carisinyal web banner retina

Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan OPPO A74 5G!

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 22 September 2021

Sudahkah kamu berkenalan dengan OPPO A74 5G? Sebuah ponsel pintar keluaran terbaru dari OPPO di seri A ini secara resmi melayang di industri perponselan pada April 2021. Secara penampilan, OPPO A74 edisi 5G memiliki desain kekinian layaknya ponsel pintar masa kini yang berbezel tipis dengan Punch Hole di kiri atas layar.

Berbeda dengan ponsel kebanyakan, pada sisi kanan bingkai hanya berdiri tombol power sekaligus menjadi pemindai sidik jari dan untuk sisi kirinya nongkrong tombol volume up dan down. OPPO A74 5G hadir dalam dua varian warna yang trendy yakni Fluid Black dan Space Silver.

Ponsel pintar terbaru besutan OPPO yang hadir dengan segudang fitur menarik ini dipasarkan pada harga sebesar Rp3,79 juta per unitnya untuk tipe 6/128 GB. Namun, apakah dengan harga tersebut OPPO A74 5G layak untuk dibawa pulang? Maka dari itu kali ini Carisinyal akan mengupas kelebihan dan kekurangan OPPO A74 5G, tapi sebelumnya mari baca dulu spesifikasinya!

Spesifikasi OPPO A74 5G

Oppo A74 5G
  • Rilis: April, 2021
  • Layar: LTPS IPS LCD, 6.5 inci
  • Chipset: Qualcomm SM4350 Snapdragon 480 5G (8 nm)
  • GPU: Adreno 619
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya...

Kelebihan OPPO A74 5G

Bagaimana sudah takjub dengan spesifikasi yang digendong oleh OPPO A74 5G? Tenang saja, buat kamu yang belum ada gambaran mengenai keunggulan dari ponsel pintar ini, Carisinyal sudah membeberkannya ke dalam beberapa poin kelebihan dari OPPO A74 5G berikut ini:

1. Layar yang Lega dengan Laju Penyegaran Tinggi

Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan OPPO A74 5G! 2

Seperti yang dijelaskan di atas kalau OPPO A74 5G mengusung konsep Punch Hole, yang mana terdapat bulatan kecil nongkrong di kiri atas layar sekaligus menjadi tempat bersembunyi kamera selfie. Dengan konsep tersebut, tentunya memberikan nuansa layar yang luas dan nyaman saat ditatap terlebih saat bermain gim atau menonton video streaming.

Layar dari OPPO A74 edisi 5G memiliki ukuran 6.5 inci atau 102.0 cm2 dengan rasio layar-ke-bodi sebesar 83.8%, terbilang lega di kelasnya. Perangkat ini memiliki resolusi layar 1080 x 2400 piksel dengan kerapatan piksel mencapai 405 ppi, hal tersebut membuat layarnya semakin tajam dan jauh dari kata buram.

Berikutnya guna memberikan rasa aman pada mata para pengguna, OPPO A74 5G memasangkan tingkat kecerahan yang lumayan tinggi yakni 480 nits. Dengan demikian, saat pengguna menjalankan perangkat di bawah sinar mentari maka layar masih bisa terlihat dengan jelas. Apalagi didukung dengan AI Eye Comfort, mampu mempelajari preferensi kecerahan layar secara otomatis.

Dalam menyuguhkan pengalaman visual warna yang akurat dan kaya, layarnya dibekali juga dengan Hype-color yang mencangkup keseluruhan DCI-P3 (Digital Cinema Initiatives). Dengan begitu pengguna bak menatap sebuah bioskop karena layarnya punya cakupan warna yang lebih luas

Kecanggihan lain yang dihadirkan pada layar milik OPPO A74 5G adalah laju penyegaran yang mampu menampilkan 90 frame dalam satu detik dan kecepatan sentuh mencapai 180Hz, memungkinkan animasi grafis dapat berjalan dengan responsif dan lancar secara instan.

2. Mendukung Jaringan 5G

Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan OPPO A74 5G! 4

Seperti namanya, OPPO A74 jenis ini diberkati dengan jaringan tercanggih yaitu 5G. Berkat kehadiran jaringan 5G, maka memungkinkan perangkat mampu menghasilkan kecepatan transmisi mencapai 10 GB per detik. Tidak heran dengan teknologi ini maka proses komunikasi dua arah akan kian ngebut dan diklaim tidak akan delay.

Keunggulan lain yang dapat dinikmati di OPPO A74 5G dengan penggunaan teknologi 5G adalah dapat menghemat energi. Yap, kecepatan transmisi yang super kencang berimbas pada konsumsi energi perangkat menjadi lebih irit bila dibandingkan dengan jaringan 4G. Protokol terbaru dari jaringan ini yakni untuk mengurangi konsumsi power lewat menurunkan trafik data.

3. Kehadiran Empat Sensor di Kamera Utama

Yuk, Ketahui Kelebihan dan Kekurangan OPPO A74 5G! 6

Kebanyakan ponsel pintar teranyar masa kini terlebih di kelas menengah telah diusung oleh kamera utama bersensor Quad atau terdapat empat lensa yang dapat dicicipi oleh penggunanya. Beruntung OPPO A74 5G dianugerahi dengan Quad-camera lengkap dengan fitur LED flash, panorama, AI Scene enhancement 2.0, dan AI Beautification.

Satu dari empat sensor pada kamera utama OPPO A74 5G adalah sensor wide berukuran 48 MP dengan bukaan f/1.7, mampu menyuguhkan ruang lebih pada masuknya cahaya dan hasilnya terbilang bagus. Sensor ini mendukung mode Ultra HD, maka bila diaktifkan mode tersebut gambar yang dihasilkan tampak seperti menggunakan resolusi 108 MP.

Ketiga sensor lainnya terdiri dari 8 MP dengan diafragma f/2.2 berada di sensor ultrawide, dan masing-masing 2 MP ber-aperture f/2.4 digunakan sebagai sensor jarak jauh (makro) serta kedalaman atau hitam putih. Pada sistem videografi memakai resolusi [email protected], lengkap dengan teknologi gyro-EIS yang berguna agar proses rekaman tetap stabil dan tidak bergoyang.

Sementara, untuk memenuhi kebutuhan selfie bagi para penggunanya maka OPPO A74 5G menyediakan resolusi kamera depan berukuran 16 MP dengan aperture f/2.0. Kamera depannya juga dimeriahkan oleh fitur panorama, dapat difungsikan untuk mengambil swafoto dengan bidang pandang yang lebih luas atau lebar.

4. SoC Terbilang Mumpuni

Qualcomm OPPO A74 5G

Apakah ponsel ini menunjang kegiatan gaming dan video streaming? Pastinya, hal ini karena OPPO A74 5G membawa prosesor yang mumpuni di kelasnya yaitu Qualcomm SM4350 dengan chipset Snapdragon 480 5G berteknologi fabrikasi 8 nanometer. Dengan chipset yang dijalankan tersebut mendorong perangkat dapat melakukan segala aktivitas mobile harian penggunanya.

Sementara untuk CPU-nya, OPPO A74 5G memutuskan untuk memboyong Octa-core yang terdiri dari dua inti Kryo 460 berkecepatan 2.0 GHz dan enam buah Kryo 460 yang melaju hingga 1.8 GHz. Dengan begitu, ponsel ini dapat menghasilkan kecepatan unggah hingga 245 Mbps dan kecepatan unduh maksimum mencapai 2.1 Gbps.

Dalam menyongsong tampilan visual yang maksimal dan berkualitas, perangkat ini disokong oleh GPU yang bernama Adreno 619. Didukung juga dengan 6 GB RAM dan 128 GB memori internal berteknologi UFS 2.1, mampu menciptakan kinerja yang lebih cepat terlebih dalam urusan penyimpanan data dan pemasangan aplikasi berat.

Berlandaskan sistem operasi Android 11, pengguna OPPO A74 5G disuguhkan dengan beberapa menu terbaru seperti akses ke mini gim, pengawasan media, emoji yang lebih beragam, dan masih banyak lagi. Perangkat ini pula memasangkan ColorOS 11.1 yang menyajikan fitur menarik salah satunya Bullet Screen Message, menerima pesan penting tanpa memblokir layar permainan,

5. Dilengkapi dengan Fitur NFC

NFC 1

Ternyata selain menghadirkan teknologi 5G, OPPO satu ini juga turut mengundang fitur yang sedang ngetren di kalangan ponsel pintar yaitu NFC atau Near Field Communication. Fitur canggih ini menawarkan banyak manfaat bagi penggunanya terkhusus pemilik OPPO A74 5G, salah satunya adalah mampu menandai sebuah lokasi atau tempat.

Ets, tidak hanya itu ternyata berkat NFC memungkinkan pengguna dapat melakukan proses transaksi atau pembayaran secara digital dengan cepat tanpa harus menggunakan uang tunai. Lalu, pengguna juga bisa melakukan transfer data, menyambungkan OPPO A74 5G ke perangkat lain, membuka aplikasi secara otomatis, hingga mengakses informasi sebuah smart card. Keren kan?

6. Sumber Daya Baterai Melimpah

baterai 5000 mah

Bagi pengguna yang sedang mencari ponsel yang tahan lama saat digunakan seharian, OPPO A74 5G bisa menjadi solusinya. Bukan tanpa alasan, perangkat ini menanamkan baterai Mega Li-Po berkapasitas 5.000 mAh. Dengan sumber daya yang dimilikinya tersebut, ponsel tersebut dapat bekerja lebih lama tanpa perlu mengisi ulang secara terus-menerus.

Dilansir dari portal resminya, berkat daya yang dipasok oleh OPPO A74 55 maka memungkinkan perangkat bisa hidup selama 3 jam untuk menonton video streaming, 27 jam untuk melakukan perbincangan lewat telepon, dan 40 jam dalam situasi siaga. Merujuk pengujian di lab OPPO, durasi sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada situasi spesifik saat pengguna menjalankan ponsel.

Kekurangan OPPO A74 5G

Bak sebuah atom yang punya sisi negatif, OPPO A74 5G juga memiliki kekurangan yang ada pada dirinya. Meski kekurangannya dapat ditutupi oleh kelebihan yang dibawanya, tetapi kamu harus tahu juga akan kekurangan apa saja yang ada di OPPO A74 5G. Penasaran? Berikut penjabaran selengkapnya di bawah ini:

1. Punya Bodi yang Lebih Berat

OPPO A74 5G bodi

Kenyataan kini banyak pengguna yang mendambakan ponsel pintar dengan bodi ringan meski ukurannya besar. Sayang hal tersebut tidak tampak pada diri OPPO A74 5G yang sepertinya memiliki bobot di atas rata-rata yaitu 190 gram dengan dimensi 162.9 mm untuk panjangnya, 74.7 mm pada lebarnya, dan ketebalan yang mencapai 8.4 mm.

Padahal menurut GSM Arena, berat ideal sebuah ponsel pintar saat ini berada pada rentang 140 gram - 170 gram. Hal ini hampir senada dengan data yang dirangkum dari The Next Web, bahwa idealnya berat rata-rata ponsel populer yaitu 179.3 gram. Bagaimanapun bagi kamu yang tidak mempermasalahkan soal berat dari OPPO A74 5G, perangkat ini masih nyaman digenggam.

2. Belum Berpanelkan AMOLED

oppo-a74-5g Carisinyal

Salah satu hal lain yang sangat disayangkan dari OPPO A74 5G adalah teknologi panel yang dipasangkannya. Alih-alih menggunakan panel AMOLED yang punya kontras dan saturasi lebih tinggi, perangkat ini masih memakai IPS LCD. Penggunakan teknologi layar pada OPPO satu ini bisa dikatakan masih di bawah kualitas dari AMOLED.

Kekurangan IPS LCD meliputi kontras warna yang kurang tajam seperti warna putih tampak kurang bersih atau warna hitam masih kurang kuat, memakan konsumsi daya lebih banyak, dan layarnya lebih tebal bila disandingkan dengan panel AMOLED.

3. Mentok Pada Pengisian Cepat 18W

oppo-a74-5g-charging

Ditanamkan baterai jumbo 5.000 mAh, rupanya tidak didukung dengan sistem pengisian cepat yang lebih kencang. Tidak seperti saudaranya, OPPO A74 versi original yang dibekali pengisian cepat hingga 33W, perangkat edisi 5G masih memboyong teknologi pengisian berkecepatan 18W.

Dengan kecepatan 18W, OPPO A74 5G hanya mampu mengisi daya ponsel 68% dalam waktu 60 menit saja. Tentunya ini kalah saing dengan OPPO A74 yang kinerja pengisiannya jauh lebih ngebut. Selain itu, ponsel kelas menengah ini belum disertai dengan sistem pengisian nirkabel dan pengisian balik.

Simpulan

Dari poin-poin kelebihan dan kekurangan di atas, tampaknya OPPO A74 5G lebih banyak menyuguhkan inovasi mulai dari Quad-camera, sistem operasi, sistem antarmuka, SoC, baterai meganya, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang tidak mempermasalahkan urusan bodi berat, teknologi layar yang diusung, dan pengisian cepat 18W, OPPO A74 5G patut kamu pertimbangkan untuk dibeli.

Itulah tadi pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada pada OPPO A74 5G, semoga dapat memberikan pencerahan bagi kamu yang ingin membawa pulang ponsel pintar teranyar dari OPPO ini. Jangan lupa untuk pantau terus Carisinyal supaya kamu tidak ketinggalan informasi tentang perkembangan teknologi dan gawai, yah!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram