Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno5 5G!

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Selain OPPO Reno5 versi 4G, Indonesia juga akan kebagian yang versi 5G-nya di pasaran. Bahkan, tidak hanya dua versi ini saja, OPPO juga merilis Reno5 yang hanya tersedia di Indonesia, yakni OPPO Reno5 F. Tapi kali ini kami akan membahas kelebihan dan kekurangan yang versi 5G-nya.

Secara spesifikasi, tidak banyak yang berbeda dengan 4G kecuali di beberapa parameter, seperti penggunaan chipset, ketersediaan memori eksternal slot, dan resolusi kamera selfie. Seperti apa sajakah seluk beluk dari versi 5G-nya ini? Simak kelebihan dan kekurangannya berikut.

Spesifikasi OPPO Reno5 5G

Oppo Reno5 5G

Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 765G
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 64 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 2 MP (macro) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan OPPO Reno5 5G

Sebelum memutuskan untuk membeli HP OPPO Reno5 5G, sebaiknya ketahui dulu beberapa kelebihan yang sudah Carisinyal rangkum berikut ini.

1. Chipset Powerful

Snapdragon 765

Berbeda dengan counterpart-nya yang 4G, OPPO Reno5 5G ini sudah diotaki dengan chipset yang begitu powerful di kelas harganya, yakni Snapdragon 765G. Chipset dari Qualcomm ini juga telah dipakai oleh beberapa ponsel mid range lainnya seperti vivo X50 5G dan vivo X50 Pro. Sebagai informasi, ini juga bukan kali pertama Snapdragon 765G menyambangi seri Reno. Sebelumnya sudah ada OPPO Reno3 Pro yang dibekali chipset yang sama.

Soal performanya jelas tidak perlu diragukan lagi. Menurut Nanoreview.net, Snapdragon 765G sudah menembus angka 300k untuk benchmark AnTuTu v8. Atau, sekitar 12% lebih unggul ketimbang Snapdragon 720G yang mengotaki versi 4G dari ponsel ini. Dengan performa yang meningkat ini, Anda pun bisa merasakan permainan yang lebih lancar lagi untuk game-game berat sekelas PUBG Mobile atau Free Fire.

2. Desain Bodi Ramping dan Bobot Enteng

oppo reno5 desain bodi ramping

Dari segi tampilan, sekilas tampak sama dengan versi 4G-nya. Yang pasti, OPPO Reno5 5G ini tetap menyuguhkan desain belakang yang unik dan premium. Sama-sama ramping, ponsel ini hanya memiliki tingkat ketebalan sebesar 7,9 mm saja. Hanya sedikit lebih tebal dibanding 4G yang berukuran 7,7 mm. Siapapun bisa menggunakan ponsel ini dengan nyaman, baik itu saat digenggam atau dimasukkan ke kantong celana.

Rampingnya bodi OPPO Reno5 5G juga berpengaruh pada bobotnya yang cukup ringan sebesar 172 gram. Desain bodi ergonomis inilah yang cukup banyak diminati orang, mengedepankan teknologi tanpa harus membuatnya berat untuk penggunaan sehari-hari.

3. Panel OLED dan 90 Hz Refresh Rate

oppo reno5 5g nfc

Xiaomi Mi 10T seringkali dianggap yang paling unggul di kelasnya karena menawarkan refresh rate tertinggi di industri. Tapi ada satu hal yang ia tidak punya, yakni panel OLED. Di sinilah OPPO Reno5 5G lebih unggul. Tidak seperti kebanyakan ponsel yang harus membuat Anda memilih antara panel OLED atau refresh rate tinggi, smartphone OPPO ini punya keduanya.

Kendati tidak sebesar Xiaomi Mi 10T, laju penyegaran 90 Hz di OPPO Reno5 5G sudah lebih dari cukup untuk menampilkan konten visual yang smooth. Sementara itu, kontras rasio serta tingkat kecerahan yang tinggi pada layar juga sangat memanjakan mata Anda.

Diketahui, kecerahan maksimalnya mencapai 750 nits, lebih besar dibanding versi 4G yang sebesar 600 nits sehingga teriknya sinar matahari tidak akan mencegah Anda untuk melakukan aktivitas di luar.

4. Fast Charging Super Ngebut

oppo reno5 5g fast charging
*

Apakah Anda mengira fitur Flash Charge 50 W pada OPPO Reno5 sudah terbilang besar? Tunggu sampai Anda mendengar kalau varian 5G-nya punya teknologi fast charging yang lebih cepat lagi, yakni 65 W. Dengan baterainya yang sebesar 4.300 mAh, waktu yang diperlukan untuk mengisi daya hingga penuh pastinya tidak sampai satu jam.

Ada fitur penghematan baterai yang begitu luar biasanya, membuat sisa baterai yang tinggal sedikit bisa dipakai untuk beragam aktivitas seperti WhatsApp ataupun mendengarkan lagu di Spotify hingga berjam-jam lamanya. Jadi, dengan baterai yang tahan lama dan waktu yang sedikit untuk mengecasnya, kini produktivitas Anda akan terus berlangsung tanpa gangguan notifikasi low batt.

Dan, bagi Anda yang sedang membawa kabel OTG, bisa juga membagikan sebagian isi baterai ke perangkat lain berkat teknologi reverse charging.

Waktu pengisian dari ponsel ini juga sangat cepat yakni dari 0 hingga 100% bisa terisi dalam waktu 38 menit saja, setidaknya itulah yang dikabarkan pada laman Unbox.ph.

5. Air Control dan Smart Message Privacy

oppo reno5 smart message privacy

OPPO Reno5 4G dan 5G memang tidak dibekali dengan Dual Punch Hole seperti predesornya, tapi siapa sangka? Fitur Air Control dan Smart Message Privacy ternyata kembali menghiasi deretan fitur unik pada smartphone.

Melalui lensa depannya, ponsel bisa melacak gerakan-gerakan atau gesture yang dilakukan oleh tangan tanpa harus bersentuhan dengan layar. Dengan begini, di kala jari sedang kotor karena sambil ngemil, Anda tetap bisa memberikan perintah seperti scrolling, mengangkat atau me-reject telepon yang masuk, dan masih banyak lagi. Nampaknya ini cocok sekali bagi orang Indonesia yang doyan makan nasi pakai tangan.

Sementara itu, ada pula fitur bernama Smart Message Privacy yang berguna untuk mendeteksi tatapan mata orang di sebelah Anda. Di saat ponsel menampilkan notifikasi pesan dan mendeteksi mata orang di sebelah melihat ke arah layar, notifikasi akan otomatis disembunyikan. Dua fitur ini sangat unik dan jarang ada ponsel selain seri OPPO Reno yang memilikinya, menjadikan OPPO Reno5 5G ini begitu istimewa.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram