10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 10x Zoom

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha

Salah satu "primadona" Oppo di 2019 adalah Oppo Reno 10x Zoom. Mengapa disebut "primadona"? Karena HP ini menawarkan spesifikasi tinggi, teknologi canggih, desain kelas atas, dan juga hal-hal yang membuat Oppo Reno 10x Zoom bukanlah HP Oppo sembarangan.

Oppo Reno 10x Zoom adalah salah satu HP Oppo terbaik. Kelasnya serupa dengan Oppo Find X dan lebih tinggi jika dibandingkan Oppo R17 Pro. Di Indonesia, HP ini dihadirkan secara resmi bersama saudaranya, Oppo Reno versi standar.

Namun, tentu Oppo Reno 10x Zoom lebih menarik perhatian. Apa yang jadi istimewa dari HP ini? Setidaknya, ada 6 poin keunggulan yang menarik yang ditawarkan HP ini. Tetapi HP ini bukan tanpa cela, ada juga 4 poin kekurangannya. Lantas, apa sajakah kelebihan dan kekurangan HP ini? Simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Oppo Reno 10x Zoom

[aps_product_specs id="45176"]

Kelebihan Oppo Reno 10x Zoom

Tertarik membeli HP Oppo Reno 10x Zoom? Kalau begitu, Anda perlu tahu beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh HP yang jadi jagoan Oppo di kelas flagship ini, ya.

1. Desain dan Build Quality yang Bagus

Oppo belakangan menghadirkan HP dengan desain yang menawan dan cantik. Desainnya yang membulat juga selalu jadi ciri khas dari HP Oppo, termasuk HP Oppo kelas atas. Hal yang sama juga berlaku dengan Oppo Reno 10x Zoom.

Oppo Reno 10x Zoom masih mempertahankan identitas desain khas Oppo. Bedanya, desain yang cantik ini didukung dengan rancang bangun atau build quality yang baik. Seperti yang disampaikan oleh AndroidAuthority, HP ini memiliki kualitas rancang bangun yang baik.

Hal ini terlihat dari penggunaan bingkai logam dan lapisan kaca di bagian belakang bodi HP ini. Selain itu, HP ini memiliki layar yang sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 6. Tidak ketinggalan, berbagai teknologi dan sistem kamera tersembunyi membuat HP ini memang tampak solid dan berkualitas dibandingkan HP Oppo kelas atas lainnya.

2. Layar AMOLED Memesona

Oppo Reno 10x Zoom

* sumber: www.yugatech.com

Oppo Reno 10x Zoom hadir dengan layar 6,6 inci dengan resolusi 1.080 x 2.340 piksel. Layarnya mengusung rasio 19,5:9 dengan kerapatan layar 387ppi. Layarnya ini memiliki bezel tipis dan hampir seluruh tepian layarnya menyisakan bingkai yang tipis. Tidak ada tempat untuk kamera depan karena HP ini memiliki kamera depan tersembunyi.

Layar HP ini hadir dengan panel AMOLED yang tergolong bagus dan memesona. Dengan tingkat kecerahan layar sebesar 440 nits, layarnya tampak cerah. Meskipun panel layar ini kalah dengan panel OLED dari Samsung tetapi tampilan layarnya masih tergolong cerah.

AndroidAuthority sendiri memuji kualitas tampilan layar HP ini yang cerah dan tampak lega. Warna-warna dari layar OLED HP ini memang tampak cerah, bahkan ketika digunakan dibawah sinar matahari langsung, layarnya masih tetap jelas,

3. Daya Tahan Baterai yang Lama dan VOOC

Oppo Reno 10x Zoom

* sumber: www.yugatech.com

Oppo Reno 10x Zoom dibekali dengan baterai berkapasitas 4.065 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong besar tetapi pertanyaan apakah kapasitas tersebut mampu memberikan daya tahan baterai yang lama?

Untuk menjawab pertanyaan, tersebut, mari lihat hasil pengujian yang dilakukan GSMArena. Hasil pengujian tersebut menunjukan jik Oppo Reno 10x zoom  mampu mendapat skor 107 jam. Skor tersebut terbilang bagus mengingat jarang sekali HP kelas atas mendapat skor tinggi. Terlebih HP ini memiliki dimensi layar yang besar.

 

 

Bencmark baterai Oppo Reno 10x Zoom

* sumber: www.gsmarena.com

Data pada gambar di atas menunjukan kalau HP ini memiliki daya tahan baterai yang bagus. Hal ini juga senada dengan apa yang disampaikan oleh Pocket-lint. Menurut mereka, HP ini dapat bertahan sampai dua harian dengan penggunaan sedang, bahkan kedang tersisa 50%. Saat digunakan main gim berjam-jam, sisa baterai juga tidak cepat habis.

Hal ini jelas menegaskan kalau HP ini memiliki daya tahan baterai yang baik. Selain itu, HP ini juga dibekali pengisian cepat VOOC 3.0 20W. Meski tidak secepat Super VOOC, tetapi durasi pengisian selama 30 menit mencapai 52% persentase tentu adalah sesuatu yang patut diapresiasi.

4. Performa Bagus

Oppo Reno 10x Zoom

Aneh rasanya, jika sebuah HP dengan Snapdragon 855 tidak memiliki performa kencang. Seperti halnya Xiaomi Mi 9, OnePlus 7 Pro, Asus Zenfone 6, dan HP lainnya yang menawarkan dapur pacu Snapdragon 855, jelas Oppo Reno 10x Zoom memiliki performa yang kencang.

Performa yang kencang dari Oppo Reno 10x Zoom ini terbukti dari benchmark yang memiliki nilai tinggi. Benchmark Geekbench 4 menunjukan Oppo Reno 10x Zoom mampu menghadirkan skor 3.082 untuk single-core dan 11.218 untuk multi-core. Benchmark OpenGL di angka 5.666 dan Antutu di angka 355.179.

Benchmark Oppo Reno 10x Zoom

AndroidAuthority, mengatakan kalau performa HP ini ketika diajak bermain gim tergolong bagus. Selain itu, HP ini memiliki teknologi yang memungkinkan panas dibuang dengan baik sehingga HP ini tidak mengalami overheating. 

Situs Pocket-lint juga memuji performa dari Oppo Reno 10x Zoom. Performanya secara umum tergolong cepat, lancar dan dapat memainkan gim dengan grafis paling intens sekali pun. Tentu saja bermain PUBG Mobile, atau game dengan kebutuhan grafis tinggi lainnya bisa dijalankan dengan baik di HP ini.

5. Kualitas Kamera yang Baik dan Jempolan

Oppo Reno 10x Zoom

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram