carisinyal web banner retina

10 Rekomendasi HP OPPO Terbaik di Dunia (Mei 2024)

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

OPPO adalah produsen ponsel dari Tiongkok yang namanya meroket di ranah ponsel. Gaung merek dari HP ini malah mengalahkan merek HP dari Amerika, Jepang, bahkan Korea Selatan. Hal ini terjadi karena masifnya marketing yang dilakukan OPPO terhadap produk HP-nya.

Dulu, OPPO dikenal sebagai produsen HP yang fokus pada desain dan kamera. Namun, OPPO belakangan tidak melupakan produk yang punya inovasi dan spesifikasi menarik yang dibutuhkan konsumen. Tidak sedikit, produk HP dari OPPO lahir dengan berbagai inovasi terbaru, terutama untuk produk HP kelas atasnya.

Nah, pada kesempatan kali ini, Carisinyal bakal jelaskan deretan HP OPPO yang masuk kategori terbaik dan termahal di dunia. Apa sajakah itu? Cek daftarnya pada tabel di bawah ini. Penjelasan detail tiap HP bisa diisimak setelah info tabel.

*Daftar ini bisa digeser ke samping
*Silakan klik nama smartphone untuk spesifikasi selengkapnya

1. OPPO Find X7 Ultra

OPPO Find X7 Ultra
Layar LTPO AMOLED 6.82 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3
RAM 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 50 MP (ultrawide) 50 MP (telephoto) 50 MP (periscope telephoto)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Alasan utama OPPO Find X7 Ultra menjadi salah satu HP OPPO terbaik, karena mengantongi dua kamera periskop telefoto sekaligus. Ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah.

Sebelumnya memang banyak yang hadirkan dua kamera telefoto, contohnya seperti Samsung Galaxy S24 Ultra. Namun, sang rival tersebut hanya sediakan satu periskop telefoto dan satu telefoto biasa. Sedangkan, kedua kamera OPPO Find X7 Ultra adalah periskop telefoto.

Secara singkat, periskop telefoto bisa menjangkau pembesaran optis lebih jauh lagi. Pada OPPO Find X7 Ultra, kamera periskop telefoto pertama dukung optical zoom 2.8x dan kamera keduanya dukung optical zoom hingga 6x. Dengan begini pengguna pun dapat merasakan pengalaman lebih baik ketika menonton konser.

Selain itu, ponsel ini juga menjadi yang pertama dengan sensor Sony LYT-900 berukuran satu inci. Susunan kamera ini juga hasil kerja sama dengan pabrik lensa terkenal, Hasselblad. Hasil fotonya terlihat memukau dengan warna yang khas dan memanjakan mata.

Kecerahan layar di HP ini mendukung hingga 4.500 nit serta mengantongi fitur ProXDR untuk tampilkan format foto Ultra HDR. Adapun fitur kameranya menawarkan Master Mode yang mendukung pemotretan pada format RAW. Fotografer profesional pasti akan merasa senang menggunakan HP ini.

Kekurangan HP ini terletak pada kamera utama yang hanya bisa merekam hingga resolusi 4K, tidak dapat merekam 8K.

2. OPPO Find N3

OPPO Find N3
Layar Foldable LTPO3 OLED 7.82 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 16 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 48 MP (wide) 48 MP (ultrawide) 64 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 4805 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

OPPO Find N3 memang punya harga selangit, tapi ada alasan untuk hal tersebut. Perlu diketahui kalau OPPO Find N3 menggunakan teknologi HP lipat yang dapat dibuka seperti buku. Harga ini masih selaras dengan rivalnya, Samsung Galaxy Z Fold5, yang memiliki harga lebih tinggi.

Jadi, secara harga, OPPO Find N3 memang kalah murah dari pesaingnya. Namun, sejumlah fitur di HP ini punya daya saing yang lebih baik, seperti layar utama dan layar kover dengan ukuran lebih luas, persenjataan fotografi lebih memadai, hingga konektivitas yang lebih unggul.

OPPO Find N3 dibekali panel LTPO3 OLED sehingga dapat memunculkan refresh rate adaptif antara 1 Hz hingga 120 Hz. Hal ini berarti ponsel dapat menurunkan laju hingga yang paling terendah saat kondisi layar statis, secara efektif mengurangi konsumsi daya ponsel.

Lalu di sektor fotografi, OPPO Find N3 jalin kerja sama dengan Hasselblad selaku perusahaan lensa ternama. Adapun pada kedua kamera depannya (satu di layar utama, satu di kover), mengusung fungsi ultrawide dengan bidang pandang luas.

Jadi, ini secara tidak langsung mengisyaratkan bahwa ponsel lebih unggul untuk aktivitas vlogging dan kreasi konten dibandingkan pesaing dari kubu Samsung. Kamera depan ultrawide juga memudahkan pengguna memotret selfie bersama teman-teman tanpa harus berdempetan.

Secara konektivitas pun OPPO Find N3 lebih unggul lantaran hadirkan dual gyro dan Wi-Fi 7. Buat Anda yang punya router Wi-Fi 7 di rumah, ponsel ini bisa pertahankan kecepatan tinggi meski banyak perangkat terhubung ke router yang sama.

Terakhir, OPPO Find N3 juga punya daya charging 67 watt yang tergolong cepat untuk seukuran HP lipat. Hanya dibutuhkan waktu 10 menit untuk cas baterai hingga 35 persen.

Meski tampak memiliki banyak keunggulan dibanding rivalnya, OPPO Find N3 juga tidak luput dari kekurangan. Salah satunya adalah sertifikasi tahan debu dan air yang hanya IPX4 alih-alih IPX8 seperti Galaxy Z Fold5. Alhasil, perangkat hanya tahan dari percikan air, namun tidak tahan saat terendam.

Kamera belakang ponsel ini juga tidak dapat merekam video 8K, serta tidak menyediakan wireless charging dibanding rivalnya. Secara peruntukkan, OPPO Find N3 adalah opsi lebih baik buat yang mencari HP lipat dengan kemampuan selfie yang lebih baik.

3. OPPO Find X6 Pro

OPPO Find X6 Pro
Layar LTPO3 AMOLED 6.82 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2
RAM 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 50 MP (ultrawide) 50 MP (periscope telephoto)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

OPPO Find X6 Pro menjadi salah satu HP flagship dari OPPO yang menawarkan kemampuan kamera kelas atas. HP ini memiliki konfigurasi kamera lengkap mulai dari kamera utama, ultrawide, hingga periskop telefoto. Menariknya, ketiga kamera tersebut memiliki resolusi yang sama yaitu 50 MP. Ketiga kamera tersebut menggunakan sensor kamera buatan Sony dan lensa dari Hasselblad.

Kemampuan kamera dari OPPO Find X6 Pro ini menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Bahkan, HP ini menempati posisi tiga teratas sebagai HP dengan kamera terbaik menurut DxOMark. Wajar saja, ketiga kamera yang dimiliki HP ini sudah didukung oleh fitur OIS dan multi-directional PDAF agar gambar yang dihasilkan makin berkualitas.

Bukan hanya soal kamera, OPPO Find X6 Pro juga dibekali performa gahar ala kelas flagship. HP ini dibekali chipset Snapdragon 8 Gen 2 yang dipadukan dengan RAM hingga 16 GB dan memori internal 512 GB.

Anda juga bebas menggunakan HP ini dalam waktu lama karena sudah dibekali baterai awet dengan 500 mAh. Untuk pengisian dayanya, Anda bisa memanfaatkan fitur fast charging super cepat hingga 100 W.

Saking menariknya, sering kali lupa bahwa sudah menggunakan HP ini dengan waktu lama. Apalagi OPPO Find X6 Pro menawarkan kualitas layar yang sangat memikat.

Ukurannya cukup luas yaitu 6,82 inci menggunakan panel LTPO3 AMOLED. Bahkan layar ini sudah didukung oleh beberapa fitur unggulan seperti refresh rate 120 Hz dan resolusi 1440 x 3168 piksel. Apakah Anda tertarik untuk memiliki HP ini?

4. OPPO Find X7

OPPO Find X7
Layar LTPO AMOLED 6.78 inci
Chipset MediaTek Dimensity 9300
RAM 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB, 1 TB
Kamera 50 MP (wide) 50 MP (ultrawide) 64 MP (periscope telephoto)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

OPPO Find X7 memamerkan berbagai fitur menarik di kelas harga premium. Tak heran ia menjadi salah satu HP OPPO terbaik. Ponsel ini diotaki Dimensity 9300 dari MediaTek yang digadang-gadang punya performa lebih baik dari Snapdragon 8 Gen 3.

Ini dikarenakan chipset dibekali delapan unit performance core tanpa inti hemat daya sama sekali. kejadian pertama kalinya pada ranah Android. Berbekal GPU Immortalis G720, ponsel juga bisa tampilkan kualitas grafis memukau pada game menggunakan ray tracing.

Di sektor kamera, OPPO Find X7 reguler ini menawarkan sensor periskop telefoto 64 MP dengan kemampuan optical zoom 3x. Berkat kamera yang merupakan hasil co-engineering dengan Hasselblad, ponsel bisa berikan nuansa warna yang lebih indah dan natural pada hasil jepretan.

Ditambah dengan adanya fast charging 100 watt, perangkat dapat mencapai kondisi baterai penuh dalam waktu 26 menit. Ini sangat mendukung untuk pelaku industri kreatif yang tak punya banyak waktu, tapi ingin hasilkan foto memukau pada segala kondisi.

Namun memang, tidak semua fitur OPPO Find X7 punya daya saing yang baik. Ini terlihat dari port USB-C 2.0 yang lawas untuk standar flagship, absennya fitur wireless charging, serta sertifikasi IP65 yang hanya melindungi HP dari semprotan air bertekanan rendah.

5. OPPO Find N3 Flip

OPPO Find N3 Flip
Layar Foldable LTPO AMOLED 6.8 inci
Chipset MediaTek Dimensity 9200
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 32 MP (ultrawide) 48 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Berbeda dengan OPPO Find N3 yang ketika dibuka akan menyerupai tablet, OPPO Find N3 Flip justru ketika dibuka menyerupai HP biasa. Ya, varian Flip ini adalah HP biasa yang bisa dilipat untuk mencapai bentuk yang lebih kecil lagi. Ia merupakan pesaingnya Samsung Galaxy Z Flip5.

OPPO Find N3 Flip dijual dengan harga yang tidak jauh dari OPPO Find N2 Flip. Ponsel lipat ini begitu istimewa karena berhasil menjadi yang pertama menghadirkan tiga kamera belakang berkualitas flagship.

OPPO Find N3 Flip dikemas dengan sensor 50 MP sebagai kamera utama. Untuk pendampingnya, tersemat kamera telefoto 32 MP yang dukung optical zoom 2x serta sensor ultrawide 48 MP yang dibekali autofokus.

Ini artinya, OPPO Find N3 Flip adalah salah satu HP pertama di dunia yang bisa memotret dan merekam dari jarak jauh dengan detail jernih. Smartphone ini juga mengalahkan rivalnya dari kubu Samsung lantaran punya kapasitas baterai lebih besar, yakni 4.300 mAh.

Pun dengan pengisian dayanya, OPPO Find N3 Flip hadirkan fast charging 44 watt yang lebih oke dibanding 25 watt pada Galaxy Z Flip5. HP lipat OPPO ini diklaim dapat di-charge hingga 50 persen dalam waktu 23 menit.

Kekurangan HP ini adalah tidak dibekali wireless charging serta hanya punya port USB-C 2.0 saja. Sehingga, kecepatan transfer datanya kalah saing dengan rivalnya yang pakai USB-C 3.2.

6. OPPO Find N2

OPPO Find N2
Layar Foldable LTPO AMOLED 7.1 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB, 18 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 32 MP (telephoto) 48 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4520 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

OPPO Find N2 menjadi HP lipat generasi kedua milik OPPO setelah OPPO Find N. Sebagai penerusnya, tentu OPPO Find N2 membawa sejumlah peningkatan di beberapa sektornya. Anda bisa menemukan peningkatan tersebut di sektor chipset yang digunakan, spesifikasi kamera, dan kemampuan layar yang semakin mumpuni.

Sebagai HP lipat, OPPO Find N2 ini memiliki kecepatan yang cukup oke. Pasalnya, HP lipat ini sudah menggunakan chipset buatan Qualcomm yang sempat menjadi chipset terbaik yaitu Snapdragon 8+ Gen 1. Meski tidak lagi menjadi sebagai chipset terbaik, performa yang dihasilkan tentu cukup tangguh.

Chipset ini dipadukan dengan kapasitas RAM besar yaitu 12 GB dan 16 GB dengan internal 256 GB dan 512 GB.

Selain performa, OPPO Find N2 ini juga memiliki spesifikasi yang sudah ditingkatkan. HP ini dibekali tiga kamera di bagian belakang dengan kamera utama 50 MP (f/1.8) dengan sensor Sony IMX890 dan OIS. Selain itu, terdapat kamera telefoto 32 MP (f/2.0) yang mampu melakukan 2x optical zoom dan ultrawide 48 MP (f/2.2) dengan sudut pandang 115 derajat.

Sementara perbedaan dari sektor layarnya hanya terletak pada kecerahan yang mampu dihasilkan. OPPO Find N2 ini lebih mampu ketika digunakan di luar ruangan yang cerah. Untuk layar bagian dalamnya sudah mampu mencapai kecerahan puncak 1550 nit. Kemudian layar bagian luar yang berukuran 5,54 inci mampu menghasilkan kecerahan puncak 1350 nit dengan resolusi Full HD Plus.

7. OPPO Find X6

OPPO Find X6
Layar AMOLED 6.74 inci
Chipset MediaTek Dimensity 9200
RAM 12 GB, 16 GB
Memori Internal 256 GB, 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 50 MP (ultrawide) 50 MP (periscope telephoto)
Baterai Li-Po 4800 mAh
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Berada di seri yang sama, OPPO Find X6 memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda dari versi Pro-nya yaitu OPPO Find X6 Pro. OPPO Find X6 juga dibekali kemampuan kamera yang cukup unggul. Sama seperti versi Pro-nya, HP ini juga menggunakan sensro kamera buatan Sony dan lensa dari Hasselblad. Tidak heran jika OPPO Find X6 masuk ke jajaran HP dengan kemampuan kamera terbaik di dunia.

OPPO Find X6 dibekali konfigurasi tiga kamera yang cukup lengkap di bagian belakang. Mulai dari kamera utama, ultrawide, hingga periskop telefoto yang memiliki resolusi hingga 50 MP.

Hal yang membuatnya menarik adalah ketiga kamera tersebut sudah didukung oleh fitur multi-directional PDAF dan OIS. Selain mampu menghasilkan foto berkualitas, HP ini juga bisa merekam video di kualitas 4K dengan 60 fps dengan gyro-EIS.

Sektor lain seperti layar dan dapur pacunya sedikit berbeda dengan versi Pro-nya. OPPO Find X6 memiliki ukuran layar yang tidak kalah lebar yaitu 6,74 inci menggunakan panel AMOLED. Ketajaman serta detail yang dihasilkan sudah cukup baik karena memiliki resolusi Full HD Plus dengan HDR10+ dan DCI-P3.

Selain itu, layarnya juga sudah dibekali refresh rate 120 Hz yang cocok untuk multitasking atau bermain game.

Sedangkan di sektor dapur pacunya, OPPO Find X6 mengandalkan chipset dari MediaTek yaitu Dimensity 9200. Chipset ini menjadi salah satu chipset kelas atau dengan performa gahar milik MediaTek. Jadi, Anda sudah bisa memainkan berbagai game favorit Anda di sini dengan lancar dan mulus.

8. OPPO Reno10 Pro+

OPPO Reno10 Pro Plus
Layar AMOLED 6.74 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
RAM 12 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 64 MP (periscope telephoto)
Baterai Li-Po 4700 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Setelah dipasarkan di China, OPPO merilis kembali OPPO Reno10 Pro+ secara global di Malaysia. Spesifikasi dan kemampuan yang dimilikinya ini sedikit berbeda dengan versi yang dipasarkan di China.

OPPO Reno10 Pro+ menawarkan kemampuan layar yang memukau dengan panel AMOLED berukuran luas yaitu 6,74 inci. Ketajaman dan kejernihan layarnya ini didukung oleh resolusi Full HD Plus dan HDR10+.

Desain layar bagian depannya juga terlihat cukup luas dengan bezel tipis dan punch hole sebagai tempat kameranya. Hal ini tentu saja membuatnya cocok digunakan untuk berbagai aktivitas seperti menonton, multitasking, hingga bermain game. Apalagi OPPO Reno10 Pro+ sudah dibekali chipset tangguh yaitu Snapdragon 8 Plus Gen 1.

Perbedaan lainnya dengan versi China adalah desain modul kamera bagian belakangnya. Di dalamnya, OPPO Reno10 Pro+ menyematkan tiga kamera yang cukup lengkap. Mulai dari kamera utama 50 MP dengan multi-directional PDAF dan OIS, ultrawide 8 MP, dan periskop telefoto 64 MP dengan optical zoom hingga 5x. Jika objek yang ingin Anda potret memiliki jarak yang jauh, hal itu bukan masalah bagi OPPO Reno10 Pro+.

Kemampuan perekaman video belakangnya juga sudah mencapai 4K dengan 60 fps. Terdapat dukungan gyro-EIS sehingga Anda bisa merekam dengan keadaan lebih stabil bahkan saat melakukan zoom. Sedangkan kamera depannya hanya mentok di 1080p dengan 60 fps dengan gyro-EIS. Hal ini wajar karena resolusi kamera depannya hanya 32 MP saja.

Kemampuannya dan spesifikasinya yang tinggi juga diimbangi dengan ketahanan baterai awet seharian. Terdapat baterai berkapasitas 4700 mAh yang didukung oleh pengisian cepat hingga 100 W.

9. OPPO Reno11 Pro 

oppo reno 11 pro
Layar OLED 6.7 inci
Chipset MediaTek Dimensity 8200
RAM 12 GB
Memori Internal 512 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide) 32 MP (telephoto)
Baterai Li-Po 4600 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Keistimewaan OPPO Reno11 Pro terletak pada kameranya. Ponsel ini dibekali kamera utama Sony IMX890 berkekuatan 50 MP.

Sedangkan, kamera kedua dan ketiganya merupakan sensor Sony IMX709 yang berfungsi sebagai telefoto (32 MP), serta kamera Sony IMX355l sebagai sensor ultrawide (8 MP). Dua kamera pendamping ini sama seperti pada versi regulernya.

Diketahui, kamera telefoto OPPO Reno11 Pro sanggup lakukan pembesaran optis hingga 2x. Namun sayang, meski punya PDAF, kamera ini tidak didukung penstabil gambar OIS.

OPPO Reno11 Pro juga punya fitur LinkBoost yang dapat meningkatkan kemampuan menangkap sinyal. Jadi, meski Anda baru keluar dari lift atau berada di kerumunan orang banyak, smartphone tetap dapat memberikan kecepatan internet seluler tinggi serta kemudahan menelepon atau mengirim SMS.

Di bagian dapur pacu, ponsel ditenagai Dimensity 8200 dari MediaTek yang punya fabrikasi 4 nm. Cip modern tersebut menyuguhkan performa tangguh untuk multi-tasking dan bermain game berat.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa OPPO Reno11 Pro cocok untuk dua hal: fotografi dan game. Adapun fitur unik miliknya membuat HP ini cocok digunakan oleh pengguna yang sering mengeluh sulit sinyal.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa OPPO Reno11 Pro punya kekurangan yang tidak lazim, salah satunya adalah penggunaan mono speaker. Jenis port USB-C yang masih 2.0 juga bisa jadi deal-breaker bagi sejumlah orang.

10. OPPO Find N2 Flip

OPPO Find N2 Flip
Layar Foldable LTPO AMOLED 6.8 inci
Chipset MediaTek Dimensity 9000+
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Kamera 50 MP (wide) 8 MP (ultrawide)
Baterai Li-Po 4300 mAh
Kelebihan & Kekurangan Baca di sini
Cek Harga Saat Ini Shopee Lazada Blibli

Tidak hanya meluncurkan HP lipat layaknya buku, OPPO juga merilis HP lipat terbarunya yang diberi nama OPPO Find N2 Flip. HP ini memiliki mekanisme lipat yang mirip dengan HP Samsung Galaxy Flip Series. OPPO Find N2 Flip ini juga menjadi HP lipat pertama milik OPPO yang dilipat menyerupai cangkang kerang atau desain clamshell yang cantik.

Salah satu yang menjadi pusat perhatian dari OPPO Find N2 Flip ini adalah layar kecil di bagian luarnya atau cover display. Layar tersebut cukup kecil, ukurannya hanya 3,26 inci menggunakan panel AMOLED. Karena ukurannya yang kecil, resolusinya pun hanya mencapai 382 x 720 piksel dengan kecerahan puncak mencapai 900 nit.

Sementara itu, ketika HP lipat tersebut dibuka, layar yang dimiliki HP ini sudah cukup memukau. Layarnya berukuran 6,8 inci dengan panel Foldable AMOLED yang mampu mencapai resolusi Full HD Plus. Selain itu, layar ini juga didukung oleh refresh rate 120 Hz, HDR10+, dan kecerahan puncak mencapai 1600 nit.

OPPO Find N2 Flip ini memang digunakan untuk aktivitas sehari-hari dengan tampilan desain yang cantik. Meski begitu, HP ini sudah menggunakan chipset Dimensity 9000+.

Agar kinerja HP bisa berjalan optimal, HP ini dibekali kapasitas RAM 8 GB hingga 16 GB dengan internal 256 GB hingga 512 GB. Anda bisa dengan bebas menyimpan berbagai berkas dan aplikasi yang berukuran besar.

Jajaran HP Oppo terbaik ini memang tidak semahal ponsel high-end dari Samsung atau vendor papan atas lainnya. Namun ponsel Oppo di atas sudah tergolong mumpuni dan mampu disandingkan dengan HP terbaik lainnya. Dari daftar di atas, HP manakah yang menjadi favorit Anda?

Kategori:
Tag:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram