Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Apple iPad Pro 11 (2021)

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah

Kabar gembira untuk kamu yang sedang menanti produk Apple. Pasalnya pada akhir April 2021, pihak Apple baru saja meluncurkan iPad Pro generasi teranyar. Produk yang dinamai Apple iPad Pro 11 (2021) memiliki bodi dengan dukungan stylus untuk dapat terintegrasi dengan Bluetooth dan magnetik.

Tersedia dalam dua varian warna yaitu Silver dan Space Gray, iPad Pro ini terlahir dengan bodi berdimensi 247.6 x 178.5 mm yang ketebalannya mencapai 5.9 mm. Berbobot 470 gram, bodi dari perangkat ini diracik dari bahan gelas untuk area depannya dan alumunium pada kawasan bingkai maupun cangkang. Tidak lupa, dibangun slot khusus untuk menaruh Nano-SIM dan eSIM.

Tablet dengan speaker stereo berjumlah empat ini lahir dalam tiga model yang berbeda antara lain A2301, A2459, dan A2460. Setiap model dari tablet garapan Apple ini sudah disokong oleh konektivitas 5G, menjanjikan dapat menghasilkan kualitas internet yang jauh lebih baik bak secepat kilat.

Bagi kamu yang berminat memboyong tablet buah karya Apple ini, setidaknya kamu harus menyiapkan dana sebesar 870 euro atau jika dikonversikan sekitar Rp15,2 jutaan untuk satu unitnya. Untuk mengenal lebih jauh kamu dapat menyimak spesifikasi yang sudah diramu oleh Carisinyal berikut ini:

Spesifikasi Apple iPad Pro 11 (2021)

Apple iPad Pro 11 (2021)
  • Rilis: April 2021
  • Layar: Liquid Retina IPS LCD, 11 inci atau 12.9 inci
  • Chipset: Apple M1
  • CPU: Octa-core
  • GPU: Apple GPU (8-core graphics)
  • RAM: 8 GB, 16 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 12 MP + 10 MP + TOF 3D LiDAR scanner
  • Kamera Depan: 12 MP
  • Baterai: Li-Po 7538 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Apple iPad Pro 11 (2021)

Bila kamu perhatikan spesifikasi di atas, sadar atau tidak kamu telah menemukan beberapa kelebihan dari Apple iPad Pro 11 (2021). Namun, bagi kamu yang tidak menyadari akan kelemahan dari produk Apple tersebut maka Carisinyal akan menjelaskannya secara tuntas dan lengkap berikut ini:

1. Peningkatan di Kategori Layar

Apple ipad pro 11 2021 Carisinyal a

"Cetar!" Itulah satu kata yang menggambarkan layar milik Apple iPad Pro 11 garapan 2021. Bukan tanpa faktor, kalau layar dari tablet ini telah mengalami peningkatan dari edisi sebelumnya. Hal paling menonjol pada layar perangkat ini adalah kehadiran HDR10, Dolby Vision, dan penggunaan panel Liquid Retina IPS LCD.

Panel berukuran 11 inci merupakan jenis LCD yang hanya dikhususkan untuk perangkat Apple. Teknologi ini menyajikan resolusi super tinggi dengan kerapatan piksel tinggi pula, memungkinkan pengguna tidak akan melihat garis bergerigi pada layar.

Sementara kehadiran HDR10 dan Dolby Vision akan memberikan tingkat kontras lebih tinggi dan mampu mempersembahkan lebih banyak warna. Kehadiran keduanya terkhusus Dolby Vision sangat mendukung aktivitas menonton streaming video seperti di Netflix.

Perangkat besutan Apple ini juga mempunyai laju penyegaran sebesar 120 Hz, sehingga ketika pengguna menjalankan aplikasi atau membuka konten akan lebih responsif dan akurat. Pada tingkat kecerahan layarnya pun terbilang tinggi yang mencapai 600 nits, menjanjikan kenyamanan bagi mata pengguna ketika layar perangkat terkena pantulan sinar Matahari.

Dengan rasio layar-ke-bodi 82,9%, layar Apple iPad ini dianugerahi dengan kualitas gambar yang tajam karena kepadatan gambarnya mampu mencapai 265 piksel per inci. Perangkat beresolusi 2388 x 1668 piksel ini pula punya tameng untuk layarnya oleh kaca anti gores dan lapisan anti minyak bernama oleofobik.

Adapun layar True Tone yang berfungsi untuk mengubah intensitas kecerahan, titik putih, hingga suhu warna secara dinamis dengan menyesuaikan situasi pencahayaan lingkungan sekitar. Lalu, untuk mengatur manajemen warna pada layar pihak Apple mengundang gambut warna lebar pada Apple iPad Pro 11 (2021).

Secara keseluruhan tampilan dari iPad Pro 11 edisi 2021 ini mengusung sudut melengkung yang diikuti oleh lekukan indah dan setiap sudutnya berada dalam bidang persegi standar. Terakhir, pada kategori layar dari Apple iPad Pro 11 (2021) dapat dikatakan mampu memuaskan para pengguna dengan menyuguhkan banyak pembaruan lewat teknologi yang disematkannya.

2. Adanya Pembaruan pada SoC

Apple ipad pro 11 2021 Carisinyal SoC

Pembaruan sekaligus menjadi keunggulan dan kebanggan bagi pemilik Apple iPad Pro 11 (2021) adalah kinerja dari System on Chips yang dipatrinya. Dikudai oleh chipset M1, perangkat ini diklaim akan menyuguhkan performa terbaik layaknya sebuah MacBook keluaran terbaru.

Bila dibandingkan edisi 2020, tablet ini akan memberikan kecepatan maksimalnya hingga 50% dengan bermodalkan CPU yang terbuat dari 8 Octa-core. Sedangkan, untuk memproduksi hasil visual yang memukau mata pengguna perangkat ini mengundang ahli grafis bernama Apple GPU berjumlah 8 inti, dipercaya dapat meningkatkan kinerja sampai 40%.

Masih belum puas memanjakan penggunanya, pihak Apple telah mengimplementasikan sistem operasi terbaru yaitu iPadOS 14.5.1. Dalam sistem operasi termutakhir ini pengguna akan disuguhkan dengan fitur terbaru mulai dari layanan musik berbasis digital, unlock iPhone dengan masker, Siri, emoji baru, Streaming Fitness+ dengan AirPlay hingga App Tracking Transparency.

Kemudian, tidak kalah hebat lagi adalah ruang penyimpanan yang ditawarkan oleh produk Apple ini. Tidak seperti pendahulunya yang memiliki ukuran RAM terkecil yaitu 6 GB.

Nah, di edisi iPad Pro 11 terbaru ini kapasitas terkecilnya sebesar 8 GB yang diikuti oleh 16 GB. Sedangkan, untuk memori internalnya berkapasitas mulai dari 128 GB, 256 GB, 512 GB, hingga 1 TB. Luar biasa bukan?

3. Resolusi Sistem Kamera Meningkat

Apple ipad pro 11 2021 Carisinyal camera

Beralih ke bagian kamera belakang, pihak Apple masih memakai konfigurasi yang hampir sama seperti produk iPad Pro 11 tahun sebelumnya. Kamera utama yang punya fitur Quad-LED dual-tone flash dan HDR itu terdiri dari tiga sensor yang terdiri dari sensor premier 12 MP dengan diafragma f/1.8 berteknologi dual pixel PDAF, memungkinkan hasilnya akan lebih jelas dan detail.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram