Ketahuilah Perbedaan OPPO Reno4, Reno4 Pro, dan Reno5

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah

Beberapa bulan setelah perilisan OPPO Reno4 dan OPPO Reno4 Pro di Agustus 2020, tampaknya merek ponsel pintar ini masih belum puas untuk terus meramu jenis/tipe lainnya. Hingga pada Desember 2020, OPPO mengumumkan anggota barunya yang bernama OPPO Reno5. Lalu, OPPO Reno5 menyapa penggemarnya di Tanah Air pada awal 2021.   

OPPO Reno5 rupanya masih betah dengan jaringan yang sama alias mentok pada 4G. Tidak hanya itu, jenis Chipset dan GPU pun sama dengan OPPO Reno4 ataupun OPPO Reno4 Pro. Lantas, sebenarnya apa yang membedakan OPPO Reno5 dengan pendahulunya itu? Yuk, langsung kita kupas apa saja perbedaan dari ketiga jenis ponsel OPPO tersebut! 

Spesifikasi OPPO Reno4

Oppo Reno4

  • Rilis: Agustus, 2020
  • Layar: OLED, 6,4 inci
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Li-Po 4015 mAh tidak dapat dilepas

Spesifikasi OPPO Reno4 Pro

Oppo Reno4 Pro

  • Rilis: Agustus, 2020
  • Layar: Super AMOLED, 6,5 inci
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB & 256 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Li-Po 4000 mAh tidak dapat dilepas

Spesifikasi OPPO Reno5 4G

Oppo Reno5

  • Rilis: Januari, 2021
  • Layar: AMOLED, 6,43 inci
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • GPU: Adreno 618
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 44 MP
  • Baterai: Li-Po 4310 mAh tidak dapat dilepas

1. Sistem Operasi

realme 7 pro snapdragon 720G

Berbekal chipset dari Qualcomm Snapdragon 720G (8 nm), CPU Octa-core, dan GPU Adreno 618 yang sama, tiga jenis OPPO ini rupanya hanya memiliki perbedaan pada sistem operasinya sistem antarmuka saja. Dapat dikatakan kalau sistem antarmuka dan sistem operasi Android yang dimiliki oleh OPPO Reno5 4G naik level dibanding pendahulunya OPPO Reno4 dan Reno4 Pro.

Jika ditilik, pada sistem operasi OPPO Reno4 dan Reno4 Pro masih mengandalkan Android 10. Sementara, sistem operasi yang tertanam di OPPO Reno5 4G yaitu Android 11. Para ponsel pintar khususnya OPPO Reno5 yang memiliki sistem operasi Android 11 disuguhkan dengan sejumlah fitur baru. 

Pengguna OPPO Reno5 nantinya akan berjumpa dengan fitur-fitur dari Android 11 beberapa di antaranya yaitu media control, device control, hingga permissions auto-reset. Lewat Android 11, OPPO Reno5 jelas akan memeiliki performa yang lebih cepat dan lancar dibandingkan dengan OPPO Reno4 dan OPPO Reno4 Pro.

Seperti yang diketahui kalau OPPO mempunyai sistem antarmuka yang berkerja untuk ponsel pintar rilisannya, yang disebut dengan ColorOS. Sistem antarmuka OPPO Reno4 dan Reno4 Pro memiliki versi ColorOS 7.2, sedangkan Reno5 dengan versi ColorOS 11.1. Dalam sisi sistem antarmuka, dapat dipastikan OPPO Reno5 lebih ulung.

Dilansir dari Nextren, terdapat fitur baru yang dapat dinikmati oleh pengguna OPPO Reno5 di ColorOS 11.1 salah satunya mendukung kegiatan gaming atau disebut juga Game Space. Fitur ini sebenarnya sudah hadir di ColorOS 7.2 yang dapat berjalan cukup baik dengan berbagai macam fungsi seperti mengunci kecerahan, mengatur resolusi, dan menentukan performa perangkat.

Beralih ke ColorOS 11.1 yang ternyata memiliki lebih banyak fitur mulai dari Game News, pengaturan pencahayaan, dan immersive mode. Selain itu, tampilan Game Space di ColorOS terbaru ini mempunyai tampilan yang lebih modern dengan lebih banyak tampilan informasi. Meski demikian, masih ada sejumlah fitur yang belum sempurna karena ColorOS 11 masih bersifat Beta. 

2. Layar

realme 7 pro super amoled

Bila resolusi dari OPPO Reno4, Reno4 Pro, dan Reno5 sama yaitu 1080 x 2400 piksel dengan rasio 20:9, maka apa yang membedakannya pada segi layar? Ketiga jenis ponsel pintar OPPO ini rupanya memiliki perbedaan tipe, ukuran, dan proteksi layar. 

Pada layar OPPO Reno4 berbalutkan OLED dengan ukuran 6,4 inci. Sementara, OPPO Reno4 Pro memiliki layar bertipe Super AMOLED dengan ukuran 6,5 inci. Sedangkan, OPPO Reno5 mempunyai layar dengan tipe AMOLED dan ukuran 6,43 inci. 

Merujuk pada tipe layar OPPO Reno4 yaitu OLED, tentunya tipe layar ini memiliki kemampuan dalam menghasilkan warna yang pekat dan memiliki kecerahan yang sangat tinggi dengan bobot yang ringan serta hemat daya. Akan tetapi visibilitas layar pada OPPO Reno4 kurang saat berada di bawah sinar matahari.

Beralih pada OPPO Reno5, tipe layar mengalami peningkatan dibanding OPPO Reno4 tetapi menunjukkan penurunan bila disandingkan dengan OPPO Reno4 Pro. Tipe layar AMOLED pada OPPO Reno5 memiliki perbaikan kualitas gambar pada saat di bawah sinar matahari. Juga, mempunyai pengaturan warna yang stabil dan lebih baik. 

Berkat layar bertipekan Super AMOLED, OPPO Reno4 Pro menjuarai dalam urusan teknologi layar daripada layar yang dimiliki oleh OPPO Reno4 dan Reno5. Super AMOLED adalah teknologi lanjutan dari OLED dan AMOLED. Tipe layar jenis mendukung resolusi tinggi dan sangat hemat daya dibanding layar jenis lainnya. Hal ini disebabkan Super Amoled hanya menampilkan sub-piksel warna yang dibutuhkan saja. 

Sedangkan, untuk masalah ukuran bisa terlihat kalau OPPO Reno4 Pro lebih unggul dibandingkan dengan OPPO Reno4 dan Reno5 yaitu 6,5 inci. Diikuti oleh Reno5 dengan ukuran 6,43 dan OPPO Reno4 dengan ukuran layarnya 6,4, tampak memiliki perbedaan yang tipis.  

OPPO Reno4 Pro, tampaknya berjaya mengenai teknologi pelayaran. Bukan tanpa sebab, jenis OPPO ini dilengkapi dengan proteksi Corning Gorilla Glass 5 yang berarti lebih tahan banting dibanding edisi-edisi sebelumnya. Sementara, OPPO Reno5 meski keluaran terbaru sayangnya harus menelan kekalahan karena proteksi yang tersemat masih Corning Gorilla Glass, tapi lebih unggul dari OPPO Reno4 yang tidak memiliki proteksi. 

3. Teknologi Pengisian Cepat

Li-Po

Soal baterai bisa dibilang OPPO paling beda dan sudah di atas rata-rata ponsel pintar merek lain. Bukan tanpa alasan, OPPO telah mengembangkan sendiri teknologi pengisian data cepat bernama VOOC (Voltage Open Loop Multistep Constant-Current Charging). Teknologi ini telah tertanam pada berbagai jenis ponsel pintar OPPO.

Seperti halnya OPPO Reno4 yang memiliki teknologi pengisian cepat VOOC 4.0. Lewat VOOC 4.0, suhu pada OPPO Reno4 mampu dikendalikan saat pengguna bermain gim bahkan sambil mengisi daya. Hal ini memungkinkan dapat mengisi baterai hingga 50% dalam waktu 20 menit. 

Akan tetapi, VOOC 4.0 pada OPPO Reno4 harus takluk dengan teknologi pengisian cepat milik OPPO Reno5. Dipaparkan oleh Tekno Kompas, dengan disuplai teknologi SuperVOOC maka OPPO Reno5 diklaim dapat mengisi daya hingga 45% dalam waktu 5 menit. Hal ini dikarenakan SuperVOOC mengadopsi Galliun Nitride (GaN) semikonduktor yang mampu mempersingkat waktu pengisian daya.

Jangan berbangga dulu, soal teknologi pengisian cepat OPPO Reno4 dan Reno5 harus menelan kepahitan karena harus dikalahkan oleh OPPO Reno4 Pro dengan SuperVOOC 2.0. Pengisian daya baterai pada OPPO Reno4 Pro diklaim dapat terisi penuh hanya dalam 36 menit saja. Jelas, pengisiannya bakal ngebut!

Untuk tipe baterai ketiga jenis OPPO ini jelas kompat, baterai tertanam alias tidak bisa dilepas. Namun, untuk ukuran kapasitasnya jelas berbeda. OPPO Reno5 dengan Li-Po 4310 mAh berada di posisi paling atas, dibandingkan Li-Po 4000 mAh yang dimiliki OPPO Reno4 Pro dan Li-Po 4015 mAh yang disematkan pada OPPO Reno4. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram