakai layar yang sama seperti iPhone 7. Sektor tampilan HP ini menggunakan layar IPS LCD dengan bentang 4,7 inci. Resolusinya sebatas HD+ (750 x 1,334 piksel).

Namun, karena resolusi tersebut dibagi ke bidang yang kecil, kepadatan pikselnya masih tergolong bagus - mencapai 326 ppi. Imbasnya tampilan layar ini tetap tajam. Adapun Retina Display adalah istilah marketing Apple buat layar si ponsel.

Sebagaimana ponsel iPhone pada umumnya, layar HP turut memiliki lapisan antiminyak alias oleofobik. Ada juga teknologi True Tone agar kecerahan dan intensistas warna layar si ponsel mampu menyesuaikan dengan tingkat pencahayaan sekitar.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan GSM Arena, layar iPhone SE 2022 tergolong bagus. Tingkat kecerahan puncaknya mencapai 605 nit, sedikit dibawah klaim Apple (625 nit). Namun, tingkat kecerahan tersebut memungkinkan ponsel dipakai di lingkungan outdoor.

HP ini pun nyaman dipakai di kondisi gelap seperti di dalam kamar. Pasalnya, tingkat kecerahan terendahnya mampu tembus 2,6 nit. Tidak berhenti di situ, reproduksi warna dari layar iPhone SE 2022 juga baik.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram