Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13 Pro di sini!

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Sejak iPhone 11 Series meluncur pada 2019, Apple selalu melengkapi lini ponselnya dengan model Pro dan Pro Max. Pada awalnya, Pro dan Pro Max tidak memiliki perbedaan berarti, kecuali soal dimensi layar, bobot, dan ukuran baterainya. Namun, konsep tersebut berubah ketika Apple memperkenalkan iPhone 12 Series pada 2020.

Pasalnya, model Pro dan Pro Max generasi tersebut tidak hanya memiliki diferensiasi dalam hal dimensi layar, bobot, dan ukuran baterai. Namun, model yang lebih kecil (iPhone 12 Pro) juga sedikit "disunat" kemampuan kameranya.

Nah, pada iPhone 13 Series, Apple mengembalikan konsep awal dari model Pro dan Pro Max. Hal itu berarti iPhone 13 Pro punya kamera yang sama kerennya dengan iPhone 13 Pro Max. Yang tentu membuatnya juga memiliki status sebagai flagship paripurna dari Apple.

Siasat Apple untuk mengembalikan model Pro ke konsep awal tentu bakal disambut dengan suka cita. Khususnya oleh orang-orang yang mendamba spesifikasi paling keren dari sebuah ponsel iPhone, dengan bentuk yang kompak alias ramah genggaman tangan.

Bukan bentuk desain saja, tentu saja kamera tetap jadi nilai jual. Bahkan, kamera hanyalah satu dari sekian hal menarik yang dibawa oleh iPhone 13 Pro. Masih ada banyak kelebihan yang dimiliki si ponsel. Carisinyal pun akan membahasnya secara terperinci apa saja kelebihan yang dipunyai iPhone 13 Pro dalam artikel ini.

Selain itu, artikel ini juga akan memaparkan hal-hal ekstra yang perlu Anda jadikan catatan. Mungkin saja catatan-catatan itu merupakan sebuah kekurangan yang dapat memengaruhi penilaian Anda terhadap si ponsel. Baiklah, mari kita awali pembahasan ini dengan menyimak spesifikasi ringkas iPhone 13 Pro sebagai berikut.

Spesifikasi iPhone 13 Pro

iPhone 13 Pro
Layar Super Retina XDR OLED 6.1 inci
Chipset Apple A15 Bionic
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 12 MP (wide) 12 MP (telephoto) 12 MP (ultrawide)
Baterai Li-Ion 3095 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Tokopedia

Kelebihan

Pro sudah jadi istilah yang jamak digunakan oleh banyak produsen. HP dengan embel-embel Pro biasanya memang lebih sip. Namun, mari kita lihat seperti apa Pro versi Apple pada iPhone 13 Pro. Apakah benar HP ini memang sip? Poin-poin kelebihan di bawah ini akan menjawabnya.

1. Desain

Phone 13 Pro

Anda tidak akan mendapati hal yang baru dari desain iPhone 13 Pro. Memang benar desain yang dipunyai si ponsel sama persis dengan iPhone 12 Pro. Hanya ada dua hal yang membedakan kedua ponsel.

Dua hal itu adalah poni dan tonjolan kamera. Untuk poni, Apple bilang bahwa iPhone 13 Pro punya poni 20% lebih kecil dibanding pendahulunya. Memperkecil ukuran poni adalah langkah Apple agar tampilan layar si ponsel makin memuaskan.

Sementara itu, tonjolan kamera belakang HP ini kian tebal ketimbang iPhone 12 Pro. Alasannya tak lain karena sensor kamera yang dipakai memakan tempat lebih besar. Di sisi lain, lupakan saja sesuatu yang tidak diubah Apple karena bukan kebaruan yang Anda cari dari desain iPhone 13 Pro.

Nah, jika yang Anda cari adalah indah dipandang dan nyaman digenggam, ponsel ini adalah salah satu yang terbaik. Kesan premium benar-benar terpancar berkat rangka datar berbahan stainless steel. Rangka ini berkilau karena polesannya adalah glossy. Kemudian, bingkai yang mengelilingi layar ponsel ini juga tipis.

Material kaca dengan komposisi keramik (Ceramic Shield) bikinan Corning melapisi bagian depan iPhone 13 Pro. Sementara itu, penutup belakangnya memakai kaca Gorilla Glass (matte) yang juga dibikin oleh Corning. Di tengah-tengah penutup belakang itu, ada logo iPhone yang berkilauan.

Soal kenyamanan genggam, ukuran dari HP ini adalah alasannya. Ya, karena hanya punya bentang layar 6,1 inci, dimensi iPhone 13 Pro sebatas 146.7 x 71.5 x 7.7 mm. Enak digenggam dan enak pula dimasukkan kantong celana. Bentuk yang ringkas juga membuat tangan Anda dapat menjangkau seluruh sisi layar HP ini.

Beberapa hal keren pada generasi sebelumnya turut diturunkan pada iPhone 13. Mulai dari lapisan antiminyak (oleofobik) pada bagian depan, sertifikasi ketahanan debu dan air IP68, dan kaca safir untuk memproteksi lensa kamera. Adanya sertifikasi IP68 membuat HP ini bisa menyelam hingga kedalaman 6 m selama 30 menit.

Adapun sisi rangka ponsel ini masih dihuni tombol dan port yang sama. Di kanan ada tombol power. Sebelah kiri jadi tempat bernaung tombol mute, pengatur volume, dan slot nanoSIM. Sementara itu, di bawah ada mikrofon, speaker, dan colokan lightning.

Di tepi bingkai atas ada kamera, beberapa sensor, dan speaker kedua merangkap earpiece. iPhone 13 Pro tersedia dalam empat varian warna Graphite, Silver, Sierra Blue, dan Gold. Sierra Blue adalah varian warna yang patut dipilih menurut James Peckham, penguji Tech Radar, jika Anda ingin jadi pusat perhatian.

2. Tampilan

iPhone 13 Pro

Akhirnya Apple memberi dukungan refresh rate tinggi pada sektor tampilan ponselnya. Tidak tanggung-tanggung, refresh rate atau laju penyegaran yang diberikan untuk layar iPhone 13 Pro adalah 120 Hz. Alhasil, pengalaman menggulir layar HP ini makin mulus.

Namun, tampilan mulus dengan refresh rate tinggi bukannya tanpa efek samping. Makin banyak gambar yang ditampilkan tiap detik, makin banyak pula daya yang dibutuhkan. Ponsel pun jadi boros.

Masalah ini ditanggulangi oleh Apple dengan fitur ProMotion atau refresh rate adaptif dalam bahasa sederhananya. Fitur ini bekerja secara otomatis untuk menurunkan setelan refresh rate sesuai dengan aktivitas yang dilakukan oleh si pemilik ponsel.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram