carisinyal web banner retina

Inilah 10 HP yang Setara dengan iPhone 13 dan 13 Mini

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Apple memperbarui katalog smartphone-nya dengan meluncurkan empat HP iPhone 13 Series. Seluruhnya masuk ke Indonesia per November 2021, termasuk iPhone 13 dan iPhone 13 mini. Kedua ponsel tersebut mempunyai spesifikasi dasar yang mirip. Yang membedakannya hanya ukuran layar dan kapasitas baterai.

Ponsel base model dari iPhone 13 Series ini memang tidak mengalami perubahan signifikan ketimbang pendahulunya. Khususnya jika Anda mencari penyegaran desain. Namun, fokus Apple memang bukan itu, melainkan peningkatan kemampuan secara keseluruhan. Mulai dari kamera, performa, hingga daya tahan baterai.

Untuk kamera, kedua HP dipasangi sensor kamera yang lebih besar ketimbang iPhone 12 dan iPhone 12 mini. Hal ini membuat susunan kamera belakang iPhone 13 dan iPhone 13 mini jadi diagonal, tidak lagi sejajar. Sementara itu, performa kedua HP mengalami peningkatan berkat SoC baru Apple A15 Bionic.

Di sisi lain, bisa jadi Anda ingin meminang salah satu dari dua iPhone ini. Namun, Anda mengurungkan niat karena perubahannya tidak terlalu signifikan dibanding pendahulunya. Anda pun mencari alternatif dengan rentang harga yang tidak jauh berbeda.

Nah, melalui artikel ini, kami akan membantu Anda mencari alternatif HP yang setara dengan iPhone 13 dan iPhone 13 mini. Daftar HP dalam artikel ini dipilih berdasarkan level harga dan kemampuan yang bersaing. Sebagai catatan, urutan dalam daftar ini tidak menunjukkan peringkat.

1. vivo X60 Pro

vivo x60 pro
Layar AMOLED 6.56 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 13 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 4200 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Inovasi vivo untuk sektor fotografi ponsel mendapatkan apresiasi tinggi. Inovasi itu adalah OIS berbasis gimbal yang disisipkan ke kamera vivo X50 Pro. Teknologi penstabil untuk mencegah guncangan ini kemudian diteruskan oleh vivo X60 Pro.

Namun, bukan cuma itu yang membikin jepretan gambar dan rekaman video HP ini bagus. Sebab vivo juga menjalin kerja sama dengan Zeiss dalam merancang sistem optik (software pemrosesan gambar). Tak seperti pendahulunya yang memakai SoC Snapdragon 700 Series, vivo X60 Pro sudah mendukung SoC kelas atas.

SoC tersebut adalah Snapdragon 870. Berkat SoC ini performa vivo X60 Pro sangat bisa diandalkan untuk berbagai keperluan. Faktor performa dan kamera membuat X60 Pro mampu bersaing dengan iPhone 13 dan iPhone 13 mini, selain daya tahan baterainya yang oke.

Satu hal menarik lagi yang dimiliki HP ini adalah refresh rate 120 Hz pada layar AMOLED-nya. Dukungan refresh rate tinggi bikin pengalaman menggulir layar jadi mulus. Animasi yang ditampilkan saat main gim pun demikian. layar dengan refresh rate tinggi dimiliki iPhone 13 maupun iPhone 13 mini.

2. Samsung Galaxy S21 FE 5G

Samsung Galaxy S21 FE 5G
Layar Dynamic AMOLED 2X 6.4 inci
Chipset Exynos 2100
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 12 MP (wide) 8 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Samsung Galaxy S21 FE 5G merupakan model spesial dari Galaxy S21 Series. Artinya, Galaxy S21 FE 5G adalah model yang diklaim seuai keinginan fan dan punya harga paling terjangkau. Sebagian orang ada yang lebih memfavoritkan HP FE series ketimbang seri regulernya. Alasannya tak lain karena harganya yang selalu lebih murah.

Lagipula HP ini juga memakai SoC yang sama dengan S21 Series lainnya. Hanya saja, beberapa fitur di ponsel ini disesuaikan dengan harganya. Misalnya saja, resolusi maksimal kamera telefoto diturunkan jadi 8 MP dari yang semula 64 MP pada Galaxy S21 5G. Kamera telefoto tersebut mampu melakukan perbesaran optik hingga 3x.

Adapun ukuran layarnya yang 6,4 inci membuat Galaxy S21 FE 5G cukup kompak buat standar masa kini. Tidak terlalu berat dan tidak terlalu kecil. HP dengan sertifikasi IP68 ini pun layak menjadi pesaing iPhone 13 dan iPhone 13 mini untuk kategori HP dengan ukuran wajar.

3. ASUS Zenfone 8

asus zenfone 8
Layar Super AMOLED 5.9 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 16 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 64 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Sempat absen di Indonesia, ASUS Zenfone series akhirnya kembali. Kali ini datang dengan produk yang unik, yakni ASUS Zenfone 8 dengan dimensinya yang kompak. Ya, karena bentang layar HP ini hanya 5,9 inci, menggenggam bodinya dengan satu tangan tak akan sulit.

ASUS bersikeras menghadirkan HP berbodi kompak karena yakin bahwa masih ada banyak orang yang ingin HP berukuran wajar. Namun, ASUS tidak sekadar menciptakan Zenfone 8 dengan ciri khas tersebut. Sebab HP dengan SoC Snapdragon 888 ini masuk kategori flagship.

Sebagian penguji bilang bahwa Zenfone 8 adalah ROG Phone 5 dengan ukuran mungil. Benar saja, performa HP ini mirip dengan saudaranya itu. Malah kualitas jepretannya sedikit lebih bagus. Meski begitu, untuk dipakai main game secara intens, Anda memerlukan kipas pendingin tambahan guna menjaga temperatur si ponsel. Di Indonesia, HP ini dirilis dengan harga mulai Rp8 jutaan (8/128 GB).

4. Xiaomi Mi 11

Xiaomi Mi 11
Layar AMOLED 6.81 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 108 MP (wide) 13 MP (ultrawide) 5 MP (telephoto macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Xiaomi Mi 11 adalah smartphone pertama dengan SoC Snapdragon 888. Saat pertama kali melihat HP ini, impresi yang tercipta adalah cantik. Hal itu tidak salah mengingat bezel layar HP ini sangat tipis. Tepian layarnya juga melengkung. Desain HP ini makin terasa premium karena material kaca yang dipakai pada penutup belakangnya.

Kemampuan fotografi Mi 11 juga jempolan, meskipun belum punya kamera telefoto. Baik di kondisi siang hari dan malam hari, foto yang dihasilkan punya warna yang keren. Hal menarik selanjutnya dari Mi 11 adalah kenyamanan pakai saat digunakan untuk multimedia, seperti menonton film.

Layar AMOLED-nya amat mulus berkat dukungan refresh rate hingga 120 Hz. Layar ini bisa memancarkan tingkat kecerahan hingga 1500 nit, ketika menampilkan tayangan HDR10+. Selain itu, keluaran suara Mi 11 mantap berkat speaker stereonya yang disetel Harman Kardon.

5. Google Pixel 6

 Google Pixel 6
Layar AMOLED 6.4 inci
Chipset Google Tensor
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 4614 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Sebagian orang mungkin sedikit kecewa dengan Google Pixel 5. Bagaimana tidak? Desain ponsel tersebut tampak monoton, SoC yang dipakai juga biasa saja. Padahal harganya sudah masuk kategori flagship. Namun, Google memberi kejutan dengan Google Pixel 6 yang meluncur pada 2021.

Desain HP ini tampak mahal, terutama karena modul kameranya bak bingkai yang mengikat bodi belakang. Kemudian, SoC yang dipakai merupakan SoC bikinan sendiri, Google Tensor. SoC ini bersaing dengan Snapdragon 888, Dimensity 1200, dan Apple A15 Bionic. SoC ini diklaim mampu menghasilkan performa yang menawan, apalagi didukung dengan sistem operasi Android murni.

Bisa dibilang Pixel 6 adalah ponsel yang cukup lengkap dan bisa diandalkan untuk segala keperluan, termasuk kameranya. Meskipun begitu, ketersediaan HP ini sangat terbatas dan tidak dijual resmi di Indonesia. Varian termurah HP ini dibanderol mulai dari harga Rp8,6 jutaan (599 dolar AS, 8/128 GB).

6. OPPO Reno6 Pro 5G

OPPO Reno6 Pro 5G
Layar AMOLED 6.55 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 870
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 13 MP (telephoto) 16 MP (ultrawide) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Status OPPO Reno Series memang ada di bawah OPPO Find X Series. Namun, OPPO Reno6 Pro 5G adalah pengecualian. Sebab HP ini masuk kategori flagship mengingat harga rilisnya yang menyentuh Rp11 juta. Seluruh sektor yang dipunyai HP ini oke.

Baik desain, layar, performa, kamera, dan ketahanan baterai. GSM Arena menyebut bahwa desain HP ini apik dan kokoh. Selanjutnya, kamera HP disebut mampu menghasilkan foto dan video yang bagus di berbagai kondisi.

Soal performanya, SoC Snapdragon 870 bikin HP ini mampu dipacu pada kemampuan tertinggi, nyaris tanpa throttling. Selain itu, baterainya cukup awet dengan endurance rating 108 jam. OPPO Reno6 Pro 5G pun bisa menjadi alternatif jika Anda ingin mengalihkan bidikan dari iPhone 13.

7. OnePlus 9 Pro

OnePlus 9 Pro
Layar LTPO Fluid2 AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 888
RAM 8 GB, 12 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB
Kamera 48 MP (wide) 8 MP (telephoto) 50 MP (ultrawide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4500 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Bukan cuma Google Pixel yang menawarkan stock Android yang bersih. Pengalaman yang serupa juga juga ditawarkan oleh OnePlus melalui OxygenOS-nya. Ya, antarmuka tersebut sangat mirip dengan stock Android, meskipun sudah ditambahi fitur-fitur yang esensial.

OxygenOS pun masih dipakai flagship terbaru OnePlus 9 Pro, kendati OnePlus kini melebur dengan OPPO. Yang spesial dari HP ini adalah layarnya yang memakai panel LTPO Fluid2 AMOLED. Konon, LTPO adalah panel terbaik dalam menangani refresh rate secara dinamis.

Imbasnya, tampilan bisa mulus sesuai dengan kebutuhan dan konsumsi daya dapat terjaga. Beberapa hal keren lain yang dipunyai OnePlus 9 Pro adalah keluaran suara yang sip dari speaker stereo-nya, serta kemampuan kamera yang cukup. HP ini tidak dijual secara resmi di Indonesia. Di India, varian paling murah HP ini dijual Rp12,5 juta (globalnya 64.999 rupee).

8. Huawei P40 Pro

Huawei P40 Pro
Layar OLED 6.58 inci
Chipset Kirin 990
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 12 MP (periscope telephoto) 40 MP (ultrawide) MP (ToF)
Baterai Li-Po 4200 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Huawei P40 Pro tak bisa dimungkiri merupakan perangkat yang tak muda. Ya, HP ini sudah meluncur sejak 2020. Namun demikian, kemampuan kameranya masih sangat bagus. Kamera iPhone 13 dan iPhone 13 mini bahkan masih di bawah HP ini.

Berdasarkan pengujian DxOMark, Huawei P40 Pro punya skor kamera 132, dua poin lebih banyak ketimbang duo iPhone tersebut. Maka dari itu, HP ini bisa dibilang cukup bersaing dengan iPhone 13 dan iPhone 13 mini, khususnya soal kamera.

Di luar itu, performa, layar, dan ketahanan baterai P40 Pro masih bagus. Oleh sebab itu, HP ini masih layak untuk dipinang. Lebih-lebih jika Anda masih menemukan stok barunya di toko-toko online. Namun, yang mesti dicatat, Anda harus sedikit berupaya lebih untuk bisa memasang aplikasi tertentu, mengingat HP ini tidak mendukung Google Play Store.

9. OPPO Find X2 Pro

OPPO Find X2 Pro
Layar AMOLED 6.7 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 865
RAM 12 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 48 MP (wide) 13 MP (telephoto) 48 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4260 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

OPPO Find X2 Pro adalah "barang lawas" selanjutnya yang punya kualitas setara iPhone 13 dan iPhone 13 mini. Meskipun lawas, Find X2 Pro punya banyak keunggulan layaknya duo iPhone tersebut. Misalnya soal kemampuan kamera.

DxOMark mengakui kualitasnya dengan memberi skor 126, hanya tertinggal empat poin dari iPhone 13 dan iPhone 13 mini. Find X2 Pro juga punya sertifikasi IP68, performa gesit, dan baterai mumpuni.

Hanya saja, HP ini sedikit lebih menarik karena desain penutup belakangnya yang memakai material kulit sintetis. Kemudian, Find X2 Pro mendukung pemindai sidik jari di bawah permukaan layar (optik). Harga Find X2 Pro di pasaran berkisar Rp13 jutaan.

10. iPhone 12 Pro

iPhone 12 Pro
Layar Super Retina XDR OLED 6.1 inci
Chipset Apple A14 Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide) MP (ToF Lidar)
Baterai Li-Ion 2815 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Sudah menjadi hal yang lumrah ketika produk baru muncul, generasi sebelumnya akan turun harga. Demikian juga dengan iPhone 12 Pro. Harga HP ini jelas turun saat iPhone 13 series meluncur. Penurunan harga bahkan membuat level harganya setara dengan iPhone 13.

Selain itu, kemampuan iPhone 12 Pro masih 11-12 dengan iPhone 13. Misalnya, untuk kamera, DxOMark memberi nilai HP ini 128 poin, selisih 2 angka dari iPhone 13 dan iPhone 13 mini (130). Yang menarik, iPhone 12 Pro menawarkan kamera telefoto dengan perbesaran optik hingga 2x.

Fitur tersebut belum dimiliki iPhone 13 dan iPhone 13 mini. Adapun SoC Apple A14 Bionic milik iPhone 12 Pro juga sama gegasnya dengan A15 kepunyaan duo iPhone 13 tersebut. Jadi, apakah Anda lebih tertarik meminang iPhone 12 Pro?

Demikian ulasan mengenai 10 HP yang setara dengan iPhone 13 dan iPhone 13 mini. HP-HP yang ada dalam daftar ini memang tidak bisa dibilang setara secara apple-to-apple. Alasannya karena perangkat iOS tidak bisa dibandingkan dengan Android secara mentah.

Namun demikian, setara yang kami maksud adalah punya harga dan kemampuan di level yang sama. Setelah membaca deretan HP dalam daftar ini, apakah Anda sudah menentukan ponsel mana yang paling setara dengan iPhone 13 dan iPhone 13 mini?

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram