Baca 10 Kelebihan dan Kekurangan Apple iPad Air (2022) Ini!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

iPad Air (2022), atau bisa juga disebut iPad Air 5, resmi masuk ke Indonesia pada Mei 2022. iPad Air generasi kelima ini dirilis dengan harga mulai Rp10 jutaan. Kehadiran tablet ini pun melengkapi deretan tablet Apple yang mengusung SoC Apple M1.

SoC Apple M1 telah lebih dahulu mengisi dapur pacu iPad Pro 11 (2021) dan iPad Pro 12.9 (2021). Mengenai SoC yang satu ini, bukan rahasia lagi bahwa performanya memang kencang. Itulah alasannya mengapa Apple juga berani memasang SoC M1 pada berbagai produk komputernya, termasuk Mac Mini.

Oleh sebab itu, Anda tak perlu lagi meragukan performa iPad Air (2022). Lebih-lebih jika Anda memanfaatkan tablet sebagai perangkat produktivitas. Tablet yang satu ini pun bisa menjadi opsi terjangkau bila Anda menginginkan tablet Apple dengan dukungan Magic Keyboard dan Apple Pencil.

Namun demikian, iPad Air (2022) tentu saja tak hanya unggul dalam hal performa dan dukungan terhadap aksesori produktivitas. Masih ada hal menarik yang dipunyai tablet ini. Seluruh hal menarik itu akan Carisinyal paparkan dalam artikel kelebihan dan kekurangan iPad Air (2022) ini.

Spesifikasi iPad Air 2022

Apple iPad Air (2022)
Layar Liquid Retina IPS LCD 10.9 inci
Chipset Apple M1
RAM 8 GB
Memori Internal 64 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide)
Baterai Li-Ion 7606 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan iPad Air (2022)

Pada masa sekarang tablet tidak lagi dipandang sebagai perangkat hiburan. Namun, ia juga mampu berperan sebagai perangkat produktivitas. Tablet seperti iPad Air (2022) punya berbagai kelebihan untuk bisa mengakomodasi kebutuhan hiburan dan produktivitas. Berikut penjelasannya.

1. Desain

ipad air 2022

Penampilan iPad Air (2022) tak ubahnya iPad Air (2020) alias generasi sebelumnya. Ia masih memiliki corak desain yang elegan dan minimalis dengan bodi berbahan aluminium. Penampilan tablet ini juga sudah sesuai dengan preferensi orang zaman sekarang yang suka sisi-sisi flat (datar).

Dari segi penempatan tombol dan port, iPad Air (2022) masih sama seperti pendahulunya. Tombol power sekaligus pemindai sidik jari ada di sisi atas. Sementara itu, tombol pengatur volume ditaruh di sisi kanan atas.

Adapun port USB C berada di sisi bawah. Seluruh posisi itu dapat dijumpai ketika tablet sedang dipakai dalam orientasi portrait. Sejumlah penguji mengaku memiliki kesan yang bagus terhadap desain iPad Air (2022).

Selain build quality-nya sip, tablet ini disebut punya ukuran yang pas. Gareth Beavis dari Tech Radar bilang, iPad Air (2022) enak baik saat ditenteng maupun dimasukkan ke dalam tas. Impresi yang sama juga dituturkan oleh Max Parker dari Trusted Reviews.

Menurut Parker, tablet ini mudah dimuat ke dalam tas dan rasanya ringan. Ia pun menilai bahwa iPad Air (2022) adalah tablet dengan ukuran ideal untuk dibawa bepergian dan masih oke buat bekerja. Sambungkan dengan Magic Keyboard, maka tablet ini langsung bisa jadi laptop ringkas.

Secara dimensi, iPad Air (2022) memang tidak mengalami perubahan dibanding pendahulunya. Dimensi terukur perangkat Apple ini adalah 247.6 x 178.5 x 6.1 mm. Untuk varian WiFi only, ia hanya 3 gram lebih berat ketimbang iPad Air (2020). Bobot iPad Air (2022) adalah 461 g (WiFi) dan 462 g (WiFi+selular).

Tak seperti iPad Pro (2021) yang hadir dengan dua opsi warna saja, iPad Air (2022) punya pilihan beragam. Total opsi warna yang bisa dipilih adalah lima, meliputi abu-abu, starlight, pink (merah muda), ungu, dan biru.

2. Tampilan dan Suara

ipad air 2022

Sektor tampilan iPad Air (2022) diperkuat layar IPS LCD. Layar tersebut memiliki bentang 10,9 inci dan resolusi 1640 x 2360 piksel. Apple menyebut layar dengan kepadatan piksel 264 ppi tesebut dengan istilah Liquid Retina.

Layar iPad Air (2022) ini diklaim Apple memiliki rentang warna mencapai standar DCI-P3 dan memiliki tingkat kecerahan 500 nit. Fitur True Tone ala tablet dan ponsel Apple juga disematkan di layar tablet ini. Fitur tersebut memiliki fungsi untuk mengubah nuansa warna sesuai kondisi sekitar.

Adapun layar tablet ini juga mendapat lapisan oleofobik dan lapisan antireflektif. Lapisan yang pertama berfungsi menangkal noda sidik jari, sedangkan yang kedua agar layar tidak silau saat terkena paparan cahaya luar.

Dalam pengujian yang dilakukan Tony Polanco dan tim Tom's Guide, layar iPad Air (2022) tembus level kecerahan 484 nit. Tingkat kecerahan itu dicapai mode adaptive brightness dimatikan. Angka tersebut memang sedikit dibawah klaim Apple, tapi sudah cukup enak.

Bahkan 484 nit merupakan sebuah peningkatan mengingat iPad Air generasi sebelumnya hanya mencapai 440 nit. Menurut Polanco, tampilan warna layar iPad Air (2022) cukup pekat dan detailnya tajam.

Cocok digunakan untuk menonton video di YouTube sampai Netflix. Apalagi layar tablet ini juga mendukung pemutaran konten HDR10.

Saat diuji di laboratorium Tom's Guide, layar tablet ini tembus rentang warna 111.8% sRGB dan 79.2% DCI-P3. Artinya, warna yang bisa dikeluarkan sudah mendekati klaim Apple. Yang keren, akurasi warnanya sangat bagus. Skor Delta-E alias penyimpangan warnanya hanya 0,29.

Layar memang jadi faktor penting bagi suatu tablet agar bisa menghadirkan pengalaman multimedia yang asyik. Namun, komponen speaker juga memegang peranan yang tak kalah penting.

Ihwal ini, iPad Air (2022) memiliki speaker berjumlah dua, sehingga konfigurasinya adalah stereo. Jumlah speaker tablet ini memang tidak sebanyak iPad Pro (2021) yang punya empat. Namun, peletakan lubang speaker di posisi yang berbeda membuat keluaran suaranya sudah cukup mantap.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram