carisinyal web banner retina
Carisinyal / Smartphone / Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno5 Berikut Ini

Simak 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno5 Berikut Ini

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 3 Februari 2021

Selang beberapa bulan saja setelah kehadiran OPPO Reno4 series, kini hadir Reno5 yang hadir sebagai penerusnya. Membawa sejumlah keunggulan dan peningkatan, Reno5 diyakini oleh para fans sebagai jajaran ponsel mid range yang layak untuk dimiliki. Dan siapa sangka, rupanya OPPO Reno5 ini dibanderol dengan harga rilis yang sama seperti OPPO Reno4, yakni seharga Rp5 juta.

Nampaknya OPPO Reno series ini terbilang sering kedapatan produk baru. Pasalnya, OPPO Reno4 juga punya jarak waktu perilisan yang sebentar setelah Reno3. Ini bukti kalau OPPO selaku brand besar senantiasa gencar dalam memberikan pembaruan teknologi, khususnya untuk pangsa pasar menengah. Nah, apa saja sih yang membuat Reno5 sebegitu diminati banyak orang? Berikut kami ulas kelebihan dan kekurangannya.

Spesifikasi OPPO Reno5

Oppo Reno5 4G

  • Rilis: Januari 2021
  • Layar: AMOLED 6,43 inci
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 44 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4310 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan OPPO Reno5

Mulai dari kemunculan namanya saja OPPO Reno5 sudah mendapat respon positif dari para fansnya. Hal ini tentu berkat beragam kelebihannya yang bernilai tinggi, seperti yang bisa disimak di bawah ini.

1. Layar AMOLED Lebar

oppo reno5 oled

Penggunaan layar AMOLED selalu sanggup menerima sambutan hangat dari para penggemar. Berbeda dengan panel IPS, OPPO Reno5 sanggup membuat baterainya bertahan lebih lama. Hal ini berkat panel AMOLED yang terkenal dengan efisiensi dayanya.

Sementara itu, OPPO Reno5 juga jadi punya kontras rasio yang lebih luas dibanding layar IPS, menyuguhkan pengalaman konten video yang lebih spektakuler dan menyenangkan. Layarnya ini juga sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 3 untuk pertahanan lebih baik, dan dihiasi dengan satu lensa depan berbentuk punch hole.

Dengan resolusi Full HD Plus (1080p) pada ukuran 6,43 inci, semua tampilan yang ada di dalam layar mampu diperlihatkan dengan sempurna, memiliki ketajaman yang baik untuk meningkatkan readability pada tulisan dan overall experience yang unggul.

2. Refresh Rate 90 Hz

oppo reno5 90 hz

Masih berbicara soal layar, ada satu fitur unik yang jarang dimiliki ponsel lainnya. Biasanya, HP hanya akan menawarkan salah satu antara panel AMOLED atau refresh rate yang tinggi. Dengan OPPO Reno5, Anda bisa merasakan keuntungan dari dua dunia.

Soalnya, ponsel ini sudah dibekali refresh rate 90 Hz yang mampu membuat tampilan layar 50% lebih smooth saat di-scroll ketimbang HP biasa. Mulusnya layar ini akan terasa jika Anda sedang browsing, melakukan navigasi untuk mencari aplikasi, dan juga saat menjelajahi feed Instagram. Sementara itu, touch sampling rate-nya juga meningkat menjadi 180 Hz supaya bisa melakukan respon lebih cepat saat disentuh jari.

3. Fitur Fast Charging yang Mutakhir

oppo reno5 fast charging

OPPO Reno5 punya satu sorotan utama dari segi baterai, yakni kemampuan fast charging yang dinamakan Flash Charge 50 W. Ini merupakan sebuah besaran daya yang besar untuk ukuran ponsel menengah, memangkas begitu banyak waktu untuk mengisi baterai dari nol hingga penuh. Menariknya lagi, ponsel ini dikemas dengan casan SuperVOOC 65 W yang mendukung Power Delivery.

Menggunakan baterai berkapasitas 4.310 mAh, OPPO Reno5 tergolong mampu untuk bertahan hingga seharian tanpa khawatir low batt. Kapasitas ini mungkin kalah dibanding beberapa ponsel entry level yang sudah pakai 5.000 mAh. Akan tetapi, OPPO Reno5 punya keunggulan di panel layar AMOLED dan chipset yang lebih hemat daya sehingga hal ini tidak jadi masalah.

Pihak OPPO sendiri mengklaim kalau baterai HP tersebut bisa mencapai 100% hanya dalam waktu 48 menit. Sementara dengan hanya mengisi daya ponsel selama 5 menit, OPPO Reno5 bisa dipakai menonton video dengan durasi 3 jam. Menarik, bukan?

Seolah masih kurang, Anda pun bisa menggunakan fitur penghemat baterai yang dinamakan Super Power Saving Mode. Fitur ini berguna di kala sisa baterai tinggal 5% lagi. Saat diaktifkan, baterai dengan sisa 5% bisa dipakai untuk melakukan chat WhatsApp selama 2 jam lebih.

4. Desain Bodi Premium dan Ramping

oppo reno5 desain bodi ramping

Tampilan bodi dari OPPO memang selalu menarik. Dari masa ke masa, produk keluaran OPPO baik itu pada segmen entry level maupun mid range selalu menyuguhkan desain bodi belakang yang catchy. Cocok untuk memenuhi tuntutan anak muda yang menjunjung tinggi sifat aesthetic.

Kali ini, OPPO Reno5 bertemakan kilauan kristal dengan menawarkan dua varian warna, yakni Fantasy Silver dengan keperakan yang memancar serta Starry Black yang terinspirasi dari langit malam berbintang.

Modul kameranya terletak di pojok kiri atas, dengan tiga bulatan lensa yang besar yang disusun vertikal dan tambahan satu lensa berukuran kecil di sebelahnya. Bodi dari OPPO Reno5 juga lekat dengan kata "ergonomis", menghadirkan ketebalan yang hanya 7,8 mm sehingga mudah dimasukkan ke saku.

5. Banyak Fitur Kamera yang Unik

oppo reno5 fitur kamera

Dengan OPPO Reno5 Anda pun tak perlu lagi bingung memikirkan cara agar bisa stand out di Instagram. Ponsel ini punya beragam inovasi baru yang bisa menghasilkan foto dan video menakjubkan tanpa harus punya skill fotografi yang mumpuni.

OPPO Reno5 kini hanya punya satu kamera depan saja alih-alih Dual Punch Hole seperti generasi sebelumnya. Tapi tenang saja, Anda tetap dapat merasakan fitur Air Control untuk melakukan scrolling layar tanpa disentuh jari, dan juga Smart Message Privacy agar bisa mencegah orang di samping Anda untuk mengintip notifikasi pesan.


Nah, kini berlanjut ke fitur-fitur menariknya. Pertama-tama, OPPO Reno5 menyuguhkan fitur Dual View Video sehingga Anda dapat merekam dengan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Uniknya lagi, Anda bisa mengatur ukuran dan posisi picture in picture, entah itu mau menaruh wajah Anda di kotak kecil yang terletak di pojok atau mau menyandingkannya secara simetris dengan tangkapan video kamera belakang.

Selanjutnya, fitur AI Mixed Portrait juga bisa menggabungkan dua video sekaligus untuk menghasilkan sebuah karya seni video yang indah. Anda bisa memilih video pemandangan sebagai latar belakangnya, kemudian ambil rekaman potret dengan memilih salah satu opsi: Blend atau Silhouette. Hasilnya? Bagaikan video-video musik klip profesional yang menggugah.

Untuk Anda yang ingin menjadi satu-satunya yang berwarna pada foto, fitur AI Color Portrait kembali hadir setelah sebelumnya dimiliki oleh OPPO Reno4. Baik itu foto atau video, Anda bisa mengisolasi subjek foto sehingga latar belakang menjadi hitam putih – hanya subjek saja yang menjaga keutuhan warnanya.

Masih belum puas berkarya padahal matahari sudah tertutup awan? Jangan biarkan hal ini menghalangi Anda. Dengan Ultra Night Video dan Live HDR, kamera dapat menyesuaikan tangkapan video secara real-time, baik untuk mencerahkan bagian-bagian yang terlalu gelap atau untuk mengurangi glare di kala rekaman siang hari.

6. Hasil Foto yang Memukau

oppo reno5 kamera

Dari segi hardware, HP ini punya tampilan modul yang tidak begitu jauh dari OPPO Reno4 yang sama-sama menyuguhkan konfigurasi Rear Quad Camera. Ada peningkatan dari lensa utama 48 MP pada Reno4, kini menjadi 64 MP.

Sedangkan tiga lensa pendampingnya masih sama, menggunakan sensor ultra lebar 8 MP yang dapat mengambil gambar dengan angle 119 derajat, serta dua lensa 2 MP pada fungsi makro (untuk ambill gambar close up) dan sensor kedalaman untuk mendapatkan efek background blur.

Karena ini adalah HP mid range, OPPO Reno5 juga tentunya sudah menyediakan dukungan resolusi perekaman video 4K. Dan, untuk dapat hasil foto selfie yang baik, OPPO meningkatkan resolusi kamera depan menjadi 44 MP. Sebuah peningkatan ketimbang OPPO Reno4 yang punya selfie cam 32 MP.

7. Menyuguhkan Jack Audio 3,5 mm

oppo reno5 35mm jack

Seiring perkembangan zaman, teknologi semakin mengarah ke ekosistem wireless. Hal inilah yang menyebabkan beberapa ponsel agar tidak lagi dibekali port audio 3,5 mm untuk earphone dan speaker eksternal. Tapi kalau Anda masih enggan pakai earphone Bluetooth, OPPO Reno5 masih menyediakan port audio 3,5mm, lho!

8. Sudah Pakai NFC

oppo reno5 tanpa nfc

Rasanya hidup di kota besar seperti Jakarta akan terasa hampa tanpa kehadiran NFC pada HP. Selain memudahkan transaksi secara cashless, NFC juga bisa digunakan untuk membuka kunci pintu apartemen atau kantor.

Jika Anda mengingat soal OPPO Reno4 yang tidak pakai NFC, itu tentu jadi sebuah kekurangan karena harganya yang sudah di segmen mid range. Itu mengapa OPPO pun akhirnya menyematkan fitur NFC pada OPPO Reno5. Akhirnya, tidak perlu lagi isi saldo eToll secara manual.

Kekurangan OPPO Reno5

Ada kekurangan dari OPPO Reno4 yang sudah diperbaiki pada Reno5. Namun tetap saja, bukan berarti OPPO Reno5 ini lahir tanpa cela.

1. Tanpa Stereo Speaker

oppo reno5 tanpa dual speaker

Di kelas harganya yang menengah semestinya OPPO Reno5 sudah menghadirkan dual stereo speaker. Apa daya, yang tersedia hanyalah satu speaker saja.

Tapi jangan khawatir, harga tetap tidak bohong karena kualitas speaker pada smartphone ini juga cukup menggelegar di kelasnya, menggunakan dukungan dari audio Dolby Atmos. Masih oke untuk kebutuhan hiburan sehari-hari seperti menonton Netflix HD (ya, sudah tersertifikasi Widevine L1) atau bermain mobile game.

2. Tidak Ada Peningkatan Chipset

Snapdragon-720G

Wajar jika kita mengharapkan ada peningkatan chipset untuk generasi baru seperti OPPO Reno5 ini. Tapi nampaknya Anda harus siap-siap kecewa, karena ia masih menggunakan Snapdragon 720G dengan fabrikasi 8 nm, sama persis seperti OPPO Reno4. Ya, tidak ada peningkatan. Mungkin karena harganya yang memang sama dengan Reno4 saat rilis.

Dibandingkan dengan pesaingnya seperti vivo X50 yang pakai Snapdragon 730 dan Samsung Galaxy M51 dengan Snapdragon 730G, ponsel OPPO ini memang jadi terlihat tidak terlalu powerful. Tapi penggunaan Snapdragon 720G sebenarnya masih sah-sah saja untuk mid range, game berat seperti MLBB atau PUBG M juga dijamin bisa dilahap dengan lancar.

Khususnya PUBG M, perangkat canggih ini bisa mencapai pengaturan frame rate Ultra pada grafis Smooth. Sedangkan jika ingin pakai grafis HD, frame rate-nya bisa disetel menjadi High. Itulah yang diungkapkan oleh video YouTube lctfix.net. Performa ini juga turut didukung dengan RAM 8 GB pada tipe memori LPDDR4x.

Simpulan

Kalau Anda bertanya-tanya lebih baik mana antara OPPO Reno4 atau OPPO Reno5, jawabannya tentu Reno5. Simpel, karena dengan harga yang sama Anda sudah dapat menikmati tambahan fitur NFC pada Reno5. Tak hanya fitur ini saja, melainkan juga Anda dapat merasakan peningkatan dari segi resolusi lensa utama, dan tetap mempertahankan fitur-fitur menarik seperti Air Control dan Smart Message Privacy.

Namun kalau Anda sudah terlanjur beli OPPO Reno4 ke Reno5, rasanya sih kami tidak begitu menyarankan. Soalnya Anda tidak dapat peningkatan apa-apa dari segi performa chipset. Kecuali jika Anda benar-benar gerah dengan ketiadaan NFC, baru deh OPPO Reno5 akan terasa worth it.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram