10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A95, Apa Saja Itu?

Ditulis oleh Ahmad Tsalis

Pada 18 November 2021, OPPO Indonesia merilis satu smartphone kelas menengah baru. Smartphone yang dimaksud adalah OPPO A95. Ponsel ini dirilis dengan harga normal Rp3.999.000 dan diedarkan mulai 26 November 2021.

Kehadiran HP ini pun melengkapi rentetan ponsel OPPO A Series yang telah diluncurkan OPPO Indonesia sepanjang 2021. Beberapa di antaranya yang meluncur adalah OPPO A54, OPPO A74, dan OPPO A74 5G.

Adapun status OPPO A95 merupakan penerus dari OPPO A92 yang hadir di Indonesia pada Mei 2020. Smartphone ini juga merupakan kembaran dari OPPO F19s yang meluncur duluan di India pada September 2021. OPPO A95 dan OPPO F19s hanya memiliki perbedaan minor.

Satu hal yang mungkin jadi pertanyaan Anda adalah, untuk siapa OPPO A95 ini dihadirkan? Jawabannya tentu masih bias jika Anda belum tahu kelebihan dan kekurangan si ponsel. Oleh sebab itu, kami coba membantu Anda menemukan jawabannya melalui artikel ini. Simak sampai habis!

Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 662
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (depth) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Kelebihan OPPO A95

OPPO merupakan salah satu produsen yang punya rekam jejak bagus dalam hal penjualan offline. Tanpa didukung oleh produk yang menarik, mustahil itu terjadi. Beberapa poin di bawah ini adalah alasan mengapa OPPO A95 bisa disebut sebagai salah satu produk yang menarik.

1. Desain Indah dan Tahan Cipratan Air

desain oppo A95

Untuk kali pertama dalam sejarah, OPPO mengaplikasikan rancangan desain mahal mereka pada OPPO A Series. Rancangan desain ini biasanya hanya Anda jumpai pada seri OPPO Reno. Rancangan desain yang dimaksud adalah OPPO Glow yang melapisi penutup belakang OPPO A95.

Lantas, apa sih istimewanya OPPO Glow? Pertama, desain ini diklaim mampu 100% menangkal noda sidik jari dan debu. Hal itu membuat pengguna dengan mudah membersihkan si ponsel. Kedua, OPPO mengklaim desain ini lebih tahan goresan dan penampilan warnanya awet (tidak luntur) dalam jangka panjang.

Klaim tersebut diperoleh karena OPPO telah melakukan tes abrasi hingga 1000 kali. Ketiga, OPPO Glow bikin penampilan HP jadi indah karena kilauannya, sekaligus memberi tekstur tertentu agar HP tidak licin saat dicengkeram.

Ada dua varian yang bisa Anda pilih dari OPPO A95: Glowing Starry Black dan Glowing Rainbow Silver. Keindahan HP ini tidak sebatas pada penutup belakangnya saja. Namun, keindahannya merembet ke rangka lengkung, bagian depan, dan dimensi secara keseluruhan.

Dimensi HP ini terbilang cukup kompak: 160,3 x 73,8 x 7,95 mm. Angka yang paling belakang menunjukkan ketebalannya. Ketika angka tersebut tidak lebih dari 8 mm, maka HP termasuk punya bodi tipis. Sementara itu, bobot HP ini cukup ringan, yakni 175 gram.

Tidak hanya indah, OPPO A95 juga kuat karena dilengkapi sertifikasi ketahanan cipratan air IPX4. HP ini adalah ponsel ketiga OPPO dari seri A yang punya sertifikasi IPX4 setelah OPPO A54 dan OPPO A16 4/64. Arti dari IPX4 adalah ia tidak punya ketahanan jika kemasukan debu, tetapi bisa menangkal cipratan air dari segala arah.

Ingat, hanya cipratan. Bukan berarti HP ini bisa diajak berenang. Namun, setidaknya sertifikasi itu tidak membuat Anda waswas ketika memakai OPPO A95 saat hujan sekalipun.

Selain itu, OPPO menjamin betul kualitas HP ini dengan uji pengendalian mutu terbaik. Beberapa uji yang dilakukan OPPO sebelum ponsel ini lolos ke pasaran adalah tes jatuh (28 ribu kali), tes pemakaian di suhu ekstrem (150 kali), dan tes tekan tombol power (500 ribu kali).

Sekadar informasi tambahan, OPPO A95 memakai laci tiga slot. Ada dua slot untuk kartu SIM dan satu slot untuk kartu microSD. Kartu microSD paling besar yang bisa dipasang adalah 256 GB. Jack audio 3,5 mm juga masih tersedia di HP ini.

2. Tampilan AMOLED

layar oppo A95

Sektor tampilan OPPO A95 sudah modern. Layarnya pakai gaya punch hole dengan lubang kamera di pojok kiri atas. Panel yang disematkan adalah AMOLED dengan bentang 6,43 inci dan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Ketika melihat spesifikasi dasar tersebut, Anda bisa berekspektasi bahwa kualitas tampilannya memang sip ala AMOLED.

Kami pun coba mengonfirmasinya dengan merujuk pada pengalaman para penguji yang memakai OPPO F19s, kembaran dari OPPO A95. Rujukan pertama adalah penguji 91 Mobiles, Kshitij Pujari. Menurut Pujari, AMOLED di HP ini memberikan tampilan dengan sudut pandang yang menyenangkan, warna cemerlang, dan hitam yang pekat.

Kemudian, soal kecerahan, Ayushmann Chawla dari Gadget Snow dan Akhil Taneja dari Cashify sepakat menyatakan bahwa layar HP ini cukup cerah. Keterbacaan konten yang ditampilkan cukup baik kendati ponsel dipakai di luar ruangan, bahkan di bawah terik matahari.

Pendapat mereka seolah menegaskan bahwa level kecerahan puncak 600 nit pada layar HP ini terbukti sudah cukup. Di sisi lain, layar HP ini tidak hanya enak dipakai di situasi outdoor, tapi juga di kamar yang gelap. Pasalnya, layar OPPO A95 bisa mencapai level kecerahan terendah sampai 2 nit.

Hanya saja, level kecerahan yang rendah membuat layar dengan panel AMOLED cenderung menampakkan kedipan yang familier disebut flickering. Kedipan layar ini jelas bikin mata cepat lelah, apalagi jika Anda menatapnya secara intens. Untungnya OPPO sudah menjejalkan fitur DC Dimming guna menangkal gejala flickering.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram