Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A3S yang Perlu Diketahui

10 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo A3S yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Salah satu produk dari Oppo yang laris di pasaran adalah OPPO A3S. Ponsel yang berada di kelas entry-level ini membawa beberapa fitur menarik dan keunggulan dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya.

Harga yang ditawarkan Oppo untuk ponsel ini tetap setia dengan kantong generasi muda yang memang menjadi terget penggunanya. Dengan desain dan spesifikasi yang sudah cukup untuk menunjang penggunaan sehari-hari. Karena hal-hal tersebut barangkali yang membuat Oppo A3S sebagai salah satu ponsel laris di pasaran.

Fenomena ini terlihat dari maraknya orang yang mencari tahu tentang Oppo A3S di mesin pencari Google. Bahkan, ada juga yang mencari perbedaan varian Oppo A3S. Perlu kamu tahu, Oppo A3S memiliki dua varian memori, yaitu RAM 2 GB untuk ROM 16 GB serta RAM 3 GB untuk ROM 32 GB.

Perbedaan Oppo A3S RAM 2 GB dan RAM 3 GB

Oppo A3S

Apakah ada perbedaan di antara Oppo A3S RAM 2 GB dan Oppo RAM 3 GB? Sejauh penelusuran yang dilakukan penulis, Oppo A3S dengan RAM 2 GB dan 3 GB memiliki kemiripan untuk spesifikasi lainnya, seperti prosesor, kamera, baterai, body, dan lain-lain. Bisa dibilang mereka berada di tubuh yang sama tapi dengan memori yang berbeda.

Jika pengguna ingin Oppo A3S yang berjalan lebih cepat, maka pilihlah yang RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Mengapa Jika memori Oppo A3S penuh maka hal itu dapat mengurangi kinerja ponsel tersebut. Jika pilihan kedua juga kurang, maka alternatif keduanya adalah dengan menambahkan memori eksternal di slot yang sudah tersedia.

Lalu, apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari HP Oppo A3S ini? Apakah ponsel ini bisa digunakan multitasking atau apakah kameranya dapat menghasilkan gambar yang? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Spesifikasi Oppo A3S

Oppo A3S

  • Rilis: Juli 2018
  • Layar: IPS LCD 6.2 inch
  • Resolusi Layar: 720 x 1520 pixels, 19:9 rasio
  • Chipset: Qualcomm SDM450 Snapdragon 450
  • CPU: Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
  • GPU: Adreno 506
  • Memori Internal: 32 GB, 3 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (dedicated slot))
  • Kamera Belakang: 13 MP (f/2.2), AF + 2 MP, f/2.4, depth sensor  LED Flash,
  • Kamera Depan: 8 MP (f/2.2)
  • Baterai: Non-removable  Li-Ion 4230 mAh

Kelebihan Oppo A3S

1. Memiliki Face Unlock

Oppo A3S Face Unlock

Fitur biometrik yang biasa dibenamkan dalam ponsel sekelas Oppo A3S biasanya adalah sensor pemindai sidik jari yang umum ditemui di bagian body belakang HP. Untuk menarik minat penikmat gadget entry-level, Oppo sepertinya berfikir lain.

Oppo A3S dibekali teknologi Face Unlock untuk menggantikan sensor Fingerprint. Oppo mengklaim bahwa fitur biometrik ini dapat bekerja cepat dan akurat.

Mereka sepertinya memahami kelemahan yang ada pada fitur sensor Fingerprint yang tidak bekerja secara efisien pada saat tangan basah atau saat sedang menggunakan sarung tangan. Jadi, jawaban tepat untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan Face Unlock.

2. Daya Tahan Baterai yang Lama

Baterai Oppo A3S

Kapasitas baterai Oppo A3S terbilang besar untuk mendukung pemakaian ponsel lebih lama, yaitu 4230 mAh. Dengan daya sebesar ini,  kamu dapat mengakses Oppo A3S lebih lama, baik untuk kegiatan yang menunjang pekerjaan atau untuk bersenang-senang seperti bermain game dan menonton video.

Dengan layar 6,2 inch HD+ dan kerapatan pixel layar Oppo A3S yang hanya ~271 ppi, penggunaan daya baterainya juga jadi tidak begitu boros. Menurut hasil pengujian baterai Oppo A3S yang dilakukan oleh banyak situs di luar sana, ponsel ini dapat diandalkan untuk banyak kegiatan hingga seharian penuh.

Oppo sendiri mengatakan bahwa baterai A3S dapat bertahan hingga 18 jam! Benarkah bertahan sampai 18 jam? Berdasarkan uji pakai yang dilakukan Yugatech, daya tahan Oppo A3S ternyata bisa sampai 19 jam dan 9 menit. Hasil tersebut tergolong luar biasa di kelasnya.

Situs Selular.ID juga menguji daya tahan baterai Oppo A3S. Hasilnya, Oppo A3S ini dapat bertahan  sampai 24 jam dengan penggunaan internetan, kirim pesan, e-mail, dan kegiatan internet pada umumnya. Sementara untuk streaming video, Oppo A3S dapat bertahan sampai 5 jam lamanya dengan melakukan streaming video tanpa jeda.

Dengan hasil tersebut, kamu yang berencana memakai Oppo A3S tidak perlu khawatir lagi akan daya ponsel  yang cepat habis terkuras. Tampaknya fitur AI Battery Management pada Oppo A3S memiliki peranan penting  sehingga dapat me-manage penggunaan baterai sebaik mungkin.

3. Layar Lebar dan Responsif

Design Oppo A3S

Oppo A3S hadir dengan ukuran layar Full Screen yang membentang hingga 6,2 inch dan beresolusi 1520 x 720 pixel. Aspek rasionya sendiri adalah 19:9 sehingga memberikan tampilan yang cukup nyaman dipandang. Desain notch juga masih tersedia pada ponsel ini sehingga tidak ada kesan ketinggalan zaman walaupun A3S bukan ponsel mid atau high level.

Panel yang digunakan masih berteknologi IPS dengan 16 juta warna dan kerapatan pixel yang mencapai ~271 ppi. Walaupun demikian, tampilan layar yang ditawarkan ponsel ini cukup jernih dan tajam. Kegiatan-kegiatan seperti menonton video atau bermain game masih dapat dinikmati dengan baik di Oppo A3S.

Untuk urusan antarmuka, Oppo A3S mengandalkan desain terbaru ColorOS 5.1 yang simpel, nyaman, dan terasa lebih cepat. Pengalaman menggunakan ponsel ini terasa bertambah baik karena tertunjang sistem UI yang baik.

4. Performa Oke

CPU Oppo A3S

Jeroan yang dibawa oleh ponsel sekelas Oppo A3S ini dinilai cukup baik. Chipset yang digunakannya adalah Qualcomm Snapdragon 450 dengan proses manufaktur 14 nm. CPU-nya terdiri dari delapan inti dengan frekuensi 1.8 GHz.

Lantas, berapa skor Antutu Oppo A3S ini? Situs Yugatech telah melakukan benchmark pada Oppo A3S. Dari hasil benchmark tersebut, didapatkan skor Antutu 74.409, skor yang tidak tinggi tetapi tergolong baik jika menilik kelas harga Oppo A3S. Yugatech juga melakukan benchmark lain yang hasilnya dapat dilihat berikut ini.

OPPO a3s benchmarks

* sumber: www.yugatech.com

Dengan power demikian, Oppo A3S dapat memberikan pengalaman yang baik kepada penggunanya seperti transisi UI yang lebih mulus, multitasking yang oke, dan beralih antar aplikasi yang bisa dilakukan dengan cepat, dan salah satu yang paling penting adalah mampu menghemat energi.

Untuk sektor memori, ada dua pilihan yang diberikan oleh Oppo untuk A3S ini. Yang pertama adalah RAM 2 GB untuk ROM 16 GB. Sedangkan yang kedua adalah RAM 3 GB untuk ROM 32 GB. Dengan demikian, harga jualnya juga pasti berbeda, namun tidak terlalu jauh. Memori penyimpanan keduanya juga dapat diperluas dengan memori eksternal hingga 256 GB menggunakan slot yang telah disediakan.

5. Desain Menawan

Body Oppo A3S

Body Oppo A3S memiliki ketipisan hingga 8,2 mm yang membuatnya terlihat stylish dan nyaman digenggam. Desain glossy yang dimiliki ponsel ini nyatanya memang memanjakan mata bahkan dilihat dari sudut manapun. Hilangnya sensor Fingerprint di belakang body ponsel ini benar-benar menambah keunikan desainnya.

Ponsel ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Red dan Dark Purple yang modern. Generasi muda saat ini memang terlihat cocok dengan paduan warna body Oppo A3S yang pas (tidak terlalu merah atau ungu yang bisa terlihat terlalu mencolok). Berat ponsel ini adalah sekitar 168 gram, sehingga membuatnya tetap nyaman saat digenggam.

Secara keseluruhan tampilan dan desain Oppo A3S ini cukup menawan. Apalagi ponsel ini hadir di entry-level yang bisa menjadi rekomendasi bagi pecinta gadget yang menginginkan kualitas desain dan jeroan yang cukup baik.

6. Kamera Belakang Baik

Oppo A3S Camera

Nilai plus lain yang dibawa Oppo A3S ini adalah hadirnya dua sensor pada kamera utamanya. Yang pertama adalah kamera dengan resolusi 13 MP dengan aperture 2.2. Sedangkan kamera yang kedua memiliki resolusi 2 MP dengan aperture 2.4 ditambah dengan fitur depth sensor.

Kamera utama ponsel ini didukung dengan adanya fitur AI Beauty 2.0 yang mampu mengidentifikasi wajah manusia lebih dari 200 titik. Jadi, untuk menghasilkan foto wajah yang terlihat baik, fitur ini bisa cukup membantu. Fitur AI Beauty 2.0 ini juga terdapat pada kamera depan Oppo A3S yang beresolusi 8 MP dan memiliki aperture 2.2.

https://selular.id/2018/09/review-oppo-a3s-layar-luas-dan-hemat-daya/

* sumber: selular.id

hasil tangkapan kamera Oppo A3S

* sumber: selular.id

hasil tangkapan kamera Oppo A3S

* sumber: www.yugatech.com

hasil tangkapan kamera Oppo A3S

* sumber: www.yugatech.com

Terlihat dari gambar kalau kamera utama ponsel ini mampu menghasilkan bidikan yang baik, terutama pada kondisi cahaya yang cukup. Keduanya juga mempunyai efek bokeh (mode portrait untuk kamera belakang dan mode depth sensor untuk kamera selfie).

Fitur lain yang ada pada kamera utama Oppo adalah lampu LED, HDR, dan Panorama. Berikut contoh hasil tangkapan kamera Oppo A3S.

Bagi pengguna pemula yang suka jeprat-jepret foto, Oppo A3S ini sudah cukup memuaskan. Walaupun tidak menghasilkan gambar yang keren saat kondisi cahaya rendah, Oppo A3S masih layak dimiliki karena harganya tergolong ramah di kantong generasi muda saat ini.

7. Masih Support Jack, FM Radio, Infrared dan Music Party

Oppo A3S Music PArty

Karena Oppo A3S ini adalah ponsel entry level, teknologi-teknologi jadul seperti Jack Audio 3,5 mm dan sensor inframerah masih dapat ditemukan di sini. FM Radio juga masih setia menemani A3S sebagai sarana penunjang hiburan bagi penggunanya.

Bagi yang suka bermusik ria, Oppo menyediakan fitur Music Party di Oppo A3S ini. Dengan fitur ini, kamu dan temanmu bisa memutar track lagu yang sama dengan menggunakan jaringan hotspot. Cukup menyenangkan, bukan?

Kekurangan Oppo A3S

1. Belum Fast Charging

Fast Charging

* sumber: www.pinterest.co.uk

Belum supportnya teknologi pengisian cepat di ponsel ini memang harus dimaklumi. Selain sudah membawa banyak fitur yang lumayan bagus, kehadiran teknologi seperti ini di ponsel sekelas Oppo A3S dinilai terlalu berlebihan. Apalagi mengingat harganya yang terbilang murah, sepertinya hal ini harus dibuang jauh-jauh dari pikiran.

2. Baterai Non-Removable

OPPO A3s

* sumber: www.yugatech.com

Baterai non-removable atau tidak bisa dicabut memang kadang menyulitkan pengguna saat ponsel mereka mengalami freeze atau nge-hang dan ingin mematikan ponsel dengan cara cabut baterai. Mereka juga tidak bisa mengganti baterai Oppo A3S saat daya tahannya sudah menurun drastis. Namun, karena dayanya yang besar sepertinya cukup menyembuhkan.

3. No Gorilla Glass

CGG_GlassTypes-GG

* sumber: www.corning.com

Layar lebar yang dimiliki Oppo A3S juga tidak dilapisi pelindung Gorilla Glass. Dengan demikian, pengguna harus lebih hati-hati saat menyimpan dan menempatkan ponsel mereka. Jika teledor, bisa saja layar Oppo A3S mereka tergores, bahkan oleh hal-hal ringan semisal kunci motor atau ekor USB.

Simpulan

Dengan daya tahan baterai yang tinggi, Oppo A3S memang merupakan salah satu rekomendasi yang baik untuk ponsel kelas entry-level. Spesifikasinya juga cukup mendukung untuk menunjang berbagai aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan dan multimedia semisal membaca, menonton video, mendengarkan musik, dan bahkan bermain game kelas menengah.

Untuk harga yang ditawarkannya, kekurangan-kekurangan Oppo A3S yang dibahas di atas memang perlu dimaklumi. Pengisian cepat misalnya, teknologi ini umumnya hadir di ponsel kelas menengah ke atas dengan harga berkali lipat dibanding Oppo A3S. Hanya saja pengguna harus hati-hati dengan layar A3S yang tidak diselimuti dengan penangkal goresan Gorilla Glass.

Bagi muda-mudi yang punya banyak aktivitas outdoor, ponsel ini cukup direkomendasikan (selain karena desainnya yang keren) untuk dimiliki karena daya tahannya yang terbilang baik. Jadi, kamu tidak perlu ribet membawa banyak power bank saat sedang aktivitas di luar ruangan.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari ponsel Oppo A3S. Semoga artikel ini bisa membantu ya. Jangan lupa juga untuk membaca bahasan tentang ponsel Oppo lainnya seperti 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 2, HP Sub-brand Oppo ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

A bad writer but loves to write

Leave A Comment