Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A83 yang Harus Diketahui

10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A83 yang Harus Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 September 2018

Banyak orang selalu mencari produk HP Oppo terbaru karena memang merek ini sudah terkenal berkat gencarnya pemasaran mereka. Salah satu HP Oppo terbaru di 2018 yang cukup banyak dicari adalah Oppo A83. HP ini merupakan salah satu produk HP di kelas low-end.

Sebenarnya jika menilik harganya, Oppo A83 posisinya berada di antara kelas HP low-end dan HP kelas menengah. Sebagai informasi, harga Oppo A83 ada di bawah 3 jutaan. Dengan rentang harga tersebut, Oppo A83 menawarkan spesifikasi yang tergolong menarik.

Mengapa menarik? Karena HP ini bisa dibilang adalah “adik kandung” dari Oppo F5. Sebagai adik kandung, Oppo A83 mewarisi beberapa spesifikasi dari kakaknya serta fiturnya, tapi tentu saja dengan speisfikasi yang “disunat.” Meskipun demikian, HP ini ternyata punya berbagai kelebihan menarik untuk dilirik.

Penasaran dengan kelebihan dari Oppo A83? Carisinyal akan membahasnya untuk Anda yang sedang mempertimbangkan untuk membeli HP ini. Tapi tentu saja bukan hanya kelebihan yang akan dibahas namun juga kekurangannya.

Carisinyal menemukan ada 6 kelebihan dari HP ini, sementara kekurangannya ada 5. Totalnya ada 11 poin yang akan dibahas. Tanpa berlama-lama lagi, langsung cek ke pembahasan plus minus Oppo A83.

Spesifikasi OPPO A83

Oppo A83

  • Rilis: Januari, 2018
  • Layar: IPS LCD 5,7 inches
  • Resolusi Layar: 720 x 1440 pixels, 18:9 ratio
  • Chipset: Mediatek MT6763T Helio P23
  • CPU: Octa-core 2.5 GHz Cortex-A53
  • GPU: Mali-G71 MP2
  • Memori Internal: 32 GB, 3 GB RAM  or 4 GB RAM (China only)
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (dedicated slot)
  • Kamera Belakang: 13 MP, f/2.2, autofocus, LED flash
    Kamera Depan: 8 MP, f/2.2
  • Baterai: Non-removable Li-Ion 3180 mAh battery

Kelebihan Oppo A83

1. Layar HD yang Tajam

GadgetMatch-OPPO-A83-20180131-01

* sumber: www.gadgetmatch.com

Perbedaan paling mencolok dari layar HP ini dibanding Oppo F5 adalah spesifikasi layar. HP ini mengusung layar lebih kecil dengan resolusi yang lebih kecil. Layar HP ini hanya 5.7 inci. Rasio layarnya masih 18:9 yang berarti layarnya memiliki embel-embel plus, lebih tepatnya HD+ alias 720 x 1440 pixels.

Di atas kertas layar 5.7 inch HD+ tampak memberikan tampilan visual yang tak begitu tajam. Tapi berdasarkan ulasan Indiatimes, layar Oppo A83 justru mengesankan. Layarnya tampak menarik dengan bezel samping yang ramping. Selain itu, layarnya memiliki kecerahan yang sangat baik dan warna yang lebih hidup.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Youtuber Indonesia, ObatGaptek. Menurutnya, layar HD pada HP ini masih memiliki kerapatan layar yang baik. Layarnya tergolong tajam. Kalau menurut NDTV, layarnya memang masih tergolong tajam meskipun bukan yang terbaik di kelasnya.

Jika menilik ketiga pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa layar Oppo A83 masih tergolong tajam. Ini berarti, HP Oppo A83 masih tergolong nyaman digunakan menampilkan konten multimedia.

2. Kamera Depan yang Baik

oppo a83 selfie

Oppo F5 memang superior untuk selfie dengan kamera depan 20 MP. Tapi tidak semua orang membutuhkan resolusi kamera depan sebesar itu. Alias ada banyak pengguna lain, barangkali termasuk Anda yang tidak terlalu peduli dengan hasil selfie yang baik. Hal tersebut yang coba diakomodir oleh Oppo A83.

Kamera depan pada Oppo A83 jelas hasilnya tidak sebagus Oppo F5. Tapi untuk ukuran kamera selfie di kelasnya, hasilnya tergolong baik. Kehadiran kamera depan dengan sensor 8 MP dan aperture f/2.2 pada Oppo A83 ternyata cukup diandalkan untuk selfie.

NDTV menyebutkan hasil yang baik dari kamera depan HP ini juga karena dukungan teknologi AI Beautify. Teknologi ini mampu memindai titik wajah sehingga hasil selfie lebih baik dan sesuai dengan kondisi aslinya. Teknologi ini diperkenalkan di Oppo F5 dan juga diadaptasi pada Oppo A83.

Secara keseluruhan, hasil jepretan kamera depan Oppo A83 tergolong baik. Bisa dibilang hasilnya masih tergolong pas untuk kelasnya.

3. Kamera Belakang yang Bagus

oppoa83_u_-1-770x513

* sumber: gadgetpilipinas.net

Oppo A83 dihadirkan Oppo sebagai HP yang menyasar pengguna yang butuh HP fotografi, alias pengguna yang sering menggunakan kamera belakang. Dan kehadiran kamera 13 MP dengan bukaan f/2.2 ini tergolong bisa diandalkan dalam menghasilkan foto yang baik seperti contoh foto berikut.

oppoa83_cam_s-8-770x578

* sumber: gadgetpilipinas.net

oppoa83_cam_s-4-770x578

* sumber: gadgetpilipinas.net

Foto tersebut merupakan hasil tangkapan reviewer dari Gadgetpilipinas.net. Menurutnya, hasil foto dari kamera belakang Oppo A83 sudah tergolong bagus. Hasil fotonya tergolong detail, punya warna yang akurat, dan cukup tajam. Hanya hasil foto pada konsisi cahaya rendah (low light) yang tidak begitu mengesankan.

Menurut pengalaman ObatGaptek, hasil kamera belakang Oppo A83 tergolong baik di kelasnya. Memang masih kalah dari Xiaomi Mi A1 yang punya dual kamera, tapi secara keseluruhan hasil foto dari HP ini di atas rata-rata.

4. Face Unlock

untitled-8

 

Oppo A83 punya kelebihan berkat hadirnya sistem keamanan yang disebut Face Unlock. Fitur semacam ini umumnya hadir di HP kelas flagship. Karena itu, fitur ini tergolong menarik dan jadi kelebihan tersendiri di HP ini. Fitur Face Unlock sudah hadir di Oppo F5 dan fitur tersebut kemudian diadopsi ke Oppo A83.

Face Unlock pada Oppo A83 tergolong baik dan cepat, seperti itulah yang diungkapkan Gadgetpilipinas.net. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah saat menggunakan fitur ini, layar harus dalam keadaan menyala.

Fitur ini sendiri akan banyak digunakan oleh Anda jika Anda memakai HP ini. Pasalnya, ketidakhadiran sensor sidik jari pada HP ini akan membuat orang beralih ke fitur keamanan lain dan dalam hal ini adalah fitur Face Unlock.

5. Daya Tahan Baterai yang Baik

oppo-a83-battery-life

* sumber: www.teknogadyet.com

Oppo A83 dibekali baterai Li-Ion 3.180 mAh. Berkat layar Oppo A83 yang hanya mengusung layar HD, ini berpengaruh pada ketahanan baterainya. Dan ObatGaptek menyatakan, berkat layar HD pada HP ini, baterai Oppo A83 menjadi terasa lebih baik dan awet jika dibandingkan daya tahan baterai Oppo F5.

NDTV sendiri menyatakan kalau baterai pada HP ini tergolong baik. Penggunaan seharian penuh dengan penggunaan game dan video streaming, ternyata bisa menyisakan sedikit daya.

NDTV juga mengetes baterai HP ini dengan uji coba loop video HD. Hasilnya, HP ini mampu memutar video dengan durasi mencapai 11 jam 55 menit. Hasil waktu yang ditempuh juga serupa dengan test Works 2.0 battery life yang dilakukan oleh Teknogadyet.

Gadgetmatch juga memuji daya tahan baterai Oppo A83, malah mengacungkan dua jempol untuk daya tahan baterai HP ini. Karena itu, bisa dibilang baterai pada HP ini tergolong baik di kelasnya.

6. Performa Keseluruhan Baik

oppo a83 performance

* sumber: www.gadgetmatch.com

Oppo A83 dibekali Mediatek MT6763T Helio P23. Chipset ini sama dengan yang tersemat pada Oppo F5. Pada chipset ini tersemat prosesor Octa-core 2.5 GHz Cortex-A53 dan GPU Mali-G71 MP2. Dengan prosesor tersebut, HP ini mampu menjalankan game dengan baik.

Berkat GPU dan sokongan RAM 3 GB pada HP ini, membuat Oppo A83 bisa menjalankan game tanpa masalah atau lag seperti yang diungkap oleh NDTV. NDTV juga mengungkapkan kalau skor pengujian benchmark HP ini cukup baik. Untuk AnTutu, skor yang didapatkan adalah 68.132 dan PCMark’s Work 2.0 skor yang didapatkan adalah 3.903 poin.

Gadgetmatch juga memuji performa HP ini. Prosesor dan GPU pada Helio P23 yang memadai juga efisien adalah alasan bahwa memainkan game di HP ini berjalan baik. Itu artinya, secara keseluruhan, Oppo A83 mampu berjalan dengan baik untuk main games. Untuk menjalankan aplikasi juga tergolong baik.

Kekurangan Oppo A83

1. Materi Bodi Plastik

OPPO-A83-696x445

 

Bodi Oppo A83 lebih kecil tergolong jika dibandingkan OPPO F5. Hal  ini membuat Oppo A83 lebih solid dan nyaman digenggam. Desain bodinya juga tampak premium. Sayangnya, hanya tampak premium karena terlihat seperti metal. Padahal bodi HP ini berbahan plastik dan ini menjadi salah satu kekurangan HP ini.

2. Tanpa Sensor Fingerprint

oppo a83 body

Oppo F5 punya sensor fingerprint dan Face Unlock. Sementara Oppo A83 ini hanya punya Face Unlock. Ketidakhadiran sensor sidik jari tentu jadi kekurangan tersendiri mengingat HP modern kebanyakan punya sensor sidik jari. Bagi yang kurang suka dengan Face Unlock dan lebih memilih sensor sidik jari sebagai sistem keamanan, tentu akan kecewa dengan HP ini.

3. Tanpa Fast Charging

oppo vooc flash charge

 

Serupa dengan Oppo F5, Oppo A83 tidak memiliki fitur pengisian daya cepat khas Oppo VOOC Flash Charge. Ketidakhadiran fitur ini agak disayangkan mengingat daya tahan baterai Oppo A83 tergolong baik.

Jika saja fitur ini ada, tentu akan banyak yang memuji baterai Oppo A83. Oh yah, untuk durasi pengisian daya Oppo A83 dari kosong sampai penuh, ternyata memakan waktu sampai 3 jam. Tergolong lumayan lama memang. Seandainya terdapat pengisian daya cepat, tentu durasi pengisian akan lebih ringkas.

4. Posisi Speaker yang Kurang Nyaman

GadgetMatch-OPPO-A83-20180131-04

* sumber: www.gadgetmatch.com

Oppo A83 adalah HP yang cocok untuk main game, dan performanya tergolong baik. Sayangnya kenyamanan memainkan game akan terganggu dengan tertutupnya speaker oleh tangan Anda. Pasalnya, posisi speaker ada di bagian bawah di sebelah port microSD.

Posisi speaker kurang pas karena ketika orang main game, bagian telapak tangan kanan akan menutupi bagian speaker HP ini. Sesuatu yang sangat disayangkan sekali.

5. Tidak ada LED Notiffication

led oppo a83

* sumber: www.gadgetmatch.com

Kelemahan lain dari Oppo A83 adalah tidak adanya LED notification. Padahal banyak orang yang butuh fitur ini agar tahu ada notifikasi terbaru atau tidak. Jadi tidak repot untuk mengaktifkan layar ke posisi menyala. Ketidakhadiran LED notification adalah nilai minus lain dari HP ini.

Simpulan

Oppo A83 adalah HP yang tergolong layak dibeli, terutama untuk Anda yang suka main game dan butuh HP dengan daya tahan baterai yang baik. HP ini buat selfie masih tergolong oke tapi tentu tidak sebaik Oppo F5. Menariknya, kamera belakang HP ini punya hasil foto yang memuaskan.

Kelemahan pada HP ini masih bisa dimaklumi mengingat di kelas harganya. Tapi bagi beberapa orang yang terbiasa dengan sensor sidik jari, mungkin akan kurang menyukai Oppo A83.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

Mau cashback 15% pas belanja di Bukalapak? Masukan saja kode BUKASINYAL. Kode ini berlaku untuk pembelian via aplikasi Bukalapak khusus untuk kamu yang yang belum pernah berbelanja di Bukalapak. Minimun pembelian Rp 100.000 dengan maksimal cashback Rp 50.000. yuk tunggu apa lagi, segera pakai kode BUKASINYAL dan dapatkan cashback-nya!

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha aktif menulis sejak 2013 di beberapa situs seperti AnneAhira.com, Portal.Paseban.com, Pricebook, dan lain sebagainya. Pria yang menyukai dunia digital dan teknologi ini sempat menjadi Content Manager di Plimbi.com dan 4vision.com. Selain aktif di dunia tulis menulis, Hilman juga sedang memperlajari duni SEO dan digital marketing.Hilman memiliki blog pribadi yang sudah dibangun sejak 2011. Lewat blog yang sudah dibangun sejak 2011, Hilman pernah menjuarai beberapa lomba blog, seperti Lomba Blog Review Asus Zenfone 2 Laser 2015, Juara 2 Lomba Blog MyRepublic 2015, Juara 1 Lomba Blog Kudo Gathering Bandung 2016, Juara 2 Lomba Blog EVHIVE (Cocowork) Coworking Space 2017.Hilman juga sempat menjuarai lomba blog non teknologi seperti  Juara Harapan Lomba Blog Sunlife 2015, Juara 2 Lomba Karya Tulis Blogger Kementerian Koperasi dan UKM  2017 dan Juara 3 Lomba Blog Konferensi Ayah Bunda Platinum 2017.

Leave A Comment