Carisinyal / OPPO A92 / Sebelum Beli, Pastikan Anda Tahu Kelebihan dan Kekurangan OPPO A92

Sebelum Beli, Pastikan Anda Tahu Kelebihan dan Kekurangan OPPO A92

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ada yang menarik dari OPPO seri A yang beredar di pasaran. Seri ini hadir dengan varian harga dari Rp2 sampai Rp4 jutaan. Hal ini membuat konsumen semakin memiliki banyak pilihan untuk memilih OPPO seri A. Salah satunya adalah OPPO A92.

Dari namanya, OPPO A92 ini adalah penerus dari OPPO A91. Hanya saja rilis waktu kedua ponsel ini cenderung dekat. OPPO A91 hadir resmi di Indonesia pada Maret 2020. Sementara OPPO A92 hadir pada Mei 2020.

Selain karena dekatnya waktu perilisan, kedua ponsel juga ada di kelas harga yang sama, yakni di bawah Rp4 juta. Hal ini jelas akan membuat calon konsumen bingung membeli. Apakah akan membeli OPPO A91 atau OPPO A92?

Untuk menentukan membeli ponsel, tentu harus diketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya. Karena artikel tentang kelebihan dan kekurangan OPPO A91 sudah kami buat, kini saatnya mengetahui kelebihan dan kekurangan OPPO A92. Apa sajakah plus minus dari ponsel ini? Simak selengkapnya berikut ini.

Spesifikasi OPPO A92

Oppo A92

  • Rilis: Mei 2020
  • Layar: IPS LCD 6.5 inches 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: Quad 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan OPPO A92

Ternyata ada banyak kelebihan yang ada ditawarkan oleh OPPO A92 yang membuat ponsel ini layak dipilih. Apa sajakah kelebihan yang ditawarkan OPPO A92? Simak poin-poinnya berikut ini!

1. Layar yang Baik untuk Seri A

oppo a92

OPPO A91 sudah menawarkan tampilan layar yang baik untuk sebuah seri A dari OPPO. Layar ponsel tersebut hadir dengan panel Super AMOLED dan memiliki tingkat kecerahan yang baik. Sayangnya, OPPO A92 tidak memakai panel Super AMOLED.

Namun, hal tersebut bukan kekurangan tersendiri karena layar OPPO A92 tergolong bagus. Ponsel ini menawarkan layar 6,5 inci dengan resolusi 1080 x 2400 piksel. Layarnya ini memiliki kerapatan layar 405 ppi. Sementara OPPO mengklaim kalau layar ponsel ini memiliki tingkat kecerahan mencapai 480 nits.

Layar ini juga tergolong baik karena terasa penuh. Hal ini karena OPPO menerapkan sistem kamera depan punch-hole. OPPO menyebut teknologi layar ini sebagai Neo-Display. Layarnya terasa semakin penuh berkat rasio layar ke bodi yang mencapai 90,50%.

Selain itu, layar OPPO A92 dilengkapi dengan teknologi yang bertujuan untuk kenyamanan mata pemakainya. Teknologi tersebut adalah teknologi pelindung mata yang telah tersertifikasi TÜV Rheinland. Berkat teknologi ini, kecerahan layar OPPO A92 dapat beradaptasi dan menyesuaikan dengan kondisi sekitar.

OPPO A92 juga dilengkapi dengan fitur Eye Care. Fitur ini bisa diaktifkan jika pengguna menginginkan layar ponsel memiliki visual yang tidak membuat mata tegang dan lelah.

Teknologi tersebutlah yang pada akhirnya membuat OPPO A92 unggul di sisi layar. Situs Tek.id sendiri memuji tampilan layar ponsel ini yang bisa memuaskan penggunanya dalam mengonsumsi konten visual.

Pujian juga diutarakan oleh KumparanTech. Menurut KumparanTech, layar ponsel ini dapat menghadirkan tampilan visual yang memanjakan mata dan menghadirkan warna yang tergolong baik. Layarnya juga masih jelas meski berada pada kondisi di bawah sinar matahari langsung.

Hal tersebut jelas menegaskan kalau layar OPPO A92 tergolong unggul. Layarnya memberikan nuansa yang berbeda dalam hal yang lebih positif jika dibandingkan layar ponsel OPPO seri A lainnya.

2. Desain yang Menarik

oppo a92

OPPO A92 hadir di Indonesia dengan tiga pilihan model yang menarik. Ada varian twilight black, aurora purple, dan shining white. Apapun pilihan modelnya, semuanya terlihat menarik dan kekinian.


KumparanTech sendiri menyebut kalau desain ponsel ini terbilang elegan. Bodi belakangnya memang dilapisi polikarbonat tetapi disatukan dengan bingkai ponsel yang sudah sepenuhnya metal. Konsep ini tidak hanya membuat desain OPPO A92 menarik tetapi tergolong nyaman digenggam.

2. Daya Tahan Baterai Lama

oppo a92

OPPO A92 hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Kapasitas baterai ini tentu besar dan bukan jadi sesuatu yang istimewa sebenarnya mengingat sudah banyak ponsel lain yang juga menawarkan kapasitas baterai yang sama.

Pertanyaannya sekarang tinggal seberapa lama daya tahan baterai ponsel ini? Dari beberapa ulasan terkait daya tahan baterai ponsel ini, daya tahan baterai ponsel ini tergolong lama. Daya tahannya bisa mencapai seharian penuh.


Situs Tek.id sendiri menguji daya tahan baterai ponsel ini dengan memainkan gim PUBG Mobile. Ternyata, OPPO A92 dapat memainkan PUBG Mobile dalam waktu 7 jam 30 menit, atau mendekati 8 jam. Kondisi baterai awalnya 90%, kemudian setelah digunakan, kondisi baterai yang tersisa adalah 10%.

3. Pengisian Daya Cukup Cepat

oppo a92

Selain memiliki daya tahan baterai yang baik, OPPO A92 juga telah didukung dengan teknologi pengisian cepat 18W. Teknologi ini tergolong lumayan cepat untuk mengisi baterai. Pihak OPPO sendiri mengklaim jika OPPO A92 dapat terisi dari 0% hingga 50% hanya dalam waktu 45 menit saja.

Hasil tersebut tidak berbeda jauh dengan capaian yang didapatkan oleh situs Nextren. Menurut situs tersebut, OPPO A92 membutuhkan waktu 52 menit untuk mengisi daya dari 2% sampai 54%. Sementara menurut KumparanTech, OPPO A92 membutuhkan waktu pengisian 1 jam 39 menit dari 20% sampai 100%.

Yang menarik, Uzone mendapatkan hasil waktu yang lebih cepat dalam mengisi daya ponsel ini. Menurut mereka, lama pengisian daya ponsel ini hanya memakan waktu 75 menit mulai dari 0 sampai 100 persen. Agak mencengangkan memang tetapi ternyata pengisian dayanya tergolong cepat.

5. Sensor Sidik Jari di Samping

oppo a92

OPPO A92 menghadirkan teknologi sensor sidik jari di bagian samping, menyatu dengan tombol power. Opsi ini tampaknya dipilih untuk memberikan pengalaman berbeda dalam memakai ponsel OPPO. Mengingat kebanyakan ponsel OPPO memiliki sensor sidik jari di bagian belakang atau ada di dalam layar.

Penggunaan sensor sidik jari di bagian samping ini jadi kelebihan tersendiri. Dengan posisi sensor sidik jari di samping dan menyatu di tombol power, proses membuka ponsel ini jadi terasa lebih cepat.

6. Color OS 7.1 Berbasis Android 10

oppo a92 color os 7.1

OPPO A92 hadir menawarkan ColorOS 7.1 dengan basis Adroid 10. Hadirnya ColorOS 7.1 di ponsel ini jadi kelebihan tersendiri mengingat ColorOS kini menawarkan fitur yang lebih menarik dan memberikan tampilan yang baik untuk pengalaman penggunaan.

ColorOS 7.1 memberikan banyak fitur menarik yang membuatnya berbeda jika dibandingkan ColorOS versi sebelumnya. Contohnya adalah hadirnya fitur Quick Tools yang berada di samping layar, customized ikon otomatis, opsi mode gelap, dan lainnya. Fitur-fitur tersebut jelas memberikan pengalaman menarik tersendiri dalam memakai OPPO A92.

7. Kualitas Speaker yang Baik di Kelasnya

oppo a92

OPPO A92 hadir dengan teknologi Dual Stereo Speaker. Speaker pertama terletak di bagian bawah, berdekatan dengan port audio jack 3,5 mm, USB Type-C, dan juga mic. Sementara speaker kedua ada di bagian atas yang menyatu dengan mic kedua.

Hadirnya dual speaker ini membuat kualitas suara yang dihasilkan ponsel ini tergolong bagus. Seperti kata KumparanTech, kualitas suara yang dihasilkan oleh OPPO A92 dapat menghasilkan suara yang tergolong nyaman di telinga.

8. Memori Besar

oppo a92

OPPO A92 menawarkan kapasitas RAM yang besar, yakni 8 GB. Sementara untuk memori internal, OPPO A92 dibekali memori internal 128 GB. Kapasitas ini bukanlah yang paling besar di kelasnya tetapi di kelas harga yang sama, masih belum banyak ponsel yang menawarkan kapasitas serupa.

Kekurangan OPPO A92

Ada dua kekurangan yang terdapat pada OPPO A92 ini. Apa sajakah itu? Simak langsung pembahasannya berikut ini!

1. Chipset Biasa Saja di Kelasnya

snapdragon 665

OPPO A92 dibekali dengan chipset Snapdragon 665. Chipset ini merupakan chipset yang tergolong banyak digunakan di ponsel yang keluar pada tahun 2019 dan 2020. Penggunaan chipset ini juga sekaligus membuat performa OPPO A92 sebenarnya memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda dengan saudaranya yang lain, yakni OPPO A9 2020OPPO A5 2020, dan OPPO A52.

Untuk performa, Snapdragon 665 termasuk chipset yang memberikan performa yang bagus, tetapi untuk kelas harga termurah. Chipset ini adalah chipset berkemampuan baik dan juga tergolong efisien. Sebagai gambaran, perhatikan performa benchmark dari OPPO A92 berikut ini.

ANTUTU OPPO A92

* sumber: kumparan.com

Tampak dari gambar di atas, kalau Antutu 8 dari OPPO A92 ada di angka 170 ribuan. Dengan nilai tersebut, menurut KumparanTech, OPPO A92 tergolong ponsel yang dapat menjalankan berbagai aplikasi bersamaan dengan baik, memainkan gim kekinian, dan memproses foto dengan baik.

Sementara David dari channel GadgetIn menyebut kalau performa Snapdragon 665 di OPPO A92 ini sebenarnya punya potensi besar. Ketika bermain PUBG Mobile, pengaturan grafisnya hanya smooth hight. Namun, ketika dioprek memakai GFXTool, performanya bisa meningkat dan dapat memainkan PUBG Mobile dengan grafis smooth extreme dan balanced extreme. 

Secara performa sebenarnya, tidak ada yang salah. Performa OPPO A92 tergolong bagus. Hanya saja di kelas harganya, masih banyak ponsel dengan performa yang lebih baik. Selain itu, ada banyak opsi ponsel yang memakai Snapdragon 665 yang dijual dengan harga lebih murah.

Beberapa ponsel dengan chipset Snapdragon 665 diantaranya adalah Realme 5, Redmi Note 8, dan Realme 5i, dan Realme 5s. Ponsel-ponsel tersebut dijual di rentang harga Rp2 juta, bahkan di bawahnya.

Ponsel lainnya yang memakai chipset ini adalah vivo S1 Pro yang dijual di harga Rp3 juta lebih sedikit. Ada juga vivo Y50 yang harga resmi awalnya ada di harga Rp3,7 juta. Ponsel inilah yang bisa dikatakan sebagai pesaing dari OPPO A92 karena perbedaan harganya cukup ketat.

Sementara ponsel OPPO lainnya yang menawarkan Snapdragon 665 adalah OPPO A52 dan OPPO A5 2020 yang dijual di harga Rp2 jutaan. OPPO A9 2020 yang juga memiliki chipset yang sama, awal muncul dijual di harga Rp3,9 jutaan tetapi seiring berjalan waktu, harganya jadi kisaran Rp3,3 jutaan (saat artikel ini dibuat) di toko online.

2. Kualitas Kamera Tidak TerLalu Istimewa

oppo a92

OPPO A92 hadir dengan konfigurasi empat kamera belakang. keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera depth sensor 8 MP. Sementara di bagian depan, hadir kamera selfie 16 MP.

Kualitas kamera dari ponsel ini sendiri cenderung biasa sebenarnya. David dari chanel GadgetIn menyebut kalau kualitas gambar dari ponsel ini bagus-bagus saja. Tapi hasil fotonya bisa dibilang tidak tajam-tajam amat. Detailnya kurang terasa, apalagi di kondisi low-light. 

Bisa dibilang kualitas dari foto ini tergolong biasa saja. Tidak jelek memang tetapi cenderung biasa. Terlebih karena memang banyak ponsel lain yang sebenarnya menawarkan konfigurasi kamera yang tidak jauh beda. Bahkan, konfigurasi kamera OPPO A92 ini mirip dengan OPPO A91. Tapi, yang patut diapresiasi, OPPO A92 mendukung rekaman video 4K.

Simpulan

Kamera dan chipset bukanlah hal unggulan yang ditawarkan oleh OPPO A92 ini. Ponsel ini tampak hadir sebagai alternatif bagi yang tidak menyukai spesifikasi dari OPPO A91. Fokus dari OPPO A92 tampak ada di sisi minor yang jarang menonjol di ponsel dan ini merupakan sesuatu yang bagus.

Lalu, apakah OPPO A92 ini layak dibeli? Dibilang layak banget tidak, tetapi sebagai alternatif di kelas ponsel Rp3 jutaan, ponsel ini layak dipilih. Apalagi jika nantinya harganya mengalami penurunan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *