Carisinyal / OPPO 2020 / 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A52 yang Wajib Diketahui

10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A52 yang Wajib Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

OPPO A52 merupakan HP besutan OPPO lainnya yang memasuki pasar harga menengah. Dirilis pada April 2020, sudah dipastikan HP ini banyak menawarkan berbagai kemudahan dari segi layar, baterai, kamera, dan masih banyak lagi.

Uniknya, HP ini dipasarkan secara berbeda dengan HP OPPO kebanyakan. Anda hanya bisa membeli OPPO A52 secara online pada beragam marketplace yang tersedia. Tapi karena Anda tidak bisa memeriksa HP-nya secara langsung, setidaknya Anda tetap mencari tahu kelebihan dan kekurangan OPPO A52 supaya tidak beli kucing dalam karung. Tertarik? Simak kelebihan dan kekurangan OPPO A52 berikut.

Spesifikasi OPPO A52

Oppo A52

  • Rilis: April, 2020
  • Layar: IPS LCD, 6,5 inci
  • Chipset: Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11 nm)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 12 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Cek spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan OPPO A52

Seperti produk merk OPPO pada umumnya, tentu Anda akan merasa terbantu dengan berbagai fitur dan spesifikasi yang mumpuni. Inilah beberapa kelebihan OPPO A52 yang bisa Anda nikmati.

1. Layarnya Sudah Full HD Plus

Bagi Anda yang senang menonton film di HP ataupun beragam kegiatan lainnya, kualitas tampilan layar sangatlah menentukan untuk menciptakan pengalaman yang mengesankan. Oleh karena itu, OPPO A52 hadir dengan layar berukuran 6,5 inci. Meski masih mengusung panel IPS LCD, layarnya ini sudah hadir dengan tampilan FHD+ yang memiliki ketajaman dan kejernihan lebih baik.

Sementara itu, layar OPPO A52 juga sudah didukung oleh sertifikasi TÜV Rheinland yang dapat mengurangi jumlah cahaya biru agar mata Anda tidak mudah lelah. Merupakan HP keluaran 2020, tentu OPPO A52 sudah mengusung desain layar baru dengan punch-hole di kiri atas layar dan tanpa menyisakan bezel sama sekali. Alhasil, layar OPPO A52 berhasil memiliki rasio perbandingan bodi ke layar sebesar 90,5%.

2. Baterainya Awet

Baterai yang awet akan menunjang kegiatan Anda supaya bisa berlangsung dengan durasi yang lebih lama. Anda bisa bernapas lega mengetahui OPPO A52 telah dibekali dengan kapasitas baterai yang besar, yakni 5000 mAh.

Kapasitas ini terbilang sangat besar untuk seukuran HP di segmen menengah ke bawah, Anda pun bisa menikmati menonton film tanpa kehadiran notifikasi low-batt yang mengganggu.

Selain kapasitas, waktu pengecasan juga perlu dipertimbangkan untuk mengukur kelayakan baterai pada suatu HP. Baterai yang tersemat pada bodi OPPO A52 juga sudah mendukung kemampuan pengisian daya cepat 18W. Dengan waktu pengecasan yang lebih sebentar, hal ini semakin membuat baterai OPPO A52 layak diminati.

3. Kapasitas RAM dan ROM yang Besar

Untuk menunjang serangkaian aktivitas, dibutuhkan RAM yang besar supaya kinerja HP saat bermain game bisa meningkat. Selain itu, ROM atau memori internal sangat berguna agar Anda bisa menginstal banyak aplikasi tanpa terganggu. Untung saja OPPO A52 sudah disertai dengan RAM 8 GB dan ROM 128 GB.

RAM 8 GB ini sudah sangat layak untuk kegiatan multitasking dan berpindah-pindah antar aplikasi tanpa membuat HP lemot. Meski ROM 128 GB yang diusungnya masih menggunakan teknologi UFS 2.1, kapasitas ini sungguh tergolong besar untuk menampung beragam file serta aplikasi yang ingin diunduh. Kecepatannya saat menginstal dan memindahkan data juga masih terbilang bagus, kok!

4. Quad Camera

Merk OPPO merupakan salah satu produsen HP yang mementingkan kualitas kamera pada setiap produknya. Tidak heran jika penggunanya senantiasa merasakan pengalaman fotografi yang menyenangkan. Untuk OPPO A52 sendiri, sudah tersemat konfigurasi quad camera pada punggung bodi dengan resolusi 12 MP (lebar), 8 MP (ultra lebar), 2 MP (makro) dan 2 MP (kedalaman).

Dengan empat lensa ini, Anda pun sanggup mengambil gambar dengan mode yang variatif. Misalnya saja, lensa ultra lebarnya bisa dipakai untuk mengambil pemandangan dengan sudut 119 derajat.

Selain itu, lensa makronya bisa digunakan untuk mengambil gambar objek dari jarak dekat dengan tetap menjaga keutuhan detil. Anda pun bisa mengambil gambar dengan efek background blur dengan lancar menggunakan sensor kedalaman.

Untuk fitur perekaman video, ada tiga resolusi yang bisa dipilih yakni 720p, 1080p, dan 4K. Kamera ini pun bisa digunakan untuk mengambil video slow motion dengan frame rate 120 fps.

Itu tadi pembahasan sekilas mengenai spek dan fitur kameranya. Lantas, bagaimana persisnya kualitas foto yang dihasilkan OPPO A52? Berdasarkan video perbandingan yang diunggah Hive Tech pada kanal YouTube, OPPO A52 terlihat memiliki kualitas gambar yang identik dengan hasil dari kamera OPPO A92.

Sebagai informasi, OPPO A92 memiliki selisih satu juta lebih mahal dari OPPO A52. Berikut adalah beberapa contoh hasilnya.

perbandingan-oppo-a92-a52-2

OPPO A92 (kiri) dan OPPO A52 (kanan) * sumber: www.youtube.com

perbandingan-oppo-a92-a52-bokeh

Perbandingan foto bokeh OPPO A92 (kiri) dan OPPO A52 (kanan) * sumber: www.youtube.com

perbandingan-oppo-a92-a52

Perbandingan fitur mode malam OPPO A92 (kiri) dan OPPO A52 (kanan) * sumber: www.youtube.com

Berdasarkan foto perbandingan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas kedua HP tidak jauh berbeda, baik untuk foto bokeh maupun fitur mode malam. Untuk foto pemandangan, OPPO A52 terlihat menghasilkan warna yang lebih vibrant ketimbang A92. Detil pada foto OPPO A52 agak sedikit buyar di beberapa bagian pada cabang pohon, tapi perbedaan ini sama sekali tidak signifikan.

Secara keseluruhan, performa dari kamera OPPO A52 ternyata mampu disandingkan dengan OPPO A92 yang sejuta lebih mahal. Hal ini merupakan kabar baik jika Anda ingin mencari HP dengan kamera bagus namun tetap ingin hemat budget.

5. Memiliki Dual Speaker

Oppo A52

Bagi Anda yang penggemar musik maupun film, kualitas suara yang dihasilkan HP tentu berpengaruh besar pada pengalaman Anda. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan dari OPPO A52. Dengan Dual Stereo Speakers yang diusungnya, Anda bisa mendengar beragam suara dengan akurat.


Speaker ini juga dilengkapi dengan efek suara Dirac 2.0 yang bisa mendeteksi profil suara berdasarkan kegiatan yang dilakukan seperti bermain game, menonton film, ataupun mendengar musik.

6. Hadir dengan Triple Slot

triple slot

Memiliki kapasitas memori internal yang besar tidak mencegah OPPO untuk menyematkan slot memori eksternal khusus pada OPPO A52. Ini merupakan sebuah keunggulan yang layak diapresiasi karena rata-rata HP yang ROM-nya besar hanya menyediakan slot hybrid, atau bahkan tidak memiliki dukungan microSD sama sekali.

Memori internalnya yang 128 GB bisa diperluas dengan microSD hingga 512 GB, menjadikan HP ini mampu dianggap sebagai media penyimpanan file cadangan.

7. Hadir dengan ColorOS 7

Navigasi menjadi faktor penting pada sebuah HP. User interface yang mudah dioperasikan akan menambah kepuasan tersendiri kepada para pengguna. Itulah mengapa OPPO A52 sudah berjalan pada Android 10 yang dibalut dengan ColorOS 7.1.

Sistem operasi ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah Infinite Design – sebuah desain antar muka yang dibuat dengan warna dan bentuk ikon yang teduh sehingga lebih terlihat bersih.

Ada juga fitur Dark Mode yang dapat diterapkan pada seluruh sistem hanya dalam sekali klik. Fitur Assistant-nya pun kini lebih canggih, Anda kini bisa membuat Breeno untuk menjalankan serangkaian aktivitas secara otomatis.

8. Side-Mounted Fingerprint Scanner dan Face Unlock

oppo a52 fingerprint

Fitur pembuka kunci yang praktis mulai cukup banyak dicari oleh sebagian pengguna. Pasalnya, memasukkan nomor PIN atau pattern agak menguras waktu. OPPO A52 sudah hadir dengan fitur fingerprint scanner yang tersemat di samping bodi, terletak pada tombol power.

Bagian ujung pada posisi tombol power juga telah dibuat menekuk agar jempol Anda bisa ditempelkan pada sensor dengan nyaman. Selain itu, tersedia juga fitur Face Unlock jika Anda tidak ingin menggunakan sensor pemindai jari. Fitur Face Unlock ini juga cukup mampu melakukan tugasnya dengan baik – Anda bisa membuka kunci layar hanya dengan instan.

Kekurangan OPPO A52

Meskipun OPPO A52 hadir dengan segudang kemudahan yang ditawarkan, tidak ada salahnya Anda mengetahui beberapa kekurangannya. Simak kekurangan OPPO A52 berikut ini.

1. Chipset Kurang Bersaing

chipset snapdragon 665

Sebenarnya, chipset Snapdragon 665 yang mentenagai OPPO A52 bukanlah chipset yang buruk. Hanya saja jika dilihat dari rentang harga OPPO A52, sudah banyak HP 3 jutaan lainnya yang mengusung chipset dengan performa lebih baik.

Contohnya saja seperti OPPO F11 Pro yang mengusung chipset Helio P70. Jika disandingkan, Helio P70 ini memiliki performa yang setara dengan Snapdragon 710.

Jangan khawatir, chipset Snapdragon 665 ini masih layak untuk dipakai bermain game Asphalt 9 dengan lancar. Meski begitu, jika Anda ingin bermain PUBG Mobile, Anda mungkin hanya bisa bermain dengan frame rate stabil pada pengaturan grafis Balance.

2. Tidak Tersedia Konektivitas NFC

OPPO A52 tanpa nfc

Seiring perkembangan waktu, teknologi untuk melakukan transaksi kian dikembangkan. Kini sudah cukup marak beberapa mesin transaksi digital di Indonesia, terutama pada ibukota, yang bisa digunakan dengan fitur NFC pada HP. Sayangnya, OPPO A52 masih belum dibekali dengan NFC.

Padahal beberapa HP di segmen harga yang sama sudah dibekali dengan fitur menguntungkan ini, seperti Samsung Galaxy A50s, Redmi Note 8 Pro, dan beberapa HP Android besutan Nokia. Namun jika Anda tidak begitu membutuhkan fitur ini, tidak adanya NFC bukanlah sebuah kekurangan yang signifikan.

Simpulan

Sebagai salah satu produk OPPO pada segmen harga menengah, OPPO A52 cukup handal dalam menunjukkan kebolehannya, terutama dari sisi ketahanan baterai serta ukuran memori internalnya yang besar. Meski tidak hadir dengan chipset yang setara dengan Snapdragon seri 7, setidaknya ia dibekali dengan RAM yang cukup besar supaya Anda nyaman berpindah-pindah aplikasi.

Empat lensa yang tersemat pada punggung bodi juga sudah cukup lengkap fiturnya, dengan kualitas yang tidak beda jauh dengan HP pada harga di atasnya. Selain itu, layar dan audionya juga sungguh mampu memberikan pengalaman yang baik saat menonton berkat sokongan Full HD pada layar dan Dirac 2.0 pada dua speaker stereonya.

Pada akhirnya, semua tergantung pada selera dan kebutuhan Anda. Jika Anda bisa menolerir beberapa kekurangan dari OPPO A52, maka HP ini sungguh memiliki value for money yang baik. Jika Anda tertarik, silakan beli OPPO A52 melalui link ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *