Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo F5 yang Wajib Diketahui

10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo F5 yang Wajib Diketahui

Oppo F5 adalah HP Oppo yang tergolong laris di pasaran Indonesia. HP ini punya daya pikat untuk pengguna di Indonesia, barangkali termasuk Anda. Salah satu hal yang menjadi daya tarik dari HP ini adalah kamera depannya yang mampu menghasilkan hasil foto yang baik.

Selain itu, promosi yang cukup gencar dan pengaruh Brand Ambassador OPPO yang memperkenalkan produk ini menjadi alasan lain yang membuat produk ini tergolong laris. Kami yakin juga Anda yang datang ke artikel ini penasaran dengan OPPO F5 dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang kekurangan dan kelebihan dari HP ini.

Penasaran dengan plus minus dari OPPO F5? Simak pembahasannya berikut ini. Tapi sebelumnya marik lihat detail spesifikasi dari OPPO F5 berikut ini.

Spesifikasi OPPO F5

OPPO F5

  • Rilis: Oktober, 2017
  • Layar: LTPS IPS LCD 6.0 inches
  • Resolusi Layar: 1080 x 2160 pixels
  • Chipset: Mediatek MT6763T Helio P23
  • CPU: Octa-core 2.5 GHz Cortex-A53
  • GPU: Mali-G71 MP2
  • Memori Internal: 64 GB, 6 GB RAM or 32 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 16 MP, f/1.8, phase detection autofocus, LED flash
  • Kamera Depan: 20 MP, f/2.0, 1/2.8″ sensor size
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3200 mAh

Kelebihan Oppo F5

1. Layar Full Display 18:9

Layar Oppo F5 adalah layar full display alias layar penuh. Layarnya memiliki dimensi 6 inch dengan tipe LTPS IPS LCD. Layar penuh pada HP ini bukan sekadar gimmick. Oppo F5 terbilang memiliki dimensi layar yang memenuhi hampir semua bodinya.

Layar yang luas ini jadi kelebihan tersendiri yang membuat HP ini tebilang cocok untuk multimedia. Terlebih karena layar pada HP ini sudah mengusung resolusi Full HD+1080 x 2160 pixels.

2. Kamera Depan AI Beautify

Kelebihan utama dari Oppo F5 sekaligus jadi nilai jual utamanya adalah kamera depan. Kamera depan pada HP ini mengusung kamera 20 MP. Kamera ini tentu saja tergolong cocok digunakan untuk selfie dan hasil jepretan selfie juga memang tergolong baik.

A post shared by Carisinyal (@carisinyal) on

Hasil kamera selfie yang baik ini diamini oleh GSMArena. Mereka mengatakan kalau hasil jepretan kamera selfie pada HP ini memiliki detail yang bagus, warna kulit juga tampak lebih cerah sehingga akan tampak lebih menarik. Hal yang sama juga dikatakan oleh youtuber SobatHape yang menyatakan hasil selfie memakai HP ini memang baik.

Hasil selfie yang baik ini bukan hanya karena resolusi kamera depan yang besar. Penggunaan lensa kamera Sony IMX376 juga punya andil. Tapi selain lensa kamera, kehadiran teknologi “AI Beauty Recognition Technology” pada HP ini juga membantu hasil selfie.

Teknologi AI pada kamera depan ini mampu memberikan hasil sefie yang lebih cantik tapi masih tetap terlihat alami. Selain itu, kehadiran fitur Face Unlock sebagai fitur keamanan untuk membuka HP juga jadi nilai lebih dari HP ini.

3. Kamera Belakang Bagus untuk Low Light

* sumber: www.youtube.com

Kamera belakang Oppo F5 mengusung kamera 16 MP. Resolusi kamera ini memang tidak sebesar kamera depannya yang mengusung kamera 20 MP. Tapi hasilnya tergolong memuaskan di kelasnya. GSMARena menyebut, hasil foto kamera belakang HP ini cukup detail, warnanya juga bagus dan natural seperti pada gambar di atas.

Saat digunakan di tempat dengan cahaya yang kurang, hasil kameranya masih tergolong memuaskan. SobatHape memuji hasil jepretan kamera Oppo F5 pada kondisi low light atau kurang cahaya. Hasilnya bisa disimak pada foto berikut ini.

* sumber: www.youtube.com

4. Performa Tergolong Baik

Oppo F5 dibekali Mediatek MT6763T Helio P23. Chipset ini terdiri dari prosesor Octa-core 2.5 GHz Cortex-A53. Sistem operasi HP ini adalah ColorOS yang berbasis Android Nougat. Tampilan ColorOS ini mirip sekali dengan tampilan iOS Apple. Untuk navigasi dan memuat aplikasi, tergolong cepat. Bisa dibilang prosesor sudah cukup memenuhi kebutuhan.

OPPO F5

* sumber: arenalte.com

Bagaimana untuk main game? GPU Mali-G71 MP2 ternyata memiliki performa yang baik. Nilai skor GPU juga terbilang lumayan tinggi seperti yang diungkap oleh GSMArena pada pengujian menggunakan GFX 3.1 berikut ini.

Dengan skor tersebut, HP ini mampu menjalankan game populer semacam Arena of Valor. Wajar, karena HP ini juga merupakan sponsor dari Arena of Valor.

Game lain semacam Asphalt 8 and Gear juga tergolong enak dimainkan seperti yang diungkap Trustedreviews. Bisa dibilang, performa grafisnya tergolong baik. Jika dibandingkan, kinerja grafisnya lebih tinggi dibanding Snapdragon 625 tapi lebih rendah dibanding Snapdragon 630.

5. Harga yang Lebih Masuk Akal

Oppo dikenal sebagai produsen yang sering membanderol harga produknya lebih mahal dibanding pesaing dengan spesifiaksi yang serupa. Karena hal ini ada sebagian orang yang antipati terhadap produk HP dari Oppo.

Lewat Oppo F5, Oppo mencoba menurunkan citra tersebut. Harga Oppo F5 yang RAM 4 GB tergolong masuk akal. Harga Oppo F5 yang RAM 6 GB juga tergolong masih masuk akal. Tidak terlalu overpriced seperti produk mereka yang lain.

Kekurangan Oppo F5

1. Bodi Plastik Polycarbonat

Bodi Oppo F5 seharusnya bisa lebih tampak cantik atau memiliki bodi yang solid, sayangnya hal tersebut tak terjadi. Penggunaan desain material polycarbonate menjadi kekurangan tersendiri. Pasalnya, material polycarbonate adalah material plastik yang membuat HP ini tampak terasa murahan desainnya.

Sebenarnya, penggunaan polycarbonat bukanlah masalah besar mengingat banyak pengguna smartphone yang sering memakaikan kasing. Tapi tentu saja, untuk sebuah HP yang tidak berada di kelas low-end, penggunaan polycarbonate terasa membuat HP ini tak memiliki desain elegan.

2. Tanpa Pelindung Layar

Anda yang membeli Oppo F5 diharuskan menggunakan tempered Glass. Pasalnya, tidak ada pelindung layar pada HP ini. Ini juga jadi salah satu kekurangan lain. Andaikan Oppo memakaikan pelindung layar semacam Corning Gorilla Glass, tentu akan membuat layar yang penunya tetap terlindungi.

3. Hilangnya VOOC Flash Charge

HP Oppo yang jadi unggulan umumnya memiliki fitur yang dinamakan VOOC Flash Charge. Fitur ini membuat HP bisa diisi dayanya lebih cepat. Fitur ini juga jadi salah satu nilai jual dari HP Oppo pada seri-seri sebelumnya.

Sayangnya, fitur VOOC Flash Charge sudah tidak ada lagi di seri Oppo F5. Fitur ini dihilangkan sehingga Anda yang berharap Oppo F5 punya fitur pengisian daya yang cepat, Anda pasti kecewa. Penghilangan VOOC bagi orang yang butuh pengisian daya cepat tentu membuat Oppo F5 kehilangan daya tarik.

Tampaknya Oppo sengaja menghilangkan fitur ini agar bisa memangkas biaya sehingga harga produk bisa lebih murah. Oppo tampak lebih serius pada pengembangan kamera depan.

4. Tanpa NFC

Untuk HP di kelas harga 4 jutaan, ketiadaan fitur NFC juga jadi kekurangan tersendiri. Banyak HP di kelas harga yang sama yang sudah menyematkan fitur NFC. Terlebih fitur NFC ini memiliki manfaat yang banyak. Tidak sedikit orang yang butuh HP dengan fitur NFC. Jika saja Oppo mau menyematkan fitur NFC, HP ini juga jadi punya nilai lebih.

Sama seperti hilangnya fitur pengisian daya cepat, ketiadaan NFC juga tampaknya ditiadakan untuk memangkas harga produksi. Hal ini sebenarnya wajar, tapi sebenarnya Oppo bisa lebih baik dengan memilih salah satu dari 2 fitur tersebut. Menghadirkan VOOC flash charge dan tidak ada NFC atau malah sebaliknya. Kalau dua fitur ini hilang, Oppo F5 jadi semakin tak menarik.

5. Mono Speaker

BODY OPPO F5

* sumber: techlector.com

Sebagai HP yang punya keunggulan di sektor multimedia dan menjalin kerjasama dengan Arena of Valor, hanya mengusung mono speaker adalah kekurangan tersendiri. Kalaupun mono, sebaiknya suaranya lantang. Tapi seperti kata GSMArena, mono speaker pada Oppo F5 kurang begitu keras dan kualitasnya hanya di atas rata-rata saja.

Simpulan

Oppo F5 adalah HP yang layak dibeli, terlebih karena harganya termasuk tidak terlalu tinggi seperti halnya HP Oppo seri sebelumnya. Nilai jual HP ini terletak pada kamera selfie dan juga tampilan layar yang memang didesain untuk kebutuhan multimedia dan gaming.

Bisa dibilang, Oppo F5 adalah HP yang ditujukan untuk para penyuka selfie dan Anda yang suka nonton video. HP ini juga ditujukan untuk yang suka main game. HP ini kurang cocok untuk Anda yang sibuk dan sering butuh pengisian daya cepat. Anda yang sering menggunakan NFC juga kurang cocok memakai HP ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment