Carisinyal / Oppo 2019 / Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno2 F yang Perlu Anda Tahu

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno2 F yang Perlu Anda Tahu

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2019

OPPO bisa dibilang vendor ponsel yang produktif. Betapa tidak, OPPO mengeluarkan ponsel baru hampir tiap bulan. Bahkan, kadang waktunya tidak terpaut jauh dibandingkan generasi sebelumnya. Contohnya adalah OPPO Reno series.

OPPO Reno series mulai debut quarter pertama tahun 2019. Di awal quarter ketiga, generasi kedua OPPO Reno series hadir. Di Indonesia, generasi pertama ditandai dengan kemunculan OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom, Sementara generasi kedua, hadir OPPO Reno2 dan OPPO Reno2 F.

Carisinyal sudah membahas soal OPPO Reno2. Kali ini, yang bakal dibahas adalah OPPO Reno2 F yang banderol harganya lebih murah, yakni sekitar Rp5 jutaan. Dengan banderol harga tersebut, seperti apa perangkat OPPO Reno2 F ini? Anda penasaran? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan dari OPPO Reno2 F berikut ini.

Spesifikasi OPPO Reno2 F

Oppo Reno2 F

Umum

  • Diumumkan
    Agustus, 2019
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    162.4 x 75.8 x 8.7 mm
  • Berat
    195 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif AMOLED
  • Ukuran
    6,5 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 5
  • Resolusi
    1080 x 2340 piksel, rasio 19,5:9 (kepadatan ~394 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Mediatek MT6771V Helio P70 (12 nm)
  • CPU
    Octa-core (4x2.1 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53)
  • GPU
    Mali-G72 MP3

Memori

  • RAM
    8 GB
  • Memori Internal
    128 GB
  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 256 GB (slot khusus)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    4
  • Resolusi
    48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Fitur
    48 MP, f/1.7, 26mm (lebar), 1/2.3", 0.8µm, PDAF
    8 MP, f/2.2, 13mm (ultra lebar), 1/4", 1.12µm
    2 MP B/W, f/2.4, 1/5", 1.75µm
    2 MP, f/2.4, 1/5", 1.75µm, sensor mendalam
    Dukungan: Dual-LED flash, HDR, panorama
  • Video
    [email protected], gyro-EIS; Merekam video hanya dengan kamera utama

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1
  • Resolusi
    Pop-up bermotor 16 MP, f/2.0, 26mm (lebar), 1/3.1", 1.0µm
  • Fitur
    LED flash, HDR
  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    4.2, A2DP, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    A-GPS, GLONASS, BDS
  • USB
    Konektor reversibel Type-C 1.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po
  • Kapasitas
    4000 mAh tidak dapat dilepas
  • Wireless Charging
  • Fitur
    Pengisian baterai cepat 20W (VOOC Flash Charge 3.0)

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 9.0 Pie
  • Sensor
    Fingerprint (optik, di bawah permukaan layar), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Sky White, Lake Green
  • Lainnya
    Fitur audio:
    - Suara Dolby Atmos

    *Harga masih ekspektasi

Kelebihan OPPO Reno2 F

Mari mulai bahas tentang kelebihan yang ditawarkan oleh OPPO Reno2 F. Apa saja kelebihan yang ditawarkan oleh OPPO Reno2 F? Langsung saja simak poin-poin kelebihannya berikut ini!

1. Desain dan Build Quality Oke

Oppo Reno2 F

OPPO Reno2 F hadir dengan desain dan build quality yang serupa dengan OPPO Reno2. Varian warna yang dihadirkan ada dua, yakni Lake Green and Sky White.

Untuk desainnya, ponsel ini hadir dengan desain yang matang. Kamera belakangnya hadir dengan berjejer secara vertikal membuat desain ponsel ini secara keseluruhan cukup cantik. Bodi HP ini juga tergolong kokoh berkat proteksi Corning Gorilla Glass 5 di bagian belakang, Dengan pelindung ini, jelas membuat HP ini tidak murahan.

2. Layar AMOLED Full HD+

OPPO RENO 2 F

*

OPPO Reno2 F datang dengan layar 6,5 inci dengan panel AMOLED. Dimensi layar dan panel yang juga tersemat di OPPO Reno2. Kedua HP juga sama-sama menawarkan resolusi Full HD+. Hanya saja OPPO Reno2 menawarkan rasio 20:9 dengan kerapatan layar 401 ppi. Sementara OPPO Reno2 F menawarkan rasio 19,5:9 dengan kerapatan layar 394 ppi.

Bagaimana dengan tampilan layar dari HP ini? Tampilan layar HP ini tergolong oke. Berkat panel AMOLED yang sudah dikenal sebagai panel yang lebih baik dibandingkan IPS. Jangan lupakan juga, layar HP ini fullscreen tanpa adanya notch. 

Menurut Yugatech, layar HP ini mampu menawarkan warna yang akurat. Layar HP ini juga dapat terlihat jelas ketika berada di bawah sinar matahari langsung.  Jelas hal ini menunjukan kalau layar HP ini tergolong jempolan. 

3. Daya Tahan Baterai yang Lama

OPPO RENO 2F

*

OPPO Reno2 F dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh. Kapasitas baterai yang sama yang juga tersemat di OPPO Reno2. Kapasitas baterai 4.000 mAh sudah terlalu umum. Tinggal bagaimana daya tahannya. Apakah sama seperti baterai dengan kapasitas 4.000 mAh lainnya?

Kalau berdasarkan pengujian yang dilakukan Yugatech, baterai ponsel ini mendapatkan skor 10 jam 40 menit pada pengujian PCMark. Sementara pada pengujian tes video tanpa henti, ponsel ini bisa bertahan sampai 22 jam 8 menit. Waktu yang tidak sedikit tentunya.

4. VOOC Flash Charging 20W

VOOC Oppo RENO 2

Keunggulan lain dari OPPO Reno2 F adalah dukungan teknologi fast charging. Teknologi yang didukung adalah VOOC Flash Charging 20W. Teknologi ini juga tersemat di OPPO Reno2. Dengan teknologi pengisian cepat ini, OPPO Reno2 F dapat terisi penuh dengan hanya memakan waktu 1 jam 15 menit.

5. Sensor Sidik Jari di Layar Cukup Cepat

sensor sidik jari oppo reno2

OPPO Reno2 F dibekali dengan sensor sidik jari di bagian layar. Sensor sidik jari di layar ini tergolong cepat dan bagus. Hal yang disayangkan adalah face unlock atau sensor pengenalan wajah HP ini terasa lambat. Hal ini mungkin disebabkan karena kamera depan yang mengusung konsep pop-up.

6. Kualitas Audio Dolby Atmos

OPPO Reno2 F

OPPO Reno2 F sudah dibekali dengan teknologi Dolby Atmos yang membuat HP ini bisa mengeluarkan kualitas suara yang menggelegar. Suara yang dihasilkan oleh HP malah bisa tergolong nyaman didengar.

Kekurangan OPPO Reno2 F

Apa sajakah kekurangan dari OPPO Reno2 F? Untuk menjawabnya, mari simak poin-poin kekurangannya berikut ini.

1. Performa Biasa Saja di Kelasnya

OPPO RENO 2 F

*

OPPO Reno2 F dibekali dengan chipset Mediatek MT6771V Helio P70. Chipset ini hadir dengan Octa-core (4×2.1 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53) dan pengolah grafis Mali-G72 MP3. Bagaimana dengan performanya?

Berdasarkan pengujian benchmark Antutu yang dilakukan Yugatech, OPPO Reno2 F ternyata hanya mendapatkan nilai Antutu sebesar 148 ribuan saja. Angkanya tidak begitu besar untuk sebuah ponsel di kelas menengah. Performanya bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan OPPO F11 yang juga sama-sama dibekali Helio P70.

Kalau untuk pekerjaan sehari-hari, OPPO Reno2 F dapat menjalankan berbagai tugas dengan baik. Hanya saja ketika diajak bermain gim, terjadi beberapa frame dop. Meskipun kalau menurut Yugatech, hal tersebut tidak terlalu merusak pengalaman bermain gim di HP ini.

Berdasarkan hal tersebut, jelas kalau performa OPPO Reno2 F bukan yang terbaik. Tidak burut amat memang. Tetapi dengan banderol harga Rp5 jutaan, seharusnya OPPO membenamkan chipset dengan kemampuan yang lebih baik.

2. Kamera Belakang Tergolong Lumayan

OPPO RENO 2 F

*

OPPO Reno2 F dibekali dengan empat kamera belakang, serupa dengan kamera yang ada di OPPO Reno2. Hanya saja beda konfigurasi kameranya. OPPO Reno2 datang dengan kamera utama 48 MP Sony IMX586, kamera telefoto 13 MP, kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera monokrom 2 MP.

Lalu,bagaimana dengan kamera yang ada di OPPO Reno2 F? Di OPPO Reno2 F, konfigurasi kameranya adalah kamera utama 48 MP, kamera ultra-wide 8 MP, kamera monokrom 2 MP, dan kamera khusus depth sensor 2 MP. Hal ini berarti, OPPO Reno2 F tidak memiliki kamera telefoto.

Penasaran dengan hasil tangkapan kamera belakang HP ini? Simak beberapa contoh hasil tangkapan kamera belakang dari OPPO Reno2 F ini.

hasil tangkapan kamera oppo reno 2f

hasil tangkapan kamera oppo reno 2f ultra wide

hasil tangkapan kamera oppo reno 2f

* sumber: www.yugatech.com

Hasil tangkapan kamera belakang dari OPPO Reno2 F ternyata masuk kategori lumayan jika menilik foto-foto di atas. Kalau menurut Yugatech, hasil tangkapan kamera belakang HP ini mampu menghadirkan kamera dengan kontras yang bagus dan dynamic range yang bagus. Hanya saja, warna yang keluar terasa lebih jenuh dibandingkan nyatanya.

Kamera HP ini juga kurang bisa berbicara banyak ketika diajak foto di kondisi cahaya gelap. Masih menurut Yugatech, hasil bidikan kamera HP ini di kondisi gelap menghasilkan foto dengan banyak noise. Hal ini jelas jadi kekurangan tersendiri.

Untungnya, ada fitur yang bisa dianggap sebagai kelebihan dari kamera HP ini. Fitur tersebut adalah perekaman video dengan kondisi stabil. Kamera HP ini ternyata bisa merekam video Full HD 30 fps dengan kestabilan yang tergolong baik.

2. Kamera Depan Kurang Maksimal

Oppo Reno2 F

Bukan hanya kamera belakangnya yang terasa kurang oke, kamera depan ponsel ini juga terasa kurang maksimal. Memang HP ini menawarkan kamera depan 16 MP dengan mekanisme pop-up tetapi tipe kamera seperti sudah tidak terlalu spesial mengingat sekarang sudah ada HP dengan kamera depan pop-up seperti Realme X contohnya yang dijual di harga Rp3 jutaan.

Lalu, mengapa kamera depan HP ini terasa kurang spesial? Hasil tangkapan kamera depan HP ini tidak terasa menonjol. Hasil foto selfie di HP cenderung terlalu terang di berbagai kondisi pencahayaan apapun. Mode potrait juga menghasilkan foto dengan latar belakang blur yang hasilnya terkadang oke terkadang tidak.

3. Tidak Ada NFC

OPPO RENO2 F

* sumber: dailysocial.id

OPPO Reno2 F tidak dibekali fitur NFC. Hal yang tentu disayangkan. Padahal saudaranya, yakni OPPO Reno2 sudah memiliki fitur NFC. Ketidakhadiran NFC di HP ini mungkin sebagai pembeda antara OPPO Reno2 dan OPPO Reno2 F.

4. Soal Tombol Power dan Volume

OPPO RENO2 F

* sumber: dailysocial.id

OPPO Reno2 F datang dengan posisi tombol power dan volume yang terpisah. Tidak seperti HP lain yang menawarkan tombol power dan volume pada satu sisi, HP ini malah menawarkan tombol power di bagian sisi kanan dan tombol volume ada di bagian kiri.

Apakah konfigurasi ini buruk? Sebenarnya tidak buruk-buruk amat. Hanya saja butuh waktu untuk membiasakan diri dengan posisi volume dan tombol power yang terpisah.

Simpulan

OPPO Reno2 F bisa dibilang HP yang dibilang lumayan. Tidak bisa dikatakan terbaik karena hal-hal yang ditawarkan oleh HP ini termasuk kategori biasa. Tidak ada fitur yang terlalu spesial yang ditawarkan oleh HP ini.

Namun, hal tersebut tidak bisa jadi alasan sepenuhnya untuk tidak membeli HP ini. Jika Anda memang tertarik dengan HP ini, terlebih karena desain, kamera depan pop-up, dan layarnya yang menterang, maka kami tidak bisa melarang. Jika memang mau beli HP ini, silakan beli HP ini di Bukalapak lewat link ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar