carisinyal web banner retina

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno6 Pro 5G

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 13 Oktober 2021

OPPO adalah sebuah brand ternama dengan sejumlah smartphone berkualitas sebagai portofolio produknya. Di antara semua ponsel yang jadi incaran konsumen, ada OPPO Reno Series yang kehadirannya selalu ditunggu-tunggu.

Bagaimana tidak, rata-rata HP yang berada di bawah naungan Reno memiliki desain yang stylish, ramping, dan nyaman digunakan. Belum lagi, ada tambahan fitur-fitur kamera unik yang membuatnya asyik untuk membuat konten-konten kreatif.

Nah, pada kuartal II tahun 2021, OPPO merilis Reno6 Pro 5G di Indonesia. Namun perlu diketahui, versi yang datang ke Tanah Air ini berbeda dengan OPPO Reno6 Pro 5G di Tiongkok.

Pasalnya, OPPO Reno6 Pro 5G di Tiongkok menggunakan chipset Dimenstiy 1200 5G, sedangkan Reno6 Pro di Indonesia memiliki spek sama persis dengan Reno6 Pro+ versi luar negeri, menggunakan Snapdragon 870 5G dengan konfigurasi kamera yang lebih baik.

Dibanding OPPO Reno6 5G biasa, versi Pro ini punya chipset yang lebih bagus, dengan tampilan yang lebih memukau serta jumlah kamera lebih banyak. Mau tahu apa saja yang jadi kelebihan dan kekurangan dari OPPO Reno6 Pro 5G ini? Simak spesifikasi dan poin-poin kelebihan serta kekurangan berikut!

Spesifikasi OPPO Reno6 Pro 5G

OPPO Reno6 Pro+ 5G
  • Rilis: Juni, 2021
  • Layar: AMOLED, 6,5 inci, Full HD+
  • Chipset: Snapdragon 870 5G (7 nm)
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 12 GB
  • Memori Internal: 256 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 50 MP + 13 MP + 16 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Li-Po 4500 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan OPPO Reno6 Pro 5G

Berikut adalah beberapa kelebihan OPPO Reno6 Pro 5G yang berhasil kami rangkum.

1. Desain Bodi yang Slim dan Menyegarkan

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno6 Pro 5G 2

OPPO Reno6 Pro 5G adalah ponsel yang diperuntukkan bagi Anda yang mencintai keindahan. Cover belakangnya dibalut dengan desain yang begitu memukau dan ramping. Ini karena OPPO membawakan teknologi desain OPPO Reno Glow pada ponsel tersebut.

OPPO Reno Glow adalah teknik desain yang sudah menjadi ikon pada OPPO Reno Series, dimulai sejak dirilisnya OPPO Reno5 Series. Berlanjut pada OPPO Reno6 Pro 5G, OPPO Reno Glow ini membuat bodi belakangnya mengkilau bagaikan berlian namun tanpa membuatnya jadi sarang minyak ataupun bekas sidik jari.

Ada dua opsi warna yang kemilau pada OPPO Reno6 Pro 5G kali ini, yaitu Aurora dan Stellar Black. Teknik desain OPPO Reno Glow membuat Aurora dapat menampilkan warna-warna yang selalu berubah berkat kandungan 5 lapisan spektrum berlian.

Warna Aurora ini juga diklaim menampilkan kombinasi sebanyak 1 juta warna, merupakan sebuah peningkatan dari OPPO Reno5 series yang hanya tampilkan 10.000 warna. Pun dengan warna Stellar Black, warna hitamnya ini sungguh dibuat memesona dan turut memanfaatkan teknologi OPPO Reno Glow untuk tampilkan efek visual yang indah.

Desain warna yang berubah-rubah saat dilihat dari sudut yang berbeda ini bukan satu-satunya yang membuat OPPO Reno6 Pro 5G terasa istimewa. Untuk diketahui, perangkat ini juga hadirkan tingkat ketebalan yang begitu slim demi sisi estetika yang baik serta kemudahan dalam portabilitas.

OPPO Reno6 Pro 5G memiliki panjang, lebar, dan ketebalan sebesar 160.8 x 72.5 x 8 mm. Selain itu, OPPO Reno6 Pro 5G Indonesia juga hanya punya bobot seringan 188 gram. Ini adalah ketebalan dan bobot bodi yang ideal untuk kenyamanan pengguna, sangat tipis dan indah sekaligus tawarkan banyak kelebihan di sektor lain.

2. Layar AMOLED yang Cerah + Refresh Rate 90 Hz

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno6 Pro 5G 4

Pada masa HP ini dirilis, rasanya tidak afdol kalau HP di segmen harga flagship masih menggunakan IPS LCD sebagai panel layarnya. OPPO Reno6 Pro 5G adalah sekian dari para pesaingnya yang turut hadirkan panel Super AMOLED pada ukuran 6,55 inci.

Layar dari perangkat ini juga hadirkan resolusi tajam Full HD 1080 x 2400 piksel, serta sudah dilapisi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5 yang diklaim mampu bertahan saat terjatuh dari ketinggian hingga 1,2 meter.

OPPO Reno6 Pro 5G juga dikemas dengan desain layar curved sehingga membuat bezelnya tipis. Desain layar yang dinamakan 3D Borderless Sense Screen ini juga disandingkan dengan opsi refresh rate tinggi 90 Hz yang membuat pergeseran layar jadi 50% lebih mulus.

Sementara itu, layar pada ponsel ini juga memiliki fitur Smart Brightness Control, yakni sebuah teknologi yang menggunakan sensor 360 derajat yang bisa menyesuaikan brightness secara akurat berdasarkan tingkat pencahayaan di sekitarnya.

Sebagai ponsel yang hadirkan layar OLED, OPPO Reno6 Pro 5G mampu hadirkan keterbacaan yang layak saat digunakan di bawah terik matahari. Pasalnya, layar memiliki tingkatan brightness tipikal 500 nit dan mampu hadirkan brightness hingga 800 nit saat menikmati konten HDR. Sementara itu, OPPO Reno6 Pro 5G juga memiliki peak brightness mencapai 1100 nit.

Hadirnya sertifikasi HDR10+ membuat layar sangat ideal untuk menikmati konten-konten visual di YouTube ataupun layanan streaming seperti Netflix. Apalagi, layarnya sudah mengantongi sertifikasi Widevine L1 untuk menonton konten HD pada Netflix dan Amazon Prime VIdeo.

OPPO Reno6 Pro 5G juga menyediakan dua mode layar yang menampilkan warna berbeda. Yang pertama adalah Mode Vivid yang gunakan gamut 97% NTSC atau 100% DCI-P3. Kemudian, Anda juga bisa memilih Mode Gentle 71% NTSC atau 100% sRGB.

Kualitas layar pada perangkat ini jelas menjadi salah satu yang terbaik, memiliki tingkat kecerahan maksimal yang begitu tinggi, dua opsi mode warna yang bisa dipilih sesuai selera, serta hadirnya pengaturan brightness secara otomatis. Meskipun begitu, kami pun agak menyayangkan tidak adanya opsi 120 Hz seperti HP 10 jutaan lainnya.

3. Baterai 4.500 mAh yang Awet + Fast Charging 65W

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno6 Pro 5G 6

Sebagai masyarakat dengan banyak kesibukan, sudah jadi hal yang natural untuk menginginkan baterai awet dan tahan lama pada sebuah smartphone. OPPO Reno6 Pro 5G sendiri hadir dengan kapasitas baterai 4.500 mAh. Untuk dicatat, ini bukanlah kapasitas terbesar yang bisa ditemukan pada ponsel harga menengah ataupun flagship.

Namun mengingat ponsel ini hadir dengan panel layar OLED yang hemat daya, secara teori sih harusnya baterai 4.500 mAh sudah lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari. Lalu, apakah pada prakteknya baterai 4.500 mAh ini cukup awet?

Well, perusahaan OPPO sendiri mengklaim kalau daya yang dihasilkan dari mengecas selama 5 menit, mampu untuk mentenagai ponsel selama 4 jam untuk aktivitas menonton video playback.

Sebuah pengujian baterai dilakukan oleh igeekphone.com, disebutkan bahwa OPPO Reno6 Pro 5G (disebut sebagai Reno6 Pro Plus 5G di Tiongkok), memiliki ketahanan baterai yang terbilang sangat baik.

Saat memainkan game bernama Peace Elite, baterainya berkurang dari 100% menjadi 89%. Sementara itu, memainkan game bernama Yuan Shen selama 30 menit memakan baterai sebanyak 13%.

Kini berlanjut ke sektor pengisian daya. OPPO Reno6 Pro 5G mengantongi teknologi fast charging 65 W (SuperVOOC 2.0) melalui port USB Type-C. Menurut OPPO sendiri, pengecasan 65 W ini dipercaya dapat mengisikan baterai hingga 100% dari nol dalam waktu 31 menit. Apakah benar demikian?`

Melihat dari video pengujian yang diunggah Frankie Tech, baterai dapat terisi hingga 55% dalam waktu 15 menit saja. Barulah saat dilanjutkan mengisi daya hingga 30 menit, baterai terisi hingga 95%. Adapun kecepatan fast charging OPPO Reno6 Pro 5G dari 0% hingga 100% hanya memakan waktu sebanyak 36 menit 15 detik saja.

Selain dari ketahanan baterai yang awet dan fast charging yang cukup memadai, perangkat juga dihadirkan dengan fitur-fitur penghematan daya yakni Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby.

Pada Super Power Saving Mode, perangkat hanya menyediakan 6 aplikasi yang bisa Anda tentukan sebelumnya, mampu menjaga durasi baterai hingga berjam-jam bahkan saat sisa baterai tinggal 5%. Sementara itu, fitur Super Nighttime Standby akan menjaga baterai agar hanya berkurang 2% saat masa tidur 8 jam di malam hari.

4. Performa Chipset Snapdragon 870 yang Gahar

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno6 Pro 5G 8

OPPO Reno6 Pro 5G hadir dengan fitur-fitur unik pada kamera, yang membuat konsumen berpikir HP ini hanya difokuskan pada sisi fotografi. Yang perlu diketahui orang banyak adalah performa ponsel ini juga cocok untuk bermain game secara intens berkat dapur pacunya yang sungguh mendukung.

Snapdragon 870 ini juga merupakan chipset yang hadir pada ponsel gaming Black Shark 4, sehingga jika Anda ingin merasakan performa gaming kelas premium, OPPO Reno6 Pro 5G tentu bisa jadi opsi yang ideal.

SoC ini menggunakan konfigurasi satu inti prima Kryo 585 Prime (berbasiskan Cortex A77) berkekuatan 3.2 GHz, tiga inti high performance Kryo 585 Gold (berbasiskan Cortex A77) berfrekuensi 2.42 GHz, serta satu inti hemat daya Kryo 585 Silver (berbasiskan Cortex A55) pada frekuensi 1.8 GHz.

Sementara di bagian kartu pengolah grafisnya, terdapat Adreno 650 yang dibangun pada arsitektur Adreno 600, beroperasi pada clock speed 675 MHz. Untuk performa GPU sendiri, OPPO menyebutkan adanya peningkatan 10% ketimbang generasi sebelumnya.

Berdasarkan laman resmi OPPO Reno6 Pro 5G di situs OPPO Indonesia, RAM yang dihadirkan pada perangkat ini adalah 12 GB, berada pada tipe standar LPDDR4x berfrekuensi 2133 MHz. 4 x 16 bit. Sedangkan untuk memori internalnya, Reno6 Pro 5G membawakan kapasitas 256 GB pada standar UFS 3.1.

OPPO juga menyediakan fitur eksklusif Expansi RAM 7 GB yang akan semakin meningkatkan kinerja dalam membuka banyak aplikasi dalam sekali waktu, ataupun saat memainkan game berat.

5. Pita Jaringan 5G yang Lengkap

5G

Untuk bisa bersaing dengan negara-negara lain, Indonesia pun kini sudah hadirkan teknologi jaringan 5G. Namun hingga OPPO Reno6 Pro 5G dirilis ke pasaran, Indonesia hanya menyediakan satu pita jaringan saja, yakni n40.

Untung saja, OPPO Reno5 Pro 5G memiliki dukungan terhadap banyak pita jaringan. Tidak tanggung-tanggung, ada setidaknya 11 pita jaringan yang didukungnya, mencakup n1, n3, n5, n7, n8, n28, n38, n40, n41, n77, dan n78.

Di sisi lain, sayangnya perangkat hanya sediakan jaringan 5G pada slot SIM pertama, sedangkan slot SIM kedua hanya mendukung jaringan up to 4G. Tidak hanya itu saja, OPPO Reno5 Pro 5G juga turut tawarkan konektivitas lain seperti NFC dan Bluetooth 5.2 yang mendukung Low Energy dan aptX HD.

Anda juga bisa rasakan koneksi jaringan WiFi yang lebih kencang dengan menghubungkan perangkat ini dengan router WiFi 6. Sekadar informasi, WiFi 6 punya kecepatan 250% lebih baik dibandingkan WiFi 5.

6. Quad Camera 50 MP + Bokeh Flare Portrait Video

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno6 Pro 5G 11

OPPO Reno6 Pro 5G boleh jadi hadirkan kinerja yang unggul pada sektor layar dan gaming. Tapi, sajian utama dari ponsel ini sebenarnya terletak pada sektor fotografi.

Di bagian belakangnya, tersemat kombinasi Quad Camera yang cukup unggul di kelas harga flagship. Dan tentunya, mengikuti ciri khas seri OPPO Reno, kamera perangkat ini juga hadirkan fitur-fitur unik untuk hasilkan konten visual yang indah.

Kameranya terdiri dari sensor Sony IMX 766 sebagai lensa utama berkekuatan 50 MP + OIS, disusul dengan tiga lensa pendampingnya, yakni sensor Sony IMX481 berkekuatan 16 MP (ultrawide, FOV 123 derajat), sensor Samsung S5K3M5 berkekuatan 13 MP sebagai lensa telefoto, dan terakhir adalah sensor makro 2 MP.

Lalu untuk kamera selfienya, OPPO Reno6 Pro 5G mengemas sensor Sony IMX615 beresolusikan 32 MP pada ukuran piksel 0.80 µm, bukaan f/2.4 dan ukuran sensor 1/2.8 inci. Kamera depan ini disimpan pada pojok kiri atas pada desain Punch Hole.

Dengan konfigurasi kamera yang dirancang begitu apik, pengguna bisa rasakan pengalaman fotografi yang menyenangkan. Berikut adalah beberapa sampel foto yang kami kumpulkan dari beberapa sumber.

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno6 Pro 5G 13
Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno6 Pro 5G 15
Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno6 Pro 5G 17
Makro

Bahkan di saat kondisi malam hari, kamera OPPO Reno6 Pro 5G sungguh tunjukkan taringnya dengan menghasilkan detil dan exposure yang baik pada setiap sisi. Lensa ultrawide-nya juga cukup baik dalam melakukan tugasnya.

Tanpa harus melangkah mundur untuk dapat angle lebih luas, sensor ultrawide tersebut mampu memuat lebih banyak area dalam satu frame tanpa membuatnya terlihat distorsi.

Dan meski produsen smartphone seringkali hanya suguhkan sensor makro untuk menambah-nambah jumlah kamera, lensa makro 2 MP pada OPPO Reno6 Pro 5G berhasil menghasilkan detil dan warna yang bagus pada gambar tanaman di atas.

Adapun fitur-fitur menarik yang terdapat pada OPPO Reno6 Pro 5G, antara lain AI Hightlight yang dapat mengautomasikan peningkatan pada foto dan video dengan cara mengaktifkan HDR pada siang hari ataupun menggunakan algoritma AI untuk memaksimalkan pencahayaan pada malam hari.

Selain itu, pengguna juga dapat hasilkan konten visual yang menonjol dengan fitur AI Color Portrait dan AI Monocrome yang dapat membuat subjek foto tetap berwarna sementara latar belakangnya dibuat hitam putih, sebuah fitur yang juga tersedia pada generasi sebelumnya.

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno6 Pro 5G 19
OPPO Reno6 Pro 5G: Bokeh Flare Portrait Video

OPPO Reno6 Pro 5G juga memperkenalkan fitur kamera terbarunya yakni Bokeh Flare Portrait. Fitur ini bekerja dengan memanfaatkan kekuatan algoritma AI (Artificial Intelligence) untuk memproses ribuan komputasi per detik.

Ini adalah fitur perekaman video yang akan "menyulap" sumber cahaya pada latar belakang video menjadi hilang fokus, menciptakan efek bokeh yang indah. OPPO Reno6 Pro 5G adalah HP yang ideal jika Anda mencari smartphone yang tidak sekadar andalkan sisi hardware pada kamera, melainkan juga fitur software yang inovatif.

Kekurangan OPPO Reno6 Pro 5G

Sementara itu, berikut adalah beberapa hal yang bisa dianggap sebagai kekurangan yang dimiliki oleh OPPO Reno6 Pro 5G.

1. Tanpa Dual Stereo Speaker

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno6 Pro 5G 21

Kualitas audio yang andal memang bukan salah satu kelebihan pada OPPO Reno6 Pro 5G. Perangkat ini hanya menawarkan satu speaker saja atau yang biasa disebut sebagai mono.

Hadirnya dual speaker akan membuat pengalaman menonton atau mendengarkan lagu jadi lebih exciting. Padahal, OPPO Reno6 Pro 5G hadir di kelas harga yang cukup tinggi, namun tetap kalah dengan beberapa ponsel entry level yang sudah tawarkan stereo speaker, salah satunya adalah Redmi Note 10 dari Xiaomi.

2. Tidak Hadirkan Wireless Charging

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno6 Pro 5G 23

Di saat ponsel 10 jutaan kebanyakan sudah hadirkan pengisian daya nirkabel, OPPO Reno6 Pro 5G justru tidak menyediakannya. Ia hanya didukung dengan fast charging berdayakan 65 W pada port pengisian daya USB Type C 2.0, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Penggunaan wireless charging memang menimbulkan pro dan kontra di kalangan konsumen. Ada yang tidak membutuhkannya karena wireless charging dinilai kurang praktis, pengguna tidak dapat menggunakan ponsel saat sedang dicas.

Ada juga yang menganggapnya penting, karena wireless charging lebih aman ketimbang pakai kabel. Penggunaan wireless charging bisa mengurangi wear and tear pada port USB sehingga membuatnya lebih awet. Penggunaan wireless charging juga memiliki kemungkinan korsleting yang lebih kecil.

3. Tanpa Dukungan Memori Eksternal

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno6 Pro 5G 25

Media penyimpanan adalah salah satu aspek terpenting pada sebuah smartphone. Kapasitas yang besar kian dibutuhkan seiring berkembangnya variasi dan jumlah aplikasi yang beredar di Google Play Store. Belum lagi, tidak jarang memori internal menjadi tempat penampungan file-file besar seperti foto, video, ataupun musik.

Itulah mengapa pentingnya slot microSD agar file bisa ditampung pada tempat yang terpisah dari memori internal. Dengan begini, sisa space pada memori internal bisa sepenuhnya dimanfaatkan untuk menginstal aplikasi. OPPO Reno6 Pro 5G sendiri dihadirkan dengan penyimpanan internal 256 GB.

Namun cukup disayangkan, tidak tersedia slot microSD sama sekali pada ponsel ini. Pengguna pun alhasil harus waspada saat hendak lakukan factory reset, siapa tahu ada file di memori internal yang belum di-backup. Seandainya file disimpan pada microSD, factory reset dapat dilakukan tanpa mengubah file apapun yang ada pada microSD.

4. Tanpa Sertifikasi IP

Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno6 Pro 5G 27

Sertifikasi IP kini tidak lagi hanya dihadirkan pada ponsel-ponsel flagship saja. Bahkan, kita sudah menyaksikan ponsel semurah Redmi Note 10 di harga 2 jutaan saja telah membawakan sertifikasi IP53.

IP yang merupakan singkatan dari Ingress Protection ini adalah sertifikasi yang dapat melindungi smartphone dari debu dan air. Keefektifan perlindungan ini ditandai pada dua angka setelah huruf IP. Seperti IP53 contohnya, angka 5 menunjukkan level ketahanan terhadap debu sedangkan angka 3 mengacu pada ketahanan terhadap air.

Sayangnya, OPPO Reno6 Pro 5G yang harganya sudah berada di rentang 10 jutaan sama sekali tidak mengantongi IP rating. Tanpa hadirnya perlindungan terhadap air dan debu, pengguna perlu lebih berhat-hati untuk tidak menumpahkan air pada ponsel.

Simpulan

Untuk diketahui, OPPO Reno6 Pro 5G yang datang ke pasar Indonesia merupakan OPPO Reno6 Pro+ 5G yang hadir di pasar Tiongkok. Sehingga, spesifikasinya berbeda dengan OPPO Reno6 Pro 5G versi Tiongkok (menggunakan Dimensity 1200 5G).

Kami pribadi menilai ponsel ini sebagai salah satu kontestan terkuat di segmen harga Rp10 jutaan. Ini sungguh terlihat dari kemampuan fast charging-nya yang sebesar 65 W, juga ragam fitur-fitur kamera seperti Bokeh Flare Portrait, AI Color Portrait, dan desain bodi OPPO Reno Glow dengan ketebalan ultra-thin untuk kenyamanan pengguna.

Performa chipset Snapdragon 870 miliknya juga merupakan salah satu yang terbaik di kelas harga flagship 10 jutaan. Meski begitu, sebenarnya masih ada ponsel lain dengan chipset yang sama seperti Black Shark 4 atau vivo X60, dibanderol dengan harga lebih murah. Adapun beberapa hal lain yang tidak dimiliki OPPO Reno6 Pro 5G, seperti slot memori eksternal, sertifikasi IP, juga stereo speaker.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram