Carisinyal / Smartphone / Kenali 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Nokia 5.1 Plus

Kenali 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Nokia 5.1 Plus

Ditulis oleh - Diperbaharui

Tanpa peluncuran dan gembar-gembor yang intens, Nokia Indonesia menghadirkan Nokia 5.1 Plus secara resmi. Kabar ini cukup mengagetkan mengingat Nokia Indonesia tampak fokus mempromosikan Nokia 6.1 Plus terlebih dulu di Indonesia. Tampaknya kehadiran Nokia 5.1 Plus sebagai alternatif bagi konsumen Indonesia yang membutuhkan HP Nokia terbaru dengan desain kekinian.

Lantas apa yang menarik dari Nokia 5.1 Plus?  Ponsel yang di Tiongkok disebut sebagai Nokia X5 ini menawarkan beberapa hal yang sebenarnya serupa dengan Nokia 6.1 Plus hanya saja dengan beberapa penurunan spesifikasi.

Apakah dengan penurunan spesifikasi berarti membuat Nokia 5.1 Plus tidak menarik untuk dilirik? Secara spesifikasi tentu saja kurang menarik tetapi ada faktor lain yang membuat ponsel malah terasa lebih baik meskipun memang tetap selalu ada kekurangan. Karena percayalah tidak ada ponsel yang sempurna.

Untuk lebih jelasnya, lebih baik Anda langsung simak 6 kelebihan dan 4 kekurangan Nokia 5.1 Plus ini. Dan seperti biasa, mari simak terlebih dulu spesifikadi detail dari Nokia 5.1 Plus berikut ini.

Spesifikasi Nokia 5.1 Plus

Nokia 5.1 Plus

  • Rilis: Juli, 2018
  • Layar: IPS LCD 5.86 inches
  • Resolusi Layar: 1520 x 720 pixels 19:9 ratio
  • Chipset:Mediatek MT6771 Helio P60 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (4×1.8 GHz Cortex-A73 & 4×1.8 GHz Cortex-A53)
  • GPU: MaliI-G72 MP3
  • Memori Internal: 32 GB, 3 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 400 GB
  • Kamera Belakang: Dual: 13 MP, f/2.0, PDAF + 5 MP, depth sensor, LED flash, [email protected]
  • Kamera Depan: 8 MP, f/2.2, 26mm (wide)
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3060 mAh

Kelebihan Nokia 5.1 Plus

1. Desain yang Baik

Nokia 5.1 Plus

 

Soal desain, Nokia tidak pernah mengecewakan. Desain bodi  Nokia 6.1 Plus saja sudah terbilang baik dengan perpaduan warna yang mengkilap dan material alumunium yang membalut bodinya. Konsep bodi desain inilah yang kemudian diturunkan ke Nokia 5.1 Plus.

Karena desain bodi Nokia 6.1 Plus sudah tergolong baik, jelas kalau desain bodi ponsel ini juga tergolong baik. GSMArena adalah situs yang memuji desain ponsel ini. Menurutnya, Nokia 5.1 Plus ini mampu menghadirkan bodi yang baik dengan balutan aluminium yang diberi sentuhan cat metal da kiliauh glossy yang membuat ponsel ini tampak menarik.

Selain GSMArena, Android Authority juga memuji desain Nokia 5.1 Plus. Menurut mereka, Nokia 5.1 Plus. hadir dengan sudut membulat yang membuat ponsel ini nyaman digenggam meski dengan satu tangan. Selain itu, desain Nokia 5.1 Plus ini menurut Android Authority memiliki build quality yang baik dan tergolong ergonomis.

Pujian dari Android Authority dan GSMArena tergolong masuk akal. Bodi desain Nokia 5.1 memang tergolong unggul. Layarnya juga sudah menggunakan 2,5D curved design yang dipadukan dengan “dagu”  yang tipis. Semoga Nokia selalu mempertahankan kualitas desain di tiap ponselnya.

2. Performa Lebih Oke dari yang Diduga

* sumber: www.youtube.com

Nokia 5.1 Plus dibekali dengan chipset yang dibangun dengan fabrikasi 12 nm, Mediatek Helio P60. Penggunaan Mediatek di HP ini barangkali membuat orang memandang sebelah mata performa dari HP ini. Padahal justru kemampuan Mediatek Helio P60 ini tergolong baik.

Tidak percaya? Cek nilai Antutu Mediatek Helio P60 berikut yang bisa mencapai angka 118.382.

* sumber: www.androidauthority.com

Sebagai pembanding,  Nokia 6.1 Plus yang menggunakan Snapdragon 636 justru mendapatkan nilai Antutu 115.398., sedikit di bawah Nokia 5.1 Plus.  Jika masih ragu juga, coba tengok performa Oppo F9 yang juga menggunakan chipset sama.

Mengingat Oppo F9 hadir dengan harga Rp4 jutaan sementara Nokia 5.1 Plus hadirdi rentang harga Rp2 jutaan, justru membuat Nokia 5.1 Plus memiliki performa yang unggul.

Dengan kombinasi RAM 3 GB dan ROM 32 GB, Helio P60 menawarkan performa yang bahkan bisa melewati Snapdragon 636. Android Authority mengatakan kalau Nokia 5.1 Plus ini mampu memberikan performa yang baik, Digunakan untuk multitasking atau bermain gim seperti Asphalt 9 yang memiliki grafis intensif tergolong lancar.

Situs Nokiapoweruser yang juga menguji beberapa gim menggunakan Nokia 5.1 Plus. Beberapa gim seperti  GTA San Andreas, Mortal Kombat X, dan  PUBG Mobile ternyata berjalan cukup lancar.

HP ini juga menjalani tes multitasking dengan tiga gim yang sudah disebutkan sebelumnya, 11  tab peramban, dan juga menjalankan beberapa aplikasi memperlihatkan kalau Nokia 5.1 Plus mampu menangangi hal tersebut dengan baik, tanpa lag, dan responsif.

3. USB Type-C port

* sumber: www.business-standard.com

Nokia 6.1 Plus yang hadir dengan harga Rp3 jutaan hadir dengan port USB Type-C yang tentu membuat ponsel tersebut jadi menarik. Uniknya, kehadiran Nokia 5.1 Plus yang juga hadir dengan port USB Type-C malah membuat kehadiran USB Type-C di Nokia 6.1 Plus menjadi biasa saja.

Hal ini cukup wajar mengingat Nokia 5.1 Plus hadir dengan harga Rp2 jutaan. Dan di rentang harga ini, (saat aritkel ini dibuat), belum ada ponsel di Indonsia yang menghadirkan port USB Type-C.  Memang, apa kelebihan USB Type-C.? Penggunaan USB Type-C membuat HP bisa melakukan transfer data lebih mudah dan lebih cepat. Penggunaan USB Type_C juga berpengaruh terhadap proses kecepatan pengisian daya.

4. Android One

* sumber: www.deccanchronicle.com

Nokia 5.1 Plus sama seperti Nokia 6.1 Plus, yakni sama-sama mengusung OS Android murni tanpa menggunakan antarmuka yang dikostumisasi. Dalam hal ini, Nokia 5.1 Plus  dan Nokia 6.1 Plus merupakan bagian dari ponsel Android One.

Bagi yang belum tahu, Android One adalah sebuah sistem yang dikembangkan Google untuk digunakan para vendor Android. Tujuannya, agar HP yang menguusng konsep Android One dapat menggunakan OS Android murni dengan dukungan setidaknya sampai 2 kali pembaruan (updatei) sistem operasi.

Menilik fakta ini, dapat disimpulkan kalau Nokia 5.1 Plus bakal segera mendapat pembaruan Android Pie maupun OS Android selanjutnya setelah Andoird Pie. (Android Q?).  Nokia 5.1 Plus sendiri saat ini hadir dengan OS Android Oreo 8.1.

5. Daya Tahan Baterai Kurang Oke

 

* sumber: www.gsmarena.com

Nokia 5.1 Plus dibekali baterai dengan kapasitas yang sama dengan Nokia 6.1 Plus  yakni baterai berkapasitas 3.060 mAh. Baterai ini sebenarnya bisa dibilang cukup tetapi daya tahanya tidak bisa dikatakan bagus.  Menurut Android Authority, daya tahan abterai ini bisa bertahan sampai seharian. Waktu tempuh yang cukup umum.

Menurut Nokiapoweruser, daya tahan baterai HP ini sudah sangat baik. Daya tahannya ternyata bisa mencapai 44 jam dengan penggunaan untuk produkviitas kerja seperti internetan untuk mencari referensi , menggunakan aplikasi untuk tes, dan untuk penggunaan harian. Bahkan, masih menurut Nokiapoweruser, daya tahan baterai ini bisa bertahan sampai 48 jam dengan penggunaan yang moderate.

 

6. Kamera Cukup Baik

* sumber: www.androidauthority.com

Nokia 5.1 Plus datang  dengan kamera ganda 13MP + 5MP. Kamera 5 MP tentu saja berfungsi untuk memberikan efek bokeh. Lantas bagaimana performa kameranya? Sebelum dibahas lebih lanjut, berikut contoh beberapa tangkapan kamera menggunakan Nokia 5.1 Plus.

* sumber: nokiapoweruser.com

* sumber: www.androidauthority.com

* sumber: www.androidauthority.com

Tampak hasil tangkapan kamera belakang HP ini tergolong baik. Kameranya mampu menangkap gambar dengan baik di kondisi cahaya yang cukup. Detailnya juga dapat. Seperti kata GSMArena, kamera belakang Nokia 5.1 Plus dapat menghasilkan gambar dengan warna yang baik serta memiliki auto white balance yang akurat.

Masih lanjut menurut GSMArena, kamera belakang HP ini mampu menampilkan gambar dengan baik dan detail yang dihasilkan juga bagus meskipun hasil fotonya masih memiliki sedikit noise.  Situs Nokiapoweruser juga mengatakan kalau kamera belakang HP ini dapat menangkap gambar dengan baik dan detail, warna yang dihasilkan juga terlihat natural.

Bisa dibilang, kamera belakang HP ini tergolong baik dan cukup. Lantas, bagaimana dengan kamera depannya? HP ini hadir dengan kamera depan 8 MP. Berikut contoh tangkapan kamera depan Nokia 5.1 Plus.

* sumber: nokiapoweruser.com

Tampak kalau kamera depan HP ini ternyata mampu menghasilkan gambar yang baik. Android Authority juga setuju kalau kamera selfie 8 MP di HP ini dapat menangkap gambar dengan baik di kondisi cahaya yang cukup. Karena itu, bisa dibilang, baik kamera depan maupun kamera belakang HP ini mampu menghasilkan gambar yang baik meski di kondisi cahaya yang cukup.

Kekurangan Nokia 6.1 Plus

1. Kamera Kewalahan di Kondisi Kurang Cahaya

* sumber: www.deccanchronicle.com

Meskipun Nokia 5.1 Plus dapat menghasilkan foto yang baik (di kelas harganya tentunya), namun kamera Nokia 5.1 Plus ini tergolong kewalahan untuk menangkap gambar di kondisi cahaya yang gelap. Hal yang wajar sebenarnya karena umum dialami oleh ponsel lain juga.

Hanya perlu diingat ada banyak ponsel yang bisa memotret di kondisi gelap dengan hasil yang sedikit di atas rata-rata, untuk HP kelas atas, jelas biasanya hasil foto gelap mampu hadir dengan detail yang baik.   Agar lebih tahu kualitas foto kamera belakang ponsel ini, berikut beberapa contoh hasil tangkapan kamera belakang Nokia 5.1 Plus.

* sumber: www.gsmarena.com

* sumber: www.gsmarena.com

* sumber: www.androidauthority.com

Terlihat kalau dalam pengambilan gambar di kondisi cahaya yang rendah, kamera Nokia 5.1 Plus ini cukup kewalahan.  GSMArena sendiri meenegaskan kalau kualitas kamera Nokia 5.1 Plus untuk kondisi cahaya gelap tergolong buruk.  Gambar yang dihasilkan saat menangkap objek di kondisi kurang cahaya cenderung terlalu gelap. Kehadiran mode HDR juga jadi tampak tidak berguna sama sekali.

Atas dasar itulah, bisa dibilang kalau kamera Nokia 5.1 Plus ini memang kewalahan dalam menangkap foto di kondisi cahaya yang rendah. Memang masih banyak yang hasil foto di kondisi gelapnya lebih jelek dari hasil tangkapan kamera belakang ini hannya saja cukup wajarnya karena harganya lebih murah.

2. Tampilan Layar yang Biasa saja

Nokia 5.1 Plus

Nokia 5.1 hadir dengan bentangan layar 5,8 inci dengan resolusi 1520 x 720  piksel. Layarnya ini mengusung panel IPS LCD dengan rasio layar 19:9 yang tentunya membuat ponsel ini menjadi lebih panjang.  Dengan layar yang berdimensi lebar dan panjang, resolusi yang diusung HP ini tergolong kurang.

Menurut GSMArena, kualitas tampilan Nokia 5.1 Plus ini terasa kuraang. Hal ini disebabkan karena kepadatan piksel layarnya jadi lebih kecil yang merupakan efek dari layar ponsel ini yang lebih lebar dan panjang.

GSMArena juga mengatakan kalau layar HP ini tidak begitu cerah. Menurut mereka, layar HP ini dengan resolusi 720pt etapi Nokia seharusnya bisa melakukan kalibrasi warna tampilan dengan baik. Karena faktor inilah, sektor layar pada Nokia 5.1 Plus ini jadi kekurangan. Bahkan bukan kategori lumayan di kelasnya.

3. Notch yang Terlalu Lebar

* sumber: www.deccanchronicle.com

Tampilan layar yang kurang cerah ternyata bukan satu-satunya faktor yang membuat layar Nokia 5.1 Plus kurang menarik. Kehadiran notch atau poni membuat ponsel ini juga terlihat kurang menarik dari segi layar. Padahal desain HP ini sudah masuk kategori baik.

Sebenarnya kehadiran notch bukan lagi masalah karena sudah banyak HP lain yang melakukannya. Hanya saja, Nokia 5.1 Plus ini memiliki notch yang lebih panjang dibandingkan HP lain yang juga memiliki notch di bagian atas. Satu kekurangan lain tentunya.

4. Tidak Ada Fast Charging 

* sumber: www.business-standard.com

Daya tahan baterai yang baik dan kehadiran port USB Type-C ternyata terasa kurang maksimal lantaran HP ini tidak mendukung teknologi pengisian cepat apapun. GSMArena menyebut kalau HP ini memang layak memiliki teknologi pengisian cepat meskipun proses pengisian daya HP ini mencapai dua jam.

Android Authority juga mengatakan kalau pengisian daya HP ini memakan waktu sampai dua jam lamanya. Bukan waktu yang buruk memang tetapi baik Android Authority maupun GSMArena sangat menyarankan agar pengisian lebih cepat menggunakan charger pihak ketiga yang mendukung fast charging. 

Menurut Android Authority, penggunana fast charging dapat mengisi daya HP ini sampai penuh dengan waktu tempuh 90 menit saja.  Seandainya Nokia menghadirkan charger bawaan yang mendukung pengisian cepat, tentu poin ini bisa masuk ke bagian kelebihan.

Simpulan

Nokia 5.1 Plus tampak sebagai identitas kalau HP ini adalah versi murah dari Nokia 6.1 Plus. Ketidakhadiran NFC juga jadi menurun ke HP ini. Untuk Nokia 5.1 Plus sih ketidakhadiran NFC bukan masalah besar. Yang terasa agak kurang dari Nokia 5.1 Plus adalah soal layarnya yang terlihat kurang menarik.

Untungnya, Nokia 5.1 Plus  memiliki desain yang baik. Performa HP ini juga tergolong cukup  oke di kelas harga Rp2 jutaan. Kalau butuh HP Nokia dengan harga yang cukup masuk akal, Nokia 5.1 Plus tampak lebih menarik meski harus menerima kenyataan layarnya yang terasa kurang.

Terlepas dari kekurangan tersebut, jika kamu berminat dengan HP ini, kamu bisa lirik Nokia 5.1 Plus dengan harga kisaran Rp2,4 jutaan. Tertarik dengan HP yang satu ini? Kamu bisa membeli Nokia 5.1 Plus di Bukalapak pada link berikut ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment