Carisinyal / Smartphone / Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Nokia 7.1

Yuk, Ketahui 10 Kelebihan dan Kekurangan Nokia 7.1

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Siapa yang tidak kenal Nokia? Brand ponsel asal Finlandia yang menjadi salah satu pelopor telepon genggam yang masih tetap eksis hingga kini. Nokia, dengan nama besarnya tetap bertahan dan berinovasi.

Nama Nokia makin dikenal masyarakat dunia kala telepon genggam produksinya yakni Nokia 3310 laris di pasaran belasan tahun lalu. Disusul dengan kehadiran Nokia 3315,1100 sampai Nokia N900 yang menjadi smartphone terbaik pada zamannya.

Meski namanya sempat meredup beberapa tahun silam seiring dengan munculnya smartphone berbasis Android serta hadirnya iPhone besutan Apple Inc. dengan iOs-nya yang dikenal ciamik, tidak membuat produsen ponsel asal Finlandia ini menyerah.

Microsoft menggandeng Nokia untuk memproduksi Lumia 800 pada 2011 lalu. Selain Microsoft Corporation, HMD Global juga menggandeng dan menggunakan brand Nokia untuk smartphone yang mereka produksi.

Salah satu smartphone besutan HMD Global adalah Nokia 7.1 yang merupakan rangkaian dari Nokia 7 series. Kali ini saya ingin mengajak Anda untuk mengetahui apa saja 10 kelebihan dan kekurangan dari smartphone satu ini. Penasaran? Yuk, simak langsung saja pembahasannya di bawah ini!

Spesifikasi Nokia 7.1

10 kelebihan dan kekurangan Nokia 7.1_11

  • Rilis: Oktober 2018
  • Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors 84 inches, 85.1 cm2(~79.9% screen-to-body ratio)
  • Resolusi Layar: 1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio (~432 ppi density)
  • Chipset: Qualcomm SDM636 Snapdragon 636 (14 nm)
  • CPU: Octa-core 1.8 GHz Kryo 260
  • GPU: Adreno 509
  • OS: Android 8.1 (Oreo)
  • Memori Internal: 64 GB, 4 GB RAM or 32 GB, 3 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 400 GB (uses SIM 2 slot)
  • Kamera Belakang: Dual Camera 12 MP, f/1.8, 1.28µm, Dual Pixel PDAF,
    5 MP, f/2.4, 1.12µm, depth sensor
  • Kamera Depan: 8 MP, f/2.0, 24mm
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3060 mAh battery

Kelebihan Nokia 7.1

1. Desain Mewah

Nokia 7.1_5

* sumber: www.techradar.com

Salah satu poin plus dari  Nokia 7.1 adalah desain mewah yang memanjakan mata. Smartphone ini terbuat dari bahan kaca di bagian belakangnya dan dilapisi aluminium pada bagian sisi kiri serta kanannya, menjadikan Nokia 7.1 terasa sangat elegan.

Seperti smartphone kekinian lainnya, Nokia 7.1 hadir dengan desain bezel-less dan memiliki ‘poni’ serta ‘dagu’ yang sedikit di bagian depan layar. Tambahan logo Nokia di bagian ‘dagu’ menambah kesan eksklusif tersendiri bagi penggunanya. Adanya sensor fingerprint dan dua kamera di bagian belakang juga membuat smartphone ini terkesan lebih keren.

Nokia 7.1 punya dua pilihan warna yang cantik yakni gloss midnight blue dan gloss steel. Didukung dengan ukuran ponsel sebesar 5.84 inci, menjadikan Nokia 7.1 pas dan nyaman ketika digenggam di tangan.

2. Ketajaman Layar yang Baik

Nokia 7.1_4

* sumber: www.techradar.com

Satu nilai tambah lainnya yang ada dari Nokia 7.1 terletak pada sektor layar. Smartphone ini dilengkapi layar dengan panel IPS LCD capacitive touchscreen beresolusi 1080 x 2280 piksel. Layarnya ini memiliki rasio 19:9 dan memiliki kerapatan layar sebesar 432 ppi. Layarnya juga sudah diproteksi dengan corning Gorilla Glass 3.

Menurut Techradar, Nokia 7.1 yang didukung dengan fitur HDR 10 sangat cocok digunakan untuk menonton film karena ketajaman warna yang dimilikinya cukup bagus. Bahkan ketika digunakan, tampilan layar Nokia 7.1 memberikan kesan yang sama seperti ketika menggunakan smartphone dengan harga yang lebih tinggi.

Hal ini tentu akan membuat Anda semakin betah untuk berlama-lama menatap layar ponsel ini. Nonton Netflix lama-lama jadi lebih nyaman, deh!

3. Sektor Kamera yang Oke

Nokia 7.1_8

* sumber: www.techradar.com

Pada sektor kamera, bisa dibilang cukup oke. Nokia 7.1 dilengkapi dengan dual kamera berukuran 12 megapixel dengan bukaan f/1.8 dan 5 megapixel dengan bukaan sebesar f/2.4. Selain itu, pada bagian depan terdapat kamera beresolusi 8 megapixel dengan bukaan f/2.4 berukuran 24 mm dan dilengkapi dengan optik dari Carl Zeiss.

Adanya fitur Auto HDR juga membuat gambar yang dihasilkan cukup tajam dan mendetail. Nokia 7.1 juga dilengkapi fitur live bokehbackground blur dan pro mode yang dapat menambah nilai estetika pada gambar yang diambil. Selain itu Nokia 7.1 juga mendukung penggunaan AR Emoji. Keren bukan? Berikut beberapa contoh hasil jepretan kamera Nokia 7.1.

Nokia 7.1 camtest

* sumber: www.techadvisor.co.uk

Nokia-7.1-Camera-Samples

* sumber: www.androidauthority.com

Nokia 7.1_10

* sumber: www.techradar.com

Nokia 7.1_9

* sumber: www.techradar.com

Menilik detail fotonya, sebenarnya hasil tangkapan kamera Nokia 7.1 bukanlah yang terbaik tetapi lumayan baik di kelas harganya. Seperti yang diungkapkan oleh AndroidAuthority, hasil tangkapan kamera Nokia 7.1 tidaklah buruk. Hasil gambar menunjukan fokus dan kontras yang terlihat baik. Gambar juga terlihat lebih cerah.

Performa kamera kurang nendan saat digunakan memotret foto dengan kondisi cahaya rendah. Tapi hal ini bukan saja dialami oleh Nokia 7.1 saja.

Satu keunggulan menarik dari kamera Nokia 7.1 adalah mode pro. Techradar dan Techadvisor adalah dua situs yang memuji mode pro pada kamera Nokia 7.1 Kedua situs tersebut memuji hasl tangkapan kamera Nokia 7.1 ini. Karena hal tersebut, sektor kamera belakang Nokia 7.1 ini jadi kelebihan tersendiri.

4. Fitur Bothie

Nokia 7.1_Bothies

* sumber: www.youtube.com

Kelebihan lainnya dari Nokia 7.1 adalah fitur Bothie. Apa itu Bothie? Menurut FlashUpdate, bothie adalah fitur yang disematkan pada kamera Nokia 7.1 yang memungkinkan Anda dapat mengaktifkan kamera depan dan belakang secara bersamaan. Yang nantinya akan tampil secara bersamaan pula pada layar smartphone.

Anda juga dapat mengatur posisi kedua tampilan gambar yang dihasilkan dari kamera depan maupun belakang sesuai dengan keinginan Anda. Adanya fitur yang satu ini membuat Nokia 7.1 pas untuk digunakan oleh para vlogger yang sering melakukan live broadcast melalui Instagram Story atau YouTube. Unik sekali, ya!

5. Termasuk Jajaran Ponsel Android One

nokia_7_1_review_3

* sumber: www.techadvisor.co.uk

Di antara 10 kelebihan dan kekurangan Nokia 7.1, ada satu hal lainnya yang membuat smartphone ini makin istimewa. Nokia 7.1 adalah salah satu smartphone yang masuk kedalam jajaran Android One.

Menurut IDN Timessmartphone Android One memiliki performa yang lebih mulus dikarenakan Android One bersifat closed source, bukan open source seperti Android pada umumnya. OS Android One  ini dipasok langsung dari Google. Biasanya ponsel dengan OS Android One dapat pembaruan setidaknya sampai dua versi Android.

Nokia 7.1 sendiri hadir dengan OS Android 8.1 Oreo. Hal ini berarti Nokia 7.1 akan dapat pembaruan ke OS Android 9 Pie nantinya dan ke OS Android Q.

6. Dilengkapi dengan port USB Type-C

Nokia 7.1_2

* sumber: www.techradar.com

Kelebihan lainnya dari Nokia 7.1 adalah adanya port USB Type-C. USB Type -C dapat mentransfer data dengan kecepatan lebih tinggi dan selain itu bisa membantu pengisian daya baterai lebih cepat. USB Type-C sendiri adalah jenis USB yang telah digunakan pada beberapa smartphone kekinian belakangan ini. Salah satunya pendahulu dari Nokia 7.1 yakni Nokia 5.1.

Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan USB Type-C. di bagian atas Nokia 7.1 terdapat audio jack berukuran 3.5 mm yang dapat Anda gunakan untuk memasang earphone.

Kekurangan Nokia 7.1

1. Daya Tahan Baterai Kurang Baik

nokia_7_1_review_1

* sumber: www.techadvisor.co.uk

Ada satu kekurangan yang mungkin bisa membuat Anda berpikir ulang untuk memasukkan Nokia 7.1 kedalam wish list Anda.  Kekurangan tersebut adalah soal daya tahan baterai. Ya, meski sudah mendukung fast charging, Nokia 7.1 memiliki kapasitas baterai yang terbilang kecil yakni hanya 3060 mAh.

Nokia 7.1 Battery test

* sumber: www.gsmarena.com

Berdasarkan battery test dari GSM Arena, baterai Nokia 7.1 mampu bertahan selama 80 jam. Pada pengujian waktu bicara, Nokia 7.1 ini mencapai waktu bicara sampai 22 jam 48 menit. Untuk web browsing (fitur HDR 10 dalam keadaan menyala) selama 10 jam 58 menit dan video playback selama 9 jam 31 menit saja.

Capaian tersebut bukanlah yang terbaik. Banyak ponsel lain yang memiliki ketahanan lebih lama. Sebagai pembanding, Xioami Pocophone F1 memilikikapasitas baterai 4000 mAh dan mampu bertahan selama kurang lebih 94 jam lamanya yang dibanderol dengan harga lebih murah.

2. Performa yang Biasa Saja

Nokia_7.1

* sumber: www.techradar.com

Dari sektor dapur pacunya, Nokia 7.1 dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 636 (14 nm) dan didukung oleh GPU Adreno 509 serta CPU Kryo 260 Octa Core 1.8 Ghz menjadikan smartphone satu ini masuk dalam kategori smartphone dengan performa yang biasa saja jika dibandingkan dengan smartphone lain di kelasnya.

Nokia 7.1 Geekbench Test_1

* sumber: www.gsmarena.com

Bisa dilihat dari GeekBench test (multi core) yang dilakukan oleh GSMArena diatas, skor yang didapat Nokia 7.1 hampir mirip dengan Xiaomi Redmi Note 6 Pro yang mempunyai harga relatif lebih terjangkau namun sama-sama dilengkapi chipset Qualcomm Snapdragon 636 dengan GPU yang serupa, yakni Adreno 509.

Nokia 7.1 Geekbench Test_Singlecore (Copy)

* sumber: www.gsmarena.com

Untuk GeekBench Test (single core), skor yang diperoleh Nokia 7.1 pun sebanding dengan Xiaomi Redmi Note 6 Pro, seperti terlihat pada gambar diatas.

Nokia 7.1 AnTuTu

* sumber: www.gsmarena.com

Dan untuk skor AnTuTu-nya, Nokia 7.1 memiliki skor sebesar 117.175, tidak terlampau jauh berbeda dari Xiaomi Redmi Note 6 Pro dengan skor AnTuTu sebesar 115.605 saja.  Berdasarkan data benchmark tersebut, Nokia 7.1 ini sebenarnya memiliki potensi performa yang bisa lebih baik. Mengingat Snapdragon 636 sebebarnya tidak terlalu buruk untuk performanya.

2. Kurang Cocok Untuk Gaming

nokia_7_1_review_8

* sumber: www.techadvisor.co.uk

Melihat hasil perbandingan performa diatas, Nokia 7.1 bukanlah pilihan yang tepat bila Anda menginginkan smartphone yang mampu menjalankan game kekinian semacam PUBG.

Dapur pacu Nokia 7.1 yang didukung chipset Snapdragon 636 dan GPU Adreno 509 masih kalah jauh jika dibandingkan dengan Pocophone F1 yang punya chipset sama dengan Samsung Galaxy Note 9 yakni Qualcomm Snapdragon 845. Atau bahkan dengan Huawei Honor Play dengan chipset Kirin 970.

Sama halnya dengan pendahulunya yakni Nokia 6.1, yang memiliki chipset serupa dan hanya mampu menjalankan game semacam Mobile Legends dalam setting grafis medium, ini membuat Nokia 7.1 kemungkinan mengalami hal serupa. Bahkan menurut Techradar, tidak jarang smartphone satu ini juga mengalami lag saat menjalankan aplikasi.

3. Harga yang Relatif Mahal

nokia_7_1_review_8

* sumber: www.techadvisor.co.uk

Nokia 7.1 sendiri dibanderol dengan harga 5,4 juta untuk versi 3 GB RAM/32 GB ROM dan sekitar 6,1 juta untuk versi 4 GB RAM.64 GB ROM. Menurut hemat saya, harga yang ditawarkan dari smartphone flagship HMD Global ini tidak sebanding dengan spesifikasinya yang kurang outstanding.

Jika dibandingkan dengan harga Pocophone F1 atau Honor Play yang dibanderol sekitar empat jutaan saja, harga yang ditawarkan Nokia 7.1 sendiri jelas bisa dibilang relatif mahal untuk ukuran smartphone yang spesifikasinya kalah saing dengan dua smartphone di atas.

Simpulan

Bagaimana menurut Anda, setelah mengetahui 10 kelebihan dan kekurangan dari Nokia 7.1 di atas, apakah Anda tertarik untuk membelinya?  Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi smartphone dengan desain yang mewah dan elegan dan kamera  yang tergolong baik, Nokia 7.1 bisa jadi pilihan.

Namun jika Anda menginginkan smartphone yang sedikit lebih gahar dari segi spesifikasi, masih banyak smartphone mid-range lain yang memiliki spesifikasi lebih ciamik dibanding Nokia 7.1 dengan harga yang lebih ‘bersahabat’ tentunya.

Sampai di sini pembahasan mengenai 10 kelebihan dan kekurangan Nokia 7.1 yang wajib Anda ketahui. Mengingat Nokia 7.1 memiliki saudara yang juga sama-sama mengusung Snapdragon 636, yakni Nokia 6.1 Plus, Anda bisa melihat artikel “10 Kelebihan dan Kekurangan Nokia 6.1 Plus” yang mungkin bisa jadi perbandingan menarik dengan Nokia 7.1.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

Mau cashback 15% pas belanja di Bukalapak? Masukan saja kode BUKASINYAL. Kode ini berlaku untuk pembelian via aplikasi Bukalapak khusus untuk kamu yang yang belum pernah berbelanja di Bukalapak. Minimun pembelian Rp 100.000 dengan maksimal cashback Rp 50.000. yuk tunggu apa lagi, segera pakai kode BUKASINYAL dan dapatkan cashback-nya!

About the Author:

Saya senang menulis topik tentang musik, makanan, kecantikan, film dan hal yang berbau teknologi. Saya sudah menulis sejak duduk di bangku SMP. Saat ini saya juga mengelola blog pribadi. Saya juga pernah menjadi penulis artikel untuk blog resmi Floating Market Lembang.Saya pernah mengikuti lomba menulis artikel dalam Pemilihan Duta Sanitasi Jawa Barat pada tahun 2010 lalu serta pernah mengikuti lomba menulis cerpen tingkat Kabupaten di tahun yang sama.

Leave A Comment