Carisinyal / Realme 2018 / 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 2, HP Sub-brand Oppo

10 Kelebihan dan Kekurangan Realme 2, HP Sub-brand Oppo

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Tren brand ponsel Tiongkok yang memiliki sub-brand terus bertambah. Setelah ZTE dengan Nubia, Huawei dengan Honor, Xiaomi dengan Pocophone, kini giliran Oppo yang menghadirkan sub-brand Realme. Realme ini dihadirkan Oppo sebagai jenama untuk menjegal Xiaomi yang dikenal sebagai ponsel murah dengan spesifikasi mewah. Salah satu produk penjegal Xiaomi dari Realme adalah Realme 2.

Realme 2 ini dihadirkan di harga Rp1.999.000 di Lazada. Namun, di beberapa toko online lain banyak yang menjual Relame 2 dengan harga Rp2,2 jutaan. Tampak kalau ponsel banyak diburu dan dimanfaatkan tengkulak yang berburu ponsel dan menjual lagi ke konsumen.

Fenomena tersebut tentu membuktikan kalau Realme 2 bukan ponsel sembarangan. Lantas, seperti apa Realme 2 ini? Untuk mengetahui detail ponsel ini, simak pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan Realme 2 yang dihimpun dari berbagi sumber. Sebelum mulai pembahasan, simak dulu spesifikasi Realme 2 berikut ini.

Spesifikasi Realme 2

Oppo Realme 2

Umum

  • Diumumkan
    Agustus, 2018
  • Jaringan
    2G, 3G, 4G
  • SIM Card
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    156.2 x 75.6 x 8.2 mm
  • Berat
    168 g

Layar

  • Jenis
    IPS LCD capacitive touchscreen
  • Ukuran
    6.2 inci
  • Resolusi
    720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~271 ppi density)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 (14 nm)
  • CPU
    Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
  • GPU
    Adreno 506

Memori

  • RAM
    3 GB
  • Memori Internal
    32 GB
  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 256 GB (dedicated slot)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    2
  • Resolusi
    13 MP + 2 MP
  • Fitur
    f/2.2, AF + f/2.4, depth sensor + LED flash, HDR, panorama
  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1
  • Resolusi
    8 MP
  • Fitur
    f/2.2, 1/4", 1.12µm, HDR
  • Video
    -

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot
  • Bluetooth
    4.2, A2DP, LE
  • Infrared
  • NFC
  • GPS
    A-GPS
  • USB
    microUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Ion
  • Kapasitas
    Non-removable 4230 mAh
  • Wireless Charging
  • Fitur
    -

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 8.1 Oreo
  • Sensor
    Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
  • 3.5mm Jack
  • Warna
    Diamond Black, Diamond Red, Diamond Blue
  • Lainnya
    -

Untuk update harga terbaru, silakan klik Link ini.

Kelebihan Realme 2

1. Daya Tahan Baterai Cukup Lama

* sumber: www.gsmarena.com

Salah satu keunggulan Realme 2 adalah bagian baterainya. HP ini dibekali baterai dengan kapasitas 4.230. Dan data hasil pengujian baterai GSMArena seperti yang diperlihatkan gambar di atas, terlihat kalau HP ini memiliki endurance rating 121 jam. Hasil tes lain menunjukan kalau baterai pada ponsel ini tergolong memiliki konsumsi efisien.

Kalau berdasarkan pengujian Yangcanggih.com, baterai Realme 2 ini dapat bertahan sampai 10 jam dengan penggunaan berat, seperti streaming Youtube dan main gim. Menurut Yangcanggih, daya tahan baterai Realme 2 termasuk baik dan memadai.

Karena itulah, dapat dikatakan kalau daya tahan baterai Realme 2 termasuk memiliki daya tahan yang baik di kelasnya.  Pengaruh penggunaan Snapdragon 450 yang efisien dan layar yang hanya HD+ tentu bisa jadi faktor lain yang menyebabkan daya tahan baterai ponsel ini tergolong baik.

2. Performa Oke di Kelasnya

* sumber: www.youtube.com

Realme 2 dibekali dengan Snapdragon 450. Chipset ini adalah chipset yang performa yang mendekat chipset kelas menengah Snapdragon 625. Performanya malah tidak terlalu jauh. Mengingat harga ponsel ini ada di kelas Rp2 juta, penggunaan Snapdragon450 di Realme 2 jadi kelebihan tersendiri.

Nilai Antutu, Geekbench, serta tes Sling Shot Extreme Realme 2 menunjukan skor yang tidak mengecewakan seperti terlihat pada gambar berikut.

* sumber: beebom.com

Angka benchmark tersebut memang bukan yang terbaik. Nilai Antutu Realme 2 tidak mencapai 100-ribuan. Tetapi dengan angka 70-ribuan, Realme 2 sudah tergolong cukup memadai menjalankan gim populer seperti PUBG Mobile, Asphalt 9, dan AoV.

Seperti yang diutarakan Yangcanggih, Realme 2 sudah memadai memainkan gim Asphalt 2 bahkan untuk pengaturan grafis tertinggi. Sementara untuk Aov dan PUB Mobie, Realme 2 dapat menjalankan kedua gim tersebut di pengaturan grafis medium.

GSMArena juga memuji performa Realme 2. Performa Realme 2 jelas bukan yang terkencang tetapi di kelasnya, performa Realme 2 sudah cukup baik. Snapdragon 450 yang ada di ponsel ini cukup untuk menjalakan gim dengan lancar, menjalakan ColorOS dengna baik, dan membuka aplikasi tanpa lag yang berat.

3. Kamera Belakang Tergolong Baik di Kelasnya

* sumber: yangcanggih.com

Realme 2 hadir dengan kamera ganda yang terdiri dari kamera normal 13 MP yang memiliki bukaan f / 2.2 dan kamera 2 MP untuk dept effect alias untuk membantu menghasilkan foto bokeh.

Untuk sektor kamera ini, Realme 2 hadir dengan kemampuan menangkap gambar yang baik. Seperti kata Yangcanggih, kamera belakang Realme 2 dapat menangkap gambar dengna tajam dengan reproduksi warna yang baik. Berikut contoh beberapa hasil tangkapan kamera belakang Realme 2.

* sumber: www.gsmarena.com

* sumber: gadgets.ndtv.com

* sumber: teknologi.metrotvnews.com

* sumber: www.gsmarena.com

* sumber: yangcanggih.com

* sumber: www.gsmarena.com

Foto-foto di atas tampak menunjukan kalau kamera Realme 2 ini memang tergolong bisa diandalkan. Gadgets NDTV juga setuju kalau Realme 2 dibekali kamera belakang yang mampu menghasilkan foto yang baik. Dalam pengujian Gadgets NDTV, kamera belakang Realme 2 dapat menangkap jumlah detail yang tergolong baik pada kondisi cahaya yang cukup. Warna yang dihasilkan juga tergolong akurat.

Di kondisi cahaya yang kurang, kamera belakang Realme 2 memang kurang bisa menangkap gambar dengan detail, tetapi hasil fotonya masih dapat diterima di kelas harganya. Fitur bokeh kamera ini juga tergolong halus. Bisa dibilang, sektor kamera utama ponsel ini masih bisa diterima di kelasnya. Bahkan cenderung ke arah baik.

4. Desain yang Menarik

Realme 2 datang dengan keunggulan desain yang cantik dan terlihat mahal. Desain bodi HP ini memang dibuat sedemikian rupa agar tetap menarik dan terasa premium. Hal ini bukan isapan jempol belaka. Desain ponsel ini menggunakan pola wajik alias pola berlian di bagian belakang bodi yang cukup berkilau.

Dengan tiga pilihan warna, merah, biru, dan hitam membuat ponsel ini terlihat lebih menarik dibandingkan ponsel lain di kelas harga Rp2 jutaan. Bandingkan saja dengan HP Rp2 jutaan populer semacam Xiaomi Redmi Note 5, Asus Zenfone Max Pro M1, atau Redmi 5. Bahkan, HP ini lebih menarik desainnnya dibandingkan HP dari saudaranya, yakni Oppo A83 yang dibanderol dengan harga tidak jauh berbeda dengna ponsel ini.

5. Harga Menarik

harga oppo realme 2

Spesifikasi yang ditawarkan Realme 2 di kelas harganya mungkin bakal terasa biasa saja jika ponsel ini adalah Xiaomi. Tapi karena ini adalah Realme yang merupakan brand yang berkaitan dengan Oppo tentu jadi menarik. Pasalnya, ponsel Oppo dikenal sebagai ponsel yang menawarkan harga mahal untuk spesfikasi yang biasa saja. Terlebih faktor soal jarangnya update dan soal build quality sering jadi kritikan buat Oppo.

Dengan Realme 2, Oppo seolah menjawab tantangan banyak orang. Memang tantangan itu dijawab bukan oleh unit Oppo langsung tetapi lewat sub-brand yang memang bisa jadi pesaing ketat Xiaomi.

Betapa tidak, Realme 2 ini menawarkan spesifikasi yang cukup baik dengan harga Rp1.999.00 untuk varian RAM 3 GB ROM 32GB. Untuk varian RAM 4GB dan ROM 64GB harga banderolnya adalah  Rp2.399.000. Jika ponsel ini adalah unit Oppo, jelas harga banderolnya tidak akan ada di rentang harga Rp2 juta jika menilik spesifikasi yang ditawarkan.

Kekurangan Realme 2

1. Speaker Kurang Nendang

* sumber: www.awaqa.com

Realme 2 menempatkan speaker di bagian bawah. Ada dua speaker di bagian bawah ini, satu di sebelah bagian port microUSB satu lagi ada di antara port microUSB dan port audio jack.

Yang lucu, speaker yang dekat dengan port audio jack ini lebih pendek dibandingkan dengan satu speaker lainnya. Jumlah lubang speaker ini hanya dua saja. Bandingkan dengan satu speaker lagi yang jumlahnya lebih banyak.

Posisi speaker di bagian bawah ini rentan tertutup tangan saat ponsel digunakan secara landscape. Terlebih suara speaker yang keluar dari ponsel ini kurang begitu lantang. Karena itulah, speaker di Realme 2 jadi satu kekurangan tersendiri.

2. Fitur Kamera yang Terbatas

oppo realme 2 body

Kamera belakang Realme 2 memang tergolong menarik. Sayangnya, fitur kamera pada ponsel ini masih terbatas. Memang, fitur seperti panorama dan fitur lainnya tersedia tetapi bisa dibilang fitur kameranya masih terasa kurang. Kekurangan ini sebenarnya masih bisa diperbaiki lagi jika ada update sistem.

3. Kamera Selfie Kurang Memuaskan

layar realme 2

* sumber: www.smartprix.com

HP yang dibekali dengan ColorOS ini hadir dengan kamera depan 8 MP. Kamera depan ini membawa banyak fitur yang dibawa dari ponsel Oppo yang terkenal dengan kualitas kamera selfie. Kamera depan Realme 2 juga ini layak selfie. Terlebih banyak fitur, seperti sticker AR yang imut dan bikin hasil foto selfie lebih menggemaskan.

Sayangnya, untuk sebuah ponsel yang pasti memiliki keterikatan dengan Oppo, ponsel ini masih kurang maksimal untuk kamera depan. Untuk sekadar pamer selfie di Instagram masih cukup oke. Tetapi, tentu jangan berharap kalau kamera depannya dapat menghasilkan foto selfie yang sangat baik.

4. Pengisian Daya yang Lambat

Karena mengusung kapasitas baterai yang besar, wajar jika daya tahan baterai ponsel ini memiliki daya tahan yang baik. Sayangnya, hal ini tidak diimbangi dengan pengisian daya yang cepat. Dengan kapasitas baterai yang besar, jelas mengisi daya ponsel ini memakan waktu daripada pengisian ponsel pada umumnya.

Hal ini terlihat dari fakta yang diceritakan Gadgets NDTV kalau Realme 2 membutuhkan waktu sampai 3 jam untuk pengisian daya sampai penuh. Menurut GSMArena, Realme 2 ini didukung dengan pengisian baterai 5V/2A yang bisa menghasilkan daya 22% setelah diisi 30 menit atau 30% setelah diisi selama 40 menit.

Menilik hasil tes pengisan daya tersebut, terlihat kalau yang hilang dari Realme 2 adalah fitur pengisian cepat. Jika saja Realme 2 memiliki fitur pengisian yang cepat, jelas membuat ponsel ini semakin menarik.

5. Tampilan Layar Kurang Oke

* sumber: www.smartprix.com

Realme 2  hadir dengan dimensi layar 6,2 inch. Dimensi layarnya menyerupai dimensi layar Oppo F9. Layarnya mengusung HD+ 720 x 1,520 piksel dengan kerapatan layar 271ppi. Kalau menurut GSMArena, layarnya ini bukan merupakan layar dengan tingkat kecerahan dan ketajaman yang ideal.

Layarnya memang masih cukup digunakan dan tergolong lumayan di kelasnya. Hanya sekali lagi, layarnya kurang tajam. Meski begitu, sektor layarnya ini masih bisa diterima karena sudah cukup oke di kelasnya. Terlebih dengan spesifikasi layar yang tidak terlalu tinggi membuat daya tahan baterai ponsel ini jadi lebih irit.

Simpulan

Realme 2 hadir dengan berbagai kelebihan yang tergolong baik. Performa, daya tahan baterai, kamera yang masih cukup oke di kelasnya, serta desain yang menarik jadi faktor-faktor yang membuat ponsel ini adalah salah satu ponsel layak pilih di kelas harga Rp2 juta. Ya, faktor harga jadi faktor lebih lain dari Realme 2.

Realme 2 bisa jadi alternatif untuk mereka yang ingin merasakan ponsel dengan “feel” Oppo tetapi dengan price to performance yang lebih baik. Oh yah, Realme 2 juga sudah mendukung fingerprint sensor dan face unlock yang sebenarnya sudah cukup layak hadir di ponsel kelas Rp2 juta. Tertarik dengan Realme 2 ini?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar