Carisinyal / Asus 2018 / Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 5 ZE620KL

Ini Dia 10 Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 5 ZE620KL

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Tahun 2017, Asus memperkenalkan ponsel Asus Zenfone Generasi 4 dengan beragam seri dan varian. Sayangnya, seri Asus Zenfone Generasi 4 atau Asus Zenfone 4 Series termasuk seri produk Asus yang terbilang gagal secara produk maupun secara penjualan.

Di 2018, Asus berbenah memperbaiki lini produk mereka. Mereka memperkenalkan beberapa seri Max seperti Asus Zenfone Live L1, Asus Zenfone Max M1, dan Asus Zenfone Max Pro M1. Ada juga seri Asus Zenfone Max Plus M1 yang bisa dibilang hanya produk uji coba Asus. Selain seri Max, di 2018 ini, Asus juga memperkenalkan Asus Zenfone 5.

Ada tiga produk di seri Asus Zenfone 5, yakni Asus Zenfone 5 ZE620KL, Asus Zenfone 5Z ZS620KL, dan Asus Zenfone 5Q ZC600KL. Ketiga seri ini menawarkan kualitas kamera yang tergolong baik lengkap dengan berbagai kelebihan di tiap serinya.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas Asus Zenfone 5 ZE620KL. HP yang dibanderol di harga Rp4 jutaan ini tergolong menarik. Ada banyak kelebihan dan kekurangan yang bisa ditelisik lebih dalam dari HP ini. Penasaran? Mari simak pembahasan soal kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 5 ZE620KL berikut ini.

Spesifikasi Asus Zenfone 5 ZE620KL

Asus Zenfone 5 ZE620KL

Umum

  • Diumumkan
    Februari, 2018
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    153 x 75.7 x 7.7 mm
  • Berat
    165 g

Layar

  • Jenis
    IPS LCD capacitive touchscreen
  • Ukuran
    6.2 inci
  • Resolusi
    1080 x 2246 pixels, 18.7:9 ratio (~402 ppi density)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM636 Snapdragon 636 (14 nm)
  • CPU
    Octa-core Kryo 260
  • GPU
    Adreno 509

Memori

  • RAM
    6 GB
  • Memori Internal
    64 GB
  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 512 GB (menggunakan slot SIM 2)

Kamera Utama

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1
  • Resolusi
    8 MP
  • Fitur
    f/2.0, 24mm (wide), 1/4", 1.12µm
  • Video
    [email protected] (gyro-EIS)

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    v5.0, A2DP, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    Ya, dengan A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
  • USB
    2.0, Type-C 1.0 reversible connector

Baterai

  • Jenis
    Li-Ion
  • Kapasitas
    Non-removable 3300 mAh
  • Wireless Charging
  • Fitur
    Charging 5V/2A 10W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 8.0 Oreo
  • Sensor
    Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Midnight Blue, Meteor Silver

Harga

    Kelebihan Asus Zenfone 5 ZE620KL

    1. Performa Cukup Baik untuk Gaming 

    * sumber: www.awaqa.com

    Performa Snapdragon 636 rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Untuk kelas menengah, chipset ini terbilang cukup mumpuni digunakan bermain gim. Meskipun tidak sekencang Snapdragon 660, tetapi performa Snapdragon 636 tergolong lumayan.

    Performa Snapdragon 636 di HP Asus Zenfone 5 ini kurang lebih sama dengan performa Asus Zenfone Max Pro M1 atau Xiaomi Redmi Note 5. Tapi, jika ingin ada gambaran performanya, bisa simak nilai benchmark Asus Zenfone 5 pada tabel berikut ini.

    * sumber: jalantikus.com

    Terlihat kalau performa chipset Snapdragon 636 di Asus Zenfone 5 ini tergolong tinggi. Bahkan nilai Antutu-nya tergolong sedikit mendekati performa Snapdragon 660. Nilai 120 ribuan yang didapatkan HP ini tidak lepas dari peranan AI Boost, sebuah teknologi AI yang berfungsi meningkatkan performa ponsel.

    Lantas bagaimana performanya? Hmm, bayangkan saja performa HP Snapdragon 636 yang diberi sentuhan tenaga AI sehingga kemampuannya sedikit meningkat. Meskipun memang untuk memainkan gim seperti PUBG, tetap saja grafisnya hanya ada di medium. Terlepas dari itu, kemampuan hardware HP ini layak diapresiasi sebagai kelebihan tersendiri.

    2. Kamera dengan Fitur AI

    Asus Zenfone 5 sudah dibekali dengan kamera yang tergolong cukup baik. Kamera HP ini mengusung kamera ganda 12 MP + 8 MP di bagian belakang. Kamera ini dilengkapi dengan fitur AI yang tergolong cukup baik. Berikut contoh beberapa foto hasil tangkapan kamera belakang Asus Zenfone 5 ZE620KL.

    * sumber: www.trustedreviews.com

    * sumber: www.techadvisor.co.uk

    * sumber: www.yugatech.com

    * sumber: www.yugatech.com

    * sumber: www.yugatech.com

    Dengan sensor Sony IMX363, kamera belakang HP ini mampu menangkap gambar dengan kualitas baik. DxOMark, situs yang memberikan rating kamera, memberi skor kamera ini dengan nilai 90. Nilai yang tergolong memuaskan untuk sebuah ponsel di kelas harga Rp4 jutaan.

    Yugatech juga memuji kamera HP Asus ini. Terlebih kamera ini sudah dilengkapi dengan fitur AI, semacam AI Scene Detection ditambah dengan berbagai efek seperti foto untuk efek bokeh, Panorama, Slow Motion, Beauty dan sebagainya.

    Yugatech juga mengatakan kalau kamera utama HP ini bisa menghasilkan foto yang memiliki detail, reproduksi warna, akurasi, dan ketajaman yang baik. Trustedreviews juga menyatakan kalau kamera pada HP ini memberi pengalaman fotografi yang baik di kelasnya. Karena sudah banyak yang memuji kualitas kamera HP ini, wajar jika saya memuji kamera belakang HP ini menjadi satu kelebihan tersendiri.

    3. Kualitas Layar Tergolong Baik

    * sumber: www.techadvisor.co.uk

    Asus Zenfone 5 ini hadir mengusung layar 6,2 inci dengan resolusi full HD+ 1080 x 2246 piksel. Layarnya menggunakan panel IPS. Layarnya hadir dengan notch yang tentunya bisa dipilih untuk bisa disembunyikan atau ditampilkan.

    Layar HP ini sendiri tergolong baik. Setidaknya menurut Techadvisor, layar Asus Zenfone 5 yang mengusung panel IPS ini mampu menampilkan tampilan warna yang cerah dan lebih hidup. Reproduksi warnanya juga bagus. Tersedia juga opsi untuk mengatur tingkat kecerahan layarnya.

    Layar Asus Zenfone 5 memang bukan OLED, tetapi layarnya sudah tergolong baik dalam menampilkan konten visual beresolusi tinggi. Layarnya yang tergolong baik ini tentu merupakan sesuatu yang bagus dan jadi kelebihan tersendiri dari Asus Zenfone 5.

    4. Desain Bodi Kokoh dan Cantik

    Selain tampilan layarnya yang baik, Asus Zenfone 5 ini hadir dengan desain yang cantik. Desain bodi HP ini cukup lain dari yang lain dan memiliki khas tersendiri. Techadvisor juga salah satu situs teknologi yang memuji kualitas desain dari HP ini.

    Menurut Techadvisor, HP ini dibalut dengan desain bodi ini berbingkai logam dengan lapisan kaca di bagian belakang. Lapisan kaca ini membuat HP ini tampak terlihat lebih cerah dan terasa lebih mahal. Tidak ada kesan plastik dan murahan sama sekali dengan bodi HP ini. Bodi HP ini juga tergolong kokoh sehingga bisa dibilang HP ini termasuk salah satu HP yang memiliki bodi kokoh.

    Dengan kombinasi layar yang menampilkan visual yang indah serta bodi metal berlapis kaca yang terkesan mewah, membuat Asus Zenfone 5 adalah HP yang tidak cuma memberi gimmick desain. HP ini tidak seperti HP Rp4 jutaan lain yang menawarkan desain menarik tetapi bodinya hanya terbuat dari polikarbonat alias plastik.

    5. NFC dan Fitur Lengkap Lainnya

    * sumber: www.yugatech.com

    Asus Zenfone 5 memiliki fitur lengkap, bahkan tergolong lengkap dibandingkan HP Rp4 jutaan lainnya. Sebut saja fitur NFC yang sekarang sudah banyak orang cari HP di kelas menengah dengan fitur NFC. Fitur lainnya adalah sensor HP ini yang tergolong lengkap. Semua sensor yang dibutuhkan sebuah HP berkelas hadir di sini, minus Pressure Sensor dan Temperature Sensor.

    Fitur lainnya yang ditawarkan oleh Asus Zenfone 5 adalah kelengkapan konektivitas seperti 4G LTE, WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, dan tentu saja GPS. Menurut Yugatech, HP ini juga punya fitur remeh yang penting yakni fitur untuk menghadirkan kualitas suara panggilan yang baik yang disebut noise canceling. 

    Banyak juga fitur menarik yang ditawarkan HP ini. Dengan banyaknya fitur tersebut, wajar jika Asus Zenfone 5 tergolong memiliki keunggulan sebagai HP yang memiliki fitur yang memang mesti ada di HP kelas menengah.

    Kekurangan Asus Zenfone 5 ZE620KL

    1. Slot Hybrid

    * sumber: www.gadgetmatch.com

    Hal yang sangat disayangkan dari Asus Zenfone 5 adalah penggunaan slot SIM hybrid. Artinya, HP ini hanya memungkinkan digunakan dengan satu slot SIM + microSD atau menggunakan dua slot tersebut untuk kartu SIM.

    Jika kamu merasa cukup dengan satu kartu SIM saja tidak masalah. Terlebih jika kamu juga merasa cukup dengan memori internal. Hanya slot SIM hybrid selalu jadi kekurangan bagi pengguna di Indonesia yang memiliki dua kartu SIM plus ingin menambah memori eksternal.

    2. Kamera Depan Masih Kalah Saing

    * sumber: www.trustedreviews.com

    Asus Zenfone 5 dibekali dengan kamera depan 8 MP. Kamera depan ini sudah dilengkapi dengan fitur AI untuk mempercantik hasil selfie. Hasil selfie di kamera HP ini sebenarnya tergolong baik.

    Hanya saja, di kelas harga Rp4 jutaan, ada HP lain yang menawarkan kamera foto selfie yang menarik. Sebut saja Oppo F9, Oppo F7, Vivo V11 dan Vivo V9. Dibandingkan dengan Asus Zenfone 5, jelas kamera depan HP dari Oppo dan Vivo tersebut terlihat lebih baik.

    3. Fingerprint Scanner Kurang Optimal

    * sumber: www.gadgetmatch.com

    Asus Zenfone 5 memiliki masalah yang sebenarnya simpel. Masalah tersebut adalah soal fingerprint sensor. Bukan masalah krusial, hanya soal sensor sidik jari yang terasa kurang optimal. Terkadang respon sensor sidik jarinya kurang begitu cepat. Semoga ada update untuk memperbaiki masalah yang sebenarnya kecil ini.

    4. Daya Tahan Baterai dan Fast Charging yang Biasa Saja

    * sumber: www.yugatech.com

    Berbekali baterai berkapasitas 3.300 mAh, HP ini menawarkan daya tahan yang sebenarnya lumayan tapi terasa kurang optimal. Yugatech mencatat kalau HP ini bisa bertahan dalam 12 jam 9 menit untuk pengujian PC Mark Vide. Sementara untuk pengujian video loop test, HP ini dapat bertahan sampai 12 jam lamanya.

    Asus membenamkan fitur bernama PowerMaster untuk optimalisasi baterainya. Ada juga fitur SmartCharging untuk optimalisasi pengisian daya. Sayangnya, pengisian daya baterai ini terasa lambat. Seperti kata Yugatech yang mengatakan kalau pengisian daya baterai Asus Zenfone 5 ini terasa lebih lambat apalagi jika diisi saat malam hari.

    Karena masalah inilah, soal baterai di HP ini bisa dibilang masih jauh dari sempurna. Daya tahan baterainya masih tergolong cukup. Sayangnya karena banyaknya gimmick fitur, membuat daya tahan baterai HP ini terkesan biasa, termasuk untuk urusan pengisian daya HP ini.

    5. Fitur AI Masih Kurang Maksimal

    * sumber: www.gadgetmatch.com

    Karena 2018 ini tahunnya Artifical Intellegence alias AI, wajar jika banyak HP diklaim mengusung fitur AI, termasuk Asus Zenfone 5 ini. Ada banyak fitur AI di HP ini, tidak hanya di kamera tetapi juga untuk sistem, hardware, bahkan untuk baterainya.

    Sayangnya, AI pada Asus Zenfone 5 masih tergolong kurang maksimal. AI pada HP ini masih terkesan nanggung. Memang, AI cukup bagus dan optimal di sektor kamera belakang, tetapi untuk sektor lainnya terasa tidak terlalu berpengaruh atau bermanfaat.

    Simpulan

    Asus Zenfone 5 ZE620KL ini adalah HP Asus di harga Rp4 jutaan yang unggul dari sisi desain bodi, layar, kamera, dan juga performa yang tergolong lumayan nendang. HP ini juga unggul karena memiliki banyak fitur. Sayangnya, HP ini terasa terkesan nanggung alias kurang begitu optimal, terutama untuk urusan AI.

    Terlepas dari kekurangannnya, Asus Zenfone 5 ZE620KL ini adalah HP yang cukup layak jadi pilihan untuk yang membutuhkan HP Rp4 jutaan dengan fitur lengkap dan kamera yang baik. Tertarik dengan HP ini? Silakan beli HP ini di Bukalapak melalui link ini.

    Topik Terkait:
    Share on facebook
    Facebook
    Share on twitter
    Twitter
    Share on pinterest
    Pinterest
    Share on linkedin
    LinkedIn
    Share on whatsapp
    WhatsApp

    Artikel Terkait

    Baca Juga

    Tinggalkan komentar