carisinyal web banner retina

6 Perbedaan OPPO A95 dan OPPO A96, Apa Saja Itu?

OPPO kembali memanaskan pasar ponsel tanah air dengan menghadirkan ponsel Android terbarunya, OPPO A96. HP terbaru OPPO yang dirilis pada Maret 2022 ini kabarnya menjadi versi penerus dari OPPO A95 yang diluncurkan lima bulan sebelumnya.

Maka dari itu, OPPO menghadirkan sejumlah peningkatan fitur agar HP OPPO ini kian diminati pasar. Peningkatan yang tampak kentara tentu saja pada bagian memori internal, layar dan kamera. Tiga bagian tersebut memang menjadi pertimbangan pembeli gadget saat ini.

Dilepas dengan perbedaan harga yang tidak terlalu jauh, kira-kira peningkatan apa saja yang dibawa ponsel OPPO terbaru ini? Apakah peningkatan ini sesuai dengan permintaan pasar ponsel tanah air? Berikut perbedaan OPPO A95 dan OPPO A96?

Spesifikasi OPPO A95

OPPO A95
Layar AMOLED 6.43 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 662
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera 48 MP (wide) 2 MP (depth) 2 MP (macro)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 3.999.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Spesifikasi OPPO A96

OPPO A96
Layar IPS LCD 6.59 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 680
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 2 MP (depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Harga Saat Rilis Rp 4.299.000
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada

Perbedaan OPPO A95 dan OPPO A96

Ada enam poin perbedaan OPPO A95 dan OPPO A96 yang mesti kamu tahu. Apa saja itu? Berikut ini rinciannya.

1. Desain dan Dimensi

Desain OPPO A95 (2)

Kedua ponsel OPPO terbaru ini sudah menggunakan desain OPPO Glow. Desain mewah dan ramping dengan teknologi ikonik ini awalnya diperkenalkan pada seri OPPO Reno. Dengan teknologi ini, bagian bodi belakang smartphone dapat berubah warna sesuai pencahayaan. Tidak hanya itu, bodi belakang ini juga sudah anti gores, anti noda, dan anti sidik jari.

Perbedaan tampak pada bagian kamera belakang. Desain kamera kedua ponsel OPPO ini berbeda. OPPO A95 dibekali tiga kamera belakang, sedangkan OPPO A96 hanya dua kamera belakang. Untuk penempatan kamera selfie masih sama.

OPPO A96
OPPO A96

Berbicara dimensi, OPPO A95 memiliki dimensi yang lebih kompak dengan ukuran 160,3 x 73,8 x 8 mm dengan berat 175 gram. Sedangkan OPPO A96 memiliki dimensi yang lebih besar dan tebal yakni 164,4 x 75,7 x 8,4 mm dengan berat 191 gram.

Secara ukuran OPPO A95 lebih nyaman digunakan karena lebih tipis dan ringan sehingga tangan kamu tidak pegal menggenggam. Walaupun demikian, OPPO A96 diklaim memiliki bodi yang lebih kuat. Apalagi, OPPO membenamkan fitur IP5X dustproof dan IPX4 waterproof pada ponsel Android terbaru ini.
Perbedaan desain HP OPPO berikutnya ialah letak sensor sidik jari.

OPPO A96 masih sama seperti smartphone pada umumnya, sensornya terletak dan menyatu dengan tombol power di sisi samping bodi. Sementara itu, meski produk lama, OPPO A95 justru sudah menempatkan sensor sidik jari di dalam layar.

2. Layar

OPPO A96

OPPO A95 menggunakan ukuran layar 6,43 inci. Layar ini sudah menggunakan teknologi panel AMOLED dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. Layar ini mampu menampilkan detail gambar yang baik kala bermain game. Tak lupa, OPPO menambahkan teknologi eye comfort. Teknologi ini memungkinkan warna yang dihasilkan layar dapat menyesuaikan mata, sehingga mata tidak cepat lelah.

Beralih ke bagian layar OPPO A96, produsen menghadirkan sejumlah peningkatan. Ponsel Android ini ditanami layar yang lebih luas yakni 6,59 inci. Layar ini ini sudah mampu menjalankan refresh rate 90 Hz. Tidak heran, tampilan pada layar HP OPPO ini cukup mulus dan detail.

Tak lupa, terpasang teknologi Adaptive Refresh Rate yang membuat layar dapat secara otomatis menyesuaikan refresh rate layar sesuai kebiasaan penggunanya. Sayangnya, pada seri ini, OPPO masih menggunakan panel IPS.

Walaupun demikian, hal ini tidak mengganggu kamu dalam menonton video atau bermain game, karena tampilan yang dihadirkan tetap halus dan warna yang dipancarkan tetap maksimal.

3. Dapur Pacu

performa oppo a95

Perbedaan OPPO A95 dan OPPO A96 selanjutnya adalah bagian dapur pacu. OPPO memang masih percaya akan performa chipset buatan Qualcomm. OPPO A95 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 662. Sedangkan OPPO A96 memakai chipset Qualcomm Snapdragon 680.

Tentu performa A96 lebih baik disbanding A95 dari sisi chipset. Walaupun berbeda chipset, kedua HP OPPO ini sudah menggunakan RAM yang cukup besar yakni RAM 8 GB. RAM ini membuat kinerja smartphone kian lancar kala dipakai bermain game maupun multitasking lainnya.

Apalagi, untuk bagian grafis, OPPO mempercayakan GPU Adreno 610. Gabungan chipset dan GPU ini akan membuat performa ponsel ngebut tanpa takut boros baterai.

4. Memori

oppo a96

Dalam beberapa kali merilis produk baru, OPPO telah menghadirkan ponsel dengan memori internal yang cukup besar. Seperti yang terdapat pada OPPO A95 yang dilengkapi memori internal 128GB. OPPO pun meningkatkan sektor penyimpanan ini di OPPO A96 menjadi dua pilihan yakni 128 GB dan 256 GB.

OPPO A96 menjadi salah satu ponsel OPPO dari seri A yang menggunakan kapasitas penyimpanan hingga 256GB. Bila memori internal super luas itu masih dirasa kurang, kamu bisa memperluas penyimpanan menggunakan microSD sampai 1TB.

OPPO memahami bahwa smartphone saat ini sudah menjadi tempat penyimpanan data-data penting baik data kerjaan hingga data keluarga. Maka memori internal yang luas diharapkan bisa menarik pecinta smartphone tanah air.

5. Kamera

kamera OPPO A95

Oppo memang menghadirkan sektor kamera premium pada kedua ponsel Android ini. Hal ini sesuai dengan permintaan pasar tanah air yang menggunakan smartphone untuk fotografi. OPPO A95 hadir dengan tiga kamera di bagian belakang.

Kamera-kamera itu terdiri dari kamera utama 48MP, sensor kedalaman 2MP dan kamera makro 2MP. Kamera ini sudah cukup baik untuk fotografi maupun videografi. Apalagi OPPO menambahkan fitur stabilisasi video sehingga video bisa lebih stabil dan tidak banyak goyang.

Yang berbeda, OPPO A96 justru hanya menggunakan dua kamera di bagian belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan sensor kedalaman 2 MP. Kamera HP ini diklaim mendukung fitur bokeh flare portrait yang menghadirkan foto wajah atau objek lebih jelas, dengan kondisi latar yang buram. Fitur ini sebetulnya sudah lama dihadirkan OPPO pada seri Reno.

Untuk pecinta selfie, kamu akan cukup puas menggunakan dua ponsel OPPO ini. Pasalnya, sudah terpasang kamera depan dengan resolusi 16 MP. Kamera ini diklaim mampu menangkap gambar dan video lebih baik meski kondisi cahaya minim.

6. Baterai

oppo a96

Untuk mendukung penggunaanya, ponsel buatan OPPO ini sama-sama dibekali baterai tanam Li-Po berkapasitas 5000 mAh. OPPO juga sudah menambahkan fitur fast charging agar ponsel dapat terisi daya lebih cepat.

Nah, perbedaan Oppo A95 dan OPPO A96 ini terletak di fitur fast charging ini. OPPO A95 menggunakan teknologi pengisian Flash Charge 33W. Dengan teknologi ini, Baterai ponsel pun dapat terisi 30% hanya dalam waktu 15 menit.

Sedangkan OPPO A96 menggunakan teknologi lebih baik yakni SUPERVOOC 33W. Teknologi yang awalnya muncul di OPPO Find X ini diklaim mampu mengisi daya baterai 55% dalam waktu 30 menit saja.
Satu lagi perbedaan OPPO A95 dibanding OPPO A96 adalah ketiadaan fitur reverse charge.

Hanya OPPO A96 yang memiliki fitur reverse charge alias pengisian balik. Karena itu, ia bisa digunakan sebagai powerbank untuk mengisi baterai gadget lainnya.

Simpulan

Perbandingan OPPO A95 dan OPPO A96 di atas memang menarik. Apalagi, harga kedua perangkat tidak terpaut jauh. Untuk kamu yang mencari ponsel dengan layar dan kamera terbaik, OPPO A95 bisa menjadi pilihan. Harganya pun lebih murah.

Namun, kalau kamu membutuhkan ponsel performa dengan memori internal besar, OPPO A96 menjadi pilihan yang pas.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram