carisinyal web banner retina

Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno6 Berikut Ini

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 13 Oktober 2021

OPPO Reno seri biasanya punya pembaruan setiap 6 bulan sekali. Contohnya OPPO Reno4 yang hadir pada Juli 2020. Selanjutnya pada Januari 2016, OPPO Indonesia mengumumkan kehadiran OPPO Reno5. Juli 2021, OPPO hadirkan OPPO Reno6.

Kedhadiran OPPO Reno6 ini menimbulkan banyak pertanyaan. Pasalnya, di Tiongkok, OPPO terlebih dahulu memperkenalkan OPPO Reno6 series dengan semua seri mendukung jaringan 5G. Sementara OPPO Reno6 ini adalah Reno6 yang mendukung jaringan 4G. Usut punya usut, Reno6 4G ini hanya dijual di region tertentu, yakni Kambodja dan Indonesia.

OPPO Indonesia berencana memasukan varian Reno6 lain ke Indonesia, termasuk yang mendukung jaringan 5G. Namun, pada kesempatan kali ini, yang bakal dibahas adalah OPPO Reno6. Seperti apa ponsel yang awal munculnya dihargai Rp5,1 juta? Mari simak ulasan kelebihan dan kekurangan OPPO Reno6 berikut ini. Namun, sebelumnya simak spesifikasi lengkapnya terlebih dahulu.

Spesifikasi OPPO Reno6

oppo reno6
  • Rilis: Juni, 2021
  • Layar: AMOLED, 6.43 inches
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 44 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4310 mAh

Kelebihan OPPO Reno6

Mari mulai menilik kelebihan dari OPPO Reno6. Apa saja kelebihan dari ponsel ini? Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

1. Layar AMOLED 90 Hz

oppo reno6

OPPO Reno6 datang dengan layar AMOLED, panel layar yang serupa dengan Reno5. Berkat layar AMOLED ini, tentu ponsel punya efisiensi daya yang lebih baik. Selain itu, OPPO Reno6 juga jadi punya kontras rasio yang lebih luas yang membuat tampilan layar ponsel ini bisa memberikan pengalaman yang baik bagi penggunanya.

Selain itu, OPPO Reno6 dapat memberikan pengalaman konten video yang lebih spektakuler dan menyenangkan. Layarnya sendiri juga sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 3 untuk pertahanan lebih baik, dan dihiasi dengan satu lensa depan berbentuk punch hole.

Dengan resolusi Full HD Plus (1080p) pada ukuran 6,43 inci, semua tampilan yang ada di dalam layar mampu diperlihatkan dengan sempurna, memiliki ketajaman yang baik untuk meningkatkan readability pada tulisan dan overall experience yang unggul.

Masih berbicara soal layar, ada satu fitur unik yang jarang dimiliki ponsel lainnya. Biasanya, HP hanya akan menawarkan salah satu antara panel AMOLED atau refresh rate yang tinggi. Dengan OPPO Reno6, Anda bisa merasakan keuntungan dari dua dunia.

Soalnya, ponsel ini sudah dibekali refresh rate 90 Hz yang mampu membuat tampilan layar 50% lebih smooth saat di-scroll ketimbang HP biasa. Mulusnya layar ini akan terasa jika Anda sedang browsing, melakukan navigasi untuk mencari aplikasi, dan juga saat menjelajahi feed Instagram. Sementara itu, touch sampling rate-nya juga meningkat menjadi 180 Hz supaya bisa melakukan respon lebih cepat saat disentuh jari.

David, dari kanal Youtube GadgetIn menyatakan kalau layar ponsel ini masih bagus untuk standar 2021. Walaupun pada dasarnya layar mirip dengan OPPO Reno5. Layarnya sendiri memberikan visual warna yang hidup dengan tingkat warna hitam yang total. Selain itu, visual layar ponsel ini juga punya ketajaman yang baik dan punya gerakan yang mulus saat digulir. Tentu hal tersebut dipengaruh panel AMOLED refresh rate 90 Hz.

2. Baterai Terhitung Awet

oppo reno6

OPPO Reno6 hadir dengan baterai berkapasitas 4.310 mAh. Baterai ini tergolong awet. Seperti yang ditunjukan kanal Youtube Jagat Review, saat tes baterai, OPPO Reno6 ini dapat mencapai 21 jam 15 menit untuk pemutaran video 1080p. Sementara kanal Youtube GadgetIn menyatakan kalau daya tahan ponsel ini tidak jauh berbeda dengan OPPO Reno5 yang cukup awet. Hal yang wajar mengingat semua hal yang ditawarkan serupa.

3. Fitur Pengisian Super Cepat

oppo reno6

OPPO Reno6 hadir dengan kemampuan fast charging yang dinamakan Flash Charge 50 W. Teknologi ini merupakan sebuah besaran daya yang besar untuk ukuran ponsel menengah, memangkas begitu banyak waktu untuk mengisi baterai dari nol hingga penuh.

Menggunakan baterai berkapasitas 4.310 mAh, OPPO Reno6 tergolong mampu untuk bertahan hingga seharian tanpa khawatir low batt. Pihak OPPO mengklaim kalau baterai Reno6 dapat mencapai 100% hanya kurang lebih 48 menit. Sementara hasil pengujian Jagat Review, pengisian sampai 100% mencapai 50 menit. Tidak jauh berbeda.

Yang menarik, ketika OPPO Reno6 terisi daya selama 5 menit, OPPO Reno6 bisa dipakai menonton video dengan durasi 3 jam. Selain itu, ada pula fitur penghemat baterai yang dinamakan Super Power Saving Mode. Fitur ini berguna di kala sisa baterai tinggal 5% lagi. Saat diaktifkan, baterai dengan sisa 5% bisa dipakai untuk melakukan chat WhatsApp selama 2 jam lebih.

4. Desain Bodi Ramping dengan Nuasan Baru

oppo reno6

Tampilan bodi dari OPPO selalu hadirkan hal menarik. Dari masa ke masa, produk OPPO Reno6 selalu menawarkan tampilan yang catchy dan menawan. Cocok untuk memenuhi tuntutan anak muda yang menjunjung tinggi sifat aesthetic.

OPPO Reno5 berhasil menawarkan desain menarik lewat Fantasy Silver dengan keperakan yang memancar serta Starry Black yang terinspirasi dari langit malam berbintang. Mode desain yang keren itu diteruskan di Reno6 dengan dua pembaruan.

Yang pertama, OPPO Reno6 hadir dengan dua warna yakni Aurora dan Stellar Black. Model Aurora hadir dalam memancarkan “jutaan warna”. Hal ini menimbulkan efek tampilan berbeda jika dilihat dalam sudut berbeda. Penamaan ini pun terinspirasi dari cahaya aurora borealis yang ada di Kutub Utara.

Satu lagi adalah Stellar Black. Varian warna ini hadirkan warna yang dapat berubah kebiruan dan berkilau jika terkena sinar matahari. Dua varian ini memberikan nuansa baru tersendiri bagi Reno6. Yang menarik jelas soal pancaran jutaan warna.

OPPO sendiri tidak sekadar mengkliam tampilan desainnya yang bisa memancarkan jutaan warna. Perlu diketahui, jika OPPO Reno5 hadir dengan 3 lapisan Diamond Spectrum. Kini, di OPPO Reno6, lapisan tersebut jadi bertambah sehingga total 5 lapisan Spectrum. Adanya lapisan spectrum ini memungkinkan OPPO Reno6 dapat seperti bunglon yang berubah-berubah bergantung dari sudut pandang.

Satu hal yang perlu diperhatikan, OPPO Reno6 hadir dengan bobot yang lebih berat yakni 173 gram. Sementara OPPO Reno5 hanya 171 gram. Perbedaan berat ini tidak akan terlalu mencolok mengingat dimensi keduanya juga serupa, yakni 159,1 x 73,3 x7,8 mm.

5. Berbagai Fitur Kamera Keren, Termasuk Bokeh Flare Portrait

oppo reno6

OPPO Reno6 hadir dengan konfigurasi kamera yang serupa dengan OPPO Reno5, termasuk fitur-fitur yang dimilikinya. Kamera depannya sama-sama menawarkan kamera 44 MP. Di bagian belakang, kombinasi kamera tetap sama. Kamera belakang, menawarkan empat kamera dengan konfigurasi 64 MP sebagai kamera utama, 8 MP kamera ultra-wide, dan kamera makro serta kamera mono dengan resolusi 2 MP.

Fitur yang dimilki Reno6 juga serupa dengan OPPO Reno5. Fitur seperti Air Control untuk melakukan scrolling layar tanpa disentuh jari, dan juga Smart Message Privacy agar bisa mencegah orang di samping Anda untuk mengintip notifikasi pesan.

Ada juga fitur Dual View Video yang memungkinkan Anda sebagai pengguna merekam dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Terlebih tidak perlu takut hasil rekaman video goyang karena ponsel ini dilengkapi EIS. Tidak ketinggalan, ada fitur AI Mixed Portrait yang dapat dua video sekaligus untuk menghasilkan sebuah karya seni video yang indah.

Yang paling menarik dari OPPO Reno6 adalah fitur Bokeh Flare Video Portrait. Fitur ini memungkinkan ponsel dapat merekam video video bokeh sinematik dengan dengan latar belakang yang dibuat blur. Sebuah fitur kaya yang tergolong menarik. Menurut kanal Youtube SobatHape, fitur ini memberikan efek bokeh video yang lebih presisi seperti halnya kamera mirrorless.

oppo reno6

Ada juga fitur AI Highlight Video. Fitur ini bekerja dengan cara menggabungkan mode malam dan Live HDR. Dengan fitur ini, pengguna ponsel dapat merekam video di malam hari. Sebuah fitur yang menarik dan sebenarnya sudah ada di Reno5.

6. Color OS dan Oswap

oppo reno6

Satu fitur menarik lainnya adalah fitur Oswap. Dengan fitur ini, OPPO Reno6 dapat memaksimalkan penggunaan storage UFS 2.1 128 GB. untuk dijadikan RAM tambahan. Dengan kata lain, RAM 8 GB di ponsel ini dapat ditambah dengan opsi tambahan RAM 2 GB, 3 GB, sampai 5 GB. Penambahan RAM ini akan membuat multitasking di ponsel ini menjadi lebih lancar.

Selain itu, OPPO Reno6 dilengkapi ColorOS yang punya segudang fitur menarik. Contohnya adalah fitur privasi yang bisa diatur dengan satu sentuhan sidik jari. Ada juga fitur tangkapan layar dengan terjemahan instan, ada fitur Hyperboost yang bekerja untuk menstabilkan framerate saat main gim, ada juga Shortcut Mode yang berguna untuk menjalankan gim secara instan.

7. NFC dan Menyuguhkan Jack Audio 3,5 mm

oppo reno6

Seiring perkembangan zaman, teknologi semakin mengarah ke ekosistem wireless. Hal inilah yang menyebabkan beberapa ponsel agar tidak lagi dibekali port audio 3,5 mm untuk earphone dan speaker eksternal. Tapi kalau Anda masih enggan pakai earphone Bluetooth, OPPO Reno6 masih menyediakan port audio 3,5mm, lho!

Rasanya hidup di kota besar seperti Jakarta akan terasa hampa tanpa kehadiran NFC pada HP. Selain memudahkan transaksi secara cashless, NFC juga bisa digunakan untuk membuka kunci pintu apartemen atau kantor.

Jika Anda mengingat soal OPPO Reno4 yang tidak pakai NFC, itu tentu jadi sebuah kekurangan karena harganya yang sudah di segmen mid range. Itu mengapa OPPO pun akhirnya menyematkan fitur NFC pada OPPO Reno5 yang kemudian tetap dipertahankan di Reno6. Akhirnya, tidak perlu lagi isi saldo eToll secara manual.

Kekurangan OPPO Reno6

Seperti halnya OPPO Reno5, OPPO Reno6 ini bukan berarti lahir tanpa cela. Berikut beberapa kekurangan dari OPPO Reno6.

1. Tanpa Stereo Speaker

oppo reno6

Di kelas harganya yang menengah semestinya OPPO Reno6 sudah menghadirkan dual stereo speaker. Apa daya, yang tersedia hanyalah satu speaker saja. Satu hal yang tetap dipertahankan dari Reno5.

Tapi jangan khawatir, harga tetap tidak bohong karena kualitas speaker pada smartphone ini juga cukup menggelegar di kelasnya, menggunakan dukungan dari audio Dolby Atmos. Masih oke untuk kebutuhan hiburan sehari-hari seperti menonton Netflix HD (ya, sudah tersertifikasi Widevine L1) atau bermain mobile game.

2. Penggunaan Chipset yang Sama

Snapdragon-720G

Wajar jika kita mengharapkan ada peningkatan chipset untuk generasi baru seperti OPPO Reno6 ini. Tapi nampaknya Anda harus siap-siap kecewa, karena ia masih menggunakan Snapdragon 720G dengan fabrikasi 8 nm, sama persis seperti OPPO Reno4 dan Reno5. Ya, tidak ada peningkatan selama tiga generasi. Mungkin karena harganya yang memang sama dengan Reno4 saat rilis.

Dibandingkan dengan pesaingnya seperti vivo X50 yang pakai Snapdragon 730 dan Samsung Galaxy M51 dengan Snapdragon 730G, ponsel OPPO ini memang jadi terlihat tidak terlalu powerful. Namun, harus diakui, penggunaan Snapdragon 720G sebenarnya masih oke untuk gim-gim populer zaman sekarang.

3. Pembaruan yang Kurang Maksimal

oppo reno6

OPPO Reno6 bisa dikatakan sebagai pembaruan yang kurang maksimal. Saat OPPO Reno5 rilis, pembaruannya masih cukup banyak dibandingkan OPPO Reno4. walaupun chipset yang dipakai serupa. OPPO Reno6 ini ibarat OPPO Reno5 yang ganti kemasan dengan tambahan fitur yang sebenarnya bisa diterapkan juga di OPPO Reno5.

Sebenarnya bukan hal yang wajib bagi OPPO untuk memperbarui setiap lini. Namun, kehadiran OPPO Reo6 ini ibarat "keusangan terencana". Istilah tersebut juga bisa juga dikatakan "keusangan melekat", dalam bahasa Inggris, planned obsolescence. Istila tersebut mengacu pada kebijakan dalam menghadirkan produk dalam periode tertentu saja untuk kemudian diganti dengan produk serupa dengan modifikasi dan fitur baru.

Tidak ada yang salah dengan kebijakan tersebut. Hal tersebut juga lumrah dilakukan para pelaku industri. Hanya saja, pembaruan seri Reno6 seharusnya bisa menawarkan hal-hal yang lebih baru dan lebih baik.

Simpulan

Kalau Anda bertanya-tanya lebih baik mana antara OPPO Reno5 atau OPPO Reno6, jawabannya sama baiknya. Simpel, karena OPPO Reno6 merupakan pembaruan dari OPPO Reno5. Semua spesifikasi serupa tetapi Reno6 punya fitur yang bertambah dan desain yang keren. Kalau Anda punya OPPO Reno4 atau OPPO Reno5, sebenarnya tidak perlu ganti ke ponsel ini. Lain cerita jika Anda pengguna Reno3 ke bawah atau pengguna ponsel lain.

OPPO Reno6 jelas menarik. Namun, sebagai sebuah inovasi jelas bukan. Ponsel ini seperti pelengkap bahwa OPPO masih tetap hadirkan seri terbaru. Bisa jadi juga Reno6 dihadirkan karena banyak sekali peminat Reno5. Terlepas dari semua hal tersebut, Reno6 jelas masih layak beli tetapi sekali lagi untuk pengguna Reno4 maupun Reno5, tidak perlu. Namun, saran tersebut bukan keputusan yang mutlak.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram