Carisinyal / Oppo 2019 / Yuk, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A5s!

Yuk, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A5s!

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 April 2019

Setelah memperkenalkan jagoan barunya, Oppo F11 Pro beberapa waktu lalu, kini Oppo kembali meramaikan pasar gadget dengan mendatangkan HP terbaru lainnya, yakni Oppo A5s, primadona baru di deretan HP Oppo Seri A. Nah, kali ini, Carisinyal akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A5s ini.

Gimana, Anda penasaran ingin mengetahui apa saja yang menjadi poin plus maupun minus dari HP yang satu ini? Simak langsung saja pembahasan berikut, ya.

Spesifikasi Oppo A5s

kelebihan dan kekurangan oppo a5s

  • Chipset: Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
  • RAM & Memori: 3 GB & 64 GB
  • Kamera: Dual 13 MP + 2 MP
  • Baterai: Li-Ion 4230 mAh
  • Kisaran Harga: -

Spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Oppo A5s

Setelah Anda mengetahui spesifikasinya secara lengkap, kini saatnya mengulas mengenai kelebihan-kekebihan yang ditawarkan oleh Hp ini.

1. Desain Kekinian

teknologue_oppo a5s2

*Sumber: https://youtu.be/S6SgBDTDKJM

Selain Huawei, HP-HP besutan Oppo juga selalu tampil dengan desain cantik dan kekinian. Oppo A5s ini punya kover belakang yang dibuat seolah-olah dilapisi kaca, sehingga tampilannya terasa lebih premium.

HP ini juga sudah mengusung notch berbentuk waterdrop di bagian depan layarnya. Oppo A5s ini juga punya bezel yang cukup tipis sehingga layarnya terasa semakin luas. Rasio bodi ke layarnya sendiri mencapai 81.6 cm. HP baru besutan vendor asal Tiongkok ini tersedia dalam aneka pilihan warna, yakni merah, hitam, emas dan hijau.

2. Kualitas Layar Oke

teknologue_oppo a5s

*Sumber: https://youtu.be/S6SgBDTDKJM

Oppo A5s dibekali dengan layar 6.2 inci yang menggunakan panel berteknologi IPS LCD. Sayangnya, Layar HP ini masih beresolusi HD+ 720 x 1520 piksel dengan kerapatan di bawah 400 ppi. Meski begitu, layar dengan rasio 19:9 ini masih nyaman untuk dipandang mata.

Oh ya, layar dari HP Oppo A5s ini sudah diproteksi dengan menggunakan pelindung layar besutan Corning, yakni Gorilla Glass 3. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir layar HP Oppo terbaru ini mudah tergores, plus Anda tidak membutuhkan anti gores tambahan.

3. Dual Kamera

805gadget_oppo a5s3

*Sumber: https://youtu.be/7UdR_Xr6t9M

Seperti yang sudah kita ketahui, Oppo terkenal sebagai produsen HP dengan kamera yang cocok untuk selfie dan berfoto ria. Tak terkecuali Oppo A5s ini. HP ini dibekali dengan lensa 13 MP yang sudah didukung auto fokus, serta satu lensa kamera tambahan berukuran 2 MP untuk sensor kedalaman dan foto dengan efek bokeh, alias background blur.

Kamera belakangnya ini sudah didukung dengan LED Flash serta fitur lainnya seperti HDR dan panorama. Hasil jepretan kamera belakangnya ini tergolong bagus, apalagi bila fotonya diambil dalam kondisi pencahayaan yang cukup.

Bagaimana dengan kamera selfie-nya? Oppo membekali HP ini dengan kamera selfie berukuran 8 MP yang tentunya masih bisa menunjang kebutuhan swafoto Anda. Penasaran dengan hasil fotonya? Berikut kami sertakan beberapa sampel foto yang dibidik menggunakan kamera utama dan kamera selfie HP Oppo A5s.

4. Performa Bagus di Kelasnya

teknologue_oppo a5s3

*Sumber: https://youtu.be/S6SgBDTDKJM

Beralih ke sektor performanya. HP ini dibekali dengan chipset besutan Mediatek, yakni Helio P35 dengan dukungan RAM sebesar 2 hingga 4 GB (tergantung varian yang dipilih). Sayangnya, HP ini masih menggunakan OS Android 8.1 (Oreo). Namun, hal tersebut bukanlah masalah besar karena OS Android Oreo juga masih tergolong up to date.

HP ini tentu cocok jika digunakan untuk aktivitas ringan seperti aktif di jejaring sosial atau sekadar menonton video via YouTube, hingga chatting dengan aplikasi messenger. Untuk memainkan game ringan tertentu pun masih bisa.

TeknoLoGue bahkan melakukan gaming test dengan menjalankan game sejuta umat, Player’s Unknown Battlegrounds dengan menggunakan HP ini. Sayangnya, game ini tidak bisa dimainkan dengan lancar dan hanya bisa dijalankan dengan menggunakan setting grafis balanced dan frame rate medium saja.

TeknoLoGue juga sempat menyesuaikan pengaturannya dengan menurunkan kualitas grafisnya. Sayang, tetap saja HP dengan skor AnTuTu di kisaran 70 ribuan ini nggak mampu ngangkat game battle royal yang digandrungi banyak orang.

5. Baterai Awet

teknologue_oppo a5s7

*Sumber: https://youtu.be/S6SgBDTDKJM

Nah, sekarang kita beralih ke sektor baterainya. HP Oppo A5s ini dibekali dengan baterai berkapasitas besar, yakni 4230 mAh. Bagaimana dengan daya tahannya? Berdasarkan pengalaman pribadi dari TeknoLoGue, HP ini mampu bertahan selama satu setengah hari meski telah digunakan untuk menjalankan berbagai aktivitas tertentu.

Sayangnya, meski kapasitas baterai HP ini besar, sayangnya HP ini belum didukung dengan pengisian daya cepat yang memadai. Berdasarkan pengalaman dari TeknoLogue, dibutuhkan waktu hingga tiga jam lamanya untuk mengisi baterai HP hingga penuh.

6. Sensor Cukup Lengkap

teknologue_oppo a5s4

*Sumber: https://youtu.be/S6SgBDTDKJM

Selain dilengkapi dengan sensor sidik jari di bagian belakang bodinya yang tergolong cepat dan akurat, serta teknologi face unlock yang juga cepat dalam membuka kunci layar, HP ini juga punya sensor-sensor lainnya, lho. Di antaranya proximity, compass, accelerometer dan gyroscope.

7. Dilengkapi Audio Jack 3.5 mm

teknologue_oppo a5s8

*Sumber: https://youtu.be/S6SgBDTDKJM

HP-HP zaman sekarang rata-rata sudah tidak mengusung audio jack 3.5 mm, mengikuti tren yang dipopulerkan oleh Apple. Tapi tidak dengan HP Oppo A5s. HP ini masih punya audio jack 3.5 mm sehingga Anda dapat mendengarkan musik atau bermain game dengan menggunakan earphone atau headphone tanpa repot memasang dongle atau konektor USB C.

Kekurangan Oppo A5s

Selain memiliki beberapa kelebihan, ternyata Oppo A5s juga punya sejumlah kekurangan yang bisa jadi pertimbangan Anda sebelum membeli. Berikut beberapa kekurangannya.

1. Masih Menggunakan USB Tipe Mikro

teknologue_oppo a5s1

*Sumber: https://youtu.be/S6SgBDTDKJM

Oppo A5s ternyata juga memiliki kekurangan tersendiri, nih. Satu di antaranya adalah, port USB-nya yang masih menggunakan USB bertipe mikro yang tergolong jadul. Sementara rata-rata HP yang ada sekarang sudah menggunakan USB tipe-C dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat dan lebih baik.

2. Tidak Tahan Air dan Debu

805gadget_oppo a5s2

*Sumber: https://youtu.be/7UdR_Xr6t9M

Satu kekurangan lainnya yang dimiliki HP ini adalah, tidak adanya teknologi water resistance. Sehingga HP ini tidak memiliki ketahanan terhadap air maupun debu. Nah, Anda harus berhati-hati kala menggunakan HP ini.

3. Tidak Ada Sistem Stabilisasi di Sektor Kamera

805gadget_oppo a5s1

*Sumber: https://youtu.be/7UdR_Xr6t9M

Seperti yang kita ketahui, HP ini dilengkapi dengan dual kamera di bagian belakang bodinya, serta satu kamera untuk berfoto selfie yang terletak pada notch di bagian depan. Lensa kamera yang ada pada HP ini memang sudah tergolong cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Namun, sayangnya lensa kamera HP ini belum didukung sistem stabilisasi apapun. Sehingga, akan ada guncangan yang mengganggu saat mengambil foto atau video.

Simpulan

HP Oppo A5s ini cocok untuk Anda yang membutuhkan sebuah ponsel hanya untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, HP ini kurang cocok untuk bermain game. Nah, kalau Anda memang membutuhkan HP di kelas harga yang sama yang memang menunjang kebutuhan bermain game, Anda dapat memilih alternatif lain seperti Asus Max Pro series.

Itulah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A5s dari Carisinyal. Jika Anda tertarik untuk membeli Oppo A5s, langsung saja beli HP ini di Bukalapak lewat link ini.

About the Author:

Saya senang menulis topik tentang musik, makanan, kecantikan, film dan hal yang berbau teknologi. Saya sudah menulis sejak duduk di bangku SMP. Saat ini saya juga mengelola blog pribadi. Saya juga pernah menjadi penulis artikel untuk blog resmi Floating Market Lembang.Saya pernah mengikuti lomba menulis artikel dalam Pemilihan Duta Sanitasi Jawa Barat pada tahun 2010 lalu serta pernah mengikuti lomba menulis cerpen tingkat Kabupaten di tahun yang sama.

Leave A Comment