Carisinyal / Realme 2018 / Yuk, Simak 8 Perbedaan Realme 2 dan Realme 2 Pro Ini!

Yuk, Simak 8 Perbedaan Realme 2 dan Realme 2 Pro Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Maret 2019

Setelah sebelumnya membahas mengenai perbedaan HP iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, kali ini Carisinyal akan mengupas tuntas mengenai perbedaan dari dua HP Android besutan Oppo untuk sub-brand-nya, Realme.

Ya, ada Realme 2 dan Realme 2 Pro. HP yang hadir dengan desain menawan ini juga menarik untuk dibahas. Buat Anda yang tertarik untuk membeli HP ini, simak dulu pembahasan berikut agar Anda dapat mempertimbangkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, juga budget yang Anda miliki.

Bagaimana, Anda penasaran dan ingin mengetahui apa saja perbedaan dari HP yang masuk ke dalam jajaran HP kelas menengah ini? Check this out!

Spesifikasi Realme 2

  • Chipset: Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
  • RAM & Memori: 3 GB & 32 GB
  • Kamera: Dual 13 MP + 2 MP
  • Baterai: Li-Ion 4230 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 1.999.000

Untuk update harga terbaru, silakan klik Link ini.

Spesifikasi selengkapnya…

Spesifikasi Realme 2 Pro

  • Chipset: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)
  • RAM & Memori: 6 GB & 64 GB
  • Kamera: Dual 16 MP + 2 MP
  • Baterai: Li-Ion 3500 mAh
  • Kisaran Harga: Rp 3.799.000

Untuk update harga terbaru, silakan klik Link ini.

Spesifikasi selengkanya…

Perbedaan Realme 2 dan Realme 2 Pro

1. Chipset yang Digunakan Berbeda

snapdrgon processor

Perbedaan yang paling menonjol di antara HP Realme 2 dan Realme 2 Pro ada pada sektor dapur pacunya. Realme 2 masih mengusung chipset Snapdragon 450, sementara HP Realme 2 Pro sudah menggunakan chipset Snapdragon 660 yang lebih powerful.

Namun, bukan berarti Realme 2 punya performa yang jelek. HP ini masih bisa diandalkan, apalagi kalau hanya untuk menjalankan aplikasi jejaring sosial, seperti Instagram atau Twitter. Nah, kalau untuk main game, HP Realme 2 memang nggak cocok-cocok banget. Meski begitu, berdasarkan pengalaman Mas David dari Gadgetin, HP ini masih bisa ngangkat game populer sekelas PUBG walau dengan pengaturan grafis rendah.

Sementara saudaranya, Realme 2 Pro jelas memiliki performa yang lebih baik. HP ini cocok untuk diigunakan membuka beragam jenis aplikasi, juga pas untuk digunakan bermain game, termasuk PUBG.

Dengan adanya chip Snapdragon 660, HP Realme 2 Pro bisa menjalankan game Player’s Unknown Battlegrounds dengan setting grafis HD dan frame rate tinggi. GontagantiHape juga bisa memainkan game Asphalt 9 Legends hingga PES 2018 dengan lancar menggunakan HP Realme 2 Pro ini.

2. Ukuran dan Resolusi Layar Berbeda

realme 2 pro1_gadgetin

*Sumber: https://youtu.be/FFvY70TFGWg

Selain chipset dan performanya yang berbeda, HP Realme 2 dan Realme 2 Pro ini juga memiliki perbedaan lain yang ada pada sektor layarnya. HP Realme 2 mengusung layar lebar berukuran 6.2 inci dengan resolusi 720 x 1520 piksel dengan kerapatan layar sebesar 271 ppi. Artinya, resolusi layar HP Realme 2 ini masih mentok di HD+.

Sementara Realme 2 Pro layarnya berukuran 6.3 inci, sedikit lebih besar, dengan resolusi 1080 x 2340 piksel dan kerapatan layar sebesar 409 ppi. Yup, Layar HP ini sudah beresolusi Full HD+ dan tentunya kualitas tampilannya lebih baik ketimbang HP Realme 2.

For your info, kedua HP ini sama-sama menggunakan panel layar berteknologi IPS LCD. Baik Realme 2 maupun Realme 2 Pro sudah dibekali proteksi layar dari Corning, yakni Gorilla Glass 3 yang membuat Anda tidak perlu lagi menambahkan proteksi layar tambahan.

3. Bentuk Notch yang Berbeda

perbedaan realme 2 dan realme 2 pro_gontagantihape

*Sumber: https://youtu.be/faPJtNc5470

Realme 2 dan Realme 2 Pro juga ternyata memiliki notch alias poni dengan bentuk yang berbeda. Ya, HP Realme 2 tampil dengan notch yang memanjang, mirip dengan notch yang ada pada iPhone X dan juga saudaranya, Oppo A3s. Sedangkan Realme 2 Pro tampil dengan notch berbentuk dewdrop atau water drop yang ukurannya lebih kecil dan terkesan seperti tidak mengganggu pemandangan di bagian atas layarnya.

Oh ya, tidak cuma bentuk notch-nya saja yang berbeda, ketebalan bezel bagian bawah alias dagunya juga tidaklah sama. Realme 2 memiliki dagu dan bezel kiri juga kanan yang lebih tebal, sementara Realme 2 Pro lebih tipis. Ukuran screen to body ratio dari Realme 2 adalah 81.2%, sementara Realme 2 Pro 84.0%.

4. Resolusi Kamera

realme 2_yangcanggih_2

* sumber: yangcanggih.com

Perbedaan lainnya terletak pada resolusi lensa kameranya. Realme 2 Pro dibekali dengan dua lensa kamera utama, satu lensa kamera primer berukuran 16 MP dengan bukaan lensa f/1.7 dan fitur phase detection auto focus alias PDAF, LED Flash, HDR juga panorama.

Satu lensa lagi adalah lensa depth sensor untuk menghasilkan efek bokeh sebesar 2 MP. Sementara untuk kamera selfie-nya, Realme 2 Pro mengusung lensa 16 MP dengan bukaan yang lebih besar, yakni f/2.0 dan fitur HDR. Kamera depannya mampu merekam video beresolusi [email protected] fps.

Sedangkan saudaranya, Realme 2, hadir dengan lensa 13 MP dengan bukaan lensa yang lebih kecil, yakni f/2.2 sebagai kamera primernya. Satu lagi, ada lensa kamera 2 MP untuk sensor kedalaman dan efek bokeh.

Kamera dari Realme 2 juga sudah dilengkapi dengan fitur seperti auto fokus, HDR, panorama dan ada LED Flash untuk hasil foto yang lebih maksimal. HP Realme 2 dibekali dengan kamera selfie berukuran 8 MP dengan bukaan f/2.2 dan fitur HDR.

Oh ya, hasil jepretan dari kamera HP Realme 2 dan Realme 2 Pro memang tidak sebagus hasil jepretan kamera HP-HP flagship, namun, foto-foto yang dihasilkan masih bisa dibilang bagus dan cocok untuk dipajang di laman sosial media Anda.

5. Kapasitas dan Daya Tahan Baterai

realme 2 pro2_gontagantihape

*Sumber: https://youtu.be/faPJtNc5470

Beralih ke sektor baterainya. HP Realme 2 mengusung baterai berukuran 4320 mAh yang besar dan awet. GadgetIn menuturkan, baterai dari HP Realme 2 mampu bertahan hingga 2 hari dengan pemakaian wajar. Untuk main game selama setengah jam, baterai HP ini hanya berkurang beberapa persen saja.

Sementara HP Realme 2 Pro masih menggunakan baterai berkapasitas 3500 mAh yang tergolong cukup dan bisa tahan seharian jika pemakaiannya wajar. Sayangnya, meski kapasitas baterai dari Realme 2 dan Realme 2 Pro ini terbilang besar, namun tak ada fitur fast charging yang bisa membantu pengisian daya baterai lebih cepat dari biasanya. HP ini juga belum mendukung teknologi wireless charging atau pengisian daya baterai tanpa kabel.

6. Varian RAM

realme 2 pro3_gontagantihape

*Sumber: https://youtu.be/faPJtNc5470

HP Realme 2 dan Realme 2 Pro mengusung kapasitas RAM dan ROM yang bervariasi. Realme 2 sendiri punya dua versi yang berbeda, yakni ada versi RAM 3 GB dengan ROM 32 GB dan RAM 4 GB dengan ROM 64 GB.

Sedangkan Realme 2 Pro punya tiga versi, yakni RAM 4 GB dan 6 GB dengan ROM 64 GB dan RAM 6 GB dengan ROM 128 GB.

7. Versi Bluetooth

Bluetooth 1

Realme 2 masih menggunakan Bluetooth versi 4.2, sementara Realme 2 Pro sudah menggunakan Bluetooth 5.0 dengan kecepatan transfer data yang lebih baik. Bluetooth 4.2 memiliki kecepatan transfer data sebesar 1 Mbps sedangkan Bluetooth 5 memiliki kecepatan transfer data sebesar 2 Mbps. Bluetooth 5 memiliki tingkat keamanan yang lebih baik ketimbang Bluetooth 4.2.

8. Beda Harga

Price

* sumber: pixabay.com

Realme 2 dan Realme 2 Pro tentu saja dipasarkan dengan harga yang berbeda karena dari spesifikasi hingga desainnya juga berbeda. Di pasaran, HP Realme 2 dengan kapasitas RAM 4 GB dan ROM 64 GB dijual dengan kisaran harga 2.5 jutaaan. Sementara untuk versi RAM 3 GB dengan ROM 32 GB dipasarkan dengan harga 2 jutaan.

Sedangkan saudaranya, Realme 2 Pro versi  RAM 4 GB dengan ROM 64 GB dijual dengan harga 3.5 juta per-unitnya. Versi RAM 6 GB dan ROM 64 GB dijual dengan harga 3.8 jutaan. Untuk versi RAM 8 GB dan ROM 128 GB dibanderol dengan harga 4.5 jutaan.

Simpulan

Baik Realme 2 maupun Realme 2 Pro sama-sama HP yang cocok untuk digunakan dalam keseharian. Bila Anda mencari HP Realme yang spesifikasinya tak terlalu tinggi, namun layarnya besar dan punya performa lancar, Anda bisa memilih HP Realme 2.

Tapi kalau Anda membutuhkan HP Realme yang punya spesifikasi yang lebih tinggi dan performa yang lebih baik, Anda dapat menjadikan Realme 2 Pro sebagai pilihan. Atau, Anda dapat memilih Asus Max Pro M1 dan Xiaomi Redmi Note 5 yang dilengkapi chipset Snapdragon 636 namun dijual dengan harga yang hampir sama dengan Realme 2, yakni di kisaran harga 2 jutaan. Semua kembali kepada kebutuhan dan keinginan Anda. Bagaimana, Anda tertarik?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar