Carisinyal / Smartphone / Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A7

Yuk, Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A7

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Desember 2018

Kebiasaan Oppo Indonesia umumnya menghadirkan sebuah ponsel yang jadi jagoan di pasaran kemudian beberapa waktu kemudian menghadirkan varian yang lebih kecil.nya. Seperti yang mereka lakukan setelah menghadirkan Oppo F7, mereka pun menghadirkan Oppo F7 Youth.

Nah, di 2018, selain menghadirkan Oppo F7, Oppo Indonesia juga menghadirkan Oppo F9. Setelah HP tersebut meluncur, Oppo pun kemudian meluncurkan tipe HP yang bisa dibilang varian “mini” dari Opo F9, yakni Oppo A7.

Seperti apakah Oppo A7 ini? Kali ini, Carisinyal akan membahas mengenai 10 kelebihan dan kekurangan dari smartphone Oppo A7. Mau tahu apa saja kelebihan dan kekurangan smartphone satu ini? Simak langsung saja pembahasannya di bawah ini, ya.

Spesifikasi Oppo A7

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN OPPO-A7 (Copy)

  • Rilis: November 2018
  • Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Resolusi Layar: 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~271 ppi density)
  • Chipset: Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
  • CPU: Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 506
  • OS: Android 8.1 (Oreo)
  • Memori Internal: 32/64 GB, 3/4 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: Dual 13 MP, f/2.2, AF
    2 MP, f/2.4, depth sensor
  • Kamera Depan: 16 MP, f/2.0
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 4230 mAh battery

Kelebihan Oppo A7

1. Sektor Kamera yang Bagus

oppo a71 (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Nah, pertama, kita mulai dari sektor kameranya terlebih dulu. Oppo A7 dilengkapi dengan dua kamera belakang, masing-masing dilengkapi dengan kamera berukuran 13 megapixel dengan bukaan lensa sebesar f/2.2 dilengkapi dengan auto fokus serta satu kamera lainnya berukuran 2 megapixel dengan bukaan lensa sebesar f/2.4 yang dilengkapi dengan depth sensor.

Kamera dari Oppo A7 juga didukung dengan fitur berupa HDR serta panorama. Selain itu, untuk perekaman videonya, smartphone ini mampu merekam video beresolusi 1080p dengan kecepatan sebesar 30fps.

Sementara untuk selfie kameranya, Oppo membekali smartphone ini dengan lensa kamera berukuran 16 megapixel, bukaan lensanya berukuran f/2.0 yang mendukung fitur HDR.

Hasil jepretan dari kamera Oppo A7 ini patut diacungi jempol tentunya. Berikut beberapa gambar yang diambil dengan menggunakan kamera depan maupun belakang dari Oppo A7.

hasil foto oppo a7

* sumber: www.bgr.in

hasil foto oppo a7

* sumber: www.bgr.in

hasil foto oppo a7

* sumber: www.bgr.in

hasil foto oppo a7

* sumber: www.bgr.in

oppoa7captureselfie (Copy)

* sumber: www.youtube.com

oppoa7captureselfie2 (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Jika menilik hasil tangkapan gambar tersebut, hasil tangkapan kamera belakang dan kamera depan cukup oke. Bukan hasil yang terbaik memang tetapi sudah cukup layak sebagai HP untuk menangkap gambar dengan kualitas baik, terutama untuk dikirim di media sosial seperti Instagram.

Kalau menurut situs BGR India, hasil tangkapan kamera Oppo A7 ini tergolong baik untuk kebutuhan media sosial. Hanya saja hasil fotonya kurang baik jika menilik dari kacamata fotografer. Hal-hal seperti kurangnya detail dan reproduksi warna yang kurang akurat. Tapi terlepas dari kekurangan tersebut, kualtas tangkapan kamera HP ini tergolong baik.

2. Kualitas Layar Baik

oppoa77 (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Di sektor layar, smartphone Oppo A7 dibekali dengan panel IPS LCD capacitive touchscreen 16 M colors dengan resolusi HD+ berukuran 720 x 1520 pixels dan rasio layar 19:9. Kerapatan layar Oppo A7 juga lumayan, yakni ~271 ppi.

Dengan begitu, kualitas gambar yang dihasilkan cukup tajam dan jelas. Walau belum memiliki resolusi Full HD seperti flagship lainnya.

3. Desain Menarik

OPPOA73

* sumber: www.youtube.com

Smartphone Oppo A7 yang memiliki dimensi berukuran 155.9 x 75.4 x 8.1 mm dengan berat sekitar 168 gram ini memiliki desain menarik. Tampil dengan bezel yang minim, serta notch atau biasa disebut poni yang sangat imut ada di bagian depannya.

Bagian belakang bodinya terlihat seperti kaca. Namun ternyata berdasarkan pengalaman dari Youtuber GadgetIn, bodi dari Oppo A7 ini terbuat dari composite polycarbonate, bukan 100% kaca.

Di bagian belakang smartphone terdapat dua lensa kamera, fingerprint sensor dan tentu saja logo dari Oppo. Kemudian di bagian bawah terdapat port USB tipe-B, audio jack berukuran 3.5 mm serta speaker multimedia.

Hal menarik dari sisi desain adalah  model yang ditawarkan HP ini yang memiliki varian warna yang beragam. Oppo A7 hadir dengan tiga pilihan warna yang menarik yakni dazzling gold, glazing blue dan rose pink.

4. Performa Lumayan di Kelasnya

oppoa78 (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Untuk sektor dapur pacunya, Oppo A7 dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450, dengan CPU octa core 1.8 GHz, cortex A53 dan GPU Adreno 506.

Smartphone ini tersedia dalam dua pilihan RAM yakni 3 dan 4 GB. Meski ‘hanya’ dilengkapi dengan chipset Snapdragon 450 dan RAM berkapasitas segitu, untuk Anda yang hobi bermain game, smartphone ini masih sanggup, kok. Anda masih bisa memainkan game seperti PUBG dengan setting-an grafis medium.

Untuk performa keseluruhan juga cukup baik, meski menurut GadgetByte, terkadang ponsel ini mengalami lag ketika membuka beragam aplikasi tertentu dalam waktu yang bersamaan.

5. Baterai Tahan Lama

OPPOA710 (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Di sektor baterai, Oppo A7 dibekali dengan baterai berkapasitas lumayan besar yakni 4320 mAh. Dengan penggunaan yang wajar, tentu baterai smartphone ini tidak akan cepat habis, apalagi resolusi layarnya masih HD+ sehingga baterai smartphone ini bisa dibilang cukup awet untuk digunakan sehari-hari.

Malah, daya tahan baterai Oppo A7 ini dapat bertahan sampai dua hari lamanya. Seperti yang tertulis di situs BGR India, daya tahan Oppo A7 dapat mencapai dua hari penuh dalam satu pengisian daya. Menurutnya, daya tahan baterai yang cukup lama ini juga dipengaruhi oleh ColorOS yang memiliki fitur untuk membatasi aplikasi yang bekerja di belakang layar agar lebih hemat daya.

Kekurangan Oppo A7

1. Tidak Ada Face Unlock

oppoa76 (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Face unlock bisa dibilang merupakan salah satu fitur yang wajib dimiliki smartphone saat ini. Celakanya, face unlock tidak dimiliki oleh smartphone terbaru andalan Oppo, Oppo A7. Ya, vendor smartphone asal Tiongkok ini hanya membekali Oppo A7 dengan sensor sidik jari alias fingerprint di bagian belakang smartphone.

Tidak adanya fitur face unlock membuat Oppo A7 agak sedikit ketinggalan zaman jika dibandingkan dengan smartphone pesaing lainnya dengan harga yang sama, yang telah memiliki fitur satu ini.

2. Tidak Dilengkapi Fast Charging

oppoa75 (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Selain tidak dilengkapi dengan fitur face unlock, Oppo A7 juga tidak mempunyai fitur fast charging yang juga menjadi salah satu fitur yang perlu dimiliki oleh smartphone saat ini. Kapasitas baterai yang besar, yakni 4320 mAh serta daya tahannya yang awet juga akan terasa sia-sia saja bila smartphone itu sendiri tidak dilengkapi dengan fitur fast charging.

Jadi, untuk mengisi daya baterai smartphone Oppo A7 ini, Anda harus menunggu agak lebih lama dari biasanya, nih.

3. Tidak Ada USB Tipe-C

oppoa79 (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Nah, satu kekurangan dari Oppo A7 adalah tidak adanya port USB tipe-C yang marak digunakan pada smartphone keluaran saat ini. Oppo A7 sendiri hanya dilengkapi dengan port USB tipe-B di bagian bawah smartphone.

Sayang sekali, ya, karena jika dilengkapi dengan port USB tipe-C yang dapat membantu transfer data menjadi lebih cepat, maka Oppo A7 ini akan terasa lebih modern tentunya. Lambatnya proses charging atau pengisian daya juga bisa diatasi jika smartphone dilengkapi dengan port USB tipe-C.

4. Tidak Tahan Air dan Debu

oppo4 (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Jika kebanyakan smartphone saat ini, baik flagship maupun mid-range telah memiliki teknologi water resistant atau tahan air, Oppo A7 yang punya desain menarik ini tidak dilengkapi dengan fitur water resistant ini. Jadi, Anda harus hati-hati ketika menggunakan smartphone satu ini. Nggak boleh sampai kecebur ya, smartphone-nya.

5. Kapasitas Memori Internal Terbatas

oppoa72 (Copy)

* sumber: www.youtube.com

Terakhir, kekurangan yang dimiliki oleh smartphone Oppo A7 adalah pilihan kapasitas memori internal serta RAM yang terbatas. Oppo A7 hadir dengan pilihan memori internal sebesar 32GB/ RAM 3 GB serta 64 GB/ RAM 4GB. Sementara smartphone lain besutan para pesaing telah dibekali dengan kapasitas berukuran jumbo dengan RAM yang tentunya nggak kalah besar.

Meski begitu, Oppo masih sangat baik hati, nih. Anda bisa menambahkan memori eksternal up to 256 GB jika kapasitas memori internalnya tadi dirasa kurang lega.

Simpulan

Dari pembahasan di atas, bisa disimpulkan bahwa Oppo A7 adalah smartphone yang cocok jika digunakan untuk berswafoto dengan performa kameranya yang cukup bagus.

Selain itu, desainnya juga menarik sehingga menimbulkan kesan elegan tersendiri bagi sang pemilik. Untuk dapur pacunya juga masih bisa dibilang lumayan, meski ada banyak rentetan flagship lain dari vendor pesaing yang dijual dengan harga lebih bersahabat, namun memiliki spesifikasi yang lebih gahar.

Oh ya, dari segi harga, Oppo A7 dibanderol senilai 3,7 juta rupiah per-unitnya. Menurut hemat saya, sih, harga tersebut agak sedikit kemahalan, mengingat spesifikasinya masih kurang nendang. Namun, kembali lagi kepada masing-masing individu, ya. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Intinya, jika Anda memang memiliki hobi selfie atau berfoto ria, dan hanya ingin menggunakan smartphone secara ‘wajar’, maka Oppo A7 adalah pilihan yang tepat. Namun, kalau Anda adalah gamer sejati, atau Anda menginginkan smartphone gahar dengan spesifikasi lebih baik, masih banyak pilihan lain yang bisa anda beli.

Nah, itulah pembahasan mengenai 10 kelebihan dan kekurangan dari Oppo A7. Bagaimana, Anda tertarik untuk membeli smartphone satu ini? Jika tertarik, langsung saja pinang HP ini di Bukalapak pada link ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya senang menulis topik tentang musik, makanan, kecantikan, film dan hal yang berbau teknologi. Saya sudah menulis sejak duduk di bangku SMP. Saat ini saya juga mengelola blog pribadi. Saya juga pernah menjadi penulis artikel untuk blog resmi Floating Market Lembang.Saya pernah mengikuti lomba menulis artikel dalam Pemilihan Duta Sanitasi Jawa Barat pada tahun 2010 lalu serta pernah mengikuti lomba menulis cerpen tingkat Kabupaten di tahun yang sama.

Leave A Comment