11 Kelebihan & Kekurangan Apple iPad Pro 12.9 (2021)

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Apple berhasil membuktikan bahwa chipset terbaru bikinan mereka sendiri, Apple M1, sangat powerful. Chipset berbasis ARM yang dirilis pada November 2020 ini menjalani debut dengan mengotaki lini produk Macbook, dilanjutkan dengan iMac, dan Mac Mini.

Sejumlah penguji pun mengakui bahwa perpaduan antara Apple M1 dan MacOS mampu menghasilkan performa cemerlang. Pertanyaannya, bagaimana jika chipset M1 disandingkan dengan sistem operasi iPadOS pada sebuah tablet? Melalui artikel kelebihan dan kekurangan Apple iPad Pro 12.9 (2021) ini, pertanyaan itu akan terjawab.

Sekadar informasi, Apple iPad Pro 12.9 (2021) bersama Apple iPad Pro 11 (2021) adalah tablet pertama dari Apple yang memakai chipset M1. Adapun pembahasan dalam artikel tidak terbatas soal performa.

Namun, Carisinyal juga akan menyajikan apa saja sisi plus dan minus dari suksesor Apple iPad Pro (2020) ini. Berikut Anda dapat menyimak spesifikasi kunci dari sang tablet sebagai pembuka sebelum beranjak ke ulasan utama.

Spesifikasi Apple iPad Pro 12.9 (2021)

  • Rilis: Mei, 2021
  • Layar: Liquid Retina XDR mini-LED LCD, 12,9 inci, 2048 x 2732 piksel
  • Chipset: Apple M1
  • GPU: Apple GPU (8-core graphics)
  • RAM: 8 GB, 16 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB, 2 TB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 12 MP + 10 MP + ToF 3D LiDAR
  • Kamera Depan: 12 MP
  • Baterai: Li-Po (40,88 Wh)

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan Apple iPad Pro 12.9 (2021)

Apple tidak pernah main-main dalam merancang setiap produknya. Seluruh bagian diperhatikan secara detail demi menciptakan kelebihan yang bernama kualitas. Beberapa poin di bawah ini akan menjelaskan sebagus apa kualitas Apple iPad Pro 12.9 (2021). Simak satu per satu!

1. Desain Elegan

sumber: apple.com

Tablet Apple dari tahun ke tahun memiliki desain yang mirip. Apple bukannya malas dan tidak mau keluar uang untuk melakukan riset demi menemukan desain yang baru. Namun, desain yang terpasang di Apple iPad Pro 12.9 (2021) tetap digemari oleh orang-orang.

Orang-orang gemar dengan tablet Apple tentu saja karena desainnya minimalis dan elegan. Produsen-produsen lain bahkan mengikuti Apple dalam merancang produk yang berdesain minimalis dan elegan. Untuk menghasilkan kesan yang elegan, Apple tak pernah main-main dalam memilih material bodi.

Ya, iPad Pro 12.9 (2021) ini tetap memakai bahan logam aluminium untuk membungkus seluruh sisi bodi dan frame. Menilik bagian frame, di sisi bawah terdapat dua speaker yang mengapit port USB C. Nah, USB C ini juga mendukung konektivitas Thunderbolt 3 dan USB 4.

Di bagian atas ada dua speaker dan tombol power. Di sisi kanan terdapat tombol pengatur volume, tempat mengecas Apple pencil (bersifat magnetik), dan slot nano-SIM. Jika di balik ke sisi depan, ada layar dengan bingkai yang minimalis. Bagian atas bingkai diisi kamera depan dan beberapa sensor.

Layar tersebut diproteksi kaca antigores dan dibalut lapisan oleofobik alias antiminyak. Berkat material itu, Anda tidak perlu khawatir bila layar si tablet tidak sengaja bersentuhan dengan pena saat dimasukkan ke dalam tas. Anda pun tidak perlu sering-sering membersihkan layarnya karena lapisan oleofobik membuatnya sulit terlihat dekil.

Adapun iPad Pro 12.9 (2021) berdiri tegak dengan dimensi 280,6 x 214,9 x 6,4 mm. Ukurannya sama dengan iPad Pro 12.9 (2020), hanya sedikit lebih tebal (6,4 : 5,9 mm). Sementara itu, bobotnya terukur 685 gram untuk varian seluler+WiFi. Tablet ini punya dua varian warna: Silver dan Space Grey.

2. Tampilan Ciamik

sumber: apple.com

Ukuran layar 12.9 inci dengan resolusi 2048 x 2732 piksel (265 ppi) memang tidak berubah dari generasi sebelumnya. Namun, Apple merancang teknologi panel layar yang baru buat iPad Pro 12.9 (2021). Apple menyebutnya dengan Liquid Retina XDR mini-LED LCD.

Panel ini bukan IPS LCD biasa yang di-branding Apple agar terlihat keren. Akan tetapi, panel ini memang berbeda karena disusupi lampu mini-LED yang berjumlah 10 ribu. Lampu mini-LED ini diklaim Apple punya ukuran 120 lebih kecil daripada lampu LED yang ada di layar iPad Pro lawas.

Karena itu, mini-LED yang berjumlah 10 ribu bisa dijejalkan ke dalam panel yang sangat tipis, 6,4 mm. Lantas, apa sih gunanya lampu mini-LED sebanyak itu? Kegunaan pertama adalah untuk meningkatkan level kecerahan layar. Berkat desain ini, kecerahan khas layar iPad Pro 12.9 (2021) ini meningkat jadi 1000 nit.

Kecerahan puncaknya bahkan bisa mencapai 1600 nit ketika tablet dipakai untuk memutar video HDR. Lalu, kegunaan kedua pemasangan 10 ribu lampu mini-LED adalah untuk meningkatkan rentang dinamis layar. Nah, rentang dinamis ini ada kaitannya dengan kontras warna.

Panel IPS LCD konvensional masih tertinggal dalam hal rentang dinamis karena kontrasnya tidak seluwes panel keluarga OLED. Hal ini karena setiap piksel layar OLED mewakili satu lampu yang bisa memancarkan cahaya dan warna secara sekaligus.

Sehingga, OLED punya kontras tinggi karena bisa menampilkan putih dan hitam sempurna. Dalam kasus untuk menyajikan warna hitam, panel OLED tinggal mematikan saja beberapa bagian pikselnya.

IPS LCD berbeda, ia tidak punya lampu yang bisa memancarkan warna seperti OLED. Ia butuh lampu latar belakang sebagai reflektor agar warna yang dikandung panel bisa muncul. Untuk menampilkan warna hitam saja, panel IPS harus tetap menyalakan lampu reflektor. Makanya warna hitam di panel IPS akan sedikit kebiruan atau keabuan.

Apple mencoba 'mengakali' agar rentang dinamis panel IPS LCD ini bisa lebih lebar dengan memperbanyak jumlah lampu reflektornya (dalam hal ini mini-LED). mini-LED berjumlah 10 ribu itu dikelompokan ke dalam 2500 zona peredupan lokal.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram