Yuk, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan OPPO A9 2020!

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

OPPO memperbaiki lini produk A series dengan menghadirkan produk dengan spesifikasi yang lebih menarik. Hal ini terlihat dari kehadiran OPPO A7 yang meluncur pada akhir 2018 lalu. Sekarang, OPPO memiliki lini produk yang disebut OPPO A9 2020, sebuah HP yang ditujukan untuk kelas menengah.

Apa daya tarik dari OPPO A9 2020 ini? Apakah cukup layak untuk dibeli? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan OPPO A9 2020 berikut ini. Tapi sebelumnya, mari simak terlebih dahulu spesifikasi dari HP ini.

Spesifikasi OPPO A9 2020

Oppo A9 2020

[aps_product_specs id="52413"]

Kelebihan OPPO A9 2020

Setelah Anda mengetahui spesifikasi OPPO A9 2020, sekarang saatnya mengetahui keunggulan atau kelebihan yang ditawarkan oleh HP ini. Apa saja keunggulan dari OPPO A9 2020 ini? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Kamera 48 MP yang Menarik

kamera Oppo A9 2020

OPPO A9 2020 dibekali dengan empat kamera belakang. Keempat kamera belakang ini terdiri dari kamera utama 48 MP yang memiliki bukaan f/1.8 dan fitur PDAF. Kamera kedua adalah kamera ultra-wide 8 MP dengan fitur autofocus. Dua kamera lagi adalah kamera 2MP, yang satu untuk memberi efek bokeh, yang satu merupakan kamera monokrom.

Bagaimana kualitas dari kamera belakang ini? Simak contoh hasil tangkapan kamera belakang dari OPPO A9 2020 berikut ini.

hasil kamera Oppo A9 2020

* sumber: www.thedailystar.net

hasil kamera Oppo A9 2020

* sumber: www.yugatech.com

hasil kamera Oppo A9 2020

* sumber: www.yugatech.com

Hasil tangkapan kamera dari OPPO A9 2020 ini tergolong bagus. Terlihat kalau hasil tangkapan kamera dari HP bisa bicara banyak. Situs Yugatech mengatakan jika kamera HP ini mampu menangkap foto dengan hasil gambar yang tajam dan warna yang akurat ketiak memotret di kondisi cahaya yang baik.

Situs Selular.id juga mengatakan kalau hasil tangkapan kamera belakang HP ini tergolong bagus, terutama untuk kamera 48 MP. Kamera ini dapat mengambil foto dengan hasil gambar yang lebih detail dan lebih jernih.

Situs BGR.in juga mengatakan kalau hasil tangkapan kamera belakang HP ini tergolong bagus. Kamera HP ini dapat menangkap gambar yang mengesankan. Rentang dinamis gambar juga tergolong baik.

Selain itu, hasil tangkapan dari HP ini untuk mode malam tergolong bagus. Hasil tangkapan kamera untuk mode portrait juga tergolong bagus. Seperti yang diungkapkan oleh situs The Daily Star yang mengatakan kalau mode portrait dari HP ini cenderung mendekati hasil seperti HP flagship. 

2. Daya Tahan Baterai yang Lama

Oppo A9 2020

* sumber: www.yugatech.com

OPPO A9 2020 dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Kapasitas baterai ini tentu tergolong besar, tinggal seberapa lama daya tahan baterai ini dalam menjalankan tugasnya. Kalau menurut situs Selular.id, baterai HP ini dapat memainkan video sampai 19 jam.

Situs Yugatech sendiri menguji HP ini dengan benchmark PC Mark. Hasilnya, HP ini mendapatkan skor waktu 15 jam 18 menit. Sementara dalam pengujian video looping, hasil yang didapatkan serupa dengan apa yang diungkapkan oleh Selular.ID, yakni mencapai waktu 19 jam.

Berdasarkan pengujian tersebut, jelas HP ini dapat dikatakan sebagai HP dengan daya tahan baterai yang tergolong baik. Satu kelebihan tersendiri tentunya dari HP ini.

3. USB Type-C dan Reverse Charging

usb type c oppo a9 2020

Kelebihan lain dari OPPO A9 2020 adalah penggunaan port USB Type-C. Hal ini terasa istimewa, mengingat biasanya OPPO jarang memberikan port USB Type-C di kelas harga menengah. Selain itu, OPPO A9 2020 juga sudah menawarkan kemampuan reverse charging alias HP ini bisa berfungsi sebagai power bank. 

4. RAM dan Memori Internal Besar

Oppo A9 2020

OPPO A9 2020 memiliki keunggulan di sektor RAM dan penyimpanan internal yang besar. Betapa tidak, HP ini dibekali dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 128 GB. Hal ini jelas membuat HP ini memiliki nilai lebih di sektor ini. Terlebih, masih jarang HP di kelas menengah menawarkan RAM 8 GB.

5.  Desain Oke dengan Corning Gorilla Glass 3

Oppo A9 2020

* sumber: www.thedailystar.net

Satu keunggulan lain dari OPPO A9 2020 adalah desainnya yang cantik. Kalau menurut Yugatech, desain HP ini terlihat premium dan bergaya. Selain itu desainnya cenderung mirip dengan OPPO R17 Pro yang jelas memberi kesan kalau HP ini memiliki desain yang berkelas.

Selain itu, OPPO A9 2020 juga sudah dilengkapi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3. Jelas hal ini jadi keunggulan tersendiri, meskipun beberapa tipe ponsel yang harganya di bawah OPPO A9 2020 sudah ada yang memakai Corning Gorilla Glass 5 atau 6. Tetapi pemberian Corning Gorilla Glass 3 pada layar HP ini patut diapresiasi.

6. Dual Speaker Dolby Atmos

Oppo A9 2020

* sumber: www.yugatech.com

OPPO A9 2020 dibekali dengan teknologi Dolby Atmos. Teknologi ini memungkinkan OPPO A9 2020 memiliki kualitas suara yang baik. Seperti yang disampaikan oleh Yugatech, bahwa kualitas suara HP ini cukup keras. Namun, kualitas suara dari HP ini akan lebih baik jika menggunakan headset atau earphone. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram