carisinyal web banner retina

Kenali 10 Kelebihan dan Kekurangan iPhone SE 2022 Ini!

Ukuran layar ponsel memang semakin besar sejak era smartphone dimulai. Namun, tidak semua orang merasa nyaman dengan ponsel berlayar besar. Apple, yang sempat bersikukuh dengan produk berlayar kompak, pun ikut-ikutan merilis smartphone berlayar besar sesuai tren pasar.

Kendati demikian, mereka tidak benar-benar meninggalkan penggemar ponsel berlayar mungil. Melalui iPhone SE Series, Apple coba memenuhi dahaga penggemar ponsel mungil. Hingga artikel ini terbit, sudah ada tiga model iPhone SE Series yang dirilis.

Mulai dari iPhone SE (2016), iPhone SE 2020, dan iPhone SE 2022 yang akan kami bahas dalam artikel ini. Secara penampakan, iPhone SE 2022 bak ponsel yang sama seperti dua pendahulunya. Bahkan ia juga mirip dengan iPhone 6 (2014).

Akan tetapi, HP iPhone terbaru ini memiliki dapur pacu yang up-to-date. SoC Apple A15 Bionic yang digunakannya adalah SoC yang sama dengan yang dipakai empat ponsel iPhone 13 Series.

Nah, melalui artikel ini, Carisinyal akan mencoba merangkum apa saja kelebihan dan kekurangan iPhone SE 2022. Kami berharap ulasan singkat ini dapat menjadi salah satu landasan Anda untuk memberi penilaian terhadap si ponsel.

Spesifikasi iPhone SE 2022

Apple iPhone SE 2022
Layar Retina IPS LCD 4.7 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB, 128 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide)
Baterai Li-Ion 2018 mAh
Harga Saat Rilis Rp 7.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan iPhone SE 2022

iPhone adalah keajaiban abad ke-21 yang muncul dari buah pemikiran Apple. Ponsel iPhone dipandang mampu menghadirkan kualitas dan prestise. Simak baik-baik beragam kelebihan iPhone SE 2022 berikut yang menunjukkan tingkat kualitas dan prestisenya.

1. Ergonomika Desain

iPhone SE 2022

iPhone SE 2022 terlihat memiliki bahasa desain layaknya iPhone zaman dulu. Ciri desain iPhone zaman dulu dan smartphone lawas bisa dicermati dari jidat dan dagu ponsel yang masih lebar. Lalu ada pemindai sidik jari yang merangkap sebagai tombol home di bagian depan.

Saat disandingkan dengan ponsel-ponsel masa kini, iPhone SE 2022 tentu saja terlihat paling beda. Seolah-olah ia berasal dari planet lain, bahkan jika dibandingkan dengan saudaranya, iPhone 13 Series, yang acuan desainnya juga tidak segar-segar amat, yakni iPhone X (2017).

Sebagian orang akan memandang bahwa iPhone SE 2022 memiliki desain yang kuno. Namun, sebagian yang lain, terutama orang dengan gaya old school, justru akan percaya diri menenteng HP ini di hadapan publik.

Walaupun penampilannya terlihat jadul, HP ini memiliki ergonomika desain nomor satu. Hal ini karena bentuknya yang ringkas dan ringan. Dimensi HP ini adalah 138.4 x 67.3 x 7.3 mm dengan bobot 144 g.

Memang bukan yang paling ringkas karena ia lebih panjang dan lebih tebal ketimbang iPhone 13 mini (131.5 x 64.2 x 7.7 mm). Namun, Mark Spoonauer dari Tom's Guide, yang biasa memakai iPhone 13 Pro Max, sudah merasa senang.

Pasalnya, iPhone SE 2022 sangat mudah dimasukkan ke saku celana. HP ini juga sangat mudah dioperasikan dengan satu tangan. iPhone 13 mini sebetulnya sama mudahnya dengan iPhone SE 2022. Hanya, orang akan rawan mengalami insiden salah pencet jika belum terbiasa dengan HP berbezel tipis.

Pengguna iPhone SE 2022 akan terhindar dari insiden salah pencet karena ada dagu di bagian bawah ponsel yang cukup tebal. Adapun bagian depan dan belakang HP ini memakai material kaca yang dibuat oleh Corning.

Kaca tersebut cukup nyaman karena punya lengkung 2,5D pada bagian tepinya. Kemudian rangka lengkung yang dipakai iPhone SE 2022 menggunakan material aluminium bebas karbon.

HP ini merupakan ponsel pertama Apple yang menggunakan material aluminium bebas karbon. Konon, material ini lebih ramah lingkungan karena minim emisi.

Selain menggunakan material aluminium bebas karbon yang modern, iPhone SE 2022 juga memiliki sertifikasi IP67. Artinya, seluruh bodi HP ini tahan terhadap debu. HP ini pun tahan terhadap air hingga kedalaman 1 m selama 30 menit.

Lanjut ke bagian sisi ponsel, Anda akan menemukan beberapa komponen yang sama seperti iPhone SE generasi sebelumnya. Mulai dari tombol power dan slot SIM di bagian kanan; port USB C, mikrofon, dan speaker utama di bagian bawah; serta tombol volume dan tombol mute di sisi kiri.

Ada pula speaker sekunder yang menyatu dengan earpiece di bagian jidat ponsel. Sementara itu, mikrofon kedua HP ini terletak di antara lensa kamera belakang dan lampu flash.

2. Tampilan dan Suara

iPhone SE 2022

iPhone SE 2022 memakai layar yang sama seperti iPhone 7. Sektor tampilan HP ini menggunakan layar IPS LCD dengan bentang 4,7 inci. Resolusinya sebatas HD+ (750 x 1,334 piksel).

Namun, karena resolusi tersebut dibagi ke bidang yang kecil, kepadatan pikselnya masih tergolong bagus - mencapai 326 ppi. Imbasnya tampilan layar ini tetap tajam. Adapun Retina Display adalah istilah marketing Apple buat layar si ponsel.

Sebagaimana ponsel iPhone pada umumnya, layar HP turut memiliki lapisan antiminyak alias oleofobik. Ada juga teknologi True Tone agar kecerahan dan intensistas warna layar si ponsel mampu menyesuaikan dengan tingkat pencahayaan sekitar.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan GSM Arena, layar iPhone SE 2022 tergolong bagus. Tingkat kecerahan puncaknya mencapai 605 nit, sedikit dibawah klaim Apple (625 nit). Namun, tingkat kecerahan tersebut memungkinkan ponsel dipakai di lingkungan outdoor.

HP ini pun nyaman dipakai di kondisi gelap seperti di dalam kamar. Pasalnya, tingkat kecerahan terendahnya mampu tembus 2,6 nit. Tidak berhenti di situ, reproduksi warna dari layar iPhone SE 2022 juga baik.

HP ini mampu menampilkan standar warna DCI-P3 serta sRGB. Akurasi warnanya cukup tinggi, karena nilai deltaE (penyimpangan) terhadap standar sRGB hanya 1,2 (deltaE rata-rata). Semakin angka deltaE mendekati 0, semakin akurat tampilan warna layar.

Apple menyebut layar HP ini mendukung pemutaran konten dengan standar HDR10 dan Dolby Vision. Saat diuji GSM Arena, seluruh aplikasi streaming film memang mendeteksi bahwa HP ini mendukung dua standar tersebut.

Namun, menurut GSM Arena, layar iPhone SE 2022 bukanlah layar yang mendukung konten HDR secara langsung. Sebab, sistem ponsel akan memetakan ulang konten HDR, untuk ditampilkan sesuai standar SDR (Standard Dynamic Range) dengan citra yang lebih simpel.

Maka dari itu, tampilan konten HDR di layar HP ini mungkin tidak jauh berbeda dari tampilan konten SDR biasa. Walaupun begitu, warna, kontras, dan kecerahannya tetap saja sangat bagus.

Pengalaman menonton film dengan iPhone SE 2022 semakin mantap karena konfigurasi speaker-nya sudah stereo. Menurut GSM Arena, keluaran suara speaker atas dan bawah cukup seimbang. Walau demikian, speaker yang bawah tentu sedikit lebih lantang dan lebih nge-bass.

Skor kelantangan suara speaker iPhone SE 2022 mencapai -25,2 LUFS (Loudness Units Full Scale). Skor tersebut masuk kategori sangat bagus. Speaker HP ini sedikit lebih lantang daripada iPhone 13 mini (-25,9 LUFS).

3. Dapur Pacu

iPhone SE 2022

Apple menyuntikkan SoC Apple A15 Bionic pada dapur pacu iPhone SE 2022. Hal ini membuat performa si ponsel secara teori setara dengan iPhone 13 Series. SoC ini diklaim Apple mendongkrak performa iPhone SE 2022 1,8 kali lebih kencang ketimbang iPhone 8.

HP ini juga disebut lebih kencang daripada iPhone SE 2020. Namun, Apple tidak menyebut seberapa kencang si ponsel dibanding generasi pendahulunya itu. Apple A15 Bionic merupakan SoC enam inti yang dibikin dengan fabrikasi 5 nm.

Enam inti CPU A15 Bionic terbagi menjadi dua klaster. Klaster pertama, yakni inti performa, diisi dua inti CPU dengan kode Avalanche. Sementara itu, klaster keduanya merupakan empat inti efisiensi yang punya kode Blizzard.

Apple tak pernah mengungkap clockspeed SoC yang dipakai produknya. Namun, situs pengujian teknis Anandtech menyebut bahwa inti performa CPU A15 Bionic punya clockspeed 3,4 GHz, sedangkan inti efisiensinya 2,0 GHz.

Beberapa komponen lain yang dimiliki A15 Bionic di antaranya adalah GPU empat inti, neural engine 16 inti, dan tentu saja modem internal 5G. SoC ini pun membuat performa iPhone SE 2022 jadi super kencang, meski hanya diduetkan dengan RAM 4 GB. Itu merupakan hal yang tak mengherankan para penguji.

Dalam uji kemampuan CPU yang dilakukan Patrick Holland dari CNet, HP ini mencatatkan skor GeekBench 5 yang bagus. Skor singlecore-nya mencapai 1724, mengalahkan iPhone SE 2020 (1326) dan setara dengan iPhone 13 (1721).

Untuk multicore, HP ini mencatatkan skor yang fantastis, yakni 4645. Skor tersebut jauh lebih tinggi ketimbang iPhone SE 2020 (2638) dan masih selevel dengan iPhone 13 (4681).

Lanjut ke pengujian 3DMark Wild Life untuk melihat performa GPU si ponsel. Pengujian ini dilakukan oleh Mark Spoonauer dan tim Tom's Guide. iPhone SE 2022 tercatat meraih skor 8352 dengan kemampuan rendering 50 fps.

Kemampuan rendering HP ini sudah bagus, walaupun sedikit lebih rendah ketimbang iPhone 13 yang mencapai 55,9 fps. Dalam praktiknya, iPhone SE 2022 dapat meng-convert video pendek 4K ke resolusi Full HD (1080p) dalam tempo 27 detik saja. Pengujian kemampuan konversi video tersebut dilakukan dengan aplikasi Adobe Premiere Rush.

Pengujian dengan aplikasi benchmark sintetis di atas menggambarkan performa iPhone Se 2022 dalam pemakaian sehari-hari. Hal ini seperti yang diutarakan penguji Tech Radar, Lance Ulanoff.

Menurut pengalaman Ulanoff, aktivitas seperti merekam dan mengedit video 4K bisa ditangani dengan baik. Memainkan gim seperti Call of Duty dan PUBG secara intensif juga bukan sebuah masalah.

4. Kamera

iPhone SE 2022

Kualitas jepretan kamera ponsel dipengaruhi oleh komponen hardware dan software. Kamera dengan sensor besar, bukaan besar, dan lensa yang bagus bisa jadi tak akan menghasilkan foto yang keren tanpa software yang mumpuni.

Pada iPhone SE 2022, Apple memilih untuk mempertahankan kamera dengan konfigurasi jadul, tetapi merombak software alias sistem kameranya. Kamera HP ini tak ada bedanya dengan iPhone SE 2020 serta iPhone 8. Ia hanya dibekali satu kamera utama dan satu kamera depan.

Untuk kamera utama, resolusinya masih 12 MP dengan bukaan f/1.8. Kamera ini memiliki autofokus, OIS, dan ditemani lampu Quad-LED dual-tone flash. Sementara itu, kamera depannya tetap 7 MP dengan bukaan f/2.2 dan sifatnya fixed-focus.

Racikan baru sistem kamera baru di HP ini disematkan ke fitur Smart HDR 4, Photographic Styles, Deep Fusion, dan Portrait mode. Racikan baru itu tentu saja bisa dieksekusi dengan baik berkat kemampuan neural engine SoC A15 Bionic yang meningkat.

Sebagai informasi, Photographic Styles merupakan fitur untuk mengubah temperatur warna foto. Anda bisa memilih sesuai kesukaan, apakah ingin memilih warna dengan kontras tinggi, hangat, atau dingin.

Sementara itu, Smart HDR4 dan Deep Fusion berfungsi membantu kamera untuk menghasilkan foto yang terang dalam kondisi low light. Khusus Deep Fusion, fitur ini membuat kamera menjepret delapan gambar sekaligus, lalu neural engine memilih satu yang terbaik.

Pada waktu persamaan, kamera juga akan mengambil gambar lebih lama untuk mendapatkan cahaya lebih banyak (eksposur). Proses selanjutnya, foto terbaik pilihan neural engine akan ditingkatkan kualitasnya menurut algoritma Smart HDR.

Kualitas jepretan kamera iPhone SE 2022 tetap khas seperti ponsel iPhone. Menurut kami, tangkapan kameranya punya detail tinggi, saturasinya pas, dan rentang dinamisnya luas. Warna kulit manusia pun dapat ditampilkan dengan natural.

Foto di kondisi low-light-nya pun masih oke dengan tingkat noise yang terjaga. Untuk mode potret, kamera belakang dan kamera depan HP ini punya separasi yang bagus. Pemisahan antara objek dengan latar belakang dilakukan dengan rapi.

Adapun kamera utama HP ini bisa merekam video hingga resolusi 4K pada 60 fps. Bisa juga merekam video slow-motion pada resolusi Full HD (1080p) 240 fps. Sementara itu, kamera depan dapat merekam video sampai resolusi 1080p 30 fps.

Fitur penstabilan video hadir untuk semua kamera di seluruh pilihan resolusi. Menurut GSM Arena, rekaman video kamera iPhone SE 2022 berkualitas. Tidak ada masalah soal detail, eksposur, warna, dan stabilisasi.

Berikut ini Anda dapat melihat contoh jepretan kamera iPhone SE 2022:

iPhone SE 2022Sumber: Future/Lance Ulanoff
Kamera utama
iPhone SE 2022Sumber: Future/Lance Ulanoff
Kamera depan
iPhone SE 2022Sumber: GSM Arena
Kamera utama - low light

5. Baterai

iPhone SE 2022

Apple tidak pernah mengungkap kapasitas baterai ponsel-ponsel yang mereka rilis, termasuk iPhone SE 2022. Mereka hanya menyebut bahwa HP ini memiliki kemampuan pemutaran video lokal selama 15 jam, naik dua jam ketimbang iPhone SE 2020.

Menurut GSM Arena, kapasitas baterai iPhonse SE 2022 memang mengalami peningkatan 10% daripada pendahulunya. HP ini disebut mengandung baterai berkapasitas 2018 mAh. Kapasitas tersebut memang terlihat kecil untuk standar masa kini.

Namun, dengan ukuran HP yang mungil, sepertinya sudah sesuai. Untuk membuktikan hal itu, kami merujuk pengujian yang dilakukan beberapa reviewer. Yang pertama adalah GSM Arena.

Hasil pengujian yang dilakukan GSM Arena menunjukkan HP ini punya skor ketahanan 62 jam, cukup bagus. Jika dirinci, skor tersebut didapat dari kemampuan bertahan selama 12 jam 40 menit saat ponsel digunakan menelepon (jaringan 3G). Lalu 12 jam 50 menit untuk browsing (WiFi), dan 9 jam 55 menit untuk memutar video lokal.

Sementara itu, Mark Spoonauer dan tim Tom's Guide memperoleh waktu pakai 9 jam 5 menit. Waktu tersebut diraih saat ponsel digunakan untuk browsing dengan jaringan 5G, sementara layar disetel pada kecerahan 150 nit.

Adapun iPhone SE 2022 mendukung pengisian cepat 20W. Sayang, charger dengan output daya yang sesuai tidak tersedia dalam paket penjualan. Anda harus membeli charger sendiri, entah charger resmi dari Apple atau charger pihak ketiga yang mendukung.

Selain itu, HP ini juga mendukung pengisian nirkabel (Qi wireless charging) 7,5 W.

Saat diuji GSM Arena, mengisi baterai HP ini dengan charger kabel butuh durasi selama 1 jam 18 menit. Durasi pengecasan tersebut mampu mengubah kapasitas baterai dari kosong sampai penuh.

6. Konektivitas

iPhone SE 2022

Salah satu benefit pemakaian SoC Apple A15 Bionic pada iPhone SE 2022 adalah dukungan jaringan 5G. Jenis konektivitas paling anyar ini didukung si ponsel karena A15 Bionic mengandung modem internal 5G.

Adapun jaringan 5G yang bisa tersambung adalah 5G Sub6 (di bawah frekuensi 6 GHz), jenis 5G yang tengah dikembangkan di Indonesia. Selain 5G, iPhone SE 2022 juga mendukung sederet jenis konektivitas baru.

Mulai dari Bluetooth 5.0, WiFi 6, hingga NFC untuk keperluan transaksi non-tunai. Sayang, HP ini tidak punya jack audio 3,5 mm untuk menyambungkan headset kabel.

7. Fitur Keamanan

iPhone SE 2022

Meskipun tampangnya jadul, iPhone SE 2022 justru memiliki fitur keamanan paling lengkap dibanding iPhone lain yang lebih baru. HP ini jelas memiliki fitur pemindaian wajah (Face ID) layaknya ponsel iPhone anyar.

Akan tetapi, HP ini juga memiliki sensor pemindai sidik jari fisik (Touch ID) yang letaknya menyatu dengan tombol home statis di bagian depan. Adanya Touch ID membuat pengguna bisa memilih fitur keamanan mana yang hendak dipakai.

Selain itu, Touch ID lebih leluasa dipakai di berbagai situasi. Hal ini tidak berlaku buat Face ID karena akurasinya berkurang ketika berada di tempat gelap, serta ketika pengguna sedang memakai masker.

Kekurangan iPhone SE 2022

iPhone SE 2022 bukanlah ponsel yang buruk. Ia memiliki kemampuan khas ponsel Apple yang tak bisa disamai pesaingnya. Meski demikian, ada beberapa catatan yang perlu Anda cermati dan mungkin akan menentukan penilaian akhir terhadap si ponsel.

1. Sisi Minor Desain

iPhone SE 2022

Sebagaimana yang telah dijelaskan pada paragraf pembuka dan poin desain, penampilan iPhone SE 2022 memang sama sekali tidak baru. HP ini memiliki desain dan dimensi seperti iPhone 8. Sementara itu, iPhone 8 merupakan perpaduan antara iPhone 6 (2014) dan iPhone 4 (2010).

Oleh sebab itu, sebagian dari Anda akan melihat bahwa desain HP ini sudah sangat ketinggalan zaman. Perubahan desain yang tidak tampak ini bisa mendorong keputusan konsumen untuk mengalihkan bidikan dari iPhone SE 2022.

Lebih-lebih HP ini dijual dengan harga yang lebih tinggi ketimbang generasi sebelumnya. Di Amerika Serikat, iPhone SE varian 64 Gb dijual 429 dolar atau sekitar Rp6,1 juta. Bandingkan dengan iPhone SE 2020 64 GB yang dirilis dengan harga 527 dolar (sekitar Rp5,7 juta).

2. Teknologi Layar

iPhone SE 2022

Selain secara desain tidak berubah, teknologi layar iPhone SE 2022 juga sama saja. Ia masih memakai panel IPS LCD di tengah tren smartphone yang mayoritas sudah beralih ke panel OLED dan turunannya. Mungkin, sebagian orang masih menerima IPS LCD karena tampilan warnanya lebih alami.

Panel ini juga lebih berumur panjang karena tidak mengalami risiko burn-in layaknya OLED. Hanya saja, IPS LCD masa kini yang disematkan ke ponsel-ponsel Android sudah lebih canggih. Kecanggihan itu terlihat dari dukungan refresh rate tinggi, bisa 90 Hz atau 120 Hz.

Sementara itu, refresh rate dan touch sampling rate layar iPhone SE 2022 masih saja 60 Hz. Maka layar ini belum mampu memberi pengalaman yang istimewa saat pengguna melakukan usapan (scrolling). Layar 60 Hz HP ini juga belum mampu mengakomodasi gim-gim dengan setelan frame rate di atas 60 fps.

3. Mode Malam, Kamera Ultrawide, dan Kamera Depan

iPhone SE 2022

SoC Apple A15 Bionic memang membawa peningkatan dalam hal fotografi, termasuk ketika kamera menangani kondisi low light. Hanya saja, kemampuan fotografi malam hari di HP ini masih kurang karena mode malam belum tersedia.

Hal ini cukup disayangkan mengingat HP Android di kelas entri pun sudah banyak yang dibekali mode malam. Selain mode malam, fitur mode sinematik dan Pro Res yang ada pada iPhone 13 Series juga belum ada. Padahal dua fitur tersebut sebetulnya didukung oleh chipset A15 Bionic.

Masalah selanjutnya yang ada pada sektor kamera iPhone SE 2022 adalah tidak adanya kamera dengan lensa ultrawide atau telefoto. Karena itu, Anda tidak bisa menciptakan foto-foto dengan sudut pengambilan yang lebar, juga tidak bisa memotret objek dari kejauhan.

Masalah terakhir dari kamera HP ini adalah kualitas tangkapan kamera depannya. Kualitasnya tidaklah buruk, tetapi jauh dari kamera belakangnya. Menurut Patrick Holland, rentang dinamis foto kamera depannya kurang bagus.

Simpulan

iPhone SE 2022 adalah pilihan paling realistis jika Anda ingin memililiki HP iPhone baru, tetapi dana yang dipunya kurang dari Rp10 juta. Dengan harga yang lebih terjangkau, Anda sudah bisa merasakan gesitnya performa layaknya iPhone 13.

SoC Apple A15 Bionic yang dipakai HP ini memang merupakan salah satu yang terkencang di dunia. Bahkan SoC ini juga berperan besar terhadap peningkatan kualitas tangkapan kamera, daya tahan baterai, dan tentu saja dukungan konektivitas 5G.

Dukungan konektivitas 5G membuat iPhone SE 2022 punya napas yang panjang. Namun demikian, ketika memilih HP ini sebagai perangkat andalan baru, Anda mesti menoleransi hal-hal yang krusial. Mulai dari desain jadul, teknologi layar yang biasa saja, hingga kamera belakang yang cuma satu buah.

Jika Anda bukanlah orang yang neko-neko, dan memiliki kepercayaan tinggi dengan brand Apple, maka iPhone SE 2022 tetap patut dipertimbangkan. Keputusan akhir tentu ada di tangan Anda!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram