Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo F9 yang Perlu Diketahui

10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo F9 yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui

Vendor yang cukup rajin memproduksi ponsel pintar di Indonesia adalah Oppo. Produsen ponsel asal Tiongkok ini tidak butuh waktu lama untuk selalu menghadirkan smartphone andalan mereka di pasaran, salah satunya adalah produk seri F.

Setelah sukses dengan Oppo F7, berselang beberapa bulan saja, Oppo menghadirkan Oppo F9. Menariknya, banyak hal yang ditawarkan oleh Oppo F9 sebenarnya serupa dengan apa yang ditawarkan oleh Oppo F7. Tetapi bukan berarti Oppo F9 tidak menghadirkan hal-hal baru. Justru Oppo F9 hadir dengan berbagai keunggulan yang jadi penyempurna dari Oppo F7.

Apa saja memang yang ditawarkan oleh Oppo F9? Apakah banyak hal menarik yang ditawarkan HP ini? Pertanyaan tersebut mari jawab untuk lebih tahu kelebihan dan kekurangan Oppo F9 yang saya himpun dari berbagai sumber.

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan Oppo F9, tidak ada salahnya bagi Anda untuk membaca kelebihan dan kekurangan Oppo F7 yang bisa jadi referensi pelengkap sebelum membaca lebih dalam artikel ini.

Tanpa berlama-lama lagi, mari simak 10 poin kelebihan dan kekurangan Oppo F9. Tapi, sebelumnya mari lihat detail spesifikasi dari OPPO F9 berikut ini.

Spesifikasi OPPO F9

Oppo F9

  • Rilis: Agustus 2018
  • Layar: LTPS IPS LCD 6.23 inches Corning Gorilla Glass 6
  • Resolusi Layar: 1080 x 2340 pixels, 19,5:9 ratio
  • Chipset: Mediatek Helio P60
  • CPU: Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G72 MP3
  • Memori Internal: 64 GB, 4 GB RAM or 6 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (hybrid)
  • Kamera Belakang: 16 MP, f/1.8,1/3.1, 1.0µm, PDAF + 2 MP, f/2.4, depth sensor, LED flash, HDR, panorama, [email protected]
  • Kamera Depan: 25 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.8, 0.9µm, [email protected]
  • Baterai: Non-removable  Li-Ion 3.500 mAh

Kelebihan Oppo F9

1. Waterdrop Screen + Corning Gorilla Glass 6

 

Oppo F9  hadir dengan spesifikasi layar yang serupa dengan Oppo F7.  Spesifikasi layarnya hadir dengan dimensi 6,23 inch yang punya resolusi full HD+ 1080 x 2340 piksel. Layarnya menggunakan panel IPS LCD yang tergolong cukup baik dan mampu menampilkan visual warna yang kaya.

* sumber: www.yugatech.com

Seperti pada gambar di atas, layar ponsel ini memang menampilkan visual yang baik. Yugatech, yang mengulas Oppo F9, mengatakan kalau layar ponsel ini mampu menampilkan sudut pandang layar yang baik dan memiliki vibrant warna yang cukup saat digunakan di luar ruangan.

Nilai jual layar Oppo F9 bukan hanya tampilan visual saja. Layar HP ini justru menawarkan dua hal yang tidak ditemukan di Oppo F7. Pertama adalah notch yang kecil di atas layar. Notch ini hanya memuat kamera depan di bagian tengah. Oppo menyebut notch ini sebagai waterdrop screen karena bentuknya yang mirip dengan bentuk air terjun.

Dengan notch yang lebih kecil, HP ini hadir dengan layar yang lebih luas. Bahkan rasio screen-to-body Oppo F9 mencapai 90,8%. Sebagai pembanding, Oppo Find X, ponsel kelas atas Oppo yang hadir dengan layar di semua sisinya (tanpa notch) hadir dengan rasio screen-to-body mencapai 93.8%.

Hal kedua yang menarik dari layar Oppo F9 adalah pelindung layarnya. Tidak tanggung-tanggung, Oppo membekali Oppo F9 dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass 6. Pelindung layar ini termasuk pelindung layar generasi terbaru di 2018.

Dengan notch yang kecil dan pelindung layar Corning Gorilla Glass 6, Oppo F9 jelas memiliki peningkatan yang lebih baik jika dibandingkan spesifikasi layar Oppo F7. Salut untuk Oppo yang berani menghadirkan inovasi ini.

2. Daya Tahan Baterai Tergolong Lama

* sumber: www.youtube.com

Oppo F9 dibekali dengan baterai berkapasitas 3.500 mAh. Baterai ini tergolong memiliki daya tahan baterai yang cukup. Berdasarkan pengalaman GontaGantiHape, baterai Oppo F9 ini bisa bertahan sampai 24 jam dari terakhir diisi daya dengan penggunaan menonton drama Korea.

Kalau berdasarkan pengalaman Yugatech, baterai Oppo F9 ini dapat bertahan sampai 12 jam dengan penggunaan seperti penggunaan media sosial intens, terhubung dengan koneksi WiFi secara konstan, menggunakan untuk fotografi, dan memainkan gim ringan.

Hasil yang kurang lebih sama juga didapatkan oleh Gadgets NDTV yang melakukan uji tes video HD secara loop pada HP ini. Hasilnya, Oppo F9 ini bisa bertahan selama 13 jam 12 menit. Hal ini berarti kalau Oppo F9 ini bisa bertahan seharian atau lebih di hari produktif dengan penggunaan yang cukup intens.

3. Pengisian Daya Baterai Super Cepat

* sumber: www.youtube.com

Oppo F9 tidak hanya memiliki daya tahan baterai yang baik, HP ini juga memiliki kecepatan pengisian yang super cepat. Bahkan, teknologi pengisian super cepat ini lebih cepat dari fitur pengisian cepat dari produsen lain. Oppo menyebut teknologi ini sebagai VOOC Flash Charge.

oppo vooc flash charge

VOOC Flash Charge ini adalah teknologi pengisian cepat yang hilang di seri F. Oppo tidak menghadirkan teknologi ini di seri Oppo F5 dan Oppo F7. Padahal di seri Oppo F1 Plus dan Oppo F3 Plus, fitur ini hadir. Memang apa yang menarik dari VOOC Flash Charge?

VOOC Flash Charge ini adalah teknologi yang mampu mengisi daya HP selama 5 menit untuk mendapatkan waktu bicara selama 30 menit. Kemampuan pengisian cepat ini hair di Oppo F9.

Gadgets NDTV pun mengetes kemampuan VOOC Flash Charge ini dengan hasil bisa mendapatkan daya 19% selama 10 menit dengan status pengisian daya dari 0%. Oppo F9 pun baru terisi sebanyak 75% pada menit ke 40. Tentu dengan fitur ini, Oppo F9 unggul di pengisian cepat dan bisa jadi pilihan menarik untuk orang yang sibuk yang tidak mau lama-lama menunggu waktu untuk charging HP.

4. Kamera Belakang Cukup Baik

* sumber: www.youtube.com

Kamera belakang Oppo F9 mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan kamera Oppo F7. Kamera Oppo F9 hadir dengan kamera ganda 16 MP + 2 MP. Tentu kamera keduanya yang mengusung 2 MP ditujukan untuk sensor depth agar bisa menghasilkan efek bokeh. Bandingkan dengan Oppo F7 dan Oppo F5 yang hanya mengusung satu kamera utama saja.

Lantas, apakah kamera 16 MP + 2 MP ini termasuk bagus? Untuk dikatakan sangat bagus mungkin tidak. Di kelas harganya, hasil tangkapan kamera Oppo F9 masih bisa diterima. Berikut beberapa contoh jepretan menggunakan kamera utama Oppo F9.

* sumber: www.youtube.com

* sumber: www.youtube.com

* sumber: www.yugatech.com

* sumber: www.yugatech.com

* sumber: www.yugatech.com

Yugatech mengatakan kalau kualitas kamera Oppo F9 termasuk baik. Terlebih kameranya memiliki banyak fitur seperti AR stickers dan Super Vivid mode. Kamera ini juga hadir dengan AI Beauty Technology 2.1 yang dapat dengan mudah mengenali objek, seperti makanan, foto landscape, dan hewan.
Gadgets NDTV juga mengatakan kalau kamera pada Oppo F9 tergolong baik. Hasil fotonya bisa menghasilkan warna yang baik dan cukup detail. Sementara untuk foto bokehnya juga sudah cukup baik meskipun terlihat kurang natural. Masih bisa dimaafkan sebenarnya soal efek bokeh ini.
Menurut GontaGantiHape, kamera Oppo F9 menghasilkan foto dengan warna yang lebih ngejreng. Tipikal foto dengan warna ini tergolong subjektif karena ada yang suka ada juga yang tidak.
Kalau saya bisa simpulkan, kualitas kamera Oppo F9 ini tidaklah jelek tetapi juga tidak buruk. Kameranya juga bisa merekam video full HD meski tidak ada kemampuan untuk merekam video 4K. Karena kamera utamanya ada peningkatan dari versi Oppo F7, maka saya menempatkan kamera sebagai salah satu nilai lebih lain dari ponsel ini.

5. Desain Bodi yang Menarik

* sumber: www.yugatech.com

Oppo F9 datang dengan konsep desain yang cantik dan menarik perhatian di kelasnya. Bukan karena soal notch waterdrop screen saja tetapi juga bodi desain secara keseluruhan. Bodi ponsel ini hadir dengan finishing glossy dengan warna yang mengilat.

Warna tiap modelnya juga unik karena seperti pencampuran dua warna yang berbeda dalam satu bodi. Selain itu, di bagian belakang bodinya, hadir pola berlian alias diamond pattern yang tampak mempercantik HP ini.

* sumber: www.youtube.com

GontaGantiHape, mengatakan kalau desain bodi Oppo F9 tergolong menonjol. Hal ini terlihat dari model Oppo F9 yang diulasnya yakni model Starry Purple seperti yang terlihat di gambar. Oppo F9 Starry Purple ini memiliki desain berkilau seperti kumpulan bintang dalam balutan warna ungu ke violet.

Dengan desain yang menarik ini, saya berani jamin kalau membawa Oppo F9 tanpa menggunakan case akan terlihat mencolok dan tidak malu-maluin. Karena itu, saya menempatkan desain bodi Oppo F9 sebagai kelebihan meskipun bodi desain HP ini menggunakan plastik.

6. Color OS yang Kaya Fitur

* sumber: www.yugatech.com

Oppo F9 menggunakan ColorOS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo. Tipe UI yang digunakan ini serupa dengan yang ada di Oppo Find X. Fitur-fitur yang dihadirkan juga serupa, yakni berbagai fitur menarik dan kaya seperti Gesture controls, Smart Driving, Smart Assistant, dan lainnya.

Yugatech mengatakan kalau tampilan UI Oppo F9 ini navigasinya simpel tetapi memiliki ikon yang kaya warna. Fiturnya juga tergolong kaya. Hal ini juga senada dengan apa yang dikatakan oleh Gadgests NDTV yang menyebut kalau Oppo F9 termasuk HP Oppo dengan ColorOS yang kaya fitur.

Kekurangan Oppo F9

1. Masih Memakai Port microUSB

* sumber: www.yugatech.com

Hal yang agak disayangkan dari Oppo F9 adalah port yang digunakan masih menggunakan microUSB. Padahal, untuk sebuah ponsel andalan, tidak ada salahnya bagi Oppo untuk menyematkan port USB Type-C ke HP ini. Kehadiran port USB Type-C di HP ini akan membuat ponsel ini menjadi lebih menarik dan unggul di kelas harganya.

2. Masih Tanpa NFC

no nfc

* sumber: www.fourthsource.com

Sama seperti port, Oppo juga termasuk pelit untuk menghadirkan fitur ini. Di Oppo F5 dan Oppo F7, tidak ada NFC. Saya pikir Oppo akan membenamkan fitur NFC di ponsel ini tetapi ternyata Oppo masih menganggap kalau NFC bukanlah fitur yang teramat penting. Padahal penggunaan NFC terbilang sudah cukup banyak. Satu kekurangna lain dari Oppo F9.

3. Kamera Depan yang Tidak Ada Perkembangan

* sumber: www.youtube.com

Oppo F9 dibeklai dengan kamera depan 25 MP. Kamera depan HP ini memiliki sensor dan spesifikasi yang mirip dengan Oppo F7. Karena mirip, hasil foto selfie HP ini juga tidak akan jauh berbeda hasilnya dengan Oppo F7.

Apakah kamera depan Oppo F9 jelek sehingga masuk kekurangan? Tidak, Oppo F7 memiliki kamera depan yang tergolong baik dan salah satu jualan utama. Untuk Oppo F9, kamera depan tidak jadi nilai jual karena memang kamera depannya sudah terkenal baik dan terbukti lewat Oppo F7.

Tidak adanya perkembangan dan inovasi inilah yang membuat kamera depan Oppo F9 masuk ke kekurangan. Istilahnya, kamera depan Oppo F9 sebaik hasil kamera depan Oppo F7.

4. Menggunakan Chipset yang Sama dengan Seri Sebelumnya

* sumber: www.youtube.com

Oppo F9 hadir dengan chipset MediaTek Helio P60. Chipset ini juga tersemat di Oppo F7. Hal ini berarti, tidak ada peningkatan dari sektor dapur pacu Oppo F7 ke Oppo F9. Hal ini juga berarti kalau performa Oppo F9 tidak jauh berbeda dengan Oppo F7.

Performa Oppo F9 tidak buruk memang. Nilai Antutu juga cukup tinggi, yakni di atas 100 ribuan seperti telrihat di gambar atas. Biasanya, nilai Antutu di kisaran tersebut sudah tergolong cukup memainkan gim populer.

Performa Oppo F9 tidak jelek memang tetapi sama seperti kamera depan, tidak adanya peningkatan sektor dapur pacu di Oppo F9, membuat saya menempatkan performa Oppo F9 sebagai satu kekurangan.

Simpulan

Oppo F9 memiliki nilai jual yang baik di sektor layar, desain, dan baterai. Kamera belakang HP ini juga patut diperhitungkan. Sayangnya, di kelas harganya, Oppo F9 ini terasa kurang nendang. Untuk informasi saja, Oppo F9 ini ada di kelas harga Rp4 jutaan. Malah ada yang menjual di bawah Rp4 juta.

Di kelas harga ini, hadir ponsel lain yang memiliki performa lebih baik, seperti Vivo V11 Pro maupun Pocophone F1. Di kelas harga Rp4 jutaan juga hadir HP lain yang performa mungkin setara atau di bawah Oppo F9 tetapi memiliki fitur yang baik, seperti Asus Zenfone 5 dan Samsung Galaxy A8 2018.  Satu nilai jual lebih dari Oppo F9 adalah pengisian super cepat VOOC Charge.

Dengan fitur VOOC Charge inilah, Oppo F9 ini sangat cocok untuk kalangan yang cukup sibuk dengan aktivitas tiap harinya seperti kalangan pebisnis, traveller dan orangorang yang memiliki mobilitas tinggi. Oppo F9 bisa kamu beli di Bukalapak melalui link ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment