Carisinyal / Smartphone / 10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo F7 yang Perlu Diketahui

10 Kelebihan dan Kekurangan Oppo F7 yang Perlu Diketahui

Oppo F7 adalah HP Oppo yang tergolong menarik perhatian di pasaran Indonesia. HP ini punya daya pikat dari tampilan layarnya yang luas dan hadir menggunakan notch atau poni. Tapi nilai jual utama HP ini adalah kamera dan teknologi AI yang tersemat di dalamnya.

Yap, seperti seri-seri sebelumnya, kamera jadi sektor penting bagi Oppo. Kesuksesan Oppo F5 dengan fitur AI Beauty-nya dilanjutkan pada Oppo F7. Tentunya, teknologi AI Beauty pada HP ini melahirkan fitur yang lebih baik dan lebih kaya.

Nah, bagi Anda yang penasaran dan berminat membeli Oppo F7, tidak ada salahnya sebelum membeli membaca pemaparan kami terkait kelebihan dan kekurangan Oppo F7 yang kami himpun dari berbagai sumber. Ada 10 poin yang dibahas, 6 poin kelebihan dan 4 poin kekurangan.

Penasaran dengan plus minus dari OPPO F7? Simak pembahasannya berikut ini. Tapi, sebelumnya mari lihat detail spesifikasi dari OPPO F7 berikut ini.

Spesifikasi OPPO F7

OPPO F7

  • Rilis: Maret 2018
  • Layar: LTPS IPS LCD 6.23 inches Corning Gorilla Glass 5
  • Resolusi Layar: 1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio
  • Chipset: Mediatek Helio P60
  • CPU: Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G72 MP3
  • Memori Internal: 64 GB, 4 GB RAM or 128 GB, 6 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (hybrid)
  • Kamera Belakang: 16 MP, f/1.8, phase detection autofocus, LED flash
  • Kamera Depan: 25 MP, f/2.0 HDR
  • Baterai: Non-removable  Li-Ion 3400 mAh

Kelebihan Oppo F7

1. Kamera Depan AI Beauty 2.0

selfie oppo f7

Oppo F7 sama seperti seri sebelumnya, fokus pada kemampuan kamera depan. Seperti yang banyak orang tahu, Oppo belakangan memang terkenal sebagai salah satu produsen HP yang fokus pada kamera depan. Hal ini dibuktikan lewat produk mereka, terutama seri F, termasuk seri Oppo F7.

Oppo F7 dibekali dengan kamera depan 25MP, lebih besar dibanding seri sebelumnya. Kamera depan ini tidak hanya punya resolusi besar tapi juga dibekali dengan teknologi AI Beauty 2.0. Teknologi AI ini tak hanya bekerja untuk menghasilkan hasil foto selfie yang baik tapi juga lebih dari itu.

Teknologi AI Beauty 2.0 ini mampu mengenal jenis kelamin berdasarkan tekstur wajah. Bahkan, mampu mengenali 296 titik wajah. Selain itu, tersedia fitur AR Stiker yang mampu menghasilkan gambar animasi saat sedang selfie. Jelas ini membuat kamera depan Oppo F7 unggul. Kalau tak percaya, berikut contoh hasil kamera depan Oppo F7.

 

Bagaimana, hasil selfienya bagus, bukan? Hasil selfie yang menawan dari Oppo F7  ini juga berkat kehadiran sensor Sony IMX576 yang punya bukaan f/2.0. Yang menarik, sensor ini punya fitur HDR real-time yang memungkinkan foto selfie menghasilkan gambar yang lebih baik dan detail.

Kehadiran HDR pada Oppo F7 membuat Oppo F7 didaulat sebagai HP pertama di Indonesia yang punya fitur HDR. Rasanya tak perlu diragukan lagi, yah, soal kamera depan Oppo F7. Apalagi ketika kameranya ini mampu menghasilkan efek bokeh, lho, meskipun hadir dengan satu kamera. Nilai yang memang lebih dari sekadar plus.

2. Layar Full Display 19:9 dengan Corning Gorilla Glass 5

OPPO F7

* sumber: www.unbox.ph

Oppo F7 hadir dengan layar 6,23 inch dengan resolusi Full HD+. Layarnya sendiri mengusung desain layar yang memanjang dengan “notch” atau poni di bagian atas. Bisa dibilang, Oppo F7 adalah salah satu dari deretan HP Android yang punya notch seperti iPhone X.

Layar yang digunakan HP ini adalah LTPS IPS LCD yang dilindungi dengan pelindung Corning Gorilla Glass 5. Menariknya, resolusi Full HD+ pada HP ini lebih memanjang berkat mengusung rasio 19:9. Karena itu, HP ini mengusung resolusi 2280 x 1080 piksel yang tentunya punya jumlah piksel yang lebih banyak.

Menurut Gadgetshow, layar HP ini tergolong baik dan membuat mereka cukup senang tentang reproduksi warna gambar dan video. Layarnya juga masih menampilkan tampilan yang baik saat diihat dengan sudut pandang miring. Selain itu, adanya fitur untuk menonaktifkan “Notch Area Display” tergolong membantu untuk menjalakan aplikasi yang tidak mendukung layar penuh dengan “notch.”

Meski tingkat kejelasan layar HP ini terasa kurang saat terkena matahari, secara keseluruhan layar Oppo F7 tergolong baik. Layarnya memang benar dioptimalkan untuk kebutuhan multimedia. Satu nilai lebih lagi dari Oppo F7 tentunya.

3. Kamera Belakang Naik Tingkat

Kamera belakang Oppo F7 masih mengusung kamera 16 MP, angka yang sama dengan yang tersemat di kamera belakang Oppo F5. Meskipun secara angka sama, tapi kemampuan kamera Oppo F7 lebih baik. Kamera Oppo F7 ini hadir dengan bukaan f/1.8 dan sudah mendukung phase detection autofocus serta LED flash.

Klaim kemampuan kamera belakang Oppo F7 lebih baik karena teknologi AI tak hanya disematkan pada kamera depan. Kamera belakang juga sudah mendukung fitur AI yang memungkinkan kamera bisa mengenali beberapa objek foto. Oh yah, berikut contoh hasil jepretan memakai Oppo F7.

Menurut Yangcanggih, kamera belakang pada HP ini punya hasil foto yang baik. Pada kondisi biasa, hasil tangkapan gambarnya amat baik serta saturasi warna pada hasil fotonya tidak berlebihan. Hasil foto saat kondisi kurang cahaya juga termasuk bagus.

Yang menarik, kamera belakang juga punya fitur bokeh dengan depth effect mode. Bahkan, masih menurut Yangcanggih, hasil efek bokeh kamera belakang ternyata lebih baik. Jadi bisa dibilang, Oppo benar-benar serius dalam menggarap sektor kamera, baik depan maupun belakang.

4. Performa Tergolong Baik

oppo f7 gaming

* sumber: www.youtube.com

Oppo F7 tidak hanya punya AI pada sektor kamera, fitur AI juga tersemat pada hal lainnya, seperti AI Board yang punya kemampuan split screen. Dengan fitur ini, Anda bisa menempatkan aplikasi favorit pada pada tempatnya. Ada juga fitur AI yang memungkinkan foto dikelompokan berdasarkan subjek foto atau lokasi pengambilan.

Teknologi AI pada Oppo F7 juga karena didukung oleh chipset yang digunakan. Chipset yang digunakan pada Oppo F7 adalah Mediatek Helio P60. Chipset ini merupakan chipset yang tergolong inovatif dari Mediatek. Bukan hanya karena ada teknologi AI tapi kemampuan chipset ini juga baik.

Mediatek Helio P60 ini mampu mendapatkan skor Antutu sebesar 138606. Nilai yang tergolong besar di ponsel cerdas kelas menengah.

 Antutu OPPO F7

* sumber: www.unbox.ph

Situs Unbox.ph menyatakan kalau Oppo F7 ini mampu menjalankan aplikasi dengan cepat dan dengan dukungan RAM 4 GB juga membuat HP ini tergolong baik dalam mendukung tugas sehari-hari. Tentu dengan varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB kemampuannya bisa lebih baik.

Masih menurut Unbox.ph, dengan Helio P6 yang di dalamnya terdapat prosesor octa core dan sokongan grafis GPU MP3 Mali-G72 membuat Oppo F7 mampu menjalankan berbagai game populer dengan baik. Game semacam Vainglory mampu dijalankan dengan frame rates 58 fps pada pengaturan grafis yang baik.

Game MOBA populer lainnya, macam Arena of Valor, mampu berjalan dengan 30 fps juga dengan pengaturan grafis yang baik. Bermain PUBG juga tergolong stabil. Karena itu, bisa dibilang performa Oppo F7 ini tergolong baik di kelasnya.

5. Fingerprint dan Face Unlock

OPPO-F7-Review-002

* sumber: www.unbox.ph

 

Kehadiran fitur sensor fingerprint dan Facial Unlock pada seri Oppo F5 kembali hadir di OPPO F7. Tentu saja, kedua fitur ini menghadirkan pengalaman yang baik untuk membuka tampilan Android. Facial Unlock pada HP ini mampu memindai wajah secara akurat berkat kemampuannya dalam mendeteksi 128 titik wajah.

Proses pengenalan wajah juga tergolong cepat. Hanya butuh waktu 0,08 detik agar Oppo F7 cepat terbuka. Kecepatan membuka juga terjadi dengan memakai sensor sidik jari. Seperti yang dikatakan oleh Detik.com, layar langsung terbuka setelah jari menempel pada bagian sensor Oppo F7.

Kehadiran fitur sensor sidik jari dan Face Unlock pada Oppo F7 ternyata bukan sekadar gimmick. Karena itu, kehadiran kedua fitur ini yang punya kemampuan cepat tergolong patut diacungi jempol.

6. Daya Tahan Baterai Cenderung Baik

OPPO-F7-Review-010

* sumber: www.unbox.ph

Oppo F7 dibekali baterai 3400 mAh. Kapasitas baterai ini ternyata tergolong baik. Unbox.ph melakukan test menggunakan PC Mark’s Battery Benchmarks hasilnya, baterai Oppo F7 mampu bertahan sampai 9 jam 26 menit (seperti pada gambar di atas). Dan ternyata, Unbox.ph bisa membawa Oppo F7 mampu bertahan seharian.

FoneArena juga memuji daya tahan baterai Oppo F7 dan cukup puas dengan kemampuan baterainya. Baterainya ternyata mampu bertahan seharian penuh dan menyisakan sedikit di penghujung hari. Hanya saja, jika digunakan main game atau menonton video, tentu durasinya akan lebih singkat.

Kekurangan Oppo F7

1. ColorOS yang Berat

OPPO F7 COLOROS

* sumber: www.unbox.ph

Oppo F7 menggunakan ColorOS 5.0 berbasis Android 8.1 Oreo. Tampilan antarmuka ini jadi ciri khas Oppo yang membuatnya memang cenderung mirip dengan iOS. Tapi bukan itu yang jadi persoalan. ColorOS 5.0 ini punya banyak fitur yang sebenarnya tidak penting amat.

Kehadiran ColorOS ini membuat penyimpanan menjadi kurang cukup banyak. Saat mulai digunakan, ColorOS memakan lebih dari 14 GB memori internal. Bida dibilang, dari memori internal 64 GB, ruang yang kosong hanyalah 50,2 GB, sisanya digunakan untuk sistem ColorOS.

Selain itu, ColorOS pada Oppo F7 ini memberikan opsi penggunaan keyboard yang ada dekat Gboard. Keyboard ini diklaim untuk menjaga informasi data pribadi Anda saat mengetik. Tapi sialnya, keyboard ini tidak menawarkan fungsionalitas sama sekali sehingga membuat sistem terasa lebih berat. Tentunya ini merupakan nilai minus dari Oppo F7.

2. Masih Tak Ada Flash Charge

oppo vooc flash chargeSama seperti seri sebelumnya, Oppo F7 tidak dibekali dengan fitur VOOC Flash Charge. Padahal banyak yang berharap fitur ini hadir kembali di seri Oppo karena merupakan salah satu fitur yang jadi nilai jual Oppo di ponsel-ponselnya terdahulu.

Kehadiran VOOC Charge atau pengisian cepat ala Oppo ini juga karena pengisian daya Oppo F7 kurang cepat. Bisa dibilang pengisian daya Oppo F7 agak lama, lebih dari 2 jam. Oppo mungkin tidak mau harga HP ini menjadi lebih mahal mengingat teknologi VOOC Charge cukup mahal.

Kalau teknologi ini ada, Oppo F7 mungkin harganya tidak akan ada di kisaran 4,1 jutaan tapi bisa mendekati 5 jutaan yang bagi banyak orang Indonesia akan dianggap terlalu mahal.

3. Masih Tanpa NFC

Jika Oppo F7 menyasar banyak kalangan, kehadiran NFC sebaiknya jadi opsi juga untuk dihadirkan. Bukan alasan lagi NFC tidak ada yang pakai, terlebih harga HP ini yang ada di kisaran 4 jutaan. Karena itu, ketiadaan NFC di HP ini jadi nilai minus, meskipun memang harus diakui tidak semua orang butuh fitur NFC.

4. Masih Berbodi Plastik

Body oppo f7

Oppo F7 hadir dengan bodi plastik akrilik dengan panel belakang yang mengilap. Dengan balutan bodi ini, membuat Oppo F7 terlihat lebih cakep. Tapi, harus diingat kembali ini bodi plastik, bukan metal. Meskipun tampak mengilap dan tampak kece, tetap saja bodi Oppo F7 ini plastik.

Kekurangan bodi plastik dengan lapisan mengkilat pada Oppo F7 ini adalah mudahnya meninggalkan jejak jari pada bagian bodinya. Kalaupun digunakan kasing, tampilan kece HP ini jadi terasa berkurang.

Simpulan

Untuk Anda yang begitu mementingkan tampilan bodi kokoh, lebih berminat chipset Snapdragon, mendukung pengisian cepat dan NFC, serta tidak terlalu suka layar HP yang terlalu lebar, HP ini kuranglah cocok untuk Anda.

Oppo F7 adalah HP yang lebih cocok dibeli untuk kelas harga 4 jutaan, terlebih untuk mereka yang suka selfie. Mereka yang butuh HP dengan kemampuan kamera belakang yang baik juga bisa lirik HP ini. Untuk yang suka main game juga masih bisa lirik HP ini, tentunya sambil menikmati konten multimedia lewat layarnya. Tertarik?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

3 Comments

  1. Imron Ashari at - Reply

    Maaf gan… Untuk kelebihan kok judulnya kelebihan F5 ya??

    • Hilman Mulya Nugraha
      Hilman Mulya Nugraha at - Reply

      Terimakasih koreksinya, sudah kami perbaiki. Mohon maaf yah.

  2. Rahmi at - Reply

    Minta nfo nya gan, Kenapa ya keyboard f7 lambat trus sering bgt jadi typo…

Leave A Comment